Cara Melunasi Pinjaman Online

Cara Melunasi Pinjaman Online
Cara Melunasi Pinjaman Online

Kini mengajukan pinjaman online sangat mudah dan praktis prosesnya karena bisa dilakukan hanya lewat gadget. Selain itu, persyaratan untuk mengajukan pinjaman online sangat mudah, seperti KTP, NPWP, dan slip gaji. Meski begitu, kamu juga harus mempertimbangkan bagaimana nanti cara melunasi pinjaman online tersebut.

Pasalnya, bunga dari pinjaman online (pinjol) ini bisa menumpuk terus ketika tidak dilunasi tepat waktu. Dikhawatirkan nantinya jumlah pinjaman jadi semakin banyak dan kamu akan  kesulitan dalam melunasinya.

Cara Melunasi Pinjaman Online

Cara Melunasi Pinjaman Online
Cara Melunasi Pinjaman Online

Semua orang bisa mengajukan pinjaman online dan besaran pinjaman sesuai kebutuhan peminjam. Umumnya, mengajukan pinjol dikarenakan mengalami kondisi keuangan darurat dan terdesak sehingga tidak ada jalan keluar selain cara ini.

Akan tetapi, banyak juga orang yang mengajukan pinjaman online karena hal yang tidak begitu penting. Akhirnya terjebak dalam bunga yang begitu besar dan kesulitan untuk membayar angsuran.

Nah, bagi yang mengalami masalah serupa, berikut beberapa cara melunasi pinjaman online yang bisa kamu coba lakukan supaya tidak semakin terjerumus dan kondisi keuangan menjadi lebih stabil meskipun sambil mengangsur.

1. Buat Daftar Hutang/ Pinjaman Online

Jika kamu memiliki lebih dari satu tempat pinjaman online, maka buatlah daftarnya terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mengangsur. Dalam daftar tersebut, kamu tulis jumlah bunga, berapa tenor yang harus dibayarkan, dan jangka waktu pembayaran. Dari sini kamu akan tahu mana hutang yang bunganya besar dan mana yang kecil.

Terkait:  Pinjaman Online Murah

2. Prioritaskan Pinjaman dengan Bunga Paling Tinggi

Sebaiknya kamu prioritaskan untuk mengangsur pinjaman yang bunganya paling tinggi. Sebab, melunasi pinjaman dari daftar bunga yang paling tinggi akan membuat pinjaman tidak semakin menumpuk dari waktu ke waktu.

Cara membayar pinjaman online satu ini akan membantu dalam mengatasi masalah finansial kamu secara bertahap. Setelah pinjaman tersebut selesai, kamu tidak akan lagi terbebani dengan bunga yang semakin melambung. Selain itu, kamu juga akan terbebas dari denda pinjaman yang telah jatuh tempo.

3. Hindari Mengajukan Pinjaman Baru

Sebagian orang memilih jalan pintas untuk mengajukan pinjaman online lagi demi mengangsur pinjaman yang lain. Jika pinjaman online yang lama belum selesai dilunasi, sebaiknya jangan mengajukan pinjaman lagi. Hal tersebut akan membuat kamu selalu berkutat dalam hutang yang tidak kunjung selesai.

4. Fokus Melunasi Satu Pinjaman dalam Satu Waktu

Cara melunasi pinjaman online lainnya adalah fokus untuk bisa melunasi satu hutang dalam satu waktu sembari mencicil yang lain. Setelah mendaftar semua pinjaman yang saat ini kamu miliki, maka fokuskan untuk melunasi daftar yang pertama. Hal ini akan membantu kamu mengurangi jumlah bunga pinjaman.

Sebab, jika kamu memiliki beberapa pinjaman online dan mengangsur semuanya dengan jumlah minimal maka bisa membuat hutang tidak dapat segera lunas karena bunga yang terus menumpuk.

5. Berusaha Mendapatkan Pemasukan dari Sumber Lain

Setelah menyusun daftar pinjaman, kamu juga akan mengetahui berapa nominal uang yang harus diangsur sebelum jatuh tempo. Supaya pendapatan tidak habis untuk mengangsur pinjaman sedangkan kebutuhan lain pun memerlukan biaya, maka harus mencari sumber pendapatan lain.

Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan apapun itu yang penting halal dan bisa menghasilkan tambahan uang untuk membayar pinjaman.

Terkait:  Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan

6. Menjual Aset

Mengajukan pinjaman online memang salah satu solusi instan untuk bisa mendapatkan uang tunai yang cepat saat aset yang kamu jual tak kunjung laku. Jika memiliki beberapa aset bernilai seperti emas, tanah, rumah, kendaraan, atau lainnya, kamu bisa menjualnya untuk melunasi pinjaman yang kamu ajukan.

