Cara Memotong Kuku Kucing

Kamu harus mengetahui berbagai macam hal ketika sedang merawat kucing, termasuk cara memotong kuku kucing yang benar. Tak sedikit orang berpikir bahwa memotong kuku kucing tidak perlu secara berkala.

Padahal, grooming kucing tetap perlu diperhatikan meskipun binatang lucu dan menggemaskan ini punya langkah tersendiri untuk melepaskan, bahkan menghilangkan lapisan kulit yang sudah tua. Jika kuku kucing tak kunjung dipotong, maka bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, lho.

Kucing biasanya bakal melepas lapisan kulit kuku nya dengan mencakar berbagai macam benda keras seperti batu, kayu dan lainnya. Apabila kucing selalu ditempatkan di dalam rumah, kucing kamu mungkin akan mencakar peralatan rumah di dekatnya.

Maka dari itu, alangkah baiknya kamu inisiatif untuk memotong kukunya secara rutin. Jika kamu tidak pernah melakukannya, bawalah ke pet shop untuk ditangani oleh ahlinya. Namun, kamu bisa menghemat budget dengan memotong kukunya sendiri di rumah.

Cara Memotong Kuku Kucing
Cara Memotong Kuku Kucing

Kapan Waktu Tepat Memotong Kuku Kucing?

Waktu ideal untuk menggunting kuku kucing biasanya setiap 2-4 pekan sekali. Tapi, sebaiknya kamu tidak melakukannya secara rutin bila kamu cenderung memelihara kucing di luar rumah. Kuku menjadi salah satu senjata kucing untuk melindungi diri.

Jika kuku mereka tumpul maka kucingmu tidak bisa melindungi diri di luar rumah, bahkan sulit menjaga dirinya dari serangan atau hewan lain. Kamu bisa memotong kuku kucing secara rutin bila mereka selalu diletakkan di dalam rumah. Gunanya mencegah mereka mencakar bahkan merusakan peralatan rumah.

Terkait:  Cara Follow Up Customer

Kenapa Kuku Kucing Harus Dipotong?

Kamu pasti penasaran mengapa kuku kucing harus dipotong secara berkala, sedangkan tindakan ini bukanlah tanpa alasan dan sebab. Berikut merupakan alasan kuku kucing perlu dipotong, yakni :

  • Risiko melukai kucing lain di dalam rumah semakin tinggi.
  • Merusak berbagai macam peralatan di dalam rumah.
  • Bisa melukai dirimu sendiri dan anggota keluarga bila sedang dipangku atau diam didekatmu.
  • Apabila dibiarkan tetap panjang, kuku kucing akan melengkung dan melukai kaku kucing sendiri.

Cara Memotong Kuku Kucing

Secara umum cara memotong kuku kucing tidak terlalu sulit seperti bayanganmu, lho. Orang-orang selalu gagal melakukannya karena binatang peliharaan mereka sulit diatur atau didiamkan untuk bisa menggenggam permukaan tangan dan kakinya.

Kamu tidak perlu repot memotong kukunya, lantaran prosesnya bisa dilakukan seorang diri. Selain itu, jangan melakukannya asal-asalan karena pemotongan kuku kucing yang salah bisa menimbulkan iritasi, bahkan kucing akan sulit melindungi diri bila kukunya tidak dipotong secara presisi.

Langkah 1: Menyediakan Gunting Khusus Hewan

Umumnya menggunting kuku kucing tidak bisa menggunakan gunting biasa, termasuk gunting kuku manusia. Sebab, kuku kucing butuh gunting khusus perawatan hewan agar dapat dipotong dengan baik. Gunting kuku manusia tidak bisa memotong kuku kucing yang keras.

Jika kamu memaksa menggunakannya, pertumbuhan kuku kucing tidak akan rapi. Maka dari itu, kamu harus menyiapkan gunting kuku khusus binatang ini yang didapatkan di toko khusus hewan peliharaan dengan harga cukup terjangkau.

Langkah 2: Menenangkan Kucing

Kamu harus menenangkan kucing kesayangan sebelum kukunya dipotong. Terkadang, kucing akan lebih agresif bahkan susah diatur saat kukunya hendak dipotong, lho. Mereka biasanya tahu bahkan sudah punya insting bahwa dirinya akan dirawat atau dipercantik diri.

Kamu harus mampu membuat kucingnya sangat nyaman dan tenang. Caranya adalah membelas atau mengelus badannya dengan lembut, bila perlu sampai tertidur pulas. Gunanya agar kamu dapat memotong kukunya lebih leluasa dan mudah.

