Cara Menawar di Shopee

Cara Menawar di Shopee

Bagaimana cara menawar di Shopee? Shopee sudah menjadi salah satu aplikasi belanja online terbaik dan terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, semua orang pasti penasaran bagaimana cara menawar harga barang di sana. Tak sedikit konsumen bahkan kamu sendiri pasti ingin membeli barang terbaik dengan harga miring.

Namun, banyak seller alias penjual justru enggan menerima permintaan kamu untuk mendapatkan produk tersebut dengan harga lebih murah. Kondisi ini mengakibatkan dirimu harus merogoh kocek lebih dalam, bahkan pembelian dibatalkan.

Kamu harus tahu kalau penawaran harga barang di Shopee hanya ditujukan untuk para pengguna aplikasinya saja, sedangkan pengguna PC belum bisa menikmati layanan tersebut. Tak hanya itu, fitur ini bahkan nyaris berlaku untuk semua toko online di Shopee.

Konsumen juga perlu mematuhi ketentuan dan syarat sehingga permintaan penawarannya dapat disetujui. Selain itu, kamu harus memberikan tawaran masuk akal supaya tidak merugikan penjual, sedangkan permohonanmu pun bakal langsung diterima.

Cara Menawar di Shopee
Cara Menawar di Shopee

Sekilas Tentang Sistem Tawar di Shopee

Fitur ini merupakan salah satu layanan yang dipakai untuk mengubah tawaran harga di Shopee. Kamu bisa menawar harga barang sesuai dengan keinginan masing-masing. Contohnya, harga sepatu yang hendak dibeli sebesar Rp.150.000, maka kamu bisa menawarnya menjadi Rp.130.000.

Fitur ini bahkan selalu digunakan semua pelanggan Shopee, baik baru atau lama yang bertujuan mencari barang berkualitas dengan harga miring. Penawaran harga barang sebaiknya dilakukan dengan baik supaya bisa menerima persetujuan dari penjual.

Terkait:  Cara Koin Shopee Jadi ShopeePay

Bisakah Menawar di Shopee Lewat PC?

Pihak Shopee rupanya belum menyediakan fitur penawaran harga untuk akses via PC. Layanan ini hanya bisa dinikmati semua pelanggan Shopee dari aplikasi saja. Kendati demikian, kamu bisa tetap mendapatkan barang berkualitas dengan harga murah, lho.

Kamu cukup mencari produk impian terlebih dulu, masukkan ke dalam troli. Kemudian, hubungi penjual melalui menu obrolan atau chat untuk menanyakan spesifikasi sampai stoknya. Kamu bisa meminta seller menawarkan harga barang lebih murah agar dapat dibeli saat itu juga.

Apakah Semua Toko Memiliki Fitur Tawar Harga?

Secara umum bahwa tidak semua toko online menyediakan fitur tawar harga di Shopee. Apabila kamu tidak menemukannya, artinya toko terkait tidak menerima penawaran harga berapapun yang sudah diajukan. Selain itu, toko tersebut sudah menetapkan harganya dan tidak bisa diganggu gugat.

Jika kamu tidak bisa menawar harga, kamu harus mencari toko lain yang menjual barang serupa dengan harga lebih murah. Tak menutup kemungkinan bahwa toko lainnya mempunyai fitur tawar harga sehingga kamu dapat mengajukan penawaran harga istimewa.

Kenapa Penawaran Harga Ditolak?

Kamu mungkin penasaran mengapa sebagian besar toko online menolak penawaran harga yang sudah diajukan. Umumnya tawaran harga langsung ditolak lantaran harga barangnya memang telah terlampau murah, bahkan lebih terjangkau dibandingkan toko mana pun.

Penjual biasanya selalu memasang harga tepat sehingga konsumen tidak perlu menawarnya lagi. Kamu harus memastikan tawaran harga yang diberikan tidak terlalu murah, sehingga dapat mencegah kerugian untuk penjual tersebut. Jika sebaliknya, kamu tidak akan menerima persetujuan bahkan pesan yang dikirim enggan direspon kembali.

