Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel

Bagaimana cara mengaktifkan ADN Telkomsel? Pengguna Telkomsel biasanya selalu menerima pesan singkat yang dikirim beberapa lembaga maupun perusahaan untuk bekerja sama dalam hal promosi, serta penyampaian informasi penting kepada masyarakat.

Kamu tidak bisa menganggapnya sebagai sebuah spam. Pasalnya, mayoritas informasi tersebut hampir sering dibutuhkan semua orang agar publik dapat mengetahui segalanya yang dibutuhkan saat ini, khususnya selama masa pandemi yang belum berakhir.

Mereka biasanya mengirim informasi singkat tersebut kepada semua orang dengan menggunakan nomor ponsel yang terdiri dari 4 digit angka saja. Tak sedikit orang belum tahu bahwa metode pengiriman pesan singkat tersebut biasanya disebut dengan ADN.

Layanan ini bahkan sudah menjadi sesuatu yang digunakan sebagian besar operator seluler di seluruh Indonesia. Gunanya supaya mereka bisa melakukan broadcast untuk mengirim pesan berisi informasi darurat kepada semua orang dalam kondisi tertentu.

Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel
Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel

Apa itu ADN Telkomsel?

ADN (Abbreviated Dialing Number) merupakan sebuah metode push SMS yang dikirim sebagian besar layanan dengan menggunakan 4 digit angka sebagai nomor penerimanya. Umumnya bahwa nomor ADN tersebut dimiliki pihak-pihak tertentu supaya mereka bisa menawarkan polling, kuis harian dan menyampaikan informasi penting kepada masyarakat.

Apabila kamu baru saja menerima SMS yang dikirim oleh nomor tersebut, maka kamu bisa melihat langsung perwujudan dan arti dari ADN tersebut.

Kenapa Harus Mengaktifkan ADN Telkomsel?

Kamu pasti sempat berpikir bagaimana cara mengaktifkan ADN Telkomsel, bukan? Kenapa layanan tersebut harus digunakan? Biasanya orang-orang perlu melakukannya atau tidak, tergantung kebutuhan masing-masing. Umumnya bila voucher yang dipakai dan belum hangus, maka ADN Telkomsel bersifat otomatis agar saat waktu pengguna mengaktifkannya tidak dapat menimbulkan gangguan.

Terkait:  Cara Daftar Paket Nelpon Simpati Bulanan

Kamu bisa memperoleh notifikasi pengisian voucher berhasil dan bila notifikasi ADN belum aktif maka bisa dibilang belum berhasil. Kamu tidak perlu mengaktifkan ADN Telkomsel bila gagal mengaktifkan voucher. Biasanya penyedia layanan sedang bermasalah jika kamu gagal aktivasi.

Penyebab ADN Telkomsel Tidak Aktif

Penyebab ADN Telkomsel tidak aktif biasanya disebabkan gangguan sistem. Gangguan ini tergantung pada pihak provider di mana mereka bisa cepat bahkan lambat dalam melakukan perbaikan. Secara umum mereka akan membutuhkan waktu beberapa jam untuk memperbaikinya.

ADN memang identik dengan teknologi tertentu, baik database pengguna untuk menyimpan layanan sampai jaringan pendukung. Maka dari itu, kamu harus sabar dan butuh waktu cukup lama, sedangkan pihak Telkomsel akan langsung menanganinya agar setiap pengguna dapat menikmati layanan ADN.

Sementara itu, kamu bisa mengaktifkannya kembali beberapa jam atau menit sesudah aktivasi gagal tersebut. Jangan terlalu terburu-buru apalagi melakukannya berulang kali dengan hasil serupa. Kamu harus memastikan bahwa jaringan seluler sedang bagus agar proses aktivasi dapat berjalan lancar dan normal.

Selain itu, kamu perlu melakukan restart ponsel sesudah aktivasinya berhasil. Gunanya supaya kamu bisa langsung menikmati layanan ADN Telkomsel untuk mengirim pesan ke beberapa nomor tujuan.

Cara Mengatasi ADN Telkomsel Belum Aktif

Apabila kamu sedang mengalami masalah akibat voucher Telkomsel ADN belum aktif, alangkah baiknya kamu mengikuti panduan berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut, yakni :

  • Pertama, buka menu Setting atau Pengaturan dari smartphone kamu.
  • Pilih menu Pengaturan SIM, contohnya nomor Telkomsel berada di slot SIM 2 maka bisa tekan SIM 2.
  • Berikutnya, tentukan jaringan seluler, setting jaringan dari pengaturan otomatis ke manual.
  • Silakan kembalikan lagi ke pengaturan jaringan otomatis.
  • Jika sudah, restart smartphone kamu.
  • Kemudian, buka menu Dial atau Telepon.
  • Ketik *808#.
  • Terakhir, inject voucher lagi untuk mengaktifkan voucher Telkomsel.
Terkait:  Cara Stop Paket Telkomsel

Apabila kamu menggunakan langkah di atas, namun tetap tidak berhasil. Kamu cukup menghubungi pusat bantuan Telkomsel dengan melakukan panggilan suara di nomor 188. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi mereka melalui email di [email protected].

