Cara Memotong Kaca

Cara Memotong Kaca

Kaca menjadi elemen yang selalu digunakan kebutuhan eksterior maupun interior sebuah bangunan. Kaca juga sering dibentuk menjadi bahan utama pembuatan lemari, aquarium, meja, dekorasi dan lainnya yang dipotong dengan benar. Sayangnya, orang-orang belum tahu cara memotong kaca yang aman.

Jangan heran sebagian besar orang selalu mengalami kecelakaan kerja seperti tangannya tersayat sisi-sisi kaca yang tajam dan runcing. Selain itu, pemotongan kaca pun tidak benar sehingga dapat menimbulkan kemiringan yang kurang simetris.

Jika ingin membuat beragam eksterior maupun interior bangunan yang menarik, alangkah baiknya kaca dipotong terlebih dulu. Namun, kamu tidak bisa menggunakan alat sembarangan karena kaca mampu dipotong dengan menggunakan pisau khusus.

Apabila kamu tidak ingin mengeluarkan uang lagi untuk membayar ahlinya, sebaiknya cari tahu panduan pemotongan kaca yang baik dan benar untuk pemula. Artikel ini bisa memberitahumu semuanya termasuk jenis-jenis kaca yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Memotong Kaca
Cara Memotong Kaca

Jenis-jenis Kaca

  • Double Glassing
    Kaca ini berasal dari dua atau lebih lapisan kaca terpisah. Gelas ganda bisa mereduksi daya panas cukup baik sehingga dapat dipakai pada ruangan yang punya perbedaan besar dari luas, seperti menghindari kebisingan atau panas.
  • Sunergy
    Kaca ini diproses melalui proses sputtering vakum. Kacanya terbuat dari kaca bening dilapisi dengan beberapa bahan supaya bening dan transparan, serta bisa menyerap panas sinar matahari.
  • Tempered
    Jika kamu butuh kaca berkekuatan tinggi, kaca ini bisa menjadi pilihan tepat. Kaca ini punya kekuatan mencapai 3-5 kali lipat dibandingkan kaca biasa dengan tingkat ketebalan serupa. Kacanya tahan angin, benturan, tekanan air serta perubahan suhu yang tinggi.
  • Laminasi
    Kaca ini mempunyai ketahanan paling tinggi. Apabila terjadi sesuatu yang menimbulkan pecah tentunya tidak akan berserakan dan lebih aman. Kaca pun hanya retak dan sulit ditembus dan kaca ini banyak dipakai untuk komponen bangunan dengan pengamanan tinggi.
  • One Way Mirrored Glass
    Kaca ini biasa disebut cermin searah (one way mirrored glass). Kacanya dibuat supaya tampak transparan dari satu sisi saja. Lapisannya memantulkan cahaya dan panas. Jika kamu pakai kaca ini di luar rumah, pasti menciptakan kesan yang elegan dan mewah.
  • Patri
    Kaca patri merupakan pecahan kaca warna warni yang disusun menjadi satu. Potongan kaca tersebut dirangkai menggunakan kuningan atau timah dengan membentuk karya mozaik yang indah dan menarik.
  • Bening
    Kaca ini tidak punya warna dan permukaannya bersih nan rata. Kaca bening sering dipakai untuk eksterior dan interior rumah. Jika ingin digunakan di rumah, tambahkan tirai karena sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah.
  • Stopsol
    Kaca reflektif panas sinar matahari ini punya kemampuan untuk memantulkan sinar matahari. Kacanya bisa mengurangi beban energi untuk mendinginkan ruangan agar dapat memberi kesan dingin dan sejuk saat berada di dalam suatu ruangan.
Terkait:  Cara Kompres Video di HP (Android/iPhone) Kualitas Tetap Tajam

Cara Memotong Kaca

Barangkali kamu tidak tahu bagaimana cara memotong kaca yang baik dan benar. Secara umum kamu tidak perlu menggunakan berbagai macam peralatan supaya bisa memisahkan beberapa bagian kaca yang hendak digunakan.

Kamu bisa menggunakan pisau atau alat pemotong kaca apapun sesuai kebutuhan. Jangan pernah memotongnya asal-asalan karena berisiko menimbulkan luka terhadap lenganmu. Gunakan prosedur pemotongan yang baik dan benar sehingga dapat menghasilkan potongan kaca yang rapi dan rata.

