Cara Melunasi Shopee PayLater

Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan fitur Shopee PayLater menjadi magnet bagi para konsumen karena bisa transaksi kapan saja bahkan saat tidak punya dana sekalipun. Hal inilah yang memicu pinjaman Shopee PayLater jadi membengkak seiring berjalannya waktu. Lalu, adakah cara melunasi shopee Paylater yang mudah dan cepat? Jawabannya tentu ada. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Tentang Shopee Paylater

Shopee PayLater adalah fitur cicilan atau pinjaman yang bisa digunakan untuk membeli produk di Shopee. Fitur satu ini hampir mirip layaknya kartu kredit hanya  saja khusus untuk transaksi di marketplace asal dari negeri tirai bambu tersebut.

Read More

Para pengguna Shopee tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan fiturnya karena SPayLater adalah bentuk pinjaman yang sudah mengantongi izin OJK. Namun, bentuk pinjaman ini tidak sama dengan dompet digital yang dapat berfungsi untuk menyimpan uang. Shopee PayLater atau SPayLater memungkinkan para pengguna Shopee untuk bisa beli dulu bayarnya nanti. Besaran tagihan beserta bunga pun harus dibayarkan sesuai dengan jangka waktu cicilan yang dipilih.

Bagi pengguna Shopee yang ingin memanfaatkan fitur SPayLater harus melunasi cicilan sebelum tenggat waktunya. Pasalnya, pihak Shopee akan memberikan sanksi bagi pelanggan yang terlambat membayar, yaitu dikenai denda 5% per bulan dari jumlah seluruh tagihan pinjaman.

Misalkan kamu mempunyai pinjaman Shopee PayLater serta bunga yang harus dibayarkan sebesar Rp300.000. Akan tetapi, bulan ini kamu terlambat mengangsur sehingga jumlah tagihan yang harus dibayar serta dendanya menjadi Rp315.000. Total tagihan dan denda bisa semakin membengkak jika kamu telat dalam melunasi setiap bulannya.

Terkait:  Cara Top Up ShopeePay Lewat ATM BNI

Akibat lain yang didapat jika terlambat membayar Shopee PayLater adalah adanya pembatasan dalam mengakses aplikasi serta tidak bisa menggunakan voucher Shopee.

Selain itu, profil kredit di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK juga akan tercatat kurang baik yang menyebabkan kamu akan kesulitan dalam mengajukan pinjaman ke bank atau instansi lain. Kamu mungkin juga akan didatangi para penagih utang atau debt collector jika terus menunggak dan enggan melunasi.

Meskipun ada dukungan fitur yang membuat pengguna Shopee semakin dimudahkan dalam berbelanja, tapi tentunya tetap harus bijak. Hindari membeli sesuatu di luar kapasitas dan kemampuan finansial agar tidak kesulitan dalam pelunasan. Pikirkan lagi sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu dengan menggunakan Shopee PayLater.

Cara Melunasi Shopee PayLater

Cara Melunasi Shopee PayLater
Cara Melunasi Shopee PayLater

Tagihan pada SPayLater kamu harus segera dilunasi sebelum datang jatuh tempo supaya terhindar dari denda keterlambatan dan membuat pinjaman semakin besar. Waktu jatuh tempo disesuaikan dengan periode waktu pinjaman yang kamu pilih, yaitu selama 3, 6, atau 12 bulan. 

Untuk tanggal jatuh tempo atau batas pembayaran akan berlaku setiap tanggal 5 di bulan selanjutnya setelah jumlah tagihan ditampilkan.

Bagi kamu yang memiliki tagihan dan ingin segera melunasinya, berikut langkah-langkah cara melunasi Shopee PayLater yang harus dilakukan:

Membuka aplikasi Shopee

Pertama, buka aplikasi Shopee dan pastikan sudah login ke akun milikmu dan koneksi internet dalam kondisi lancar.

Pilih opsi Saya

Pada halaman utama aplikasi, silakan kamu klik opsi Saya yang berada di sebelah pojok kiri bawah.

Klik menu Shopee Paylater

Selanjutnya, pilih Opsi Shopee Paylater yang berada di bagian bawah layar. Kamu scroll saja ke bawah hingga melihat menu tersebut dan langsung diklik.

Pilih Tagihan Saya

Dari sekian banyak pilihan menu, kamu pilih Tagihan Saya

Terkait:  Cara Mendapatkan Koin Shopee

Klik opsi Bayar Lebih Awal

Kemudian, kamu pilih opsi Bayar Lebih Awal

Pilih Lunasi Sekarang

Kemudian, kamu pilih menu Lunasi Cicilan Sekarang yang terletak di bagian paling bawah layar.

