Cara Melacak Lokasi Seseorang tanpa Diketahui

Cara Melacak Lokasi Seseorang tanpa Diketahui
Cara Melacak Lokasi Seseorang tanpa Diketahui

Teknologi yang berkembang semakin pesat memungkinkan banyak hal bisa dilakukan termasuk mencari keberadaan seseorang. Cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui bisa dilakukan dengan beberapa trik.

Rasanya ingin tahu dimana posisi seseorang terdengar atau terlihat seperti penguntit. Namun, ada beberapa alasan penting yang melatarbelakangi mengapa ingin tahu informasi semacam ini. Mungkin karena hpnya dicuri orang, keperluan mendesak, atau khawatir orang tersebut sedang mengalami hal yang tidak diinginkan.

Read More

Cara Melacak Lokasi Seseorang tanpa Diketahui

Cara Melacak Lokasi Seseorang tanpa Diketahui
Cara Melacak Lokasi Seseorang tanpa Diketahui

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui atau melacak di mana orang tersebut berada. Kamu bisa melakukan pelacakan dengan nomor hp, alamat email, media sosial, hingga beberapa aplikasi. Nah, untuk mengetahui bagaimana langkah-langkahnya, simak ulasan berikut ini:

Cara Melacak Lokasi Seseorang tanpa Diketahui dari Nomor Hp

Lupa menaruh hp di mana, atau hp hilang dicuri orang? Tenang, coba lakukan cara ini satu ini. Selain mencari hp, cara ini juga bisa dilakukan untuk mengetahui posisi seseorang, seperti teman, pasangan, atau keluarga. Misalkan adik atau anak kamu belum pulang padahal sudah waktunya pulang sekolah, nah cara ini bisa banget untuk dicoba.

  • Langkah pertama buka browser pada hp, Chrome atau apapun. 
  • Cari website bernama Truecaller.com, dan klik untuk menuju ke Homepage Truecaller
  • Di sana ada menu ‘Input Nomor Telepon’, dan banyak fitur lainnya di bagian atas.
  • Mohon perhatikan bahwa langkah pertama bukan langsung memasukkan nomor telepon, tapi harus login terlebih dahulu.
  • Pertama, klik ‘Masuk/ Sign In’ kemudian akan ditampilkan menu login dengan akun email atau Microsoft. Untuk tutorial kali ini kita menggunakan email saja.
  • Pastikan bahwa email yang kamu gunakan masih aktif dan bisa diakses serta pastikan nomor telepon orang yang ingin dicari tersebut, aktif, tidak salah dan sesuai.
  • Selanjutnya, klik menu ‘Masuk dengan Google’, dan pilih opsi masuk dengan akun email kamu yang mana.
  • Setelah berhasil login dan masuk ke Homepage Truecaller, silakan input nomor telepon seseorang yang ingin kamu ketahui keberadaannya dan ‘Enter’ atau klik ikon search di bagian paling kanan.
  • Kemudian, Anda klik menu ‘Indonesia’ dan akan ditampilan Google Maps’ yang menunjukkan orang tersebut berada di kota mana.
  • Lalu, kamu Zoom hingga menemukan titik lokasi dimana orang tersebut berada.
Terkait:  Cara Mengetahui Lokasi Pengguna WhatsApp

Jika kamu ingin segera menemuinya, klik saja menu ‘Rute’ di bagian bawah maka kamu akan langsung diarahkan ke lokasi dimana dia berada saat ini.

Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Aplikasi Android

Di iPhone terdapat fitur Find My Friends yang dapat digunakan untuk berbagi lokasi dengan pasangan atau keluarga. Akan tetapi, fitur tersebut hanya dapat ditemukan di hp iOS. Meski begitu, kamu juga bisa menggunakan fitur serupa di hp Android dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Beberapa aplikasi untuk melacak posisi orang paling recommended, antara lain:

Glympse

Aplikasi Glympse memungkinkan kamu untuk sharing lokasi dengan keluarga, pasangan, hingga teman. Kamu bisa mengunduh Glympse di PlayStore secara gratis tanpa ada biaya langganan tertentu dan login.

Glympse memiliki fitur untuk mengatur lamanya akses pembagian lokasi dan secara otomatis akan berhenti saat waktunya sudah habis. Selain itu, semua akses informasi mengenai posisi keberadaanmu tidak akan dapat dilakukan tanpa seijin dirimu.

