Cara Mengisi Freon Kulkas

Cara Mengisi Freon AC Kulkas

Freon menjadi salah satu bagian penting pada lemari es. Kamu harus tahu kalau freon kulkas mempunyai berbagai macam harga dan jenis berbeda, lho. Selain itu, kamu perlu memahami cara mengisi freon kulkas yang benar, sehingga lemari es dapat bekerja dengan maksimal.

Freon kulkas merupakan senyawa alifatik yang mengandung zar klorin, hidrogen serta bromin. Freon berguna sebagai bahan pendingin, supaya lemari es bisa menghasilkan udara dingin demi menjaga kesegaran makanan dan minuman yang disimpan pada kulkas.

Secara umum bahwa freon berwujud gas atau cairan yang tidak berwarna, tidak mudah terbakar dan tidak berbau. Gas tersebut biasanya tersimpan di dalam sebuah tabung freon. Pada 1800 hingga 1929, lemari es memakai gas beracun seperti metil klorida, amonia serta sulfur dioksida sebagai bahan pendingin.

Namun, sekitar tahun 1920-an terjadi beberapa kecelakaan akibat kebocoran metil klorida, sedangkan freon akhirnya mulai diterapkan sebagai bahan pendingin lemari es sekitar tahun 1930 dan variannya pun semakin beragam.

Cara Mengisi Freon Kulkas
Cara Mengisi Freon Kulkas

Mengapa Kulkas Tidak Dingin?

Tak sedikit orang pernah mengalami kondisi di mana kulkas di rumahnya tiba-tiba tidak menghasilkan udara dingin. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh freon semakin berkurang, bahkan habis. Perlu diketahui bahwa habisnya freon bukan hanya disebabkan pemakaian, namun kebocoran saat awal pengelasan.

Apabila freon kulkas sudah habis, biasanya orang-orang akan memanggil jasa service atau teknisi berpengalaman supaya bisa mengatasi masalah tersebut agar kulkas dapat bekerja normal kembali.

Terkait:  Cara Mengisi Saldo ShopeePay Lewat Alfamart

Sayangnya, banyak orang sulit menemukan jasa service berpengalaman dan kamu harus tahu cara mengisi freon kulkas sendiri dengan benar. Namun, cara mengganti freon lemari es lebih susah dibandingkan freon AC, lho.

Jangan sampai kamu ketar ketir akibat prosedurnya yang rumit, tapi sebenarnya semua bisa dilakukan dengan benar dan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan alat dan bahan, serta menentukan salah satu jenis freon kulkas yang bakal digunakan ketika pengisian ulang nanti.

Harga dan Jenis Freon Kulkas

Apakah kamu butuh freon untuk kulkas di rumah? Kamu bisa menemukannya di toko elektronik yang harganya beragam, lho. Maka dari itu, berikut merupakan harga dari setiap jenis freon yang perlu kamu tahu, di antaranya:

  • R410A
    Freon ini bisa dibilang sulit ditemukan di toko-toko elektronik. Pasalnya, freon R410A hanya bisa digunakan untuk AC inverter. Beberapa orang menggunakannya pada lemari es disebabkan kualitasnya cukup baik, sedangkan harganya berkisar Rp.100,000 s/d Rp.200,000 per tabung.
  • R134A
    Freon ini hampir sering dijumpai di pasaran. Freon R134A paling sering digunakan masyarakat umum. Selain itu, freon ini menjadi salah satu pilihan karena ramah lingkungan. Freon ini bahkan tidak mudah terbakar, tidak menimbulkan penipisan ozon serta stabil yang dibanderol sekitar Rp.30,000 s/d Rp.40,000 per tabung.
  • R290
    Freon R290 merupakan freon yang paling ramah lingkungan. Meski begitu, kelemahannya adalah indeks dingin yang relatif rendah dan memakai bahan mudah terbakar. Jangan heran kalau freon seharga Rp.650,000 per tabung tersebut jarang digunakan beberapa brand lemari es.
  • R32
    Freon ini juga digunakan sebagai freon AC. Beberapa orang memakainya sebagai freon lemari es di mana kualitasnya cukup baik. Selain itu, freon R32 terbilang ramah lingkungan dan indeks potensi pemasangan global cukup rendah, sedangkan harganya sekitar Rp.125,000 hingga Rp.150,000 per tabung.
  • R22
    Freon ini sebenarnya digunakan banyak orang sekitar tahun 1930-an silam. Tapi, kelemahan freon ini adalah mengandung senyawa Ozone Depleting Substance (ODS) atau zat yang merusak lapisan ozon. Oleh sebab itu, freon seharga Rp.350,000 per tabung ini semakin jarang digunakan dan sulit ditemukan.
Terkait:  Cara Mengisi Voucher Tsel

