Cara Menonaktifkan Play Protect

Cara Menonaktifkan Play Protect

Google Play merupakan salah satu layanan yang berada di bawah naungan perusahaan search engine raksasa asal Amerika Serikat, Google. Layanan ini mempunyai layanan keamanan bernama Play Protect, di mana cara menonaktifkan Play Protect perlu diketahui untuk meningkatkan sekuritas perangkatmu.

Pengguna Android sepertinya jarang bahkan tidak tahu keberadaannya, di mana Play Protect punya andil besar supaya bisa menjaga keamanan perangkatmu dari malware atau program lainnya yang berbahaya.

Google Play sendiri sudah diluncurkan sejak tanggal 22 Oktober tahun 2008 silam dan bisa diakses melalui Android, Web maupun Google TV. Namun, siapa sangka bahwa layanannya justru belum didukung kontrol yang maksimal untuk masuk ke dalam tahap keamanan sempurna.

Tak bisa dimungkiri berbagai macam serangan rentan dialami para pemilik smartphone berbasis Android. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara menonaktifkan Play Protect atau sebaliknya demi melindungi gadget dari peretasan data oleh malware.

Cara Menonaktifkan Play Protect
Cara Menonaktifkan Play Protect

Apa itu Google Play Protect?

Google Play Protect merupakan suatu sistem pengaman otomatis yang berada pada smartphone Android. Layanannya akan bekerja saat ketika pengguna mencoba mengunduh aplikasi maupun layanan melalui Google Play Store.

Google Play Protect bekerja untuk melindungi keamanan fitur pada aplikasi yang dinilai berisiko bahkan melanggar kebijakan pengguna ponsel. Apabila kamu ingin melakukan unduhan aplikasi maupun informasi, biasanya fitur ini akan bekerja. Google Play Protect bakal mengetahui sistem keamanan aplikasi yang diinginkan sebelum diunduh.

Terkait:  Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Fitur Google Play Protect

Google Play Protect mempunyai berbagai macam fitur penting untuk keamanan ponsel Android kamu sebagai berikut:

  • Melakukan pemeriksaan keamanan pada aplikasi dari Google Play Store sebelum diunduh.
  • Memeriksa aplikasi yang cukup berbahaya dari sumber lainnya. Aplikasi berbahaya ini biasanya disebut Malware.
  • Memperingatkan setiap pengguna smartphone Android bila menemukan aplikasi yang berpotensi berbahaya dan menghapusnya dari ponselmu.

Bagaimana Google Play Protect Melindungi Perangkat Android?

Google Play Protect diciptakan untuk memindai malware di Google Play Store dan perangkatmu, namun tidak pada website ketiga maupun toko aplikasi yang menyediakan berbagai macam aplikasi Android.

Layanan ini akan tetap memberitahumu bila kamu mengunduh dan memasang aplikasi melalui toko aplikasi lain (kecuali Google Play Store) yang dinilai berbahaya oleh Google.

Kamu bisa memeriksa status aplikasi yang dipasang dengan membuka menu Google Play Protect dari HP. Selain itu, kamu bakal tahu kapan pemindaian terakhir dilakukan melalui smartphone Android kamu.

Apakah Google Play Protect Punya Masalah Privasi?

Kondisi ini biasanya sering dialami para pengguna internet serta pendukung privasi. Kini, Google sudah tahu aplikasi mana saja yang yang sedang diunduh melalui akun Google ke dalam smartphone Android kamu.

Akan tetapi, situasi tersebut tergantung pada aplikasi yang akan kamu pasang ke ponsel di mana tidak semua aplikasinya berbahaya dan menyimpan masa privasi tersebut.

Selain itu, kebijakan Google juga perlu diperhatikan setiap pelanggannya agar kamu dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi dengan sekuritas tinggi melalui ponselmu.

Apakah Google Play Protect Menjamin Kerahasiaan Data Pengguna?

Siapapun mungkin tidak tahu peran Google Play Protect dalam menjamin kerahasiaan data setiap penggunanya. Secara umum bahwa layanan ini akan selalu memberikan sesuatu yang menjanjikan dan terbaik, lho.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Paket Indosat

Google akan selalu berkontribusi memberikan pelayanan maksimal dengan mengurangi, bahkan menghapus berbagai macam aplikasi tidak aman di Play Store. Tak hanya itu, peran Play Protect juga dibutuhkan guna memindai bahwa layanan yang kamu unduh benar-benar bisa diakses melalui ponsel dalam jangka panjang atau sebaliknya.