Cara Setting Tawar Harga di Shopee

Penjual bisa mengaktifkan fitur tawar harga untuk memancing simpati semua konsumen sehingga dapat membeli barang apapun di Shopee. Penasaran? Simak panduan lengkapnya berikut ini :

  • Pertama, masuk ke dalam laman toko Shopee dengan menggunakan akun masing-masing.
  • Jika sudah, pilih menu Asisten Penjual.
  • Apabila diarahkan ke laman berikutnya, klik Pengaturan Toko.
  • Kemudian, aktifkan fitur tawar harga barang yang kamu inginkan.
  • Terakhir, fitur tawar harga sudah aktif dan gunakan akun Shopee keluarga atau kerabat untuk memastikan layanannya bisa langsung digunakan.
Terkait:  Cara Melamar Shopee Food: 4 Tahapan Via Online Joss!

Cara Menawar di Shopee

Kamu mungkin belum tahu bahwa cara menawar di Shopee sebenarnya simpel. Kamu hanya perlu mencari barang impian sebelum dibeli untuk ditawar terlebih dulu. Meski begitu, kamu harus memastikan kalau toko tersebut menyediakan fitur tawar harga.

Gunanya supaya kamu bisa mengajukan harga barang menjadi lebih murah dibandingkan harga aslinya. Di samping itu, tawarlah dengan harga masuk akal sehingga penjual dapat mempertimbangkannya untuk menyetujui permintaan penawaran harga tersebut.

Langkah 1: Mencari Barang yang Diinginkan

Langkah awal adalah membuka aplikasi Shopee dengan menggunakan akun masing-masing. Kamu bisa mencari dan menemukan berbagai macam produk berkualitas di Shopee. Jika kamu tidak bisa mendapatkan barang yang diinginkan, gunakan menu filter pada laman beranda.

Kamu juga harus menggunakan search box atau kolom pencarian pada laman utama aplikasi Shopee, ketik nama barang yang dicari sampai muncul halaman baru menampilkan daftar produk tersebut dari semua toko di Shopee.

Langkah 2: Membuka Menu Chat

Apabila kamu sudah menemukan barang yang diinginkan, maka kamu bisa melakukan penawaran harga produk tersebut. Caranya adalah membuka menu obrolan atau chat di samping kanan atas, cari nama toko yang menjual barang tersebut.

Kamu bisa berbicara langsung dengan pedagang tersebut sampai benar-benar mencapai kesepakatan terhadap harga final. Namun, kamu terlebih dulu mengecek apakah toko tersebut menyediakan fitur tawar harga supaya bisa mengajukan diskon sesuai keinginanmu.

Langkah 3: Mulai Tawar Harga

Jika kamu ingin langsung menawar harga barang tersebut, maka bisa memilih menu Tawar. Kamu harus memberikan penawaran masuk akal kepada penjual sehingga mereka dapat menerima permohonanmu.

Kami sarankan kamu menawarkannya dengan selisih harga lebih murah Rp.50.000, jangan sampai lebih dari itu. Contohnya, harga barang aslinya sebesar Rp.200.000 maka kamu bisa menawarkannya menjadi Rp.150.000 sampai Rp.190.000. Gunanya supaya kamu dan pembeli dapat mendapat keuntungan masing-masing.

Terkait:  Cara Mengisi ShopeePay Lewat M Banking BNI

Langkah 4: Memasukkan Barang ke Troli

Jika kamu sudah mencapai kesepakatan dengan seller, maka bisa langsung memasukkan barang tersebut ke dalam troli. Kamu harus melakukannya agar barang yang sudah ditawar harganya dapat langsung diproses ke tahap berikutnya.

Jika kamu hanya sekadar menawar harganya tanpa menyepakati terhadap seller, maka kamu bisa kehilangan harga lebih murah. Tak menutup kemungkinan bahwa pedagang akan menolak permohonan tawar harga yang bakal kamu ajukan kembali nanti.

Langkah 5: Membeli Barang dengan Harga Murah

Langkah terakhir adalah membeli barang yang sudah ditawar dengan harga murah. Caranya adalah menekan tombol Checkout pada halaman troli. Kemudian, kamu akan diarahkan ke laman pembelian yang mana harga asli akan berubah menjadi harga diskon sesuai dengan penawaranmu sebelumnya.

Kamu juga bisa menggunakan voucher gratis ongkir untuk mendapatkan potongan biaya ekspedisi lebih murah. Kamu perlu menentukan metode pengiriman dan klik Buat Pesanan, tunggu beberapa hari sampai pesananmu diantar ke rumah.

Demikian informasi tentang cara menawar di Shopee yang harus kamu tahu. Jangan lupa bagikan panduan ini supaya kamu, keluarga dan teman bisa belanja dengan mendapatkan harga lebih murah di Shopee. Selamat mencoba!.

Similar Posts