Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Cara menghemat energi yang berupa BBM sebenarnya simpel, lho. Kamu bisa melakukannya dalam kegiatan sehari-hari, termasuk saat berkendara. Apabila kamu mampu menerapkannya jangka panjang, maka bisa menghemat pengeluaran.

BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah istilah yang selalu disebut untuk menyebut bahan bakar yang dipakai pada kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Umumnya pemakaian BBM tidak terbatas, sedangkan kendaraan lain seperti kereta api dan pesawat juga menggunakannya.

Perjalanan dengan menggunakan kendaraan kesayangan memang sangat menyenangkan. Namun, semuanya akan berubah bila kamu sedang melakukan perjalanan jarak dekat. Tak sedikit orang gagal menghemat BBM akibat tidak terbiasa menerapkan pola hidup yang baik.

Kamu bisa menekan pengeluaran untuk BBM, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup lebih sehat. Selain itu, cara menghemat energi yang berupa BBM bukan hanya berlaku ketika berkendara, tapi juga dalam kegiatan sehari-hari.

Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM
Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Barangkali kamu tidak tahu cara menghemat energi yang berupa BBM dengan benar, sebaiknya cari informasi yang efektif seperti pembahasan artikel ini. Kami sudah menyiapkan ulasan tentang apa saja yang wajib dilakukan supaya bisa menghemat penggunaan BBM jangka panjang.

Semua orang memang tidak bisa berhenti mengendarai kendaraannya, apalagi perjalanan jarak jauh. Namun, siapa sangka bahwa fenomena tersebut bukan sesuatu yang permanen di mana kamu bisa mengatasinya untuk membuat lingkungan sekitar semakin nyaman.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Langkah 1: Menghindari Tempat yang Padat Kendaraan

Berkendara di tempat yang padat kendaraan bakal membuat kamu selalu menginjak rem, sehingga dapat meningkatkan konsumsi BBM dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mencari rute perjalanan yang terhindar dari macet.

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk mencari rute tersebut, seperti Google Maps. Pemerintah juga menyediakan jalan bebas hambatan supaya bisa dilalui setiap pengendara dengan membayar sesuai nominal berlaku, sehingga kamu dapat memakai BBM sewajarnya.

Langkah 2: Memelihara Mobil Secara Berkala

Cara menghemat energi yang berupa BBM berikutnya adalah memelihara mobil secara berkala. Kamu harus melakukan pemeriksaan terhadap roda, pedal, mesin serta memeriksa badan mobil keseluruhan. Kamu juga bisa menggunakan jasa profesional di bengkel resmi, sedangkan setiap mobil mempunyai jenis perawatan berbeda, lho.

Petugas bengkel biasanya akan memeriksa semua bagian kendaraan di mana satu sama lain mungkin saja menjadi penyebab penggunaan BBM kendaraan kamu melampaui batas normal.

Langkah 3: Memakai Kendaraan Umum

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, kamu tidak perlu membeli BBM untuk mobil atau motor pribadi. Cara menghemat energi yang berupa BBM ini mampu mengurangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan asap pembuangan kendaraan, lho.

Kamu juga bisa menaiki kendaraan umum saat melakukan perjalanan jarak dekat, seperti ke rumah sakit, pasar dan lainnya. Selain itu, kamu akan menekan budget transportasi di mana pemakaian BBM untuk kendaraan pribadi cenderung lebih mahal, sedangkan tarif kendaraan umum pun lebih murah 65% dibandingkan mobil sendiri.

Langkah 4: Mengatur Kecepatan Kendaraan

Secara umum bahwa setiap pengendara harus mengatur kecepatan kendaraan dengan stabil. Apabila kamu selalu mengemudi dengan kecepatan tinggi, sebaiknya kebiasaan tersebut dihilangkan. Sebab, risiko serius mengintaimu seperti kecelakaan yang berujung luka-luka bahkan meninggal dunia.

Terkait:  Biaya Bangun Rumah Minimalis

Kamu bisa menyesuaikan laju kendaraan dengan lingkungan di sekitarnya. Jangan terlalu cepat atau lambat, di mana mengatur kecepatan kendaraan berguna agar kamu dapat memakai BBM lebih hemat sesuai dengan kebutuhan saat berkendara.

