Cara Mencuci Tangan yang Benar

Cara Mencuci Tangan yang Benar
Cara Mencuci Tangan yang Benar

Tangan adalah salah satu organ tubuh vital yang menghubungkan tubuh dengan benda di sekitar kita. Jangan heran kalau cara mencuci tangan yang benar harus dilakukan setiap hari, sehingga tangan dapat terbebas dari bakteri dan kuman.

Apabila kamu tidak pernah mencuci tangan dengan baik dan benar, maka bisa mengundang penyakit berbahaya. Pasalnya, tangan kotor yang belum kamu cuci pasti akan menyentuh berbagai macam makanan untuk disantap setiap hari, alhasil bakteri dan kuman akan masuk ke dalam tubuhmu.

Tak sedikit orang selalu mencuci tangan asal-asalan. Walaupun kedua tanganmu sudah dibasuh dengan air, namun belum menjamin bebas bakteri dan kuman. Apalagi musim pandemi belum berakhir membuat kesehatan tubuh harus dijaga, termasuk kebersihan tangan.

Jika kedua tanganmu tidak pernah dicuci setiap hari, maka bisa mengundang bakteri dan kuman untuk singgah di rongga jari-jari tangan. Kamu harus mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun dan air mengalir untuk membasmi kuman penyebab penyakit.

Cara Mencuci Tangan yang Benar
Cara Mencuci Tangan yang Benar

Mengapa Harus Mencuci Tangan?

Beberapa orang selalu bertanya mengapa mereka harus mencuci tangan dengan baik, sebaiknya kamu menyimak ulasan berikutnya untuk tahu alasan dibalik menjaga kebersihan tangan setiap hari, yakni :

  • Mencegah Penyebaran Kuman
    Perpindahan kuman berlangsung sangat cepat. Kondisi disebabkan kedua tangan yang kotor dan jarang dicuci. Apabila tangan bersih dan sehat, bakteri dan kuman tidak bisa singgah bahkan sulit mengganggu sistem imun atau kekebalan tubuhmu setiap hari.

    Umumnya bahwa beberapa benda seperti meja, HP, laptop, sepatu sampai tas adalah sebagian kecil produk yang menjadi sarang bakteri dan kuman. Maka dari itu, kamu harus mencuci tangan dengan bersih sesudah menyentuh benda-benda tersebut.

  • Tidak Bisa Melihat Kuman
    Ukuran bakteri, kuman dan virus memang sangat kecil yang hanya bisa dilihat dengan memakai alat khusus. Oleh karena itu, kamu tidak bisa memvonis kedua tangan selalu bersih bila jarang dicuci setiap hari, sedangkan jumlahnya mungkin banyak bila jarang dibersihkan, lho.

    Terkadang, kamu tidak sadar menyentuh wajah dan organ tubuh tertentu yang berisiko menimbulkan penyakit bila disentuh dengan tangan kotor. Beberapa penyakit yang menyebar bila tangan tidak dibersihkan adalah :

    • Gangguan Pencernaan.
    • Hepatitis A.
    • Influenza.
    • Demam Tifoud (Tifus).
    • Cacingan, dan
    • COVID-19.

Kesalahan Mencuci Tangan yang Wajib Dihindari

Cuci tangan sudah menjadi sebuah aktivitas kesehatan yang penting dilakukan. Meski begitu, kamu harus menghindari beberapa kesalahan saat mencuci tangan sebagai berikut :

  • Menyentuh Barang Sesudah Mencuci Tangan
    Kamu pasti tanpa sadar selalu menyentuh berbagai macam benda sesudah mencuci tangan dengan air dan sabun. Padahal, kebiasaan ini tidak boleh dilakukan di mana kamu baru saja membersihkan kedua tangan dari bakteri dan kuman.

    Apabila kamu menyentuh benda apapun sesudah mencuci tangan, kuman berbahaya akan singgah lagi. Selain itu, risiko penyebaran penyakit rentan terjadi akibat kamu kurang memperhatikan kesehatan tangan.

  • Langsung Membilas Sabun dengan Air
    Jangan pernah membilas kedua tangan yang sudah diberi sabun dengan air. Kamu bisa membiarkannya selama 20-30 detik untuk menggosok bagian punggung tangan, sela-sela jari, telapak tangan serta bagian bawah kuku.

    Bersihkan semua bagian tersebut sampai bersih sehingga kamu dapat memastikan bakteri dan kuman yang menempel di tangan bisa mati seketika. Kamu juga perlu menggosoknya pelan-pelan untuk mencegah iritasi (bila kulit sensitif).

