Cara Menghemat Air

Air sudah menjadi salah satu sumber kehidupan manusia. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana cara menghemat air dengan benar. Air merupakan sumber daya alam yang mana pemakaiannya bukan hanya dikonsumsi, lho.

Siapa saja bisa menggunakan air untuk mandi, mencuci, memasak dan lainnya. Walaupun sebanyak 70% bumi terdiri dari air, namun ternyata banyak belahan dunia lainnya mengalami krisis air. Jangan heran kawasan tersebut sangat kering dan tandus, bahkan gersang dengan suhu udara sangat panas.

Apabila kamu sudah tahu cara menghemat air, maka bisa dipastikan semua orang akan semakin bijak saat memanfaat sumber daya alam ini. Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri mungkin pernah membuang air, entah saat mandi atau kegiatan lainnya.

Bayangkan saja bahwa beberapa orang di negara lain justru sangat membutuhkannya, lho. Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk memanfaatkan air sebaik mungkin agar negara ini dapat terhindar dari krisis air yang berakibat fatal, seperti kekeringan bahkan meninggal dunia akibat dehidrasi ekstrim.

Cara Menghemat Air
Cara Menghemat Air

Manfaat Menghemat Air

Air merupakan sumber daya alam yang mana penggunaannya tidak akan lekang oleh waktu. Oleh karena itu, manusia harus memanfaatkannya sebaik mungkin demi mencegah ketidakseimbangan bahkan kesenjangan hidup akibat krisis air, sedangkan manfaat menghemat air adalah :

  • Menjaga persediaan makanan.
  • Melestarikan lingkungan.
  • Menghindari kekeringan.

Cara Menghemat Air

Barangkali kamu tidak tahu cara menghemat air yang benar, maka bisa mengikuti pembahasan artikel ini dengan seksama. Secara umum bahwa air adalah kebutuhan hidup yang dibutuhkan semua orang, bahkan binatang.

Terkait: Biaya Jahit Luka

Apabila makhluk hidup tidak pernah mengonsumsi air, risiko kematian akan mengintainya di mana organ tubuh mempunyai kandungan air yang tinggi. Bahkan, bumi mengandung lebih dari 70% air yang mana dipastikan setiap makhluk hidup tidak bisa lepas dari asupan cairan untuk menjaga keberlangsungan hidupnya.

Langkah 1: Matikan Keran Air Jika Tidak Dibutuhkan

Apabila kamu mempunyai kebiasaan lupa mematikan keran air, kebiasaan tersebut rupanya berdampak serius terhadap keberlangsungan hidup, lho. Tak bisa dipungkiri bahwa kamu sudah membuang air yang sebenarnya dibutuhkan orang lain.

Kamu harus membiasakan diri untuk mematikan keran air bila sudah melakukan aktivitas apapun, seperti mandi, cuci tangan dan lainnya. Walaupun sepele, namun kebiasaan ini adalah salah satu cara menghemat air yang sangat penting.

Langkah 2: Memikirkan Tagihan Listrik

Apakah tagihan air di rumah cukup mahal? Jika benar, maka kamu bisa membiasakan diri untuk menggunakan air sewajarnya. Tagihan air merupakan sebuah bukti yang menunjukan kebiasaanmu dalam memakai air setiap hari.

Jika kamu selalu menghabiskan uang banyak untuk membayar tagihan air bulanan, dipastikan kamu dan seluruh anggota keluarga terbilang boros atas hal tersebut. Maka dari itu, biasakan diri memanfaatkan air secukupnya sehingga kamu dapat memangkas pengeluaran juga.

Langkah 3: Memasak Air Secukupnya

Jika kamu sedang ingin menyeduh teh, kopi sampai mie instan mungkin kamu akan memasak air lebih banyak untuk itu. Namun, siapa sangka bahwa kamu telah membuang air yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

Cobalah mengisi panci dengan air secukupnya, sehingga kamu dapat menghemat air dan waktu untuk membuat hidangan yang bakal disantap. Selain itu, kamu bisa menyimpan persediaan air dan memakainya bagi keperluan lainnya untuk memenuhi kebutuhan harian.

Terkait: Cara Hemat Baterai Samsung

Langkah 4: Memakai Cairan Pencuci Piring Secukupnya

Penggunaan cairan pencuci piring berlebih ternyata menghasilkan busa sabun yang banyak, lho. Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi tersebut membuatmu harus menggunakan air lebih banyak untuk membilasnya.

