Cara Mengisi Ongkos Kirim ke Shopee

Cara Mengisi Ongkos Kirim di Shopee
Cara Mengisi Ongkos Kirim di Shopee

Apabila kamu sering belanja online di Shopee, biasanya kamu akan mendapatkan penawaran menarik seperti gratis ongkos kirim. Kondisi ini sering terjadi saat momen tertentu saja, namun kamu harus tahu cara mengisi ongkos kirim di Shopee sehingga barang yang dipesan dapat dibeli.

Secara umum bahwa pembeli dan penjual wajib mematuhi kebijakan tersebut, di mana ongkos kirim bisa ditanggung seller atau buyer. Apabila kamu mempunyai voucher gratis ongkir, maka biaya ekspedisi akan ditanggung penjual dan sebaliknya.

Tak bisa dimungkiri bahwa salah satu daya tarik seseorang saat belanja online di Shopee adalah ongkos kirimnya, lho. Shopee memang menawarkan harga ekspedisi berbeda dengan aplikasi belanja online lainnya, di mana kamu bakal tahu jumlahnya sesudah mengikuti cara mengisi ongkos kirim di Shopee dengan benar.

Pihak Shopee tidak pernah membebankan tarif terlalu tinggi kepada konsumen, agar kamu dapat membeli barang pilihan dan terbaik dengan ongkir lebih terjangkau. Kamu bahkan berkesempatan mendapat voucher gratis ongkir sesuai kebijakan berlaku.

Cara Mengisi Ongkos Kirim di Shopee
Cara Mengisi Ongkos Kirim di Shopee

Apa itu Gratis Ongkos Kirim Shopee?

Layanan gratis ongkos kirim merupakan fasilitas yang disediakan oleh pihak Shopee. Program ini memungkinkan para penjual untuk menghadirkan berbagai macam promo gratis ongkir untuk setiap pembelinya secara berkala.

Terkait:  Cara Mengisi Uang di OVO

Di samping itu, biaya ongkos kirim bakal ditanggung maupun disubsidi oleh Shopee, sedangkan setiap pembeli dan penjual harus mengikuti ketentuan serta syarat yang berlaku. Apabila seller mengaktifkan layanan ini, maka konsumen bisa tertarik untuk membeli barang lebih banyak di Shopee.

Ketentuan dan Syarat Gratis Ongkir Shopee

Apabila kamu ingin mendapatkan ongkos kirim lebih murah, bahkan gratis di Shopee sebaiknya memperhatikan dan mengikuti beberapa langkah berikut, di antaranya:

  • Mengaktifkan Jasa Kirim Pendukung Program
    Jika ingin mengaktifkan gratis ongkos kirim di Shopee, maka kamu bisa mengaktifkan satu jasa ekspedisi dan tipe layanan yang mendukung program ini. Pihak Shopee menyediakan beberapa jasa kirim dan tipe layanan untuk menunjang layanan ini.
  • Memverifikasi Kartu Identitas
    Kamu bisa memverifikasi kartu identitas dengan dua langkah, yakni PC dengan scan barcode saat registrasi gratis ongkos kirim dan mengisi formulir yang disediakan oleh Shopee. Selain itu, kamu juga bisa memverifikasi kartu identitas via aplikasi Shopee.

Daftar Produk yang Mendukung Layanan Gratis Ongkir Shopee

  • Barang yang Memerlukan Instalasi
    Beberapa barang yang membutuhkan instalasi seperti kulkas, TV, AC dan barang lainnya. Pihak penjual biasanya akan menggabungkan jasa instalasi, harga barang dan ongkos kirim ke dalam harga barang. Maka dari itu, kamu tidak perlu repot mengeluarkan uang untuk ongkir lagi.
  • Produk Berat
    Barang berat juga mendukung fasilitas gratis ongkos kirim di Shopee. Kondisi ini diakibatkan penjual akan membutuhkan kargo untuk mengirimnya kepada pembeli. Jangan heran penjual harus menanggung ongkos kirim sesuai dengan perjanjian pembeli dan bobo barang tersebut.
  • Barang Digital dan Non Fisik
    Beberapa barang seperti paket data, e-book, pulsa, token listrik dan barang lainnya serupa tidak akan dikenakan ongkir, lho. Maka dari itu, penjual harus mengaktifkan fitur gratis ongkos kirim sehingga semua barang tersebut dapat diterima oleh pembeli.
  • Produk yang Membutuhkan Penanganan Khusus
    Barang seperti berbahan kimia juga butuh fasilitas gratis ongkos kirim oleh Shopee. Pihak Seller harus memperhatikan kondisinya sehingga tidak dapat menimbulkan bahaya saat diterima oleh pembeli. Pembeli akan mendapat gratis ongkir bila menggunakan sistem COD.
Terkait:  Cara Kerja Dropshipper Shopee

