Cara Hemat Uang

Haii siapa disini yang suka boros dan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik ?? Nah, pas banget nih guys pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara hemat uang agar tidak boros. Mau tau lebih lengkapnya ? So, simak artikel ini sampai selesai ya!

Ada pepatah yang bilang bahwa uang memang segalanya, tapi segalanya butuh uang. wehehe.. Jadi sebanyak apapun uang kamu dapatkan jika kamu tidak tahu cara menghemat uang dan tidak bisa mengelolanya dengan bijak pada akhirnya uang akan habis begitu saja terlebih jika pendapatan bulanmu pas-pasan. Maka dengan itu edukasi mengelola keuangan perlu banget di share. Tenang, artikel ini juga akan membahas pentingnya mengelola keuangan dan berhemat.

Read More

Alasan Pentingnya Mengelola Keuangan

Melatih Untuk Menabung

Menabung adalah jawaban yang paling mendasar, pasalnya menabung itu bisa tergolong hal yang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Perlu adanya usaha untuk bisa memiliki tabungan.

Nah agar kamu bisa menabung adalah dengan mengatur keuangan, dengan adanya pengeluaran yang jelas setiap bulannya kamu bisa menyisihkan beberapa uang untuk ditabung.

Ada Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang bisa kamu gunakan untuk hal-hal mendesak yang tidak bisa kamu atasi hanya dengan keuangan normal dan dana darurat juga merupakan dana yang sifatnya mendesak.

Karena kondisi darurat tidak bisa diperkiraan kapan terjadinya, misalnya untuk biaya pengebotan ketika jatuh sakit, atau tiba-tiba kena PHK masal sama perusahaan maka dengan adanya dana darurat ini, kamu tidak perlu pusing untuk mencari dana karena kamu sudah punya cadangan yang bisa selalu digunakan.

Terkait:  Biaya Apoteker Universitas Pancasila

Membiasakan Hidup Teratur

Hal ini cukup membantu kamu untuk merubah hidup dari kebiasaan boros menjadi lebih hemat dengan mengatur keuangan. Mengumpulkan uang memang jauh lebih susah dibandingkan menghabiskannya, untuk dapat mendapatkan uang yang banyak pasti dibutuhkan kerja keras.

Dengan membiasakan diri dalam mengatur keuangan, pasti semua orang juga akan terbiasa untuk hidup teratur. Dan hemat bukan berarti pelit sama diri sendiri tapi tahu mana yang jadi kebutuhan yang harus diprioritasin atau mana yang hanya keinginan saja.

Membiasakan Untuk Hidup Hemat

Hidup hemat tidaklah mudah untuk dilakukan, banyak yang berjuang untuk bisa membiasakan diri hidup hemat. Keinginan kamu untuk berhemat akan terwujud jika pandai mengatur keuangan. hemat disini bukanlah tidak mengeluarkan uang sama sekali, melainkan menggunakan uang untuk hal-hal yang dibutuhkan saja.

Membedakan kebutuhan dan keinginan kamu adalah hal yang penting, agar kamu bisa menentukan mana yang harus kamu lakukan sekarang dan mana yang bisa ditunda. Dengan pandai mengatur uang, kamu akan terbiasa untuk hidup hemat dan efesien. Mau tau cara hemat uang? Nah, yuk simak dibawah ini.

Cara Hemat Uang

Cara Hemat Uang
Cara HemCara Hemat Uangat Uang

Alokasikan Pendapatan dan Pengeluaran

Cara hemat uang yang pertama adalah dengan mengalokasikan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Karena tips ini penting untung mengetahui kondisi keuangan kamu apakah pengeluaran kamu lebih besar dari pendapatan atau tidak dan jika hal tersebut sudah terjadi maka kamu bisa mengatur ulang kebutuhan apa saja yang menjadi priorirtas.

Belajar Mengutamakan Kebutuhan Bukan Keinginan

Menghemat uang saat belanja itu mudah dilakukan, selama kamu sudah mengetahui cara membedakan keinginan dan kebutuhan.

Memang masih banyak orang yang masih belum menyadari mana saja anggaran yang termasuk dalam kebutuhan serta keinginan. Padahal, hal ini sangat penting jika kamu ingin berhemat setiap saat.

Terkait:  Cara Kerja Brilink

Pengertian kebutuhan adalah sesuatu hal yang sifatnya tidak bisa ditunda-tunda, contohnya seperti transportasi, pangan dan telekomunikasi. Jadi kesampingkan untuk berbelanja keinginan yang kurang penting.

