Cara Mengukur Size Cincin

Apakah kamu sedang berencana tunangan namun tidak tahu ukuran cincin jarinya? Jangan khawatir, cara mengukur size cincin bisa dilakukan dengan benar dan mudah. Tak bisa dimungkiri banyak orang kebingungan saat harus membeli cincin, apalagi untuk momen tertentu.

Cincin mempunyai diameter dan ukuran berbeda sesuai dengan postur jari seseorang yang menggunakannya. Maka dari itu, bila kamu akan membelikan cincin untuk orang terkasih, sebaiknya ketahui dulu ukuran jarinya sehingga cicin dapat diletakkan dengan sempurna.

Read More

Secara umum memilih cincin bukanlah perkara mudah, lho. Kamu harus tahu ukuran jari seseorang yang bakal menerimanya, sehingga dia dapat memakainya dengan leluasa. Di Indonesia, setiap orang punya ukuran cincin berbeda bahkan tidak sama seperti negara-negara lain.

Kamu tidak perlu khawatir bila barang yang akan dibeli ternyata berukuran terlalu kecil atau terlalu besar. Pasalnya, cara mengukur size cincin dengan menggunakan beberapa langkah, sekaligus tabel perhitungan diameter jari lebih akurat dan efektif.

Cara Mengukur Size Cincin
Cara Mengukur Size Cincin

Ukuran Cincin Sesuai Berat Badan

Bagi kamu yang mungkin sedang menjalin hubungan jarak jauh dan ingin memberikan hadiah cincin untuk orang terkasih, maka bisa mengetahui ukuran cincin berdasarkan berat badan seperti di bawah ini:

  • Umumnya, ukuran 4 sampai 6 cocok untuk wanita, sedangkan ukuran 7 hingga 10 cocok untuk pria dengan tinggi di bawah rata-rata maupun postur tubuh yang kecil.
  • Ukuran 6 sampai 7 untuk wanita dan ukuran 10 hingga 11 untuk pria, di mana tinggi rata-rata dan postur tubuh langsing (kurus).
  • Ukuran 7 hingga 9 untuk wanita dan ukuran 11 sampai 15 untuk pria yang kekar dan tinggi.
Terkait:  Cara Membaca Monitor ICU

Contohnya, bila berat badan seorang pria atau wanita berkisar 58 kg atau kurang biasanya jarinya agak ramping, kemungkinan besar ukuran cincin yang pas adalah berkisar nomor 4 sampai 6. Bagi orang yang berpostur langsing, tinggi rata-rata dan berat badan sekitar 65 kg, biasanya ukuran cincinnya nomor 6 sampai 7.

Jika seseorang bertubuh tinggi dan tulangnya cukup besar dengan berat badan mencapai 77 kg bahkan lebih, kemungkinan besar jarinya tebal. Maka dari itu, orang tersebut harus menggunakan cincin berukuran 7 hingga 9.

Jangan sampai kamu terkecoh dengan mengabaikan tangan dan jari pasanganmu. Walaupun jarinya tampak ramping, namun periksa dulu apakah tempat cincin cukup besar atau tidak. Jika benar, kamu butuh cincin ukuran setengah atau seperempat lebih lebar untuk dipakai dan dilepas dengan mudah.

Tabel Standar Ukuran Cincin Internasional

Perempuan Indonesia rata-rata menggunakan cincin berukuran 10 sampai 18, sedangkan ukuran pria berkisar 12 hingga 20. Kami akan membantumu supaya bisa menebak ukuran cincin untuk pasangan kamu dengan menggunakan tabel berikut.

Ukuran Amerika Serikat (US) Diameter Dalam (mm) Keliling (mm) Ukuran Hong Kong
3 14.1 44.3 6
3.5 14.5 45.5 7
3.75 14.8 46.5 8
4.25 15.2 47.7 9
4.75 15.5 48.7 10
5.25 15.9 49.9 11
5.5 16.2 50.9 12
6 16.6 52.1 13
6.5 16.9 53.1 14
7 17.3 54.3 15
7.5 17.7 55.6 16
7.75 18.8 56.5 17
8.25 18.3 57.5 18
8.75 18.7 58.7 19
9 19 59.7 20

Tips Penting Mendapatkan Ukuran Cincin yang Pas

Kami akan memberikan informasi tentang hal-hal penting supaya kamu bisa mendapatkan ukuran cincin yang pas untuk pasangan sebagai berikut:

  • Pastikan kamu menyediakan ruang cukup untuk jari sehingga dapat dipasang dan dilepas dengan leluasa.
  • Ukuran jari tangan kiri dan kanan bisa saja berbeda, pastikan kamu menentukan ukuran cincin sesuai jari dengan benar.
  • Ketika membeli cincin untuk pernikahan, kamu harus mengukur kembali jarimu supaya bisa tahu perubahan yang terjadi.
  • Kamu tidak dianjurkan mengukur jari ketika sedang sakit seperti demam atau flu, karena mempengaruhi ukurannya.
Terkait:  Cara Migrasi ke Kartu Halo

Cara Mengukur Size Cincin

Barangkali kamu masih belum tahu cara mengukur size cincin dengan benar, sebaiknya ikuti ulasan artikel kami ini sampai akhir. Kami sudah merangkum beberapa langkah sederhana supaya kamu bia mengukur cincin untuk diri sendiri bersama pasangan.

