Cara Menggunakan Test Pack

Semua calon ibu pasti bermimpi untuk punya buah hati, bukan? Terkadang, seorang calon ibu biasanya tidak tahu cara menggunakan test pack dengan benar, di mana alat ini hampir sering digunakan bila seorang perempuan mengalami keterlambatan siklus menstruasi.

Jangan heran banyak suami yang meminta istrinya untuk memanfaatkan test pack sehingga dapat memastikan apakah calon buah hati sudah terbentuk di dalam rahim atau belum. Sayangnya, orang-orang justru bingung memakainya akibat baru pertama kali membina rumah tangga.

Kamu bisa memakai test pack untuk mengetahui perkembangan siklus menstruasi, sehingga dapat memastikan promil (program hamil) yang sedang dilakukan bersama suami berhasil atau tidak. Namun, kamu tidak perlu cemas bahkan sedih bila hasilnya belum memuaskan.

Tuhan selalu punya cara apa saja supaya kamu dan pasangan bisa segera memiliki keturunan. Gunakan test pack yang bagus dan berkualitas sehingga calon ibu dapat memastikan usaha selama ini benar-benar efektif demi menyambut malaikat kecil dalam kehidupan nanti.

Cara Menggunakan Test Pack
Cara Menggunakan Test Pack

Apa itu Test Pack?

Secara umum test pack merupakan alat tes kehamilan di mana penggunaannya bisa dilakukan sendiri di rumah. Kini, semua orang bisa menemukan berbagai macam jenis test pack dengan harga dan merk berbeda sesuai kualitasnya masing-masing.

Alat ini biasanya digunakan saat kamu sedang curiga bahwa dirimu sendiri atau pasangan sedang berbadan dua. Test pack berguna untuk menemukan hormone hCG bila seseorang sudah melewatkan fase menstruasi selama sepekan atau lebih. Hormon hCG terbentuk dari plasenta, bertugas menjaga dan memelihara sel telur sesudah dibuahi yang menempel di dinding rahim.

Terkait:  Cara Memakai Lae Sa Luay

Jenis Test Pack

Secara umum test pack mempunyai tiga macam alat uji kehamilan yang selalu digunakan masyarakat, lho. Apa saja? Ketiganya punya fungsi yang sama supaya kamu bisa tahu apakah dirimu sendiri sedang hamil atau tidak.

  • Test Pack Digital
    Alat ini berbentuk stik dengan ujungnya yang mampu dipasang strik supaya bisa menyerap urin. Cara menggunakan test pack digital sangat simple, lho. Alat ini bahkan punya keutamaan yang mana pemakaiannya bisa berulang kali dengan mengganti strip di dalamnya.
  • Test Pack Strip
    Alat ini bisa dibilang paling sering digunakan banyak perempuan, lho. Pasalnya, test pack strip berbentuk strip yang ukurannya lebih kecil dan ringan. Kamu bisa memakainya dengan mencelupkannya ke dalam larutan urin.
  • Pregnancy Cassette Test
    Alat ini berbentuk stik yang digunakan dengan meneteskan urin pada alat tersebut. Selain itu, kamu bisa menemukan alat uji kehamilan ini di berbagai macam minimarket atau supermarket terdekat dengan harga variatif.

Cara Kerja Test Pack

Alat uji kehamilan alias test pack bekerja dengan mendeteksi keberadaan hormon human choronic gonadotropin (hCG) dalam urin alias air seni wanita. Hormon ini bakal terdeteksi bila sel telur sudah dibuahi dan menempel di dinding rahim.

Kadarnya juga bakal semakin meningkatkan seiring bertambah usia kehamilan atau janin itu sendiri. Selain itu, hasil test pack juga sangat akurat bahkan sampai 99%. Namun, hasilnya bisa saja tidak diharapkan akibat pemakaiannya dilakukan dengan cara dan waktu kurang tepat.

Apakah Tes Kehamilan dengan Test Pack Akurat dan Efektif?

Bagi sebagian besar calon ibu, situasi telat menstruasi biasanya dinantikan di mana momen tersebut adalah detik-detik sang bunda dan suami akan menentukan apakah calon janin sudah tumbuh dan berkembang di dalam rahim atau tidak.

Sayangnya, banyak orang selalu salah saat memakai test pack sehingga tidak dapat memperoleh hasil yang diinginkan. Kondisi ini sering terjadi ketika kamu selalu melakukan uji kehamilan dengan test pack terlalu dini, alangkah baiknya kamu konsultasi dengan bidan dan dokter sebelum melakukannya.

Terkait:  Cara Menggunakan VPN di Xiaomi

Tips Memilih Test Pack

Kamu bukan hanya sekadar tahu bagaimana cara menggunakan test pack dengan benar, tapi ketahui cara memilih test pack yang bagus supaya bisa memberikan hasil akurat dan terpercaya.

