Cara Mengisi Tinta Printer

Cara Mengisi Tinta Printer
Cara Mengisi Tinta Printer

Bagaimana cara mengisi tinta printer dengan benar? Tak bisa dimungkiri banyak orang masih belum mengetahuinya, lho. Printer sudah menjadi salah satu alat yang pemakaiannya selalu digunakan para pelajar maupun pekerja kantoran.

Alat ini berguna mencetak berbagai macam berkas atau dokumen yang tersimpan di desktop atau perangkat lainnya. Namun, printer tidak akan bekerja maksimal bila tintanya habis. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan ketersediaannya sehingga mesinnya dapat bekerja dengan normal secara berkala.

Printer mempunyai berbagai macam merk yang satu sama lain mempunyai kelebihan dan kelemahan sendiri. Di Indonesia, printer bisa ditemukan di toko-toko elektronik dengan harga bervariasi sesuai dengan kualitasnya masing-masing.

Apabila kamu tidak tahu cara mengisi tinta printer dan tetap membiarkannya kosong, mesinnya akan cepat rusak. Tak hanya itu, kamu akan kesulitan mencetak beberapa dokumen dari HP atau PC untuk kebutuhan pribadi. Kamu juga bisa membeli tinta printer di toko yang menjadi tempat kamu membeli printer tersebut.

Cara Mengisi Tinta Printer
Cara Mengisi Tinta Printer

Mengapa Printer Cepat Rusak?

Printer adalah perangkat keras (hardware) sebagai pelengkap PC yang berguna mencetak gambar atau teks di atas kertas. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa alat ini bisa rusak dengan cepat akibat faktor-faktor di bawah ini:

  • Printer Tidak Pernah Digunakan
    Apabila printer tidak pernah digunakan dalam waktu yang lama, maka bisa menimbulkan kerusakan dengan cepat. Tinta akan mengeras dan tidak lancar saat printer dihidupkan kembali, sedangkan komponennya bakal bekerja ekstra dan akhirnya printer akan cepat rusak.
  • Printer Bekerja Melampaui Batas
    Jika kamu mencetak terlalu banyak tanpa jeda, maka bisa menurunkan daya tahan printer tersebut. Kamu bisa mengatasinya dengan mencetak gambar atau teks maksimal 20 kali dalam sekali print out, kemudian beri jeda waktu selama 5 menit dan dilanjutkan seperti biasa.
  • Printer Tidak Dirawat
    Jangan sampai kamu membiarkan printer tidak pernah dirawat, di mana kondisi tersebut rentan menimbulkan kerusaka. Kamu bisa membersihkannya sepekan sekali, tergantung kebiasaanmu memakainya. Pastikan setiap komponen dibersihkan agar tetap dapat dipakai.
  • Printer Sering Kehabisan Tinta
    Untuk mencegah kerusakan pada bagian print head (catridge), tinta sebaiknya tetap tersedia setiap saat. Apabila tinta dibiarkan habis, maka bisa mengakibatkan panas sangat tinggi. Arus pada bagian itu pun bakal mengalami korsleting dan sangat berbahaya untuk dokumennya.
  • Cara Mengisi Tinta Printer yang Salah
    Tak bisa dimungkiri alasan utama mengapa printer cepat rusak adalah kamu selalu melakukan pengisian tinta yang salah. Apabila kamu menggunakan tinta infus, jangan membongkar tutup printer lantaran tinta infus bisa langsung dipasang di luar printer dengan cepat dan praktis.
Terkait:  Cara Mengisi Pulsa Listrik

Cara Merawat Printer yang Benar

Printer sekarang hampir tidak bisa dipisahkan dari kegiatan manusia. Jangan heran segala kegiatan sekolah sampai pekerjaan pasti membutuhkannya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu ketahui cara merawat printer yang benar sebagai berikut:

