Cara Mengisi Absensi di Zoom

Cara Mengisi Absensi di Zoom

Apakah kamu sedang mencari informasi cara mengisi absensi di Zoom? Konferensi video adalah salah satu aktivitas lazim yang dilakukan oleh masyarakat di dunia saat ini, baik untuk keperluan bekerja atau sekolah. Salah satu aplikasi video konferensi populer yang digunakan banyak orang atau korporasi di dunia adalah Zoom. 

Bahkan, para pelajar sekolah juga menggunakan aplikasi ini untuk sekolah online dan kehadiran mereka sangat penting dalam menambah nilai. Para pegawai di perusahaan juga dinilai kehadirannya dalam mengikuti rapat online lewat Zoom oleh penyelenggara meeting yang merupakan bos mereka.

Oleh karena itu, informasi ini sangat penting diketahui bagi kamu yang belum mengetahui cara mengisi absensi di Zoom dan memiliki tuntutan agar mengikuti meeting atau sekolah online.

Tentang Zoom

Sebelum lebih lanjut mengulas tutorial absen di Zoom, sebenarnya apa itu Zoom? Jadi, Zoom merupakan sebuah aplikasi komunikasi video konferensi berbasis cloud yang bisa digunakan di berbagai platform, mulai smartphone, PC, atau tablet. Selain itu, Zoom juga bisa diakses langsung melalui website, baik dengan Windows, Os Mac, atau Linux sekalipun.

Fitur-fitur pada Zoom juga terbilang lengkap, seperti dapat merekam semua percakapan selama proses konferensi. Jadi, kamu bisa menyimaknya lagi untuk lebih memahami materi pelajaran atau instruksi yang diberikan oleh penyelenggara meeting.

Di samping itu, Zoom adalah perangkat keras yang bisa digunakan perusahaan atau instansi dalam memudahkan penjadwalan serta rapat dari lokasi masing-masing peserta.

Terkait:  Cara Meeting di Zoom

Layanan konferensi ini bisa digunakan untuk skala peserta dengan jumlah kecil hingga besar tergantung paket yang kamu pilih.

Memangnya ada berapa paket layanan yang disediakan oleh Zoom? Jadi, Zoom menyediakan layanan paket berlangganan secara gratis dan berbayar.

Jika kamu hanya peserta pda meeting Zoom, maka tidak perlu berlangganan yang versi berbayar. Pasalnya, fitur yang kamu gunakan tergantung pada penyelenggara yang membuat acara konferensi video tersebut.

Zoom berbayar disarankan bagi para pemilik perusahaan atau pengajar yang membutuhkan layanan konferensi video dengan fitur lebih lengkap.

Cara Mengisi Absensi di Zoom

Cara Mengisi Absensi di Zoom
Cara Mengisi Absensi di Zoom

Dibandingkan dengan tahun 2019 dimana pengguna Zoom hanya 1,99 juta, kini penggunanya sudah sangat banyak karena pendapatannya meningkat lebih dari 160% sejak pandemi. Hal tersebut dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang membuat ruang gerak manusia di dunia nyata menjadi terbatas.

Belajar hingga bekerja dilakukan secara online dengan bantuan sejumlah aplikasi atau platform, salah satunya Zoom. Nah, untuk kamu yang harus menggunakan Zoom dan belum mengerti cara mengisi absen supaya tidak dianggap bolos rapat sama guru atau bos, silakan ikuti tutorial berikut.

Cara Mengisi Absensi di Zoom Menggunakan Google Form

Cara yang biasa digunakan untuk mengisi absensi di konferensi video adalah melalui Google Form. Umumnya, penyelenggara meeting yang memanfaatkan Zoom basic atau layanan gratisan menggunakan Google Form sebagai sistem absen. Alamat Google Form akan dikirimkan penyelenggara meeting dalam kolom chat Zoom.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyimak dengan baik apa yang dijelaskan saat meeting karena penyelenggara atau host biasanya akan menjelaskan secara detail. Kamu juga jangan mengulur waktu isi absen karena biasanya waktu yang disediakan pun terbatas. Alhasil, kamu akan dianggap bolos atau tidak mengikuti konferensi video jika absen melewati batas waktu yang diberikan.