Cincin menjadi salah satu benda istimewa yang diberikan sebagai kejutan saat momen spesial. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengikuti tutorial kami untuk memastikan ukuran cincin yang akan digunakan benar-benar pas sehingga dapat dilepas dengan leluasa.

Cara Mengukur Size Cincin dengan Benang

Benang bukan hanya digunakan untuk menjahit, namun juga alat bantu menentukan ukuran cincin seseorang, lho. Kamu cukup menggunakan sehelai benang, gunting, pensil dan penggaris. Kemudian, lingkarkan benang tersebut pada jemari untuk menentukan ukuran cincin yang pas.

Apabila sudah pas, tandai pada titik yang sama dengan pensil dan potong memakai gunting. Kamu bisa mengukur pakai penggaris untuk mengetahui ukuran cincin yang sesuai, selanjutnya beli cincin sebagai kado istimewa untuk orang terkasih.

Cara Mengukur Size Cincin dengan Ring Sizer

Ring sizer adalah sebuah alat pengukur diameter jari yang memberikan hasil sangat akurat. Cara mengukur size cincin dengan ring sizer cukup simpel, lho. Di Asia, ukuran standar ring sizer adalah berkisar 1 s/d 33.

Langkah ini wajib dipraktikkan dengan mengukur jari kamu atau pasangan dengan menggunakan cincin langsung. Maka dari itu, panduan ini tidak boleh dipraktikkan sembarangan bila kamu ingin memberikan cincin sebagai kejutan untuk pasangan, agar dia dapat memakai dan melepas cincinnya dengan mudah.

Cara Mengukur Size Cincin dengan Kertas

Cara mengukur size cincin dengan kertas juga tidak kalah simpel, lho. Kamu cukup memotong kertas menjadi bentuk persegi panjang. Kemudian, potong kertas tersebut dengan lebar berkisar 1 cm, sedangkan panjangnya 12 cm.

Terkait:  Cara Export Chat Whatsapp

Kamu bisa menggunakan potongan kertas tersebut untuk mengetahui ukuran cincin dengan melingkarkannya pada jari. Apabila hasilnya sudah ditemukan, tandai dengan pena agar kamu dapat membeli cincin untuk orang terkasih yang ukurannya pas sesuai jari kanan atau kirinya.

Cara Mengukur Size Cincin dengan Foto Jari

Bagi kamu yang ingin tahu cara mengukur size cincin paling rahasia, mungkin perlu menggunakan foto jarimu atau pasangan. Langkah ini paling mudah karena kamu cukup memanfaatkan foto jari orang kesayanganmu.

Foto tersebut bisa digunakan sebagai objek konsultasi ketika kamu berdiskusi dengan staf ahli di toko perhiasan, sehingga kamu dapat memperoleh ukuran cincin yang pas. Jika staf ahlinya sangat berpengalaman, maka dia bisa menentukan ukurannya dengan menggunakan foto tersebut, lho.

Cara Mengukur Size Cincin dengan Cincin Lama

Apabila kamu sempat mengenakan cincin, maka bisa memanfaatkannya sebagai media ukur yang tepat. Gunakan cincin lamamu dengan mengukur diameter di dalam cincin tersebut, kemudian bandingkan hasilnya dengan tabel ukuran cincin standar internasional.

Apabila kamu ingin memiliki cincin yang nyaman saat digunakan, maka bisa menambahkan sedikit ukuran dari hasil perhitungan sebelumnya. Fungsinya agar kamu dapat memakai dan melepasnya dengan mudah saat sedang tidak dipakai.

Cara Mengukur Size Cincin yang Sudah Ada

Cara mengukur size cincin terakhir adalah menggunakan cincin yang telah ada sebelumnya. Contohnya, kamu ingin memberikan cincin untuk pasanganmu, maka bisa meminjam cincinnya dan sesuaikan dengan ukuran tersebut.

Kamu akan tahu ukuran cincinnya dengan benang maupun menggambarnya di atas kertas. Apabila sudah selesai, bawalah ke toko perhiasan untuk diamati oleh staf ahli di sana. Tutorial ini berguna untuk jenis-jenis cincin seperti cincin titanium, emas maupun perak.

Demikian panduan cara mengukur size cincin yang wajib kamu tahu. Jangan lupa bagikan tutorial kami di atas supaya siapapun bisa membeli cincin untuk orang terkasih dengan ukuran yang pas. Semoga bermanfaat!

Rate this post

Related posts