Cara Membuat Visa

Cara Membuat Visa
Cara Membuat Visa

Bagaimana cara membuat visa? Bagi siapapun yang sedang berencana untuk melancong ke luar negeri, biasanya mereka akan mengurus beberapa dokumen seperti paspor dan visa. Oleh sebab itu, dokumen tersebut tidak boleh tertinggal apalagi belum dibuat.

Gunanya supaya kamu bisa bertolak ke negara tujuan sesuai dengan keperluan masing-masing. Selain itu, visa juga mempunyai batas waktu atau periode yang berlaku, sehingga kamu dapat memperbaruinya bisa masa berlakunya sudah habis.

Orang Indonesia yang berencana pergi ke negara-negara tertentu memang diwajibkan membuat visa, tujuannya supaya kamu bisa menginjakkan kaki di negara tersebut. Selain itu, biaya pembuatannya pun bisa dibilang lebih mahal dibandingkan paspor.

Kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp.2 juta untuk membuat satu visa, berbeda dengan paspor sebesar Rp.300,000 s/d Rp.400,000 per orang. Tak hanya itu, penggunaannya pun vital yang mana setiap calon pemilik visa harus ikuti ketentuan dan syarat sampai prosedur pembuatan sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Cara Membuat Visa
Cara Membuat Visa

Apa itu Visa?

Visa merupakan izin tinggal WNA (Warga Negara Asing) saat hendak memasuki negara lain, sedangkan jenis nya pun beragam, lho. Selain itu, batas waktu penggunaan dan masa tinggal yang terdapat pada setiap jenis visa juga berbeda.

Apabila kamu sedang berkunjung ke negara lain dan melampaui batas izin tinggal yang sudah ditetapkan, maka kamu bisa berisiko berhadapan dengan pihak imigrasi serta hukum negara setempat. Maka dari itu, kamu harus tahu ketentuan dan syarat sampai prosedur pembuatan visa agar dapat melancong dengan aman di negara tujuan.

Ketentuan dan Syarat Membuat Visa

Jika diperhatikan, ternyata ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi supaya kamu bisa membuat visa untuk berkunjung ke negara lain dengan rinciannya berikut ini :

  • Formulir permohonan aplikasi visa.
  • Fotokopi KTP dan KK.
  • Pas Foto sesuai dengan kebijakan yang berlaku di kedutaan besar negara terkait.
  • Surat keterangan kerja atau surat sponsor, maupun surat keterangan belajar.
  • Jadwal perjalanan yang hendak dilakukan.
  • Bukti pemesanan tiket atau tiket pesawat pulang pergi.
Terkait:  Cara Membuat IGTV di Instagram Tanpa Terpotong di HP dan PC

Cara Membuat Visa

Visa sudah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa diabaikan oleh seseorang bila hendak pergi ke luar negeri. Visa adalah alat utama agar kamu dapat menginjakkan kaki di negara tujuan serta terhindar dar masalah apapun sesuai masa tinggalnya.

Jika kamu ingin bertolak ke Inggris, Spanyol bahkan Amerika Serikat tentu saja harus mempunyai visa. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara membuat visa yang baik dan benar sehingga dapat menjalankan kegiatan yang dilakukan tanpa kendala dengan lancar.

Langkah 1: Melakukan Registrasi dan Daftar Jadwal/Verifikasi Dokumen

Secara umum kamu bisa membuat visa secara online melalui situs resmi kedutaan besar negara terkait untuk menerima informasi serta mengunduh dokumen yang dibutuhkan saat pembuatan visa. Selain itu, pemohon visa bakal diarahkan ke laman utama untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi dokumen.

Pemberitahuan waktu serta tempat reservasi sekaligus wawancara akan dikirim via email. Kamu diminta melakukan pembayaran dulu sebelum punya jadwal verifikasi dan wawancara di beberapa negara.

Jika kamu sudah punya jadwalnya, maka kamu bisa melampirkan nomor slip pembayaran, namun tidak semua negara mewajibkan untuk melakukan interview tapi tetap dilakukan verifikasi berkas yang dibutuhkan.

