Cara Hubungi PLN

Pelayanan PLN saat ini bisa dikatakan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, pasalnya ketika terdapat gangguan seperti mati lampu ataupun masalah yang lain, masyarakat dengan mudah bisa menghubungi pihak PLN secara cepat. Saat ini tidak hanya melalui telepon saja, melainkan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Website resmi PLN juga bisa. Nah untuk kamu yang sedang mencari informasi mengenai cara hubungi PLN dengan cepat kamu bisa baca artikel ini sampai selesai. So, simak artikel ini sampai habis ya!

PLN adalah singkatan dari Perusahaan Listri Negara yaitu sebuah badan usaha milik negara yang mengoptimalkan kelistrikan di negara Indonesia dengan baik. PLN memiliki maksud dan tujuan dengan menyelenggarakan usaha penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum dalam jumlah dan mutu yang memadai serta telah memupuk keuntungan dan melakasnakan penugasan pemerintah khususnya dibidang kelistrikan untuk menunjang pembangunan. PLN juga terkenal dengan memiliki moto “Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik”.

Read More

Di zaman modern ini juga telah memudahkan kita di berbagai aspek, dengan kemajuan teknologi kita bisa mendapatkan layanan dari PLN dengan mudah. Contohnya bisa dengan mudah cek token listrik yang hilang via aplikasi PLN Mobile atau juga bisa melakukan pengaduan melalui Call Center, Email, maupun media sosial PLN seperti Instagram, Facebook bahkan Twitter.

Jadi apabila saat ini terdapat kendala mengenai kelistrikan maka kamu tidak usah khawatir dan tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor PLN karena hanya bermodalkan internet saja kamu sudah bisa mengatasi masalah tersebut. Mau tau caranya, nah simak dibawah ini.

Daftar Isi

Terkait:  Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

Cara Hubungi PLN

Cara Hubungi PLN
Cara Hubungi PLN

Cara Hubungi PLN Melalui Call Center

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menghubungi call centernya PLN di nomor 123. Hal ini merupakan layanan dari PLN langsung untuk masyarakat untuk melaporkan gangguan dan segera masalah dapat teratasi. Untuk langkah-langlahnya simak dibawah ini:

  • Pertama, silahkan masukkan kode area PLN di 123 pada smartphone kamu.
  • Kemduain kamu bisa klik tombol hijau untuk menelpon nomor tersebut dan tunggi sampai diterima customer service PLN.
  • Setelah itu beritahukan saja keluhan atau keinginan kamu dan sampaikan ke CS PLN.
  • Jangan lupa untuk berbicara dengan nada yang sopan ya.
  • Apabila ingin mengutarakan permasalahan listrik, kamu juga perlu bilang ke CS bahwa pemadaman di daerah kamu sedang mengalami kerusakan listrik dan sudah lama belum ada penanganan.
  • Jika sudah jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih kepada CS PLN yang sudah menanggapi permasalahanmu.

Cara Hubungi PLN Melalui Email

Nah sebenarnya cara ini juga cukup mudah, hanya dengan mengirimkan email ke Alamat email : [email protected] saja sudah bisa mengeluh dan mengadukan mengenai kelistrikan di daerah kamu akan tetapi mungkin cara ini kurang dianjurkan karena biasanya balesan dari PLN kurang gercep. Bisa-bisa ketika ada pemadaman listrik dan kamu mengadukan hal itu melalui cara ini ya tentu akan tertangani besok. Jadi untuk itu cara ini mudah akan tetapi kurang tepat jika ada masalah yang urgent.

