Cara Hitung Berat Badan Ideal

Siapa sih yang ga suka mempunyai berat badan yang porposional ?? Mempunyai berat badan yang pas adalah dambaan semua orang maka tak heran jika banyak yang berlomba-lomba untuk mencapainya. Nah untuk kamu yang sedang cari tahu bagaimana cara hitung berat badan ideal, yuk simak artikel dibawah ini.

Apa Itu Berat Badan Ideal?

Berat badan ideal adalah berat badan yang dianggap paling menyehatkan bagi seseorang dengan mengacu pada tingginya badan. Biasanya berat badan idela dianggap sebagai salah satu indikator kesehatan tubuh. Orang yang berat badanya ideal kemungkinan akan lebih mengalami risiko penyakit lebih rendah, akan tetapi tidak semua orang yang mempunyai berat badan ideal itu sehat karena bisa juga mereka mengalami kondisi bernama skinny fat.

Read More

Berat badan yang idela tidak ditunjukkan dari seberapa rampingnya tubuh kamu karena nilainya berbeda-beda pada tiap orang. Contohnya, seseorang dengan tinggi badan 150cm tentu memiliki berat bedan idela yang berbeda dengan orang yang tingginya 170 cm.

Cara Hitung Berat Badan Ideal

Cara Hitung Berat Badan Ideal
Cara Hitung Berat Badan Ideal

 

Nah untuk mengetahui berat badan yang ideal, kamu bisa membandingkannya dengan tinggi badan yang dimiliki. Maka dari itu sebelum mulai menghitung berapa berat badan yang ideal untuk kamu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tinggi badanmu.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Kalkulator BMI

BMI singkatan dari Body Mass Index adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. BMI ini berdasarkan usia.

Terkait:  Biaya Bikin ATM Mandiri

Dengan menggunakan kalkulator BMI, maka dapat diketahui apakah seseorang masuk dalam kategori berat badan ideal atau tidak. Meskipun begitu, BMI dapat menimbulkan kesalahpahaman bagi seorang olahragawan.

Perlu diketahui berat badan juga berasal dari massa otot, sehingga atlet bisa dinyatakan kelebihan berat badan padahal sebenarnya tidak. Nah sebelum mencoba menggunakan kalkulator BMI, sebaiknya mengetahui beberapa keterangan dibawah ini:

Angka BMI yang normal berada di kisaran 18,5 – 25

Jika angka BMI melebihi 25, maka kamu memiliki berat badan yang berlebih

Sedangkan jika angka BMI dibawah 18 maka berat badanmu berkurang

Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, maka perlu dilakukan penanganan secepatnya karena angka ini menunjukan tanda overweight yang berlebih

Begini cara menghitungnya:

Berat badan ideal = berat badan (kilogram) : Tinggi badan (meter)

Contoh:

Jika berat badan kamu 47 kg dan tinggi 163 vm, nilai BMI kamu adalah 47:(163)= 17.8 berarti berat badan kamu terbilang dibawah rata-rata.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Broca

Berat badan ideal seseorang tidak bisa disamkan dengan orang lain, karena setiap orang pasti memiliki karakteristik yang tidak sama dan untuk pria maupun wanita penghitungannya juga beda.

Pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda, pria lebih banyak memiliki masa otot dobandingkan dengan wanita, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuhnya.

Dengan menghitung berat badan ideal berdasarkan jenis kelamin dengan menggunakan rumus broca bukanlah hal baru dan jika menggunakan rumus ini pun sangat mudah.

Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Rumus Broca

Berat badan ideal (kg) = tinggi badan – 100 – tinggi badan – 100 x 15%

Contoh:

Jika kamu memiliki tinggi badan 160 cm, maka berat badan yang ideal untuk kamu dengan rumus broca adalah 60-9 = 51 kg.

