Cara Mengisi Freon AC

Bagaimana cara mengisi freon AC yang sudah habis? Freon AC memang harus diganti secara berkala, lho. Mengapa? Pasalnya, freon berfungsi sebagai penghubung udara dingin ke ruangan, sedangkan perannya sangat penting dalam komponen mesin pendingin ruangan.

Apabila freon tidak tersedia, maka ruangan bisa semakin panas dan AC tidak akan bekerja secara maksimal. Jangan sampai kamu membiarkan freon dibiarkan sampai habis, sehingga dapat merusak komponen mesin pendingin yang berada di rumah.

Read More

Sementara itu, cara mengisi freon AC juga tidak sulit. Kamu harus tahu apa saja yang wajib disiapkan dan dilakukan sebelum menggantinya dengan yang baru. Gunanya supaya kamu bisa mengisinya dengan benar dan AC di rumah akan berfungsi normal kembali.

Freon AC sebaiknya tidak diisi saat benar-benar sudah habis. Namun, alangkah baiknya diisi ulang sebelum kapasitasnya kosong guna memaksimalkan kinerjanya dalam mendinginkan suhu ruangan, agar kamu dan keluarga dapat beraktivitas dengan nyaman di rumah.

Cara Mengisi Freon AC
Cara Mengisi Freon AC

Apa itu Freon?

Freon merupakan salah satu bagian penting di dalam AC. Bagian ini membuat AC mampu mengalirkan udara dingin dan segar ke ruangan, sehingga ruangan dapat terasa sejuk. Apabila pemakaian AC dilakukan terus menerus, kapasitas freon akan semakin menipis.

Ciri-cirinya adalah AC tidak mampu menghasilkan udara dingin dan sejuk seperti sebelumnya, di mana kondisi tersebut berarti freon sudah habis. Jika freon mengalami kondisi tersebut, sebaiknya periksa apakah freon nya sudah habis atau belum. Apabila sudah habis, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

Terkait:  Cara Mengisi Freon AC Mobil

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Isi Freon?

Apabila kamu sudah mengetahui bahwa freon AC di rumah habis, maka bisa mengisi ulang lagi. Tapi, sebaiknya cari tahu apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan sebagai berikut ini:

  • Mengetahui Jenis Freon AC
    Kamu harus mencari tahu jenis freon AC di rumah. Secara umum tidak semua AC mempunyai jenis freon yang sama. Oleh karena itu, ketahui semua jenisnya seperti R32, R410A dan lainnya untuk digunakan di dalam mesin pendingin. Umumnya bahwa setiap jenis freon punya kinerja berbeda, tergantung merk AC yang kamu gunakan di rumah.
  • Mengetahui Takaran Freon yang Digunakan
    Jika kamu sudah tahu jenis freon nya, cari tahu juga berapa takaran yang bakal digunakan pads AC di rumah. Gunakan Manifold alias alat ukur untuk mengetahui kapasitas freon yang wajib dimasukkan ke dalam AC di rumahmu. Pastikan kamu menggunakan kadar freon sesuai dengan takaran dari hasil pengukuran, agar dapat mencegah kerusakan terhadap komponen dan unit AC.
  • Menyiapkan Alat dan Bahan
    Apabila kedua langkah tersebut sudah dilakukan, maka kamu bisa menyiapkan alat dan bahan untuk mengisi ulang freon AC seperti berikut ini:
    • Manifold atau alat yang berguna untuk mengetahui tekanan freon.
    • Kunci Inggris berukuran 10 dan 12 inci serta kunci pas satu set.
    • Tang amper alias clamp meter.
    • Obeng set alias screwdiver.
    • Tabung feon alias refrigent sesuai dengan AC yang digunakan.
    • Flaring atau alat yang berguna untuk melebarkan diameter pipa.

Cara Mengisi Freon AC

Barangkali kamu tidak tahu cara mengisi freon AC yang benar dan mudah, maka kami bisa membantumu melalui informasi pada artikel ini. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengganti dan mengisi freon AC dengan tepat. Apabila kamu belum pernah melakukannya, sebaiknya minta bantuan jasa teknisi berpengalaman untuk menyelesaikan masalahnya.

