Cara Hemat Kuota Zoom

Saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat, penggunaan telekoforensi juga sering digunakan. Seperti googlemeet, Google clasroom, zoom, dll bahkan bisa dibilang saat ini kegunaan aplikasi tersebut menjadi hal yang sangat penting. Baik untuk bekerja, kelas online, meeting online, dsb sehingga hal tersebut sangat memakan kuota jika sering menggunakannya. Untuk itu, artikel ini akan membahas bagaimana cara hemat kuota zoom baik untuk bekerja maupun kuliah online. So, simak artikel ini ya!

Apa Itu Aplikasi Zoom ?

Nah sebelum kita mengenal lebih jauh, perlu diketahui dulu bahwa aplikasi zoom adalah layanan vide conference yang memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan daring dengan memanfaatkan teknologi cloud computer dan keamanan 256-bit TLS encryption.

Read More

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat saling terhubung untuk melakukan meeting, webinar, chatting, video call, hingga melakukan diskusi dalam sebuah channel. Zoom menjadi alternatif untuk bekerja dan belajar dengan jarak jauh dari banyak organisasi dan lembaga di seluruh dunia. Dukungan OS untuk layanna zoom juga sangat beragam, mulai dari Windowa, Linux, iOS, Webb ap, Android, Google Chrome dll.

Terlebih dengan fitur yang dimiliki aplikasi ini, banyak para pengguna yang merasa lebih nyaman dan bermanfaat. Berikut fitur yang dimiliki aplikasi zoom.

Support Audio dan Video

Sebagai layanan video conference, tentu aplikasi ini memiliki support dengan High Definition audio maupun video. Dalam sebuah meeting, kebutuhan untuk bicara dan bertatap muka sangat dibutuhkan, meskipun masih ada beberapa pengguna yang mematikan fungsi audio dan video. selain itu, berbicara secaea bergantian akan lebih baik sehingga tidak menganggu pembicara lain.

Terkait:  Cara Mengisi Absensi di Zoom

Berbagi Layar (Share Screen)

Jika kamu perlu melakukan presentasi untuk menjelaskan tujuan dan maksud dalam sebuah meeting, aplikasi ini terdapat fitu share screen yang bisa dimanfaatkan. Jadi share screen merupakan fitur zoom yang memungkinkan pengguna untuk berbagi layar komputer, file yang bisa diakses, dokumen yang dibuka, hingga kamera kedua.

Terdapat Fitur Penjadwalan

Nah sebelum meeting, biasanya terdapat admin yang dapat membuat jadwal meeting terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan supaya pengguna yang akan berpatisipasi tahu dan berisap  untuk menghadiri meeting secara online.

Ketika membuat jadwal meeting, sebaiknya admin mengatur tanggal dan jam sesuai keinginan, sementara untuk batas meeting antara 30 menit – 14 jam.

Sebenarnya masih banyak fitur yang dimiliki aplikasi ini dan sangat membantu dikala WFH (Work From Home) namun karena keterbatasan kuota internet karena memang jika menggunakan aplikasi ini berimbas pada kuota internet yang cepat habis sehingga masih banyak pengguna yang enggan menggunakan aplikasi zoom ini.

Akan tetapi jika kamu merasa wajib menggunakan aplikasi ini dan terkendala kuota internet, maka kamu bisa simak dibawah ini karena akan membahas bagaimana cara hemat kuota zoom untuk meeting, kulon (Kuliah Online), webinar dll.

Cara Hemat Kuota Zoom

Cara Hemat Kuota Zoom
Cara Hemat Kuota Zoom

Matikan Fitur HD Pada Video

Jika kamu mengaktifkan fitur HD video ini, maka aplikasi zoom yang kamu gunakan akan menggunggah data kamu dengan kualitas terbaik. Namun kuota internet kamu juga akan terkuras dengan cepat sehingga akan menimbulkan keborosan pada kuota.