KidsGuard Pro

Aplikasi berikutnya bernama KidsGuard Pro yang bisa membantu kamu melacak posisi orang tanpa mereka sadari. KidsGuard Pro memanfaatkan teknologi lokasi GPS tercanggih yang dapat menemukan posisi dengan akurat. Dibekali dengan fitur lacak lokasi dari jarak jauh dengan tampilan dasbor sederhana membuat orang tersebut tidak menyadarinya.

Jadi, cara melacak seseorang dengan aplikasi KidsGuard Pro adalah diinstal di hp target yang ingin dilacak. Hal tersebut membuat aplikasi ini dapat menemukan lokasi yang akurat dan dapat melihat secara real time lokasi mana yang didatangi sebelumnya.

Bagi yang khawatir jika anak, keluarga, atau pasangan kamu akan mengalami sesuatu yang tidak diinginkan, maka instal saja aplikasi KidsGuardPro di ponselnya.

Terkait:  Cara Berbagi Pulsa Sesama Telkomsel (4 Metode), Cepat dan Mudah!

mSpy

Aplikasi satu ini juga memiliki cara kerja yang hampir serupa dengan kedua aplikasi di atas, yakni melacak lokasi target dari jarak jauh. Perangkat lunak mSpy bisa dipasang di berbagai tipe ponsel, baik Android atau iOS.

Cara menggunakan mSpy juga sama seperti KidsGuard Pro dimana harus ada perangkat yang sudah diroot. Rata-rata aplikasi untuk melacak lokasi dengan mengandalkan teknologi GPS memiliki cara kerja yang hampir tidak ada bedanya.

Cara Melacak Lokasi Seseorang dengan Facebook

Ternyata melacak lokasi seseorang juga bisa dilakukan lewat Facebook, loh. Cara ini bisa jadi opsi lain jika kamu malas atau merasa menggunakan aplikasi pihak ketiga terlalu ribet. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Buka Facebook dan login menggunakan akun kamu, lalu pilih menu tiga baris yang berada di bagian pojok kanan atas pada layar.
  • Kemudian, kamu scroll ke bawah sampai melihat menu fitur Nearby Friends, dan klik.
  • Facebook akan meminta kamu mengijinkan untuk akses lokasi. Setujui permintaan Facebook untuk mengakses lokasi di mana kamu berada saat ini agar bisa menggunakan fitur tersebut.
  • Selanjutnya, klik menu Turn On Location Services dan pilih Allow saat muncul menu popup pada layar. 
  • Kini, kamu bisa secara otomatis mengetahui teman yang berada di dekatmu, sedang berada di tengah perjalanan, atau ada di lokasi tertentu.
  • Kamu juga bisa menyapa mereka langsung dengan fitur Messenger pada Facebook.

Cara Melacak Lokasi Seseorang dengan Dial Up

Cara yang terakhir adalah melalui kode dial up yang disesuaikan dengan operator nomor telepon target.

Indosat

Berikut langkah-langkah melacak lokasi orang jika operator yang mereka gunakan adalah Indosat, antara lain:

  • Buka menu panggilan dan mengetikkan format kede *777*6*6#, lalu tekan OK atau Panggil
  • Akan ditampilkan pesan pop up dan kamu pilih opsi Lokasi Keluarga
  • Selanjutnya, kamu masukkan digit nomor hp target yang ingin dilacak
  • Selesai! Kini kamu dapat melihat dimana posisi orang tersebut berada.
Terkait:  Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP

Telkomsel

Sedangkan untuk operator Telkomsel, terdapat juga format dial up khusus untuk melacak lokasi orang melalui nomor hp. Silakan kamu ikuti tutorial step by step berikut:

  • Buka menu panggilan dan mengetikkan format kede *250#, lalu tekan OK atau Panggil
  • Akan ditampilkan pesan pop up dan kamu pilih opsi Lihat/Edit Daftar Teman
  • Selanjutnya, kamu masukkan digit nomor hp keluarga, pasangan, atau teman yang ingin dilacak
  • Kini kamu dapat melacak dimana posisi orang tersebut saat ini berada.

XL

Sementara itu, jika orang yang ingin kamu lacak lokasinya menggunakan operator XL, silakan simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu panggilan dan mengetikkan format kede  *123*573*1#, lalu tekan OK atau Panggil
  • Akan ditampilkan pesan pop up dan kamu klik menu Lokasi Keluarga
  • Berikutnya, kamu ketik berapa digit nomor hp orang yang ingin diketahui keberadaannya tersebut
  • Selesai, kini kamu bisa melacak atau mengetahui dimana posisi target sekarang.

Dari 4 cara melacak lokasi seseorang tanpa diketahui di atas, mana saja yang sudah kamu coba?

Related posts