Terkait:  Cara Ukur Lingkar Pinggang

Langkah 3: Menekan Bantalan Kucing

Kamu harus menggenggam kucing dengan lembut, menekan bantalan kakinya supaya kukunya bisa timbul keluar. Gunanya agar dapat memudahkanmu saat memotongnya, sedangkan kamu cukup menekan bantalan kaki kucing dengan menggunakan telunjuk atau jempolmu.

Namun, kamu tidak boleh menekannya terlalu keras. Tekanlah dengan pelan dan lembut supaya kucing kesayangan bisa tetap merasa nyaman saat dipotong kukunya. Ia bahkan tidak mungkin agresif apalagi mencakarmu, lho.

Langkah 4: Memotong Kuku di Ruang yang Terang

Jangan pernah memotong kuku kucing di tempat sembarangan. Sebab, prosesnya akan terganggu mengingat kuku kucing tidak selebar kuku manusia. Kamu harus melakukannya di tempat terang atau berada dibawah sinar matahari atau lampu.

Di samping itu, pemilihan ruang terang dengan intensitas cahaya yang bagus bertujuan supaya kamu bisa tahu batas akhir kuku kucing harus dipotong. Kamu juga mampu melihat jaringan merah pada kukunya yang disebut dengan quick, yakni batas akhir kuku kucing wajib dipotong.

Langkah 5: Menghindari Potongan Terlalu Pendek

Kamu mungkin merasa gemas bila melihat kuku kucing terlalu panjang. Namun, bila melihat ulasan sebelumnya bahwa setiap kakinya mempunyai jaringan merah yang merupakan batas akhir kukunya wajib dipotong.

Jangan pernah menggunting kukunya terlalu pendek, sebab pertumbuhannya mungkin terlambat dan binatang kesayanganmu akan sulit melindungi dirinya. Sebaiknya kamu menyisakan sekian milimeter dari ujung jaringan merah, sehingga kucing dapat leluasa bergerak dan meraba benda-benda di sekitarnya.

Langkah 6: Memotong Secara Vertikal

Apabila kamu tidak punya gunting kuku khusus binatang, gunakan gunting kuku dengan pisau yang tajam. Namun, pastikan permukaannya tidak tumpul karena dapat membuat kucing merasa kurang nyaman. Gunting kukunya secara vertikal atau dari atas ke bawah, bukan dari sisi ke sisi.

Gunanya agar kamu dapat mengurangi tekanan yang bakal dirasakan si kucing. Selain itu, gunting kukungan dengan lembut dan perlahan supaya si kucing bisa menikmati sentuhanmu sambil membersihkan area kakinya lebih efektif.

Terkait:  Cara Ukur Oximeter

Langkah 7: Memotong Bagian yang Tipis Saja

Jika kamu sedang memotong kuku kucing, kamu juga perlu memperhatikan beberapa bagian yang terdapat di sekitar titik tersebut. Jangan pernah menggunting kukunya di tengah, apalagi sekitar jaringan merah alias quick.

Mengapa perlu dihindari? Bagian ini merupakan saraf utama dan pembuluh darah kucing, sehingga dapat mengancam keselamatannya bila terkena benda tajam. Jika kamu mengenainya, risiko pendarahan akan terjadi dan alangkah baiknya kamu memotong kuku tipis-tipis saja.

Langkah 8: Membersihkan dengan Bersih

Apabila kukunya sudah dipotong secara menyeluruh, alangkah baiknya membersihkan semua permukaan kaki dengan menggunakan kain bersih atau tisu yang tidak terlalu basah. Kamu perlu membersihkannya untuk memastikan tidak ada kotoran atau sisa kuku menempel pada permukaan kaki, serta mencegah terkena quick.

Usapkan dengan lembut dan perlahan agar kucingmu dapat leluasa menggerakkan kakinya saat dibersihkan, sehingga kaki dan batalannya terbebas dari kuman maupun kotoran.

Langkah 9: Memberi Pujian

Kucing menjadi salah satu hewan yang mempunyai naluri atau perasaan sangat tinggi, lho. Jika ia menuruti semua permintaanmu saat sedang dipotong kukunya, kamu perlu memberikan hadiah atau pujian seperti makanan. Kamu perlu mengulanginya sampai semua permukaan kuku sudah dipotong dan benar-benar bersih sempurna.

Selain itu, kamu juga bisa mengusapnya dengan lembut dan penuh kasih sayang sebagai bukti bahwa kamu benar-benar menyayanginya sebagai bintang peliharaan yang penurut.

Demikian ulasan tentang cara memotong kuku kucing yang benar dan mudah. Hindari menggunting kukunya di area jaringan merah untuk mencegah pendarahan yang tidak diinginkan. Berikan hadiah istimewa sesuai keinginan si kucing agar ia dapat menuruti permintaanmu untuk dipotong kukunya lagi nanti.

Rate this post

Related posts