Terkait:  Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dengan KTP

Menghitung Berat Badan Ideal Pria Rumus Broca

Berat badan ideal (kg) = tinggi badan – 100 – tinggi badan – 100 x 10%

contoh:

Jika seorang pria memiliki tinggi badan 170 cm maka berat badan yang ideal sesuai rumus broca adalah 70-7= 63 kg.

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Nah selain menghitung berat badan secara ideal, kamu seharusnya juga perlu mengetahui bagaimana cara mencapai tubuh ideal dan terus menjaganya. Jangan fokus untuk membatasi asupan makanan secara besar-besaran saja, karena hal itu juga bisa berdampak buruk bagi keshatan.

Kuncinya kamu harus bisa menyeimbangkan energi yang masuk ke tubuh dan yang keluar, jika ingin menurunkan berat badan untuk mencapai tubuh yang ideal berarti energi yang keluar dari tubuh harus lebih besar daripada yang masuk. Begitu pun sebaliknya.

Jadi kamu bisa memperoleh hal tersebut dengan diet, akan tetapi pahami dulu apa yang dimaksud dengan diet itu sendiri. Pasalnya diet selalu dikatitkan dengan upaya untuk menurunkan berat badan atau membatasi makanan. Padahal ini tidak sepenuhnya benar.

Diet merupakan pola makan yang baik untuk mencapai satu tujuan. Tujuanya yaitu bisa untuk menambah atau menurunkan berat badan, memulihkan diri dari suatu penyakit atau yang paling sederhana diet sama dengan hidup sehat.

Kesimpulannya seseorang yang membatasi asupan makanannya bisa dibilang sedang menjalar diet. Begitu pula dengan penderita asam urat yang mengkonsumsi diet alias pola makan rendah purin untuk mencegah pembentukan kristal asam urat pada sendinya.

Perlu diketahui juga bawa menghitung kalori bukanlah satu-satunya metode untuk menjaga berat badan ideal akan tetapi kamu juga perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini.

Mengatur Porsi Makan

Dengan bisa mengatur porsi makan sesuai kebutuhan, maka akan semakin cepat pula untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Jika ingin menurunkan berat badan maka kurangi sedikir demi sedikit porsi makannya atau jika ingin menambah berat badan, bisa ditambahkan snack untuk menambah asupan energi harian.

Terkait:  Cara Dengerin Spotify Bareng

Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah sama pentingnya untuk menambah maupun menurunkan berat badan. Keduanya memiliki serat yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama selain itu dapat melancarkan pencernaan dan dapat mengontrol gula maupun kolesterol serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Olahraga

Ini gak kalah pentingnya, olahraga bisa membantu membakar kalori bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Sementara bagi yang ingin menambah berat badan olahraga juga bisa membangun massa otot. Untuk itu atur jadwal dan pastikan konsisten berolahraga 30 menit dalam sehari.

Sarapan Pagi

Banyak orang yang sering melewatkan sarapan untuk menurunkan berat badan, padahal sarapan tidak hanya memberi tubuh energi untuk beraktivitas melainkan juga bisa mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan pada siang dan sore hari.

Mengikuti Pola Makan Dengan Konsisten

Nah berat badan akan menjadi tidak stabil bila kamu tidak konsisten menjalani pola makan, untuk itu buatlah menu selama seminggu ke depan termasuk saat kamu berpergian agar pola makam tetap sama sekalipun kegiatanmu berubah-ubah.

Dari sekian beberapa tips untuk mendapatkan tubuh yang ideal, menghitung berat badan ideal menggunakan kalkulator BMI adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Dengan cara ini kamu dapat mengetahui apakah berat badanmu tergolong normal atau dapat berisiko mengalami gangguan kesehatan terkait berat padan. Cara yang paling sederhana untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan mengikuti pola maan sehat dan olahraga. Apabila cara ini tidak berhasil maka kamu dapat berkonsultasi kepada dokter gizi atau bisa ke halodoc.com untuk mencari tahu sebabnya.

Demikian informasi mengenai cara hitung berat badan ideal beserta tips mendapatkan tubuh yang ideal. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa!

Related posts