Cara Menonaktifkan ADN Telkomsel

Tak sedikit pengguna Telkomsel justru merasa terganggu dengan layanan ini. Maka dari itu, kamu cukup menonaktifkan ADN Telkomsel dengan menggunakan panduan berikut ini :

  • Pertama, buka menu Message atau Pesan dari smartphone kamu.
  • Buka SMS ADN.
  • Ketik UNREG.
  • Klik Kirim.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa layanannya sudah diberhentikan.

Cara Mengaktifkan ADN Telkomsel

Barangkali kamu tidak tahu bagaimana cara mengaktifkan ADN Telkomsel dengan benar, kamu akan tahu jawabannya melalui artikel ini. Secara umum bahwa penggunaan layanannya sangat mudah dan dapat diakses semua nomor Indosat.

Kendati demikian, bila kamu merasa tidak nyaman bahkan terganggu dengan berbagai macam notifikasi atau pesan masuk berisi informasi lain, maka bisa menonaktifkan layanan ini. Kamu juga bisa mengatasi masalah voucher ADN Telkomsel yang belum aktif sendiri tanpa menunggu konfirmasi dari pusat bantuan operator resminya.

Langkah 1: Memulai Aktivasi

Langkah awal yang harus dilakukan adalah memulai aktivasi terlebih dulu. Caranya, membuka menu Dial atau Telepon dari smartphone kamu. Voucher ADN Telkomsel hanya bisa diaktifkan melalui layanan telepon saja, lho.

Apabila kamu menggunakan metode aktivasi lain, mungkin responnya lebih lama bahkan tidak memberi tanggapan sama sekali. Kemudian, kamu bisa mencari dulu nomor tujuan yang bakal membantumu untuk mengaktifkan layanan ADN Telkomsel agar dapat digunakan.

Langkah 2: Memasukkan Nomor Tujuan

Kamu bisa langsung memasukkan nomor tujuan untuk mengaktifkan layanan ADN Telkomsel. Secara umum bahwa semua pengguna Telkomsel hanya bisa mengirim request aktivasi ke nomor 8999, sedangkan nomor ini pun digunakan lagi untuk menghentikan layanannya.

Terkait:  Cara Beli Kuota Telkomsel

Kamu tidak bisa memakai nomor tujuan mana pun kecuali 8999. Kemudian, tekan tombol Call atau OK dan tunggu beberapa saat sampai pihak operator memberikan balasan berupa pop up notifikasi berupa pilihan menu yang bisa dipilih.

Langkah 3: Memilih Layanan ADN

Jika kamu sudah mendapatkan pop up notifikasi dari operator Telkomsel, maka bisa memilih layanan ADN untuk segera diaktifkan saat itu juga. Pihak Telkomsel biasanya menyediakan berbagai macam menu agar dapat dipilih setiap penggunanya.

Jangan sampai kamu salah memilih layanan di mana satu sama lain mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing. Selain itu, kamu juga bakal dikenakan potongan pulsa cukup rendah selama mengaktifkan layanan ini, sehingga dapat menggunakannya jangka pendek atau jangka panjang.

Langkah 4: Memulai Berlangganan

Cara mengaktifkan ADN Telkomsel adalah menentukan layanan yang disediakan pihak operator. Kamu bisa membalas notifikasi pop up yang masuk dengan mengetik nomor menu sesuai dengan keinginan masing-masing. Kamu bisa menekan tombol Call atau OK untuk mengirim permintaan layanan ADN tersebut.

Berikutnya, tunggu beberapa saat sampai pihak Telkomsel mengirim pemberitahuan berisi notifikasi bahwa layanan ADN sudah berhasil diaktifkan, kamu pun bisa menggunakan nomor ADN setiap hari.

Demikian informasi tentang cara mengaktifkan ADN Telkomsel yang benar dan mudah. Jangan lupa bagikan panduan kami untuk bisa digunakan semua temanmu agar mereka dapat menikmati layanan ini sesuai kebutuhan masing-masing. Selamat mencoba!.

Related posts