Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Bagaimana cara membaca abjad Bahasa Inggris? Umumnya Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang selalu digunakan semua orang di dunia. Apabila kamu tidak paham, bahkan tidak bisa berbahasa Inggris maka kamu bisa ketinggalan zaman dan sulit berkomunikasi dengan orang asing.

Bahasa Inggris selalu diasumsikan sebagai sarana komunikasi yang sulit, apalagi kalau orang-orang suatu negara tidak menggunakannya untuk berbicara satu sama lain. Jangan heran banyak orang enggan mempelajarinya sejak dini.

Bahasa Inggris mempunyai sistem pembelajaran yang perlu dipahami sejak dasar, bila kamu ingin memahami dan menguasainya. Abjad Bahasa Inggris berbeda dengan Bahasa Indonesia, meskipun keduanya menggunakan huruf latin tapi pembacaan dan pengucapannya berbeda.

Kamu tidak akan menyebut huruf A dengan A secara lantang dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Jika tidak bisa mengeja dan menyebutnya, kamu akan sulit berkomunikasi bahkan berbicara lancar dengan orang mana pun dari seluruh dunia.

Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris
Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Apa itu Alfabet?

Alfabet merupakan sebuah sistem penulisan sesuai dengan lambing fonem vokal dan konsonan. Selain itu, kata alfabet diambil dari Bahasa Yunani dari dua kata pertama tulisan mereka yakni alfa dan beta. Alfabet berbeda dengan abjad, biasanya tidak mempunyai lambang vokal serta berbeda seperti abugida maupun aksara silabis.

Setiap hurufnya melambangkan fonem tapi dalam bentuk suku kata, sedangkan semua huruf harus dikuasai dan dipahami agar dapat berkomunikasi sesuai dengan Bahasa negara masing-masing, khususnya Bahasa Inggris.

Perbedaan Huruf Vokal dan Konsonan

Secara umum setiap huruf akan terbagi menjadi dua golongan, yakni vokal dan kosonan yang terhubung satu sama lain. Jika kamu belum tahu perbedaannya, maka bisa menyimak ulasan berikut :

  • Huruf Vokal
    Huruf vokal merupakan huruf hidup yang penggunaannya sangat penting diucapkan dalam komunikasi antar manusia, baik lisan maupun tulisan. Huruf ini terdiri dari a, i, u, e dan o yang semuanya pasti ditulis dan diucapkan oleh semua orang.

    Apabila kamu tidak menggunakannya untuk berkomunikasi, kamu akan sulit menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Huruf ini tidak akan pernah mati, sedangkan penggunaannnya akan selalu turun temurun antar generasi manusia di seluruh dunia.

  • Huruf Konsonan
    Huruf vokal adalah huruf-huruf tambahan diluar huruf vokal yang membantumu untuk berkomunikasi lebih efektif dan mudah. Huruf ini lebih sering disebut huruf mati dalam Bahasa Indonesia, sedangkan semuanya diluar huruf vokal yang terdiri dari huruf a, i, u, e dan o.

    Tak hanya itu, penggunaan huruf konsonan sama dengan huruf hidup karena keduanya saling berhubungan dalam menghasilkan suatu kata atau kalimat, serta memiliki cara pengejaan dan penyebutan masing-masing.

Pelafalan Abjad Versi British English

Bahasa Inggris terdiri dari dua versi, yakni British English serta American English. Penggunaan Bahasa Inggris di Inggris dengan Bahasa Inggris di Amerika Serikat mempunyai cara pelafalan berbeda, contoh adalah orang Indonesia di Jawa dan Sumatera pasti punya aksen berbeda.

Secara umum pelafalan British English lebih kental, yakni versi asli Bahasa Inggris itu sendiri. Meski begitu, British English bukan hanya digunakan orang Inggris asli tapi juga beberapa orang yang tersebar di beberapa negara di dunia.

Pelafalan Abjad Versi American English

Aksen American English sudah menjadi Bahasa Inggris umum, bahkan sering digunakan semua orang di seluruh dunia. Di Indonesia, Bahasa Inggris versi American English telah mendominasi lebih dari 75% para pembicara (native speaker) atau mereka yang bisa berbahasa Inggris.

Pasalnya, aksen ini hampir digunakan untuk berkomunikasi setiap hari. Apabila kamu selalu menonton film luar negeri, sebagian besar dari pemerannya pasti berbicara Bahasa Inggris dengan menggunakan aksen ini, pelafalannya juga dianggap lebih simpel.