Terkait:  Cara Mengisi Voucher Telkomsel

Pasalnya, pengisian freon AC harus melewati tahap pemeriksaan AC terlebih dulu, sehingga dapat memastikan bahwa freon nya benar-benar wajib diganti dengan yang baru untuk meningkatkan kinerjanya ketika berada di dalam rumah.

Cara Memeriksa AC

Apabila kamu ingin tahu cara mengisi freon AC yang benar, sebaiknya cari tahu cara memeriksa AC terlebih dulu sehingga dapat mengganti freon nya dengan tepat seperti berikut ini:

  • Pertama, hidupkan AC yang freon nya bakal diisi ulang.
  • Gunakan kunci Inggris supaya bisa membuka penutup service valve pada pipa besar.
  • Kemudian, hubungkan selang manifold berwarna biru (low pressure) pada service valve. Pasang selang manifold berwarna kuning ke tabung refrigerant. Umumnya posisi service valve berada di sebelah kiri, sedangkan tabung refrigerant di bagian tengah manifold.
  • Periksa ketiga bagian tersebut untuk memastikan kondisinya benar-benar tertutup.
  • Lakukan pemeriksaan dengan memeriksa tekanan freon. Bagi freon R22 biasanya bertekanan pada 57,6 hingga 84,1 plsg.
  • Apabila kamu tidak menemukan adanya tekanan, kemungkinan besar terjadi kebocoran pada sistem pendingin AC. Kamu harus menemukan titik kebocoran tersebut sebelum mengisi ulang freon.
  • Jika kamu ingin memperbaiki AC yang bocor, maka bisa menggunakan metode pengelasan. Kamu cukup membuang sisa freon di AC sebelum mulai tahap pengelasan, lalu vakum dengan menggunakan mesin vakum hingga titik bocornya benar-benar tertutup sempurna.
  • Berikutnya, pasang kembali selang manifold berwarna biru ke dalam pengisian freon dan selang berwarna kuning pada tabung freon.
  • Silakan buka penutup keran napel berukuran 3/8 dan masukkan pula kunci L pada keran, lalu putar ke kanan untuk membukanya.
  • Terakhir, hidupkan AC dan tunggu beberapa saat hingga unit indoor nanti mengalirkan arus listrik ke unit outdoor. Jika unit outdoor telah menyala, lepaskan selang berwarna biru dan jangan kaget bila muncul hembusan angin dari dalam selang tersebut.
Terkait:  Cara Mengisi OVO Lewat DANA

Cara Mengisi Freon AC yang Tepat

Jika kamu sudah melakukan pemeriksaan AC di rumah, maka bisa langsung mengisi freon dengan tepat sebagai berikut:

  • Apabila angin nya sudah berhenti, pasang lagi selang berwarna biru pada manifold dan putar ke arah kiri.
  • Kemudian, isi freon dengan memutar keran freon berwarna biru ke arah kiri. Selain itu, perhatikan juga jarum indikator pada manifold agar mengetahui berapa banyak kadar freon yang sudah dimasukkan. Kamu bisa melakukan pengisian secara perlahan supaya tidak bisa menimbulkan kerusakan pada klep kompresor.
  • Apabila pipa instalasi berukuran 3/8 berembun atau basah, kondisi tersebut menandakan bahwa freon yang baru saja dimasukkan telah cukup atau sesuai dengan kadar nya.
  • Berikutnya, tutup kembali keran pada tabung freon dan lepaskan selangnya secara perlahan.
  • Lakukan pemeriksaan dengan menggunakan ampere meter untuk mengetahui arus dan tekanan listrik pada AC tersebut.
  • Terakhir, buka dan lepaskan selang manifold pada unit AC, lalu tutup service valve dengan benar.

Walaupun tidak semua orang bisa melakukan prosedur di atas dengan benar, alangkah baiknya kamu mengandalkan jasa teknisi berpengalaman untuk mengganti freon AC. Jika kamu ingin melakukannya sendiri, maka bisa mencoba panduan ini.

Demikian informasi tentang cara mengisi freon AC yang benar dan tepat. Kamu harus melakukan pemeriksaan unit AC terlebih dulu untuk freon nya diganti. Gunakan prosedur di atas supaya bisa memastikan kadar freon tidak benar-benar habis dan dapat diisi ulang untuk memaksimalkan kinerja AC di dalam rumah. Selamat mencoba!.

Related posts