Cara Hubungi PLN Melalui Aplikasi PLN Mobile

Saat ini PLN  juga sudah memiliki aplikasi loh jadi hal ini sangat mempermudah untuk penggunannya. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store maupun AppStore tentu bebas biaya. Berikut dibawah ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan bahwa kamu telah memiliki aplikasi ini. Jika belum memilikinya kamu bisa download dan unduh terlebih dahulu melalui Google Play Store maupun App Store.
  • Lalu setelah kamu berhasil untuk mengunduhnya, kamu bisa login terlebih dahulu dengan mengisikan formulir yang sudah tertera di aplikasi teresbut.
  • Kemudian kamu bisa langsung mengajukan pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile.
  • Isikan kolom pengaduan tersebut sesuai dengan gangguan yang sedang kamu alami, jika perlu kamu juga lampirkan foto jika memungkinkan. Karena hal ini akan mempercepat penanganan.
  • Jika dirasa sudah semua kamu bisa langsung klik tombol kirim pengaduan.
  • Nah setelah itu kamu akan segera mendapatkan nomor pengaduan serta petugas akan menghubngi kamu dalam kurung waktu 24 jam.
Terkait:  Cara Dana Transfer ke Bank

Gimana mudah bukan?? tentu dong, karena hal ini hanya bermodalkan internet saja yang mana internet bukan hal yang tabu lagi.

Cara Hubungi PLN Melalui Sosial Media Instagram

Oh ya kamu juga bisa menghubungi PLN melalui sosial media loh seperti instagram, disitu kamu bisa gunakan untuk komplain layanan atau pengaduan layanan. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan kirim DM atau pesan pribadi ke akun instagram PLN di pln123_official.

Kamu bisa menyampaikan keluh kesahmu secara jelas dan kronologis kejadian juga nanti akan cepat direspon kok, dan ini juga sangat membantu kamu.

Cara Hubungi PLN Melalui Facebook

Selain melalui instagram, kamu juga bisa menghubungi PLN melalui sosial media facebook. Hanya dengan mengirimkan pesan atau message saja sudah pasti akan direspon. Akun PLN di facebook bernama PLN 123.

Jangan lupa lampirkan bukti-bukti yang ada supaya pengaduan kamu mudah diproses oleh pihak terkait.

Cara Hubungi PLN Melalui Twitter

Nahh untuk kamu yang merasa anak tweet banget mungkin ini akan cocok untuk menyampaikan pengaduan dan gangguan ke twitter PLN.

Caranya jug acukup mudah, tinggal mention saja ke akun twitter PLN di @pln_123. Sampaikan dengan bahasa yang sopan ya, jangan menggunakan bahasa yang kurang baik.

Cara Pengaduan PLN Secara Gratis Bebas Pulsa

Bagi kamu yang ingin melakukan pengaduan secara gratis ke Call Center atau Customer Service PLN maka bisa disarankan menggunakan email. Karena cara ini terbukti efektif dan memiliki riwayat yang lebih terlcak, sehingga kami terdokumentasi dengan baik.

Namun, apabila sedang urgent misalnya saja listrik salah perumahan mati mendadak maka sangat disarankan menelpon ke 123 kode area.

Terkait:  Cara Cancel Grab

Untuk layanan sms komplain PLN dan nomor Wa untuk komplainnya sendiri sampai saat ini belum ada info, mungkin kedepannya masyarakat dapat menghubungi PLN melalui whatsapp karena memang harus mengikuti jaman.

Layanan dan Fasilitas PLN Call Center PLN 123

Call center PLN 123 memberikan cakupan layanan yang lengkap, dengan beberapa diantaranya adalah:

  • Pengaduan gangguan dan pelayanan listrik
  • Informasi tagihan listrik
  • Sambungan baru
  • Mengubah daya
  • Sambungan sementara
  • Migrasi ke prabayar

Tidak hanya itu, masyarakat juga dimudahkan melalui layanan center yang beroperasi 24 jam. Selain mudah dihubungi kapan saja, masyarakat juga akan dilayani dengan cepat dan tanpa biaya tambahan. Hanya dengan menghubungi 123 maka kamu akan terhindar dengan calo, pasalnya dulu sering dijjumpai calo untuk menghubungi PLN jika hendak melakukan pengaduan maupun membutuhkan tambahan sambungan atau perubahan pada listrik.

Nah demikianlah informasi mengenai cara hubungi PLN, kamu bisa menggunakan salah satu cara diatas untuk menyelesaikan masalahmu yang berhubungan dengan PLN. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai, sampai jumpa diartikel selanjutnya. See u!

Rate this post

Related posts