Langkah 2: Menyiapkan Beberapa Berkas untuk Visa

  • Paspor
    Paspor adalah syarat wajib untuk membuat visa. Nomor paspor harus aktif dan berlaku, terhitung 6 bulan sebelum kadaluwarsa. Jika tidak aktif, rentan bermasalah saat berada di imigrasi.
  • KTP
    KTP menjadi salah satu syarat pembuatan visa. Apabila tidak punya e-KTP, gunakan KTP sementara dengan melampirkan surat keterangan domisili yang dikeluarkan RT/RW setempat.
  • Foto
    Situs-situs kedutaan besar biasanya meminta informasi tentang ukuran sampai latar foto yang benar. Kamu bisa siapkan 2 soft file dan foto ceta. Jika kamu berhijab, tidak usah dilepas dan pastikan wajah terlihat jelas dan lepaskan kacamata bila kamu berkacamata.
  • Formulir Permohonan
    Unduh formulir permohonan sebelum mendatangi kedutaan besar negara tujuan. Kamu bisa mendapatkannya melalui situs resmi kedutaan besar negara yang dituju.
  • Surat Keterangan Sponsor
    Jika pemohon mempunyai referensi pasti bakal berpeluang besar untuk diterima. Surat ini bisa berupa surat rekomendasi maupun surat undangan dari pihak terkait di luar negeri.
  • Bukti Pembayaran Visa
    Berkas ini akan berlaku untuk negara yang mensyaratkan pembayaran di awal. Namun, tidak semua negara mutlak melampirkan dokumen tersebut.
  • Surat Keterangan Kerja atau Belajar
    Surat ini ditujukan kepada pemohon yanb tengah menjalankan kunjungan sementara. Surat keterangan belajar biasanya dipakai untuk program beasiswa atau pertukaran pelajar.
  • Berkas Keuangan
    Berkas ini bisa berupa rekening koran atau slip gaji bahkan tabungan. Dokumen ini digunakan untuk membuktikan bahwa kamu punya penghasilan supaya melakukan perjalanan bahkan menetap di negara tujuan bisa terjamin.
  • Jadwal Keberangkatan dan Tiket Pesawat
    Kamu harus membuat jadwal semua kegiatan di negara terkait. Formatnya bisa menyesuaikan dengan kedutaan besar negara terkait yang masih berlaku. Selain itu, negara tujuan bakal mempertimbangkan durasi tinggal yang diserahkan nanti.
Terkait:  Cara Menambahkan Stiker WhatsApp

Langkah 3: Memberikan Dokumen dan Interview

Siapkan semua berkas tersebut untuk diserahkan kepada lokasi yang dituju untuk melakukan verifikasi dan interview. Lokasinya bisa berada di kantor Kedutaan Besar nasional maupun regional. Kamu juga bisa membawa berkas cadangan berupa salinan (fotokopi).

Petugas akan langsung memeriksa semua berkas yang sudah disiapkan dan bila lengkap, maka kamu bisa membayar visa. Pembayaran pun hanya dilakukan sekali. Jika sudah melakukan pembayaran di awal sebelum melakukan tahap verifikasi dan interview, kamu tidak perlu membayar saat proses verifikasi dan wawancara.

Langkah 4: Mengambil Visa

Kamu diwajibkan menunggu selama beberapa hari sesudah melakukan verifikasi dan interview. Kamu bakal menerima informasi via SMS atau email tentang perkembangan pembuatan visa. Selain itu, bagi jenis visa yang disimpan pada paspor, paspor asli tidak bisa dibawa pulang dari Kedutaan Besar.

Jika kamu sudah mendapatkan informasi, kamu bisa datang lagi untuk mengambil visa. Alhasil, kamu berhak bertolak ke negara tujuan dalam batas waktu tertentu sesuai keperluan atau kebijakan yang sudah ditetapkan.

Cara Membuat Visa Umrah

  • Siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan sebagai berikut :
    • Paspor asli yang masih berlaku (minimum 6 bulan).
    • Buku Nikah (asli).
    • Kartu Keluarga (asli).
    • Kartu kuning sebagai bukti sudah menerima vaksin meningitis.
    • Akta lahir untuk anak umur di bawah 17 tahun.
    • Pas Foto ukuran 4×6 @ 8 lembar (latar belakang putih).
    • Surat Mahram untuk perempuan di bawah umur 40 tahun (bila tidak didampingi suami atau mahramnya).
  • Apabila semuanya sudah disiapkan, daftarkan diri ke biro perjalanan umrah yang telah dipilih dan siapkan berkas persyaratan tadi.
  • Biro perjalanan umrah bakal membuatkan Ministry of Foreign Affairs (MOFA) atau surat konfirmasi yang bakal diajukan kepada Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA) serta pengajuan visa calon jemaah.
  • Kemudian, MOFA bakal diproses sekaligus diterbitkan oleh Muassasah atau penyelenggara umrah di Arab Saudi.
  • Apabila semua proses pembuatan MOFA sudah selesai, KBSA bakal menerbitkan visa umrah dan diberikan secara kolektif kepada pihak biro perjalanan haji dan umrah.
Terkait:  Cara Membuat Tulisan Miring di Telegram

Demikian informasi mengenai cara membuat visa yang perlu kamu tahu. Jangan lupa bagikan ulasan penting ini supaya kamu bisa menyiapkan fisik dan materi secara maksimal sebelum bertolak ke nagara tujuan dengan mengikuti kebijakan pembuatan visa yang berlaku.

Related posts