Langkah 5: Menjaga Kondisi Mesin

Jangan pernah mengabaikan kondisi mesin kendaraan sesudah berkendara. Kondisi kendaraan yang buruk bakal membuat pemakaian BBM semakin banyak. Maka dari itu, kamu harus melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap mesin kendaraan.

Kamu bisa membawanya ke bengkel resmi bila tidak tahu bagian mana saja yang bermasalah dan wajib diperiksa. Tak hanya itu, bila pemeriksaan ini dilakukan secara berkala tentu saja membuat penggunaan BBM lebih irit dan kendaraan akan tahan lebih lama.

Langkah 6: Mengisi Bahan Bakar Sebelum Tangki Kosong

Cara menghemat energi yang berupa BBM adalah mengisi bahan bakar sebelum tangki benar-benar kosong. Namun, alangkah baiknya kamu mengisinya ketika tangki masih setengah penuh sehingga dapat meminimalisir penguapan di dalam tangki.

Apabila kamu mengisi bahan bakar full tank, maka bisa menyisakan sedikit ruang kosong di mana bensin akan mengalami penguapan lebih minim dibandingkan menyisakannya sampai habis. Kondisi ini berlaku untuk mobil yang sedang di parkir dalam waktu yang lama.

Langkah 7: Menjaga Tekanan Angin Ban

Kondisi ban juga perlu diperhatikan, lho. Apabila tekanan angin ban kendaraan sangat rendah, maka beban mesin bisa bergerak semakin besar. Beban tersebut biasanya mengakibatkan mesin kendaraan bekerja lebih ekstra dengan menggunakan BBM.

Maka dari itu, kamu perlu melakukan pemeriksaan tekanan angin sebelum mengendarai kendaraan kesayanganmu. Kamu bisa mengisi tekanan ban paling tidak 2-4 pekan sekali, sehingga dapat membantu mengurangi pemakaian BBM ketika berkendara jarak dekat atau jauh.

Terkait:  Biaya Jahit Luka

Langkah 8: Memilih Tempat Parkir yang Teduh

Jangan pernah menganggap bahwa tempat parkir yang terang, apalagi terkena sinar matahari langsung akan berdampak baik untuk kendaraan. Padahal, kondisi tersebut justru mengakibatkan penggunaan BBM semakin boros, lho.

Kamu harus memilih tempat parkir yang teduh, alangkah baiknya di dalam ruangan maupun di bawah pohon rindang. Panas yang dihasilkan sinar matahari akan mengakibatkan BBM menguap, sehingga dapat menimbulkan pemborosan dan pemakaiannya semakin banyak.

Langkah 9: Memakai AC Sewajarnya

Penggunaan AC yang wajar juga bisa membantumu menghemat BBM, lho. AC pada kendaraan roda empat akan selalu bekerja dengan bantuan BBM di dalam kendaraanmu. Kamu bisa mematikan atau tidak menggunakan AC bila sedang dalam perjalanan dekat, di mana kebiasaan tersebut tidak baik untuk pemakaian BBM kendaraanmu.

Apabila kamu harus melakukan perjalanan jauh dan merasa gerah, bukalah jendela pintu mobil supaya bisa menikmati hembusan angin yang berasal dari jalanan. Kamu akan merasakan sensasi perjalanan yang nyaman dan tenang tanpa gerah meskipun melewati jarak tempuh sampai ke luar kota sekalipun.

Langkah 10: Mematikan Mesin Kendaraan ketika Berhenti Lama

Tak sedikit orang hampir sering menghidupkan mesin kendaraannya ketika berhenti dalam kurun waktu lebih dari 60 menit. Padahal, kondisi tersebut sebenarnya tidak bagus di mana BBM akan terkuras habis meskipun kendaraan tidak melaju sempurna.

Kamu bisa mengingatkan supir supaya bisa mematikan mesin kendaraannya sejenak. Jika kamu sudah mematikannya, maka bisa menikmati istirahat dengan tenang tanpa khawatir BBM habis sehingga pengeluaran dapat terkontrol data dalam perjalanan jarak jauh.

Demikian informasi tentang cara menghemat energi yang berupa BBM dengan efektif. Jangan lupa bagikan semua panduan di atas, sehingga dapat meningkatkan keberlangsungan hidup tanpa menghamburkan BBM untuk hal-hal tidak penting. Selain itu, gunakan BBM sewajarnya supaya kamu bisa melakukan perjalanan lebih aman dan nyaman tanpa buang uang secara percuma.

Similar Posts