Klik Metode Pembayaran

Sekarang kamu pilih ingin menggunakan pembayaran dalam bentuk apa dengan cara klik  Metode Pembayaran. Kamu bisa melunasi menggunakan ShopeePay, Virtual Account, atau Indomaret.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan ShopeePay atau Virtual Account sebagai metode pembayaran, maka butuh waktu kurang dari 10 menit untuk dikonfirmasi lunas. Sementara jika memilih menggunakan Virtual Account Bank, kamu harus memastikan tidak salah pilih, yakni SPaylater.

Berikut daftar rekening bank untuk membayar tagihan PayLater yang disediakan Shopee, yaitu:

  • Rekening Mandiri: 1020007374637 a/n PT Lentera Dana Nusantara
  • Rekening BCA: 3100390000 a/n PT Lentera Dana Nusantara
  • Rekening BNI: 6900096966 a/n PT Lentera Dana Nusantara.

Ingat dan pastikan bahwa rekening yang kamu transfer atas nama PT Lentera Dana Nusantara.

Jika sudah selesai transfer ke rekening yang diminta, kamu dapat segera lakukan konfirmasi dengan cara mencantumkan bukti pembayaran tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat melunasi tagihan tersebut melalui Indomaret terdekat. Pastikan bahwa kamu sudah berada di Indomaret ketika klik opsi Bayar di laman SPaylater. 

Setelah kamu melakukan pembayaran tagihan dan telah diverifikasi, maka akan ada pemberitahuan pada menu Keuangan bahwa pembayaran kamu telah berhasil diproses dan batas Shopee Paylater akan segera kembali seperti sedia kala.

Silakan kamu tunggu maksimal 1×24 jam untuk mengembalikan limit SPaylater seperti awalnya. Akan tetapi, jika limit SPaylater kamu tidak mengalami perubahan atau masih ada tagihan yang perlu dibayar, maka bisa segera menghubungi Customer Care Shopee agar segera diperiksa lebih lanjut.

Syarat Daftar Shopee PayLater

Bagi yang belum lakukan aktivasi Shopee Paylater dan tertarik ingin mencoba menggunakannya, berikut persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Memiliki akun pada aplikasi Shopee yang telah diverifikasi oleh pihak Shopee
  • Akun tersebut telah berusia lebih dari 3 bulan
  • Pemilik akun Shopee sering bertransaksi menggunakan aplikasi Shopee
  • Aplikasi Shopee yang terpasang di ponsel merupakan versi paling baru
  • Menyiapkan KTP sebelum melakukan pendaftaran dan mengaktifkan fitur SPaylater
Terkait:  Cara Melunasi Shopee PayLater Sekaligus

Cara Aktifkan Fitur Shopee Paylater

Setelah persyaratan telah terpenuhi, silakan ikuti langkah-langkah dalam mengaktifkan akun Shopee untuk mengakses fitur SPaylater berikut.

  • Pilih menu Saya, kemudian klik SPaylater, dan klik Aktifkan Sekarang
  • Selanjutnya, masukkan kode OTP yang dikirim melalui pesan singkat untuk proses verifikasi
  • Lalu, kamu unggah foto KTP, tulis nama lengkap serta NIK, dan pilih menu Konfirmasi
  • Pilih Informasi Tambahan, kemudian Konfirmasi, dan dilanjutkan dengan proses Verifikasi Wajah
  • Setelah proses aktivasi berhasil dilakukan, kamu akan memperoleh pemberitahuan bahwa SPayLater sedang diproses.

Jika aktivasi pengajuan fitur tersebut disetujui oleh pihak Shopee, akan muncul pop up informasi bahwa aktivasi berhasil. Selain itu, diinformasikan juga terkait limit umum dan limit cicilan yang diperoleh ketika ingin transaksi pembayaran menggunakan Shopee PayLater.

Perlu diketahui bahwa kamu tidak diperkenankan untuk membayar tagihan SPayLater sekaligus dalam 1 waktu. Hal tersebut tampaknya sudah menjadi aturan dan kebijakan dari pihak Shopee serta perusahaan yang bekerja sama agar pengguna SPayLater mencicil sesuai cicilan yang dipilih. Jadi, untuk saat ini tidak ada yang namanya cara melunasi shopee PayLater sekaligus.

Meskipun tidak diperkenankan melunasi semua tagihan sekaligus, pihak Shopee telah menyediakan pilihan fitur bayar lebih awal. Pembayaran lebih awal memungkinkan kamu yang ingin melunasi lebih cepat bisa lakukan pembayaran  2x hingga 3x cicilan sekaligus. Dengan begitu, pinjaman kamu akan lunas lebih cepat sehingga tidak merasa terbebani.

Rate this post

Related posts