Cara Melunasi Kartu Kredit

Penyalahgunaan pada pemakaian kartu kredit dapat menyebabkan utang yang menumpuk. Kamu terlena dengan kemudahan serta kenyamanan saat menggunakan kartu kredit dan terjebak dalam banyak utang. Kemudian, kamu pun mencari berbagai cara melunasi kartu kredit agar tidak semakin melilit.

Pada dasarnya, kartu kredit dapat berfungsi dalam mengelola alur kas. Sebab, saat terjadi sesuatu di luar dugaan seperti keluarga yang harus rawat inap, tagihan sekolah anak, atau lainnya, kartu kredit dapat membantu memenuhi dana tunai kamu yang belum bisa mencukupi.

Namun, bukan karena keperluan mendesak yang sangat penting seperti yang kami sebutkan, banyak orang menggunakan fasilitas perbankan satu ini untuk hal-hal konsumtif.

Mereka membeli berbagai hal yang kurang begitu penting dan demi menunjang gaya hidup. Tidak sedikit juga yang mengalami impulse buying dan menggunakan kartu kredit untuk membayar. Hal ini tentunya bukan sesuatu yang patut dicontoh karena nanti kamu yang akan kena getahnya.

Pemakaian kartu kredit yang tidak tepat akan membuat penumpukan utang yang semakin banyak. Akhirnya sebagian orang mencari pinjaman kilat dengan bunga sangat tinggi untuk melunasi salah satu tagihan yang sudah jatuh tempo. Nah, penyedia jasa jaminan uang tersebut justru membuat pinjaman kamu semakin tinggi karena bunga yang mencekik.

Supaya tidak terjebak dalam situasi tersebut, kamu harus memiliki kontrol diri dan bijak dalam menggunakan kartu kredit. Akan tetapi, bagi yang sudah terlanjur jatuh dalam utang kartu kredit yang menumpuk, tenang saja karena kami akan membagikan sejumlah tips jitu cara melunasi kartu kredit.

Daftar Isi

Terkait:  Cara Gadaikan BPKB di Pegadaian

Cara Melunasi Kartu Kredit Tanpa Bayar, Adakah?

Jika kamu sedang mencari solusi bagaimana melunasi kartu kredit tanpa harus membayar, maka jawabannya tentu saja tidak ada. Memiliki pinjaman di manapun termasuk kartu kredit tetap harus dilunasi bagaimanapun caranya.

Pasalnya, jika kamu mangkir untuk melunasi utang kartu kredit dari pihak perbankan maka harus bersiap mendapatkan konsekuensinya. Mulai dari penilaian kredit yang buruk hingga penyitaan aset-aset berharga yang kamu miliki.

Oleh karena itu, harap untuk bijak dalam mengajukan pinjaman baik dalam bentuk kartu kredit atau kredit tanpa agunan. Namun, jika kamu ingin tahu cara terbaik untuk bisa melunasi kartu kredit, kami memiliki banyak tips jitu.

Cara Melunasi Kartu Kredit

Cara Melunasi Kartu Kredit
Cara Melunasi Kartu Kredit

Bagi pengguna kartu kredit yang merasa keberatan dalam melunasi tagihan yang sudah terlalu banyak sebenarnya bisa menggunakan layanan membayar minimal 10% dari keseluruhan tagihan. Akan tetapi, tagihan bunga yang harus dibayar menjadi lebih besar.

Adakah solusi lain melunasi kartu kredit tapi beban hutang pun tidak jadi semakin besar dan sulit dibayar? Coba ikuti beberapa cara berikut ini.

Hindari menggunakan kartu kredit sebelum melunasi tagihan

Untuk menghindari hutang yang semakin menumpuk, kamu seharusnya menghentikan dahulu aktivitas membayar dengan kartu kredit sebelum tagihan yang lama selesai dilunasi.

Dengan demikian, tagihan kartu kredit kamu tidak semakin menumpuk. Untuk menghindari godaan belanja dengan menggesek kartu, sebaiknya kamu tinggalkan saja di rumah dan simpan di tempat aman.

Bayar tagihan sebelum datang jatuh tempo

Cara lain yang juga lumayan efektif adalah dengan membayar sebelum waktu jatuh tempo datang. Hal ini akan menghindarkan kamu dari membayar biaya denda keterlambatan dan tidak dikenai bunga tagihan dari kartu kredit.

Terkait:  Pinjaman Online Dengan Rekening Orang Lain

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu telah memiliki cukup dana untuk membayar tagihan sebelum memutuskan untuk menggesek kartu kredit. Jangan asal beli dan bayar dengan kartu kredit jika kamu tidak memiliki kemampuan membayarnya.

Rutin memeriksa nilai penggunaan kartu kredit

Hal ini termasuk langkah penting untuk memastikan bahwa kamu masih on track dalam penggunaan kartu kredit. Rajin memeriksa berapa penggunaan kartu kredit yang telah dilakukan bisa membuat kamu berpikir apakah jumlah tersebut mampu dilunasi apa tidak sebelum batas penagihan.

Jadi, saat kamu merasa tagihan tersebut sudah terlalu banyak dan hampir melebihi batas kemampuan finansial, maka berhenti sekarang juga dari kegiatan membayar pakai kartu kredit.

Jika tetap terus menggunakannya sebagai metode pembayaran, maka kamu akan semakin terperosok dalam hutang yang besar dan itu akan sangat menyulitkan nantinya. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu sering mengecek nilai penggunaannya untuk kontrol diri agar tidak terlalu berlebihan.

Mengajukan transfer balance

Cara melunasi kartu kredit lainnya adalah kamu mengajukan transfer balance. Jadi, tagihan kartu kredit pada umumnya akan semakin banyak dan menumpuk seiring berjalannya waktu karena adanya bunga serta biaya tambahan. Nah, pihak penyedia kartu kredit biasanya memiliki banyak promo dan penawaran menarik diantaranya adalah tidak ada iuran tahunan, bunga 0%, atau lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk bisa mendapat promo yang ditawarkan. Caranya adalah mengganti kartu kredit lama ke yang baru dan mengajukan transfer balance sehingga tagihan akan ditransfer ke kartu kredit baru. Dengan demikian, kamu bisa menikmati promo yang mereka tawarkan dan cicilan tagihannya terasa menjadi lebih ringan.

Akan tetapi, ada biaya administrasi tambahan jika kamu mengajukan layanan transfer balance. Ditambah lagi, penerbit memberlakukan adanya batas maksimum untuk menggunakan transfer balance.

Terkait:  Cara Foto Produk Makanan

Menggunakan metode Debt Snowball

Ini merupakan salah satu teknik melunasi pinjaman yang banyak digunakan oleh sebagian orang. Metode Debt Snowball dianggap paling efektif oleh sebagian orang dalam mengatasi permasalahan pinjaman yang menumpuk.

Cara mengaplikasikan metode Debt Snowball adalah dengan melunasi pinjaman yang nominalnya paling sedikit, baru kemudian yang lebih besar. Artinya, prioritaskan untuk melunasi pinjaman dengan nilai paling sedikit terlebih dahulu.

Mengaplikasikan metode Debt Stacking

Metode lain yang tak kalah banyak diminati dalam melunasi pinjaman kartu kredit adalah Debt Stacking. Metode ini direkomendasikan bagi kamu yang mempunyai pinjaman dengan nilai bunga yang berbeda-beda.

Jadi, Debt Stacking merupakan metode melunasi pinjaman yang dimulai dari bunga paling besar. Dengan metode ini, pinjaman yang paling diprioritaskan dahulu adalah yang memiliki bunga tertinggi sehingga beban pinjamannya menjadi lebih berkurang.

Mencari penghasilan tambahan

Jika kamu memiliki pinjaman baik kartu kredit atau yang lain, bisa dikatakan bahwa penghasilan kamu selama ini kurang mencukupi atau kamu yang memang terlalu boros.

Supaya tidak berlarut-larut terjerumus dalam utang, bagaimana jika kamu mencari penghasilan tambahan. Selain mengurangi belanja yang bukan kebutuhan pokok, kamu juga bisa menambah pekerjaan sampingan agar dapat  melunasi semua tagihan kartu kredit.

Pilih pekerjaan yang sistem waktunya fleksibel sehingga tidak memengaruhi pekerjaan utama kamu, misalkan online shop, content creator, jasa edit foto atau video, remote content writer, dan banyak lainnya.

Kamu harus ingat bahwa kartu kredit bukan sumber penghasilan tambahan sehingga hindari penggunaan kartu kredit untuk belanja bulanan atau membeli kebutuhan pokok. Bijaklah dalam membelanjakan dan menggunakan uang kamu.

Di antara 7 cara melunasi kartu kredit ini, metode mana yang paling work untuk permasalahan kamu?

Related posts