Cara Menabung Emas di Pegadaian

Bagaimana cara menabung emas di Pegadaian? Informasinya selalu hangat diperbincangkan dan selalu menjadi pencarian banyak orang. Apabila kamu belum punya pengalaman menabung emas di Pegadaian, maka kamu bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini.

Pegadaian sudah menjadi salah satu perusahaan finansial yang belakangan ini dipilih banyak orang untuk investasi. Emas adalah instrumen investasi paling unggul, bahkan menggiurkan karena nilainya tidak pernah anjlok seperti objek investasi apapun.

Read More

Secara umum cara menabung emas di Pegadaian juga bisa dilakukan siapa saja, lho. Bahkan, golongan pelajar sekali pun bisa berinvestasi emas di sana. Jangan sampai kamu ketinggalan dengan orang lain yang sudah lebih dulu melakukannya.

Pegadaian memberikan ketentuan dan syarat menabung emas yang simpel, sehingga kamu dapat bertransaksi jangka panjang. Selain itu, keuntungannya menarik bahkan lebih menggiurkan dibandingkan beberapa badan usaha yang menawarkan produk investasi serupa.

Cara Menabung Emas di Pegadaian
Cara Menabung Emas di Pegadaian

Sekilas Tentang Tabungan Emas di Pegadaian

Tabungan Emas di Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas oleh Pegadaian yang membantu masyarakat dalam berinvestasi emas dengan mudah dan nyaman. Artinya, Pegadaian menawarkan produk tabungan emas yang memungkinkan setiap nasabah untuk investasi emas secara efektif.

Tak hanya itu, Pegadaian memudahkan setiap nasabahnya untuk membeli emas berbentuk logam mulia lewat fasilitas bak menabung, lho. Kamu bahkan butuh modal rendah, yakni sebesar 0,01 gram emas dengan investasinya yang tidak akan merugikan dirimu sendiri.

Syarat Menabung Emas di Pegadaian

Pegadaian memberikan kebijakan mengenai aturan dan syarat yang harus dipatuhi semua calon nasabah untuk berinvestasi emas jangka panjang. Penasaran? Berikut persyaratan yang wajib dipenuhi, antara lain :

  • Calon nasabah mempunyai KTP yang masih berlaku.
  • Calon nasabah mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.
  • Melunasi uang transaksi Tabungan Emas sesuai dengan kebijakan yang berlaku.
Terkait:  Cara Menanam Cabe

Kelebihan Menabung Emas di Pegadaian

Tak bisa dipungkiri bahwa berinvestasi emas di Pegadaian mempunyai berbagai macam keutamaan yang menggiurkan. Daripada penasaran, simak kelebihan menabung emas di Pegadaian sebagai berikut :

  • Modal untuk menabung emas di Pegadaian sangat rendah. Nasabah bisa melakukan transfer ke rekening tabungan emas mulai dari 0,1 gram.
  • Menabung emas berbentuk logam mulia atau antam lewat Tabungan Emas bisa dilakukan via online melalui website resmi Pegadaian, yakni pegadaian.co.id.
  • Apabila uang pada tabungan emas telah terkumpul atau sama dengan harga emas seberat 5 gram, kamu berhak menukarnya dengan emas berbentuk fisik.
  • Investasi emas bisa dicairkan kapan saja, sebab asetnya bersifat likuid. Cara mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian sangat cepat dan mudah.
  • Membuka Tabungan Emas di Pegadaian adalah pilihan investasi aman untuk jangka panjang maupun jangka pendek.
  • Tabungan Emas di Pegadaian dikelola secara profesional, resmi dan transparan. Kamu bisa melakukan buyback emas mulai dari 1 gram dan berhak menabung emas dengan berat 0,01 gram.
  • Pegadaian menjamin semua produk emas kamu merupakan emas dengan karatase 24 karat.

Kelemahan Menabung Emas di Pegadaian

Walaupun Tabungan Emas di Pegadaian mempunyai beragam keuntungan menarik, tapi siapa sangka bila produk investasi ini memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan, yakni :

  • Pencairan saldo tabungan emas minimal 5 gram, sedangkan saldo pembukaan minimum sebesar 0,1 gram.
  • Program Tabungan Emas belum terdapat di semua kantor Pegadaian seluruh Indonesia.
  • Nasabah harus membayar biaya administrasi dan biaya fasilitas titipan yang berlaku.
  • Terdapat kurs beli dan kurs jual.

Cara Membuka Tabungan Emas di Pegadaian

Jika kamu belum pernah berinvestasi emas di Pegadaian, maka bisa mengikuti dan menyimak cara membuka tabungan emas di Pegadaian dengan mudah sebagai berikut :

  • Memastikan Semua Persyaratan Sudah Terpenuhi
    Langkah awal yang harus dilakukan adalah memeriksa semua persyaratan yang sudah ditentukan. Kamu harus menyiapkan KTP, paspor serta biaya transaksi Tabungan Emas. Kamu harus membawa uang transaksi sesuai dengan channel pilihanmu.