Tips Belajar Abjad Bahasa Inggris

Belajar abjad Bahasa Inggris bukan sesuatu yang instan dan mudah, lho. Kalian harus memahami setiap pengucapan huruf dengan benar supaya bisa berkomunikasi lebih intens, sedangkan tips belajar abjab Bahasa Inggris yang perlu dipahami adalah :

  • Memperhatikan Huruf yang Berima Satu Sama Lain
    Bahasa Inggris mempunyai beragam pola abjad berbeda. Apabila kamu bisa mengelompokkan rimanya, maka kamu bisa mengingat dan mengucapkannya dengan mudah. Berikut merupakan beberapa rima abjad Bahasa Inggris yang perlu diketahui, yakni :
    • A, J dan K mempunyai rima serupa, bagian akhirnya berbunyi “ay” (Bahasa Indonesia : ey).
    • B, C, D E, G, P, T, V dan Z diakhiri dengan bunyi “ee” (Bahasa Indonesia : i).
    • Y berbunyi sama dengan I, namun dengan suara sama huruf W pada awal pelafalannya.
    • F, L, M, N, S dan X diawali dengan bunyi “e” yang halus dan samar.
    • Q, U dan W diakhiri dengan huruf “u” (Bahasa Indonesia : yu).
    • H, O dan R tidak mempunyai rima yang dimasukkan dalam semua golongan di atas. Maka dari itu, kamu perlu mengingat ketiga huruf ini dengan terpisah.
  • Melatih Setiap Huruf per Kata, Jangan Individu
    Setiap huruf kadang mempunyai bunyi yang agak sulit bahkan tidak masuk akal, namun bila dimasukkan ke dalam sebuah kata maka bisa diucapkan dengan mudah. Pengulangan huruf dalam kata juga bisa membantumu menyadari bahwa cara membaca abjad Bahasa Inggris antar huruf mampu berubah tergantung pada huruf lainnya.

    Contohnya, huruf C mampu berbunyi lebih keras seperti huruf K dalam suatu kata seperti Carissa dan Cleopatra atau huruf S seperti City dan Citrus. Kondisi memang bingung, tapi bisa dibaca dan dilafal dengan mudah.

Kenapa Belajar Membaca Abjad Bahasa Inggris Penting?

Bagi anak-anak, mempelajari huruf dan bunyinya menjadi kunci untuk membangun fondasi kuat dalam mengasah keterampilan bahasa di masa depan. Selain itu, memahami cara membaca dan menulis abjad dengan pelafalan huruf serta bunyinya bakal memungkinkan mereka untuk menorehkan prestasi lebih baik di sekolah.

Mereka juga bisa menjadi komunikator handal secara menyeluruh. Kondisi ini bakal meningkatkan hubungan antar manusia karena bisa mengekspresikan sesuatu dengan jelas, khususnya berbahasa Inggris yang setiap huruf punya bunyi berbeda.

Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Cara membaca abjad Bahasa Inggris sebenarnya tidak serumit yang kalian bayangkan, lho. Jika kalian mengangga Bahasa Inggris menyenangkan dan seru, kalian mampu memahami pelafalan dan pengucapan setiap huruf dengan baik.

Bahasa Inggris punya struktur huruf yang berbeda dengan Bahasa Indonesia, sehingga kalian tidak dapat membacanya secara normal. Maka dari itu, kami akan membantumu untuk memudahkan cara baca abjad Bahasa Inggris agar dapat berbicara dengan fasih bersama orang asing.

Tabel ABC Bahasa Inggris dan Ejaannya yang Benar

Huruf Besar (Capital Letter) Huruf Kecil (Small Letter) Pengucapan (Pronounciation)
A a ei
B b bi
C c si
D d di
E e i
F f ef
G g i
H h eich
I i ai
J j jei
K k kei
L l el
M m em
N n en
O o ou
P p pi
Q q kyu
R r ar / a:
S s es
T t ti
U u yu
V v vi
W w dabel yu
X x eks
Y y wai
Z z zi

Demikian informasi lengkap tentang cara membaca abjad Bahasa Inggris yang benar. Jika kamu atau anakmu ingin tahu cara pelafalan dan pengucapannya dengan benar, pahami dan simak tabel diatas agar dapat dipraktikkan, sehingga kamu dapat menyusun kata dalam Bahasa Inggris dengan 26 abjad yang benar dan efektif.

Terkait:  Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Similar Posts