Cara Kerja Google Play Protect

Google Play Protect mempunyai sistem kerja dengan memeriksa setiap aplikasi saat kamu mengunduh dan memasangnya ke ponsel. Fitur ini bahkan memindai perangkat secara berkala, sehingga kamu dapat mengetahui program mana saja yang berisiko mengintai keamanan data ponsel.

Apabila sistemnya menemukan aplikasi yang berbahaya, Play Protect bakal mengirimkan peringatan seperti pemberitahuan kepadamu. Kamu bisa mengatasinya dengan menghapus pemasangan aplikasi tersebut dari ponselmu.

Cara Cek Google Play Protect di Android

Pengguna Android mana pun tidak bisa tenang begitu saja, di mana Google Play Protect ternyata belum mendukung untuk semua smartphone tersebut. Apabila kamu ingin mengetahui keberadaan Play Protect di HP, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Setting atau Pengaturan melalui HP Android kamu.
  • Geser ke bawah, klik Google.
  • Pilih menu Security atau Keamanan.
  • Klik Google Play Protect.
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya untuk memeriksa aplikasi mana yang dipindai secara otomatis.

Cara Mengaktifkan Google Play Protect

Google Play Protect sebenarnya sudah aktif otomatis melalui smartphone Android. Namun, kamu bisa menghidupkannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Google Play Store melalui smartphone kamu.
  • Klik Profil di samping kanan atas.
  • Pilih menu Play Protect.
  • Google Play Protect sudah aktif secara otomatis.
  • Apabila belum aktif, muncul pemberitahuan bertuliskan Aktifkan Pemindaian Play Protect. Demi keamanan Anda, aktifkan Play Protect untuk memeriksa aplikasi dari luar Play Store. Aplikasi akan dipindai secara otomatis.
  • Terakhir, klik Hidupkan atau Turn On untuk mengaktifkan Play Protect.
Terkait:  Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI

Cara Menonaktifkan Play Protect

Apabila kamu masih kesulitan mematikan Google Play Protect, maka bisa mengetahui jawabannya melalui artikel ini. Secara umum cara menonaktifkan Play Protect tidak perlu membuang waktu lama, di mana kamu hanya perlu mengandalkan smartphone Android saja.

Layanan ini harus diperiksa secara berkala karena perannya penting untuk memindai setiap aplikasi yang terpasang di HP. Kamu juga cukup memanfaatkan koneksi internet stabil sehingga prosesnya dapat berjalan cepat dan lancar.

Langkah 1: Membuka Google Play Store

Cara menonaktifkan Play Protect pertama adalah membuka Google Play Store terlebih dulu. Kamu bisa masuk ke dalamnya melalui smartphone Android, sedangkan kamu cukup masuk ke halaman utama untuk melihat berbagai macam menu dan aplikasi yang tersedia.

Langkah 2: Memilih menu Play Protect

Langkah selanjutnya adalah memilih menu Play Protect dalam Google Play Store. Caranya dengan menekan tombol titik tiga di samping kanan atas halaman utama Play Store. Kamu akan menemukan penjelasan mengenai Play Protect di bawah menu Payment Methods dan di atas menu Setting.

Langkah 3: Memilih Menu Scan Device for Security Threats

Apabila kamu sudah menemukan menu Play Protect, langkah selanjutnya adalah memilih menu Scan Device for Security Threats dan Improve Harmfull App Detection. Kemudian, kamu harus menonaktifkan kedua menu tersebut dengan menggeser layar ke kiri pada bagian tombolnya. Kondisi ini ditandai dari perubahan warna hijau menjadi abu-abu.

Langkah 4: Menekan OK Saat Box Warning Muncul

Cara menonaktifkan Play Protect terakhir adalah menekan tombol OK saat Box Warning muncul. Jika kamu sudah menekan tombol tersebut, maka tampilan Google Play Store bisa berganti secara otomatis. Kamu bisa mengunduh berbagai macam aplikasi dengan bebas tanpa risiko timbul malware.

Demikian tutorial cara menonaktifkan Play Protect melalui HP Android yang wajib kamu tahu. Jangan lupa bagikan informasi kami di atas agar pengguna Android lain dapat mengunduh aplikasi lebih aman di Google Play Store. Semoga bermanfaat!

Similar Posts