    Pegadaian menawarkan 4 channel Tabungan Emas yang terdiri dari Pegadaian, Pegadaian Digital, Pegadaian Syariah Digital serta Agen Pegadaian. Kamu tidak perlu keluarkan uang bila membuka Tabungan Emas via Pegadaian Digital serta Pegadaian Syariah Digital.

    Sementara itu, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp.10,000 bila membuka Tabungan Emas melalui outlet Pegadaian maupun Agen Pegadaian. Selain itu, kamu juga perlu membayar uang penitipan emas senilai Rp.30,000 per tahun. Uang ini harus dibayar duluan, tapi bila kamu melakukan registrasi via Pegadaian Digital alhasil bersifat gratis pada tahun pertama.

  • Kunjungi Kantor Pegadaian Terdekat
    Apabila semua persyaratan sudah disiapkan, maka kamu bisa mendatangi kantor Pegadaian terdekat. Kamu bisa mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas yang diberikan petugas, sedangkan kamu harus bayar biaya administrasi dan biaya fasilitas penitipan dulu.

    Kamu berikutnya bakal menerima Buku Tabungan Emas. Jika telah mendapatkan Buku Tabungan Emas, maka pembelian emas bisa langsung dilakukan paling tidak sebesar 0,01 gram.

Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas di Pegadaian

Bagi kamu yang sedang berencana melakukan investasi emas di Pegadaian, alangkah baiknya mencari tahu biaya pembukaan Rekening Tabungan Emas di Pegadaian melalui tabel berikut ini :

Channel Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas Biaya Fasilitas Penitipan Emas (per satu tahun) Pembelian Saldo Emas Biaya Transaksi
Pegadaian Digital Rp.0 Rp.0 (gratis biaya penitipan satu tahun pertama) Rp.50,000
Outlet Pegadaian Rp.10,000 Rp.30,000 0,01 gram
Pegadaian Syariah Digital Rp.0 Rp.30,000 Rp.70,000
Agen Pegadaian Rp.10,000 Rp.30,000 Rp.57,500 Rp.2,500

Biaya Transaksi Rekening Tabungan Emas di Pegadaian

Jika ingin melakukan transaksi emas seperti transfer emas ke rekening lain, menitip emas sampai mencetak rekening koran maka bisa membayar biaya transaksi sesuai tabel berikut ini :

Transaksi Biaya (Rupiah) Keterangan
Transfer Emas ke Rekening Lain Rp.0 Melalui Pegadaian Digital
Transfer Emas ke Rekening Lain Rp.2,000/transaksi Melalui Outlet Pegadaian
Pencetakkan Rekening Koran Tabungan Emas Rp.2,000/lembar Melalui Outlet Pegadaian
Penitipan Emas per Tahun Dibayar di Muka Rp.30,000/rekening
Penutupan Rekening Rp.30,000/rekening Melalui Outlet Pegadaian
Penggantian Buku Tabungan Emas yang Hilang atau Rusak Rp.10,000/buku Melalui Outlet Pegadaian

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Barangkali kalian tidak tahu kalau cara menabung emas di Pegadaian sebenarnya cepat dan simpel, lho. Kamu tidak perlu menghabiskan uang terlalu banyak untuk berinvestasi emas yang aman dan nyaman di Pegadaian.

Nasabah mana pun bakal mendapatkan berbagai macam manfaat jangka panjang maupun jangka pendek. Meski begitu, kamu tetap perlu mempertimbangkan beberapa kelemahan selama membuka Tabungan Emas di Pegadaian supaya bisa memaksimalkan income yang didapatkan.

Cara Menabung Emas di Pegadaian Digital

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital melalui aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) sesuai tipe smartphone kamu.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Silakan daftarkan dirimu dengan menggunakan data pribadi, termasuk NPWP dan rekening bank yang dimiliki.
  • Kemudian, segera lakukan CDD (Customer Due Diligence) secara elektronik. CDD wajib dilakukan di outlet Pegadaian tempat kamu membuka rekening Tabungan Emas pertama kali.
  • Lakukan pembayaran setoran awal wajib sekitar Rp.50,000 sebelum jam 22:00 WIB saat hari pembukaan rekeningnya. Jangan sampai melampaui batas waktu tersebut lantaran rekening bakal terbatalkan secara otomatis.
  • Berikutnya, kamu bakal menerima Buku Tabungan Emas.
  • Terakhir, kamu sudah bisa menabung emas di Pegadaian Digital dengan nominal pembelian berkisar Rp.50,000 sampai Rp.10,000,000.

Demikian informasi tentang cara menabung emas di Pegadaian. Jangan lupa bagikan panduan ini supaya kamu dan teman-teman bisa berinvestasi emas jangka panjang atau jangka pendek di Pegadaian. Selamat mencoba!.

Rate this post

Related posts