Tentukan Bujet Belanja

Dengan selalu menentukan bujet belanja dengan cara menganggarkan belanja pada kebutuhan pokok bulanan, belanja makanan, jajan hingga untuk self reward. Dapat dipastikan bahwa cara ini cukup efektik dibanding dengan membawa uang terlalu banyak di dompet.

Tujuannya adalah agar bisa membiasakan diri dengan menentukan anggaran keuangan supaya bisa fokus dan bisa lebih hemat saat berbelanja.

Catat Semua Transaksi dan Lakukan Evaluasi

Dengan mencatat anggaran dan membuatnya adalah hal yang wajib dilakukan setelah gajian. Pasalnya banyak dari kita yang masuk suka lupa nominal berapa yang sudah dikeluarkan dan untuk apa saja tiap bulannya.

Nah untuk itu, yuk mulai sekarang berilah perhatikan lebih pada pengeluaran dan pemasukan. Kamu bisa catat dulu pemasukan yang diterima setiap bulannya dan rinci beberapa keperluan pokok yang dibayarkan seperti bayar listrik, kebutuhan keluarga, kamar mandi, pangan, dll.

Setelah itu kamu bisa mengevaluasi dengan melihat sektor apa saja yang bisa ditekan, jika ada maka uangnya bisa digunakan untuk sektor lain seperti untuk hiburan atau lebih bagus ditabung. Usahakan untuk konsisten pada catatan agar tidak ada pengeluaran yang di luar rencana.

Buatlah Rekening Tabungan Bank Secara Terpisah

Jika biasanya kamu menggunakan satu rekening untuk belanja dan menabung maka sebaiknya kamu juga membuka rekening baru lagi. Dengan betiku kamu bisa fokus untuk membagi pengeluaran di masing-masing rekening. Di rekening yang satu bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atau pembelian, sedangkan satunya lagi diperuntukan untuk tabungan atau dana darurat.

Terkait:  Biaya Buat SIM C

Berinvestasi

Selain menabung kamu juga bisa berinvestasi, tujuannya adalah untuk memennuhi kebutuhan di masa yang akan datang dan untuk mempertahankan nilai aset yang dimiliki dari inflasi. Terdapat beragai macam jenis investasi mulai dari investasi saham atau investasi emas.

Bijak Gunakan Kartu Kredit Atau Paylater

Bijaklah saat berbelanja dengan menggunakan kartu kredit dari bank Mandiri, BCA, BNI atau menggunakan paylater, karena jika kamu bijak dalam hal tersebut pasti akan merasakan dampak baiknya. Pengeluaranpun bisa lebih hemat karena ada banyak keuntungan yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Misalnya, terkadang terdapat beberapa diskon atau potongan harga, cashback, cicilan 0% hingga point rewards yang bisa ditukarkan untuk belanja lagi. Selain itu kamu juga perlu memahami manfaat dan resiko paylater sebelum menggunakannya agar bisa menggunakanya denga bijak. Kartu kredit dan paylater akan menjadi alat pembayaran yang bisa membantu keunganmu asal digunakan dengan tepat.

Manfaatkan Waktu Luangan Dengan Kegiatan Bermanfaat

Daripada nongki-nongki tidak jelas mending lakukan kegiatan yang bermanfaat. Sesekali pergi nonton atau nongkorng bersama teman untuk melepas stres tentu sah-sah saja bahkan memang diperlukan. Tapi mulailah waspada jika dompetmu jika lebih cepat menipis.

Maka dari itu untuk mengisi waktu luang sekaligus menyegarkan pikiran dari rutinitas yang begitu padat kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan berolahraga, bersih-bersih rumah atau sekedar jalan jalan saja. Bahkan lebih bagus lagi jika memanfaatkan waktu luangnya dengan bekerja secara lepas atau menjalani bisnis online.

Nah, gimana sudah tahu bukan bagaimana cara menghemat uang ? Kamu bisa prakteran beberapa cara diatas yang sudah dijelaskan agar pengeluaranmu bisa lebih hemat. Sebenarnya mengelola uang itu ada di diri sendiri, jika kamu bisa mengedalikan diri dengan mengutamakan kebutuhan maka keuanganmu akan stabil.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa diartikel selanjutnya, see u!

Related posts