  • Tidak Memakai Sabun
    Orang-orang mungkin menganggap bahwa mencuci tangan dengan air saja sudah cukup bersih. Padahal, bakteri dan kuman justru masih menempel bahkan susah dibersihkan sepenuhnya. Kamu harus mencuci kedua tangan dengan sabun dan air yang mengalir sampai benar-benar bersih.

    Selain itu, kami sarankan kamu menggunakan sabun cair dibandingkan sabun batang. Sebab, sabun cair tidak akan meninggalkan jejak kuman yang dipakai dengan tangan berbeda.

  • Mengeringkan Tangan dengan Mesin Pengering
    Apabila kamu selalu pergi ke restoran atau mall, biasanya kamu akan menemukan tempat cuci tangan dengan menghadirkan mesin pengering yang canggih. Namun, siapa sangka bahwa pemakaiannya tidak dianjurkan bahkan belum menjamin tangan benar-benar bersih.

    Jika kamu ingin membersihkan tangan sesudah dicuci, sebaiknya gunakan tisu. Jika kamu tetap ingin menggunakan mesin pengering, posisikan tangan yang sudah dicuci di bawah alat itu selama 45 detik hingga permukaannya kering.

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Jangan pernah berpikir kalau cara mencuci tangan yang benar hanya menggunakan air mengalir saja. Kamu tetap perlu menggunakan sabun cair supaya bisa mencegah perpindahan kuman dibandingkan pemakaian sabun batang.

Kamu juga harus memastikan bahwa seluruh permukaan tangan sudah dibersihkan dan digosok sempurna. Bersihkan sela-sela jari, kuku sampai dinding tangan secara memutar sehingga bakteri dan kuman dapat terangkat dengan menggunakan busa sabun yang didiamkan selama beberapa detik sebelum dibilas.

Langkah 1: Menggosok Telapak Tangan

Langkah awal adalah membilas kedua tangan terlebih dulu, kemudian menggosok telapak tangan dengan benar. Umumnya bagian telapak tangan mengandung banyak bakteri dan kuman. Apabila kamu sedang berkeringat, keringat juga bisa menumpuk di tangan, lho.

Jika terlalu lama dibiarkan, maka bakteri dan kuman bisa berkembang biak. Selain itu, telapak tangan adalah bagian utama yang bersentuhan langsung dengan benda di sekitar kamu. Gosokkan kedua telapak tangan secara bergantian dengan lembut.

Langkah 2: Menggosok Telapak dengan Jari Terikat

Untuk membersihkan bakteri, kotoran dan kuman di telapak tangan, gosokkan dengan jari-jari terikat agar semuanya dapat terangkat sempurna. Kamu bisa mengaitkan jari layaknya orang sedang berdoa, kemudian gosok sela-sela jari secara perlahan.

Kamu harus memastikan cara membersihkan tangan yang benar ini dilakukan secara bertahap. Gunanya supaya kotoran yang menempel bisa terangkat dengan sabun dan jemari yang sedang menggosok bagian lainnya, sehingga tangan bersih maksimal.

Langkah 3: Memutar Punggung Jari

Putar punggung jari di atas telapak untuk memastikan bagian tersebut juga dibersihkan dengan sempurna. Selain itu, bagian punggung jari harus terkena sabun dan air supaya bakteri dan kotoran bisa terangkat ketika digosok.

Kamu cukup meletakkan jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri dengan posisi mengunci satu sama lain. Kemudian, putar punggung jari tersebut di atas telapak tangan, sedangkan kamu harus melakukannya untuk tangan lain untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Langkah 4: Membasuh Kedua Tangan Sampai Bersih

Cara mencuci tangan yang benar berikutnya adalah menggosok jempol dengan menggunakan tangan kanan dan kiri atau sebaliknya. Kemudian, kamu juga perlu mengkuncupkan jari dan memutarnya di atas telapak tangan dengan benar.

Apabila sudah dilakukan, maka kamu bisa memastikan bahwa semua permukaan tangan benar-benar bersih dan dibilas dengan sabun serta air mengalir. Gunakan tisu atau waslap bersih dan kering untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel di permukaannya demi mencegah perindahan kuman lagi.

Demikian pembahasan tentang cara mencuci tangan yang benar dengan sabun. Bagikan informasi penting ini supaya kamu bisa menjaga kesehatan dengan orang sekitar untuk selalu mencuci tangan sesudah makan, menyentuh benda atau melakukan kegiatan apapun setiap hari.

Terkait:  Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Related posts