Kamu akan merasa lega dan hidup lebih nyaman ketika sudah tidak dikejar-kejar penagih hutang.

7. Bayar dengan Uang Tabungan

Menabung memiliki banyak manfaat terutama jika ada hal mendesak yang tidak diduga terjadi. Jika kamu memiliki tabungan untuk kebutuhan biaya anak, orang tua, atau lainnya, maka bisa digunakan sebagian untuk mengangsur pinjaman.

Kalau pinjaman tersebut diangsur sebelum jatuh tempo maka tidak akan membuat bunganya semakin melambung tinggi. Selain itu, jika pinjaman online tersebut telah lunas, maka kamu bisa kembali menabung dan mengumpulkan lebih banyak uang.

8. Coba Mencari Pinjaman tanpa Bunga

Setelah berusaha mencari penghasilan dari sumber lain, menjual aset, atau menghabiskan tabungan tapi masih juga kesulitan untuk membayar pinjaman, coba cari pinjaman lain yang tanpa bunga.

Datangi keluarga, teman, atau tempat kamu bekerja untuk mengajukan pinjaman uang tanpa dikenai bunga. Jika pinjaman online telah berhasil kamu lunasi, maka bisa pikirkan untuk membayar pinjaman tanpa bunga ini.

9. Mengangsur dengan biaya minimal

Ada sejumlah penyedia layanan pinjaman online yang menawarkan fitur angsuran dengan biaya minimal. Hal tersebut akan memudahkan kamu dalam membayar angsuran pada tenggat waktu yang diberikan.

Contohnya seperti biaya angsuran wajib yang harus dibayarkan setiap bulan adalah Rp655.000, namun kamu dapat membayar minimal angsuran sebesar Rp455.000/bulan. Setelah uang terkumpul dan dapat digunakan untuk membayar angsuran wajib, maka sebaiknya segera dibayarkan. Jangan mudah tergoda untuk menggunakan uang tersebut dan terus-menerus membayar pinjaman dengan angsuran minimal.

Terkait:  Pinjaman Online OJK Bunga Rendah

10. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Mengurangi jumlah pengeluaran yang tidak perlu adalah salah satu cara melunasi pinjaman online yang efektif. Meskipun kamu bekerja sampingan dan berusaha menghasilkan berbagai pendapatan dari sumber lain tapi pengeluaran tidak terjaga, bukankah sama saja percuma? Hal ini tentunya akan membuat pinjaman kamu tidak selesai-selesai.

Maksimalkan penghasilan yang didapat untuk melunasi pinjaman online agar segera lunas dan kembali bernafas lega dapat membeli sesuatu yang selama ini diinginkan.

11. Berkomitmen untuk Melunasi Pinjaman

Bagi kamu yang memiliki keinginan mengajukan pinjaman online, sebaiknya harus memiliki komitmen tinggi untuk dapat mengangsur dan melunasinya. Namun, jika sudah terlibat dalam pinjol dan merasa sangat berat untuk mengangsur sesuai ketentuan, coba konsultasi dengan pihak penyedia pinjaman.

Kehadiran pinjaman online di tengah masyarakat seharusnya menjadi solusi untuk menangani berbagai masalah finansial. Namun, peminjam juga tidak seharusnya mengajukan pinjaman untuk suatu kepentingan yang kurang perlu.

12. Mengajukan Keringanan Pembayaran

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah memohon keringanan dalam membayar cicilan pinjaman online karena kondisi keuangan yang terbatas. Mengajukan keringanan pembayaran ini dikenal dengan istilah restrukturisasi.

OJK telah menyetujui permohonan restrukturisasi dengan syarat tertentu, yakni kredit peminjam maksimal sebesar Rp2 miliar dikarenakan usaha atau pekerjaannya terkena dampak Covid-19.

Selain peraturan OJK, setiap penyedia pinjaman memiliki kebijakan dan peraturan yang tidak sama. Umumnya, restrukturisasi yang disediakan penyedia pinjol ada dua jenis, seperti pengurangan bunga pinjaman atau mediasi pelunasan pinjaman berdasarkan pada jangka waktu yang disepakati.

Demikian beberapa tips dan cara melunasi pinjaman online yang efektif. Ingat bahwa suku bunga pinjaman online tergolong sangat tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya pinjol menjadi opsi terakhir sebagai solusi dalam menyelesaikan masalah finansial yang kamu miliki.

Related posts