Terkait:  Cara Upgrade Zoom di Laptop

Sementara langkah-langkah cara mengisi absen di Zoom dengan Google Form adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kamu telah masuk dan bergabung dengan link meeting Zoom yang diberikan penyelenggara.
  • Setelah itu, perhatikan apa yang dijelaskan host dan pantau terus kolom chat.
  • Jika kamu menggunakan smartphone untuk meeting Zoom, maka pilih menu More dan klik Chat
  • Tunggu saja hingga host memberikan link Google Form untuk mengisi absensi. Jika sudah diberikan linknya, maka langsung kamu klik saja dan akan langsung menuju ke browser
  • Di menu Chat biasanya pengajar atau host sering membagikan link Google Form untuk melakukan absen. Jika kita menemukan, silahkan langsung klik link Google Form tersebut kemudian akan dialihkan ke browser untuk mengisi data.
  • Kamu isi absen sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh host meeting. Kini, absen telah selesai diisi, mudah bukan?.

Cara Mengisi Absensi di Zoom Secara Otomatis

Mengisi absensi dengan Google Form bisa jadi salah satu cara untuk membuat peserta meeting seperti para siswa agar memperhatikan penjelasan guru. Kendati demikian, penyelenggara meeting harus bekerja extra karena harus mengabsen dan memeriksa satu per satu participant yang tidak hadir.

Nah, kamu bisa berlangganan Zoom berbayar yang memiliki fitur lebih banyak. Penyelenggara bisa melihat otomatis siapa saja peserta yang mengikuti meeting, mereka masuk atau keluar meeting pada menit ke berapa, siapa yang sering keluar masuk meeting, siapa yang mematikan kamera, dan beberapa hal lainnya bisa diketahui dengan mudah.

Jadi, meskipun kamu tidak melakukan absensi, penyelenggara meeting tetap bisa mengetahuinya secara otomatis.

Fitur pada Zoom berbayar atau Premium ini layaknya Google Meet yang menggunakan email suite atau Workspace. Semua hal yang dilakukan oleh peserta bisa diketahui oleh penyelenggara konferensi video.

Terkait:  Cara Membuat Jadwal Meeting di Zoom (2 Metode) Terupdate

Inilah 6 Kelebihan Zoom

Alasan mengapa banyak sekali pengguna Zoom di seluruh dunia, berikut beberapa kelebihan yang dimilikinya, antara lain:

1. Memiliki kapasitas ruang yang besar

Konferensi video dengan Zoom bisa menampung antara 1000 hingga 10.000 participant. Angka tersebut terbilang besar dan sangat direkomendasikan untuk perusahaan dengan ribuan karyawan atau instansi pendidikan yang memiliki banyak murid sehingga bisa mencakup semuanya.

2. Dukungan video dan audio yang berkualitas

Fitur audio dan video yang bagus menjadi salah satu aspek utama ketika meeting online supaya terdengar jelas dan tidak buram. Nah, Zoom menyediakan kualitas audio dan video terbaik supaya para penggunanya mendapatkan pengalaman meeting online yang nyaman dan tanpa kendala.

3. Dapat digunakan untuk presentasi

Supaya proses meeting atau kelas online berjalan lebih menarik dan materi yang disampaikan bisa diterima secara jelas, Zoom menyediakan fitur presentasi. Jadi, host dapat mempresentasikan materi berbentuk ppt, gambar, atau lainnya kepada peserta.

Baik peserta maupun host juga bisa mencoret-coret presentasi sehingga akan mempermudah dalam memahami materi yang diberikan.

4. Ada fitur on/off video

Menghidupkan fitur video pada Zoom memang cukup menguras data internet. Jadi, bagi yang ingin mematikan fitur video agar hemat data atau karena tidak ingin menunjukkan wajah bisa mematikannya dengan menekan off.

5. Ada berbagai fitur menarik

Selain keempat fitur di atas, ada banyak fitur lain yang bisa kamu gunakan terutama jika berlangganan Zoom berbayar. Tersedia fitur merekam dan menyimpan video selama meeting, mengganti background, menjadwalkan meeting online, mencerahkan kulit wajah, dan banyak lainnya.

6. Bisa digunakan di berbagai perangkat

Seperti yang telah kamoi singgung di atas, Zoom bisa digunakan di berbagai perangkat, baik Android, iOS, macOS, WIndows, hingga Linux. Jadi, tidak perlu khawatir perangkat kamu tidak kompatibel dengan Zoom.

Bagaimana, cara mengisi absensi di Zoom sangat mudah dilakukan, bukan?

Similar Posts