  • Membersihkan Printer
    Secara umum printer harus dibersihkan secara berkala, sehingga komponennya dapat dipakai setiap saat. Kamu harus memastikan tidak ada debu yang menempel pada setiap komponen supaya semua bagian printer bisa bekerja dengan baik.
  • Menggunakan Printer Secara Berkala
    Kamu harus menggunakan printer secara teratur, sehingga komponen dan mesinnya dapat beroperasi dengan maksimal. Umumnya setiap pemilik printer dianjurkan melakukan percetakan paling tidak 3 hari sekali, supaya mesinnya bisa terhindar dari kerusakan.
  • Mengisi Tinta Sebelum Habis Total
    Jangan pernah membiarkan tinta printer benar-benar habis, kondisi tersebut justru membuat printer cepat rusak. Kamu bisa mengganti tintanya dengan yang baru sebelum habis total, sehingga mesinnya mampu menghasilkan gambar dan teks dari warna tinta dengan baik.
  • Memilih Kertas yang Bagus
    Tanpa disadari bahwa penyebab kerusakan pada printer juga diakibatkan oleh pemakaian kertas yang salah. Maka dari itu, kamu harus memilih dan memakai kertas yang bersih, rapi serta bebas debu maupun kotoran agar printer bekerja maksimal saat sedang mencetak teks.
  • Mematikan Printer Jika Tidak Digunakan
    Terkadang banyak orang membiarkan printer terhubung dengan sumber listrik setiap hari. Siapa sangka kebiasaan tersebut menimbulkan kerusakan terhadap printer, lho. Kamu bukan hanya membuat printer cepat rusak, tapi mengakibatkan pembayaran listrik membengkak.
  • Memakai Tinta Printer yang Bagus
    Printer bisa bekerja maksimal bila kamu tidak pernah gonta ganti merk tintanya. Oleh karena itu, sebaiknya pakai satu merk tinta yang sama sehingga kinerja mesinnya dapat bekerja sempurna. Selain itu, kualitas gambar dan teks yang dihasilkan akan sama sesudah dicetak.
Terkait:  Cara Cleaning Printer HP

Cara Memilih Tinta Printer yang Benar

Secara umum tidak semua tinta printer bisa digunakan dalam jangka panjang. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu mengetahui cara memilih tinta printer yang benar sebagai berikut:

  • Hasil Cetakan yang Bagus
    Seperti kita tahu bahwa tidak semua tinta printer menghasilkan kualitas cetakan warna gambar dan teks yang bagus. Namun, tinta yang berkualitas akan memberikan hasil cetakan maksimal dengan tingkat ketajaman warna lebih jelas.
  • Tingkat Kekentalan yang Seimbang
    Indikator selanjutnya saat memilih tinta printer yang bagus adalah memperhatikan tingkat kekentalannya. Pasalnya, tinta printer yang berkualitas sudah pasti mempunyai tingkat kekentalan seimbang, tidak terlalu kental bahkan tidak terlalu encer.
  • Merk Berkualitas
    Kini, siapapun bisa menemukan berbagai macam merk tinta printer asal Indonesia di toko elektronik. Namun, tinta printer berkualitas dan terpercaya akan selalu punya review positif dengan jumlah ulasan yang banyak.
  • Kemasan yang Rapi
    Jangan sekadar memperhatikan merk, namun juga kemasannya pun perlu dilihat untuk memastikan bahwa tinta printer yang dibeli benar-benar bagus. Pasalnya, tinta yang bagus sudah pasti dikemas dengan rapi dan tidak rusak sampai jatuh ke tangan konsumen.
  • Harga Kompetitif
    Banyak orang ragu saat membeli tinta printer, di mana setiap merk menawarkan harga sama bahkan beda tipis. Namun, tinta yang berkualitas biasanya punya harga kompetitif yang bisa diterima oleh banyak konsumen.
  • Tingkat Keasaman
    Tak banyak orang tahu bahwa tinta printer yang bagus punya kadar PH seimbang. Biasanya kamu dianjurkan memilih dan menggunakan tinta dengan tingkat keasaman 6,5 s/d 7,5 untuk memberikan hasil cetakan yang sempurna.

Cara Mengisi Tinta Printer

Barangkali kamu sedang mencari cara mengisi tinta printer dengan benar, maka bisa mengetahui jawabannya melalui artikel ini. Kami akan membantumua supaya bisa melakukan pengisian ulang tinta printer dengan baik, sehingga hasil cetakan dapat terlihat tajam dan sempurna.

Terkait:  Cara Mengisi Steam Wallet

Cara Mengisi Tinta Printer yang Sudah Habis

  • Pertama, siapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti tinta refill, tisu atau kain dan jarum.
  • Hidupkan printer sampai lampu indikator tidak berkedip.
  • Kemudian, buka tutup casing dan keluarkan catridge printer dengan menekannya ke bawah secara perlahan.
  • Buang kertas label di atas catridge, perhatikan titik penyuntikan di mana angka 3 untuk tinta berwarna dan angka 1 untuk tinta warna hitam.
  • Gunakan jarum yang sudah disiapkan untuk melubangi catridge, sehingga dapat mencegah tumpah dengan ukuran pas.
  • Suntik tinta secara perlahan, sedangkan penyuntikannya tidak perlu dilakukan sampai habis.
  • Kemudian, tutup kembali titik-titik penyuntikan tadi dengan menggunakan perekat atau lakban.
  • Pasang lagi catridge ke printer dengan cara menekan ke atas secara perlahan.
  • Terakhir, tutup casing printer dan tunggu beberapa saat sampai catridge bisa berfungsi seperti biasa.

Demikian informasi tentang cara mengisi tinta printer dengan benar dan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts