Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Kamu sedang mencari informasi tentang cara melihat spesifikasi laptop atau PC? Pengetahuan akan hal ini memang seharusnya diketahui oleh orang yang sering menggunakan, memiliki, atau hendak membeli laptop.

Spesifikasi laptop adalah keterangan mengenai komponen, kemampuan, hingga sistem yang digunakan. Dari data tersebut, akan diketahui model, kecepatan prosesor, system type, RAM, keterangan pabrik, dan lainnya.

Read More

Spesifikasi laptop merupakan deskripsi teknis tentang komponen dan kemampuan komputer. Selain itu, ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan saat kamu mengetahui cara mengeceknya.

Kenapa Harus Tahu Spesifikasi Laptop Sendiri, Ini Alasannya

Mengapa dianjurkan untuk mengetahui spesifikasi gadget yang kita miliki termasuk laptop. Jadi, inilah beberapa manfaat dari mengetahui spesifikasi laptop, antara lain:

  • Tidak mudah ditipu dengan penawaran mengenai spek bagus yang dikatakan oleh penjual padahal kenyataannya tidak seperti itu
  • Mengerti driver terbaru yang dipasang di dalamnya
  • Mengetahui semua detail informasi sebenarnya terkait besaran RAM, Motherboard, dan berbagai fitur yang lain
  • Dapat memperkirakan kecepatan laptop saat digunakan untuk mengerjakan tugas, rapat online, main game, hingga pemrograman dari spesifikasinya
  • Mengerti kelebihan dan kekurangan antara merk laptop satu dengan yang lain sebelum berencana untuk membayar.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop
Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Bagi yang belum familiar dengan dunia laptop atau komputer, mungkin mengetahui spesifikasi laptop adalah hal yang sulit bagi sebagian kamu. Sedangkan mengetahui informasi ini sangat penting khususnya jika kamu berniat membeli supaya tidak salah pilih dan menyesal nantinya.

Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Sebelum membeli laptop atau komputer, pastikan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika hanya untuk konferensi video, browsing, nonton Netflix, atau aktivitas ringan bukan untuk pemrograman atau bermain game-game berat, maka spesifikasi laptop yang biasa sudah cukup. 

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui spesifikasi pada laptop? Berikut informasi selengkapnya.

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Lewat Settings

Spesifikasi laptop bisa diketahui dengan mengakses menu Settings. Caranya adalah:

  • Ketuk menu Start, kemudian pilih Settings yang lokasinya ada di bagian atas menu Power
  • Klik System dan pilih menu About
  • Lalu akan ditampilkan informasi mengenai spesifikasi laptop pada layar.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dari System Information

Cara lain yang tidak kalah mudah adalah melihat spek laptop dari System Information. Kamu akan mengetahui secara terperinci spek laptop ataupun komputer. Caranya adalah sebagai berikut:

Di bagian menu start, ketik System Information dan klik Enter.

Lalu, akan muncul tab baru yang menunjukkan informasi spesifikasi laptop. Mulai dari komponen hardware, RAM, model Bios, dan banyak lainnya.

Untuk membuat spesifikasi tersebut terkumpul jadi satu, kamu bisa merubahnya menjadi file teks (file extension ‘txt’). Caranya dengan klik opsi File, kemudian klik Export.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Lewat CMD (Command Prompt)

Ini adalah salah satu fitur yang terdapat pada laptop ataupun PC yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop. Berikut langkah-langkah untuk mengakses Command Prompt, antara lain;

  • Ketik Command Prompt di bagian kolom Search di sebelah menu Start.
  • Pada Command Prompt yang ditampilkan, kamu klik kanan dan memilih opsi Run as Administrator.
  • Selanjutnya, kamu tuliskan perintah dengan mengetik systeminfo lalu klik enter
  • Setelah beberapa saat, akan muncul tampilan pada layar yang menunjukkan informasi spesifikasi laptop, mulai dari sistem, memori, RAM, tipe, dan banyak lainnya.
Terkait:  Cara Melihat Password WiFi

Tidak hanya sampai di sini, kamu juga bisa mengetik perintah systeminfo /? agar bisa melihat perintah apa lagi yang bisa digunakan untuk memeriksa spesifikasi laptop selanjutnya.