Oleh karena itu kamu bisa mematikan fitur HD video ini ketika memang tidak diperlukan banget. Berikut caranya:

  • Langkah pertama kamu buka terlebih dahulu dan join di aplikasi zoom
  • Kemudian masuk ke pengaturan, pengaturannya yang berikon gear biasanya dibawah foto profile kita.
  • Lalu kamu tinggal matikan fitur HD supaya penggunaan kuota lebih hemat pada saat menggunakannya.
Terkait:  Cara Webinar Zoom

Bergabung Tanpa Menggunakan Video

Dalam upaya menghemat kuota internet dan ketika hendak bergabung dalam zoom meeting, pastikan bahwa kamu bergabung tanpa video. Caranya gimana ? simak dibawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi zoom dan klik Join
  • Masukkan meeting ID yang telah kamu dapatkan, lalu klik Join kembali
  • Selama proses diterimanya kamu, nanti akan ada dua pilihan yaitu : Join Without Video atau Join With Video
  • Nah kamu bisa pilih Join Without Video saja agar hemat kuota
  • Jika kamu sudah terlanjur bergabung kamu bisa Klik Video Stop

Gunakan Kuota Khusus Zoom

Nah dalam beberapa provider internet telah menawarkan paket kuota zoom yang pasti akan lebih hemat jika dibandingkan kamu harus beli kuota biasa dan menggunakannya untuk zoom. Terlebih buat kamu yang masih kuliah online ataupun WFH (Work From Home) yang tidak menggunakan wifi.

Hal ini ajan membantu kamu untuk menghemat kuota, selain itu kamu juga mengaktifkan kuota unlimited. Misal saja dari by.U atau yang lainnya.

Batasi Peserta Yang Muncul di Layar

Dengan membatasi peserta yang muncu di layar dengan menghidupkan kamera juga bisa menghemat kuota. Jika kamu tidak termasuk orang yang bagian screenshoot maka sebaiknya tidak usah menampilkan peserta banyak-banyak jika ingin menghemat kuota.

Jika kamu menggunkan laptop maka kamu bisa membatasi berapa banyak peserta yang bisa muncul di layar. Caranya juga sangat mudah, kamu perlu buka di pengaturan dan pilih 25 partisipan pada Maximum participants displayed. Selain itu kamu juga tidak perlu mencontreng Hide non-video pasrticipants karena mereka yang tidak mengaktifkan kamera bakal ngebantu kamu untuk menghemat kuota.

Gunakan Perekaman Cloud Ketika Record Meeting

Pada saat kamu ingin menyimpan hasil dari sebuah meeting atau presentasi kamu bisa menyimpannya dicluod fasilitas dari zoom. Dengan begitu jika kita memanfaatkan fasilitas tersebut, maka tentu lebih hemat daripada harus upload file video rapat berukuran besar.

Terkait:  Cara Upgrade Zoom di Laptop

Kamu bisa memanfaatkan layanan google document, mulai dari Docs (mirip kayak Microsoft Word), Sheets (mirip kayak Microsoft Sheets), Slide (mirip kayak Microsoft PowerPoint), dan Form.

Matikan Audio Saat Tidak Berbicara

Penggunaan audio di aplikasi ini juga pasti menggunakan bandwith yang menedot kuota internet. nah, jika kamu tidak diharuskan berbicara saat pertemuan di kedua aplikasi tersebut maka sebaiknya matikan atau mute saja video yang kamu gunakan.  Hal ini dapat membantu kamu menghemat kuota yang cukup banyak.

Hindari Menjalankan aplikasi Padat Lainnya Selama Meeting Berlangsung

Terkadang penggunaan zoom meeting sangat boros karena terdapat aplikasi backgorund lain yang berjalan dan itu mnyedot kuota yang cukup besar. Nah, untuk itu pastikan bahwa kamu sudah menutup berbagai aplikasi tersebut baik di smartphone ataupun komputer saat kamu menggunakannya.

Meskipun kamu tidak menggunakan aplikasi lain, aplikasi yang berjalan dibalik layar tersebut dapat menyedot kuota yang cukup besar.

Pilih tampilan Layar Yang Lebih Kecil

Mengecilkan tampilan layar pada aplikasi zoom ini ternyata memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kuota internet. Hal ini dikarenakan mengaktifkan video dengan tampilan layar penuh sebenarnya juga dibarengi oleh jumlah bandwith seluler yang tersedot cukup besar.

Maksutnya, Semakin besar tampilan dan peserta yang banyak maka penggunaan kuota internetmu juga akan semakin boros.

Nah itulah beberapa cara bagaimana hemat kuota zoom dengan sangat mudah, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See u!

Rate this post

Related posts