Cara menghemat air berikutnya adalah memakai cairan pencuci piring secukupnya sesuai dengan kebutuhan, sehingga kamu dapat menghemat air dan pengeluaran untuk membeli cairan cuci piring. Kamu bisa mencuci peralatan rumah tangga lebih banyak tanpa menghabiskan air berlebih lagi.

Langkah 5: Mencuci Buah dan Sayur pada Wadah

Walaupun semua orang harus memakai air secukupnya, namun juga perhatikan saat kamu sedang mencuci buah dan sayur yang bakal dikonsumsi. Pemakaian air secukupnya berguna supaya kamu bisa mencegah buah maupun sayur tidak terkontaminasi dengan kuman.

Tak sedikit orang sering membersihkannya dengan air mengalir, sehingga dapat menghabiskan air lebih banyak. Padahal, kamu bisa menggunakan wadah berisi air yang banyak untuk membersihkan kotoran dan kuman yang menempel di seluruh permukaan luarnya.

Langkah 6: Menghindari Mandi Terlalu Lama

Kamu pasti akan menghabiskan waktu lebih lama saat mandi, apalagi bila sudah melakukan aktivitas berat. Namun, siapa sangka bila mandi terlalu lama justru berdampak buruk berupa pemborosan air di rumah, lho. Mandi terlalu berlebih juga berdampak serius terhadap kesehatan kulitmu.

Maka dari itu, kamu bisa mengganti shower dengan bak mandi yang bersih. Gunanya agar kamu dapat menampung air sesuai kebutuhan. Kamu bisa meminimalisir pemakaian air dan bisa tetap mandi dengan bersih.

Langkah 7: Menampung Air Hujan

Cara menghemat air berikutnya adalah menampung air hujan. Air hujan yang sudah ditampung bisa digunakan untuk menyiram tanaman sampai mencuci kendaraan, lho. Tapi, pastikan air hujan yang ditampung telah ditutup dengan rapat, sehingga tidak dapat mencegah timbulnya nyamuk yang mengundang penyakit.

Kamu juga bisa menghemat pengeluaran bila menampung air hujan secara berkala. Kamu bahkan mampu melakukan penyelamatan lingkungan dengan menampungnya untuk kebutuhan ekosistem sekitar.

Terkait: Cara Vacum AC

Langkah 8: Mematikan Air Ketika Sikat Gigi

Jika kamu sedang menyikat gigi di kamar mandi atau wastafel, sebaiknya matikan keran air untuk mencegah pemborosan yang mana air akan terbuang sia-sia. Apabila kamu menghabiskan waktu selama 30-60 detik untuk menyikat gigi dan keran air tetap menyala, kamu sudah membuang air cukup banyak dalam jangka waktu tersebut.

Oleh karena itu, biasakan diri untuk mematikan keran air saat kamu sedang menyikat gigi. Jika sudah selesai, hidupkan kembali supaya bisa menghilangkan kotoran dan sisa busa yang tersisa di dalam mulut.

Langkah 9: Menggunakan Mesin Cuci untuk Muatan Penuh

Orang-orang mungkin sering mencuci baju dengan menggunakan air terlalu banyak, sedangkan jumlah pakaian yang dicuci terbilang sedikit. Padahal, cara menghemat air yang sederhana dilakukan adalah mengumpulkan baju kotor terlebih dulu dan mencucinya dengan mesin cuci.

Umumnya seseorang akan menghabiskan air lebih banyak saat mencuci baju secara manual dibandingkan dengan mesin cuci, lho. Maka dari itu, kamu bisa menyiasatinya menggunakan mesin cuci dan dibersihkan paling tidak sepekan sekali.

Langkah 10: Memberitahu Buah Hati Supaya Tidak Main Air

Jika kamu sudah berkeluarga dan punya anak kecil di rumah, cara menghemat air terakhir adalah tidak membiarkan si buah hati memainkan air setiap hari. Jangan salah, bila anak kecil sering bermain air justru berdampak buruk terhadap kesehatannya, seperti masuk angin.

Selain itu, kamu juga bisa mengeluarkan uang lebih banyak untuk bayar tagihan air bulanan. Kamu cukup membimbing si kecil tentang bagaimana cara menggunakan air secukupnya, sehingga mereka dapat memanfaatkan air lebih bijak.

Demikian informasi tentang cara menghemat air yang benar dan tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menyadarkan orang-orang sekitar tentang betapa pentingnya air dalam kehidupan sehari-hari.

Related posts