  • Periksa tanggal kadaluarsa test pack yang bakal dibeli. Pasalnya, test pack yang sudah kadaluarsa bisa mempengaruhi hasil akhir maupun tingkat keakuratan untuk mendeteksi kehamilan.
  • Konsultasikan kepada apoteker tentang test pack mana yang memerlukan kadar hCG lebih rendah. Hal ini dikarenakan tidak semua wanita memproduksi hormon hCG dalam kadar cukup tinggi.

Faktor yang Mempengaruhi Akurasi Hasil Tes Kehamilan

Jika kamu sudah melakukan program hamil, kamu pasti berharap ingin segera terjadi kehamilan. Tapi, siapa sangka bila banyak faktor yang mempengaruhi akurasi uji kehamilan sehingga kamu dapat memperoleh hasil negatif.

  • Masa subur, tanggal menstruasi serta waktu ovulasi yang tidak teratur.
  • Beberapa test pack mempunyai tingkat sensitivitas berbeda terhadap hormone hCG.
  • Hari saat sel telur yang sudah dibuahi telah atau mulai menempel ke uterus.

Apa yang Harus Dilakukan Bila Hasil Positif?

Apabila kamu sudah mengalami keterlambatan menstruasi dan memperoleh hasil tes kehamilan positif, maka kamu bisa membuat jadwal konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mengonfirmasi kehamilanmu.

Dokter biasanya akan memberitahukan apa saja yang wajib dan tidak boleh dilakukan sekaligus makanan maupun minuman yang perlu dikonsumsi selama masa kehamilan, serta merencanakan jadwal berikutnya untuk dilakukan secara berkala sampai si buah hati melihat dunia.

Cara Menggunakan Test Pack

Barangkali kamu tidak tahu cara menggunakan test pack dengan benar, kamu akan menemukan jawabannya melalui artikel ini. Secara umum bahwa pemakaian alat uji kehamilan tidak bisa sembarangan, bahkan setiap calon bunda harus berkonsultasi dengan bidan atau dokter spesialis kandungan dulu.

Jika kamu mengalami keterlambatan menstruasi, kamu harus menunggu selama 2-3 hari sehingga dapat melakukan uji kehamilan untuk memastikan apakah kamu sedang berbadan dua atau tidak.

Terkait:  Cara Pemakaian Oximeter

Cara Menggunakan Test Pack yang Akurat

  • Siapkan test pack dan arahkan ke urin saat kamu sedang buang air kecil.
  • Pastikan ujung resapan menghadap ke bawah selama minimum 10 detik sampai kondisi ujung resapannya basah karena urin.
  • Kemudian, pastikan tidak membasahi jendela atau tempat petunjuk hasil uji kehamilan.
  • Hasil akan keluar selama 3-4 menit. Apabila dalam kurun waktu tersebut garis merah tak kunjung muncul, tunggu semenit lagi. Hasil test pack baru keluar semenit lebih lama tergantung banyaknya konsentrasi hormon hCG.
  • Apabila selama 3 menit tidak ada hasil yang keluar, kondisi ini disebabkan ujung resapan kurang menyerap urin. Urin biasanya dikeluarkan paling tidak selama 10 detik langsung pada ujung resapannya.
  • Hasil positif akan ditandai dengan munculnya garis berwarna merah pada jendela control (berbentuk lingkaran) dan jendela hasil (berbentuk persegi).

Cara Menggunakan Test Pack Strip

  • Siapkan wadah kecil untuk menampung urin. Jika kamu tidak mempunyai wadah tersebut, guyur langsung dengan urin sesuai dengan garis batasnya.
  • Jika urin sudah ditampung, celupkan test pack strip ke dalam wadah dengan bagian warna putihnya.
  • Celupkan sampai berada di bawah garis batas Max.
  • Kemudian, tunggu selama 5-10 detik dan angkat test pack nya.
  • Jika hasilnya muncul, jangan langsung menyimpulkan garis merah yang ditunjukkan.
  • Silakan tunggu kembali paling tidak selama 10 menit, pastikan hasilnya tidak berubah.
  • Jika muncul dua garis berwarna meerah, kamu dinyatakan positif hamil. Jika muncul satu garis merah atau tidak ada garis sama sekali, kamu belum positif hamil.

Demikian infomasi seputar cara menggunakan test pack yang akurat dan benar. Jangan langsung menyimpulkan hasil yang ditunjukkan alat uji kehamilan, diamkan beberapa saat sampai hasilnya tidak berubah dan semoga kamu berhasil menjalani program hamil sampai dinyatakan positif dengan menggunakan test pack berkualitas.

Rate this post

Related posts