Langkah 1: Menyiapkan Alat dan Bahan

Kamu harus menyiapkan beberapa alat dan bahan supaya bisa memotong kaca dengan benar. Kamu bisa menggunakan peralatan keamanan seperti sarung tangan, alas kayu, penghalus pinggiran kaca, kacamata, minyak atau oli serta gerinda.

Jika kamu memotongnya dengan menggunakan gerinda, sebaiknya tetap mengenakan kacamata dan sarung tangan. Kedua alat pelindung tersebut bisa mencegah serpihan kaca tidak menempel di tangan, apalagi terlempar ke bulu mata yang sangat berisiko fatal.

Langkah 2: Mengoles Bagian Kaca yang Dipotong dengan Minyak

Langkah selanjutnya adalah oleskan minyak pada bagian kaca yang bakal dipotong. Mengapa? Tujuan utamanya supaya bagian kaca yang ingin kamu potong tersebut bisa dipisahkan dengan cepat dan mudah. Selain itu, hasilnya akan lebih halus dan rapi sejak pemotongan pertama menggunakan gerinda atau alat apapun.

Apabila kamu tidak punya minyak, maka bisa memakai oli atau solar yang mana keduanya mempunyau tekstur sedikit kental untuk melapisi seluruh bagian permukaan kaca tersebut.

Langkah 3: Memotong Kaca dengan Alat yang Benar

Gunakan alas kayu dan simpan kaca maupun benda yang terbuat dari kaca di atasnya. Alas kayu berfungsi sebagai pembantu agar proses pemotongan kaca dapat berjalan lancar dan aman tanpa terasa licin. Selanjutnya, ambil gerinda dengan mata pemotong dan langsung memulai tahap pemotongan kacanya.

Terkait:  Cara Follow Up Customer

Kamu juga perlu meletakkan kacanya di tempat yang benar. Carilah sudut pemotongan yang benar dan nyaman dengan sekali percobaan. Hasilnya pun akan lebih baik dan presisi untuk setiap sudutnya.

Langkah 4: Memotong dengan Hati-hati

Kamu perlu mengetahui bahwa gerinda adalah sebuah alat sangat tajam dan mampu menimbulkan masalah bila proses pemotongan kaca tidak benar. Maka dari itu, cara memotong kayu yang benar harus dilakukan dengan hati-hati.

Kamu bisa memotong kacanya sesuai keinginan sampai kamu mendapat hasil yang diinginkan. Apabila masih ragu dari sudut yang sudah dipotong, jangan ragu menunda proses pemotongannya. Carilah sudut lain yang tepat sambil memainkan imajinasimu untuk menghasilkan potongan lebih presisi.

Langkah 5: Menghaluskan Permukaan Kaca

Langkah terakhir adalah menghaluskan permukaan kaca yang tajam. Gunakan mata pemotong dengan mata penggosok agar permukaan atau sudut tertentu tidak dapat menyebabkan luka saat bersentuhan dengan kulit.

Lakukan dengan hati-hati dan perlahan supaya bisa mencegah iritasi saat prosesnya berlangsung. Selain itu, kamu juga perlu melakukannya berulang kali untuk memastikan semua bagian permukaan kaca benar-benar telah halus. Jika sudah, maka kamu bisa meletakkannya ke tempat mana pun yang diinginkan.

Cara Memotong Kaca dengan Paku

  • Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti T cutter, Oil Glass Cutter, Intime Glass Cutter serta paku.
  • Jika ukuran kacanya cukup besar, gunakan alat penggiling yang menjadi alat potongnya.
  • Kemudian, siapkan tempat atau alas yang bakal digunakan saat pemotongan kacanya. Kamu bisa memakai matras atau meja besar di atas permukaan datar.
  • Oleskan kaca dengan minyak pemulas sebelum dipotong. Gunakan solar, minyak tanah dan lainnya untuk memudahkan proses pemotongan supaya lebih rapi sesuai dengan keinginan.
  • Apabila sudah diolesi pemulas, ukur potongan kaca yang diinginkan. Gunakan tali untuk memastikan garis yang kamu potong benar-benar lurus.
  • Siapkan penjepit glasshead supaya saat pembelahan bisa rapi tanpa kerusakan apapun.
  • Terakhir, potong kaca dan lakukan pembelahan secara perlahan untuk mencegahnya tidak berantakan.
Terkait:  Cara Menekuk Akrilik

Demikian informasi tentang cara memotong kaca yang aman dan benar. Jangan lupa bagikan ulasan ini untuk dilakukan semua orang sehingga dapat membelah permukaan kaca lebih rapi sesuai dengan keinginan masing-masing.

Similar Posts