Cara Memilih Freon Kulkas yang Bagus

Apabila melihat ulasan sebelumnya, maka bisa dipastikan freon R32 paling aman digunakan untuk lemari es. Meski begitu, sebaiknya cari tahu freon seperti apa yang bagus untuk digunakan pada kulkas di rumah, di antaranya:

  • Tidak Mudah Terbakar
    Freon R32 sudah menjadi pilihan masyarakat karena tidak mudah terbakar. Jangan heran bila kondisi ini berbanding terbalik dengan freon R290 yang rentan terbakar lebih mudah, terutama saat digunakan untuk lemari es.
  • Indeks Dingin yang Tinggi
    Carilah freon kulkas seperti freon R32, di mana indeks dingin nya paling tinggi dibandingkan jenis freon mana pun. Freon R32 mempunyai cooling index senilai 160, sedangkan freon R290 memiliki nilai terendah sebesar 83.
  • Ramah Lingkungan
    Freon R32 merupakan rekomendasi terbaik bila kamu sedang mencari freon kulkas, bahkan paling ramah lingkungan. Pasalnya, tingkat ODP yang rendah, yakni 0 dan GWP (Global Warming Potential) sebesar 6,75 di mana angka tersebut sangat aman digunakan.

Cara Mengisi Freon Kulkas

Barangkali kamu sedang mencari informasi bagaimana cara mengisi freon kulkas yang benar, sebaiknya simak ulasan artikel ini. Tak sedikit orang belum tahu bahwa pengisian freon lemari es sebetulnya lebih rumit dibandingkan freon AC.

Namun, bukan berarti kamu menunda penggantian freon kulkas di rumah, selama menggunakan tutorial yang benar pasti bisa melakukannya. Kamu juga perlu memakai freon ramah lingkungan dan terbaik seperti freon R32, sehingga lemari es tidak dapat mencemarkan lingkungan akibat udara dingin yang dihasilkannya.

Langkah 1: Mengelas Pentil pada Pipa

Cara mengisi freon kulkas pertama adalah mengelis pentil pada pipa terlebih dulu pada kompresor lemari es. Namun, sebaiknya kamu melepas karet yang berada di dalamnya sebelum mengelas pipa tersebut. Gunanya supaya bisa menghindari kerusakan sesudah penggantian freon kulkas. Umumnya ditandai dengan pipa pendek yang tidak terhubung dengan sistem lemari es.

Terkait:  Cara Mengisi Saldo Maxim

Langkah 2: Menyiapkan Methyl dan Menghidupkan Kompresor

Apabila pentil sudah dilas, maka kamu bisa menyiapkan methyl dan menuangkannya ke penutup botol air mineral. Kemudian, hidupkan kompresor untuk memastikan aliran refrigerant benar-benar tidak tersumbat. Kamu juga perlu mengelas filter ke pipa kompresor dan las kedua pipa kapiler yang tersambung ke filter.

Langkah 3: Memeriksa Kebocoran

Langkah berikutnya adalah memasang manifold gauge berwarna biru pada pentil pengisian refrigerant dan selang berwarna kuning di tabung refrigerant. Jika tekanannya nol atau menunjuk pada vakum, kemungkinan besar refrigerant habis dan terdapat kebocoran pada bagian penimpaan. Jika terjadi kebocoran, sebaiknya periksa sistem pemipaan lemari es.

Langkah 4: Melakukan Vacuum di Sistem Pemipaan Lemari Es

Hidupkan mesin vacuum dan buka kran berwarna biru, tutup kran berwarna meerah di manifold gauge. Silakan tunggu beberapa saat sampai tekanannya mencapai -29 s/d -30 psi. Kamu bisa menutup kran berwarna biru dan matikan mesin vacuum. Apabila jarum pada manifold tidak menunjukkan perubahan apapun, bisa dipastikan sistem pemipaan tidak mengalami kebocoran.

Langkah 6: Mengisi Ulang Refrigerant

Cara mengisi freon kulkas terakhir adalah melakukan pengisian refrigerant. Jika jenis refrigerant kulkas yang dipakai adalah R134A, umumnya pada kemasan warna biru muda. Kamu bisa pasang selang berwarna biru manifold gauge ke pentil pengisian dan selang berwarna kuning pada refrigerant R134A. Buang angin pada selang kuning dengan membuka kran dari tabung refrigerant dan isi secara perlahan sampai 2 psi.

Demikian informasi tentang cara mengisi freon kulkas serta harga dan jenis-jenisnya. Gunakan freon ramah lingkungan dan aman seperti freon R32 agar lemari es di rumah dapat bekerja lebih maksimal dan tahan lama. Selamat mencoba!.

Similar Posts