Cara Mengaktifkan Gratis Ongkir di Shopee via PC

  • Kunjungi situs resmi Shopee via shopee.co.id melalui browser dari PC kamu.
  • Apabila muncul halaman pertama, klik Gratis Ongkir Xtra.
  • Pilih menu Semua Gratis Ongkir.
  • Klik Daftar Sekarang.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul QR code dan scan via aplikasi Shopee.
  • Berikutnya, website akan mengarahkanmu ke laman verifikasi untuk e-KTP dan masukkan foto KTP dan selfie sambil memegang KTP.
  • Klik Kirim.
  • Terakhir, permintaanmu sedang diproses dan pihak Shopee akan membalas pengajuanmu dalam kurun waktu 3×24 jam.

Cara Mengaktifkan Gratis Ongkir di Shopee via Aplikasi

  • Pertama, buka aplikasi Shopee melalui smartphone kamu.
  • Pilih menu Gratis Ongkir Xtra.
  • Klik Semua Gratis Ongkir di bagian bawah.
  • Geser layar ke bawah sampai muncul informasi ketentuan dan syarat, baca dengan seksama.
  • Klik Daftar Sekarang.
  • Kemudian, upload foto e-KTP dan foto selfie sambil memegang e-KTP dengan jelas.
  • Klik Kirim.
  • Terakhir, permintaanmu sedang diproses dan pihak Shopee akan membalas pengajuanmu dalam kurun waktu 3×24 jam.

Cara Mengisi Ongkos Kirim di Shopee

Bukan rahasia umum kalau ongkos kirim sudah menjadi salah satu bahan pembicaraan yang sering dibahas para pelaku belanja online. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui cara mengisi ongkos kirim di Shopee untuk sistem COD atau metode pembayaran lainnya dengan benar dan mudah.

Kamu tidak perlu repot selama belanja di Shopee, di mana konsumen akan dituntun sampai berhasil membeli barang impiannya. Kamu bisa mendapatkan ongkos kirim sesuai dengan keinginan dan estimasi pengiriman yang berlaku.

Langkah 1: Masuk ke Akun Shopee

Cara mengisi ongkos kirim di Shopee pertama adalah masuk ke dalam akun Shopee terlebih dulu. Jika kamu sudah mendaftarkan diri sebagai pembeli Shopee, maka bisa langsung masuk dengan menggunakan username dan password yang relevan.

Terkait:  Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay, Syarat dan Biaya Adminnya

Langkah 2: Mencari Barang Impian

Apabila kamu sudah masuk halaman utama aplikasi Shopee, maka bisa mencari barang impian dengan mengetik nama produknya ke dalam kolom pencarian. Contohnya, Skincare sebagai kata kunci dan tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa merk skincare yang tersedia.

Langkah 3: Membeli Barang

Jika kamu sudah menemukan barang impian tersebut, maka bisa langsung membeli barang tersebut dengan menekan tombol Beli Sekarang. Kemudian, kamu akan diarahkan ke laman pembelian dan tekan tombol Checkout di samping kanan bawah.

Langkah 4: Memasukkan Alamat Pengiriman

Langkah berikutnya adalah memasukkan alamat pengiriman sesuai dengan domisili kamu sekarang, sedangkan informasinya harus akurat dan benar mulai dari nama jalan, RT/RW dan nomor rumah (bila ada) supaya bisa memudahkan kurir saat mengantarkan pesanan ke rumahmu.

Langkah 5: Mengisi Ongkos Kirim

Kamu bisa memasukkan ongkos kirim sesuai dengan keinginanmu, di mana pihak Shopee biasanya menyediakan berbagai macam harga jasa ekspedisi sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mengisinya baik dari harga termurah sampai termahal berdasarkan budget, apakah Reguler atau Same Day (dikirim pada hari yang sama).

Langkah 6: Mengonfirmasi Pesanan

Cara mengisi ongkos kirim di Shopee terakhir adalah mengonfirmasi pesananmu tadi. Jika semua informasinya sudah benar, termasuk ongkos kirim yang tersedia maka bisa menekan tombol Buat Pesanan. Terakhir, pihak Shopee akan memproses pesananmu untuk dikirim ke alamat tujuan.

Demikian informasi mengenai cara mengisi ongkos kirim di Shopee yang benar dan mudah. Jangan lupa bagikan panduan di atas agar pelanggan Shopee lainnya dapat mencantumkan ongkir yang diinginkan di Shopee. Selamat mencoba!

Related posts