Cara Memeriksa Spesifikasi Laptop Via PowerShell

Cara ini sebenarnya hampir mirip dengan sebelumnya, yaitu lewat Command Prompt. Akan tetapi, melihat spesifikasi laptop melalui PowerShell dianggap lebih canggih karena dapat memproses istilah pemrograman.

  • Untuk mengakses fitur tersebut, silakan ketikkan PowerShell pada menu kolom pencarian di bagian taskbar. Setelah itu, kamu klik kanan pada menu Windows PowerShell dan klik Opsi Run as Administrator.
  • Selanjutnya, pada kolom yang disediakan, kamu ketikkan sebuah perintah berbunyi Get-ComputerInfo lalu Enter.
  • Kemudian akan muncul pada layar, semua informasi terkait spesifikasi laptop kamu. Fitur yang ditampilkan PowerShell ini hampir mirip dengan CMD.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dari This PC

Cara berikutnya yang juga mudah dan praktis untuk melihat spesifikasi laptop maupun komputer adalah lewat menu This PC. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Klik Windows Explorer atau kamu bisa membukanya dengan menekan tombol Windows + E secara bersamaan.
  • Selanjutnya, Pada menu My Computer, PC, atau This PC, kamu klik kanan dan klik opsi Properties.
  • Dari sana akan muncul sebuah jendela baru yang memperlihatkan spesifikasi laptop milikmu, seperti Device name, processor, installed RAM, Device ID, Product ID, dan lain sebagainya.

Cara Cek Spesifikasi Laptop Melalui DxDiag

Kamu juga bisa melihat spesifikasi laptop yang lengkap melalui DxDiag. Apa itu DxDiag atau DirectX Diagnostic Tools? Ini adalah sebuah fitur yang ada pada Windows fungsinya untuk mendeteksi permasalahan yang terjadi pada perangkat keras PC atau laptop.

Terkait:  Cara Melihat Kunjungan Profil Instagram

Untuk mengetahui spesifikasi laptop kamu melalui DxDiag, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu RUN dengan mengetikkannya pada menu Start atau tekan tombol Windows + R secara bersamaan
  • Kemudian, ketik dxdiag pada kolom dan tekan OK
  • Akan muncul jendela baru yang menunjukkan spesifikasi laptop secara detail, seperti informasi mengenai operating system, computer name, language, display, sound, dan banyak lainnya.

Pada jendela DxDiag, terdapat 4 menu tab yang berbeda, yakni System, display, Sound, dan Input. Semuanya memuat keterangan secara rinci mengenai spek laptop atau komputer tersebut. Kamu bisa klik masing-masing tab untuk mengetahui bagaimana informasi lebih detailnya.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Lewat Aplikasi

Jika informasi spesifikasi yang didapat dari fitur bawaan laptop masih kurang, coba saja menggunakan software Speccy. Tidak hanya informasi mengenai perangkat keras laptop saja tapi kamu juga bisa mengetahui perangkat lunak yang terpasang pada laptop.

Cara menggunakan Speccy adalah unduh dan pasang aplikasi pada laptop. Setelah aplikasi terpasang, buka dan semua informasi mengenai spesifikasi laptopmu akan langsung ditampilkan.

Selain Speccy, ada juga aplikasi bernama CPU-Z yang cara kerjanya hampir sama. Pertama, kamu unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi CPU-Z seperti biasa. Jika sudah, buka aplikasi dan kamu dapat melihat keterangan mengenai CPU, memory, mainboard, dan banyak lainnya yang ditampilkan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop MacBook

Bagaimana dengan laptop MacBook? Nah, silakan kamu ikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek spesifikasi MacBook, antara lain:

  • Pilih ikon Apple yang berada di menu bar, kemudian klik About My Mac
  • Pada layar akan ditampilkan spesifikasi laptop MacBook milikmu.
  • Jika informasi tersebut masih kurang detail, maka coba ikuti langkah-langkah berikut:
  • Pilih ikon Apple yang berada di menu bar, kemudian klik tombol Option pada keyboard
  • Lalu, pilih menu System Information dan langsung ditampilkan semua informasi terkait spesifikasi laptop MacBook.

Dari sekian banyak cara melihat spesifikasi laptop yang kami bagikan, menurutmu cara mana yang paling mudah dan tidak ribet?

Related posts