Cara Merawat Hewan Peliharaan

Cara Merawat Hewan Peliharaan
Cara Merawat Hewan Peliharaan

Apabila kamu punya binatang peliharaan seperti anjing atau kucing di rumah, mungkin kamu belum tahu cara merawat hewan peliharaan yang benar. Setiap orang memang mempunyai teknik perawatan berbeda. Namun, siapapun tidak bisa melakukannya sembarangan karena berdampak terhadap tumbuh kembang hewan tersebut.

Jika kamu merawatnya asal-asalan, binatang kesayangan bisa saja rentan terkena penyakit dan mati. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan hal-hal sederhana supaya ia beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Setiap pemilik binatang peliharaan memang selalu dituntut untuk mempunyai rasa tanggung jawab dengan merawatnya secara terus menerus. Kamu harus memperhatikan kebersihan tubuh, makanan dan asupan vitamin yang dibutuhkan.

Tak jarang orang-orang selalu membawa binatang kesayangan mereka ke pet shop, sehingga dapat berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Meski begitu, kamu tidak perlu menghabiskan uang untuk pergi ke pet shop karena cara merawat hewan peliharaan bisa diterapkan siapapun, asalkan kamu sabar dan telaten melakukannya.

Cara Merawat Hewan Peliharaan
Cara Merawat Hewan Peliharaan

Cara Merawat Hewan Peliharaan

Barangkali kamu masih belum tahu cara merawat hewan peliharaan dengan benar, sebaiknya simak informasi artikel ini dengan seksama. Kami sudah merangkum panduannya supaya kamu bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Binatang apapun yang sedang dipelihara memang tidak boleh diurus sembarangan. Jika kamu mengabaikan hal-hal sepele, kemungkinan benar hewan kesayangan mudah sakit dan cepat mati. Perhatikan juga psikologisnya agar binatang lucu tersebut dapat berinteraksi dengan sekitar, bahkan semakin dekat denganmu sebagai pemiliknya.

Terkait:  Cara Merawat Cat Doff

Langkah 1: Membuat Kandang yang Benar

Cara merawat hewan peliharaan yang pertama adalah membuat kandangnya terlebih dulu. Secara umum kandang ideal adalah wadah yang jauh dari kebisingan. Meski begitu, setiap binatang memang mempunyai tingkat sensitifitas berbeda.

Jika kamu memelihara seekor kelinci, hewan ini mempunyai risiko stress cukup tinggi, apalagi saat mereka berada di tengah keramaian. Kamu perlu membuat kandang dengan tambahan wadah pembuangan kotorannya, sehingga mereka dapat membuang sisa kotoran mereka setiap hari.

Langkah 2: Memperhatikan Kondisi Binatang

Jika kamu membeli hewan peliharaan dari toko binatang, pastikan kondisi kesehatannya bagus dan tampilannya bersih. Selain itu, perhatikan juga umur binatangnya dan kamu bisa membeli seekor hewan yang berusia setengah dewasa bila tidak ingin ketergantungan susu.

Umumnya hewan peliharaan berumur setengah dewasa punya daya tahan lebih kuat. Jika kamu telah menyimpannya di dalam kandang, periksa kesehatannya secara berkala dengan membawanya ke dokter hewan paling tidak 3 bulan sekali untuk memeriksa kondisi tubuhnya secara menyeluruh.

Langkah 3: Membersihkan Kandang Secara Berkala

Kandang yang bersih dan rapi mempunyai andil besar dalam menentukan kesehatan maupun keberlangsungan hidup hewan peliharaanmu, lho. Kamu harus membersihkan kandang binatang secara berkala, minimum 2 pekan sekali.

Jika kamu memelihara burung, maka bisa melakukannya seminggu sekali. Kegiatan ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena tergantung pada binatang yang dipelihara. Maka dari itu, sesuaikan dulu dan bila tercium bau menyengat bahkan sangat kotor harus langsung dibersihkan saat itu juga.

Langkah 4: Memberi Makan dan Minum

Kamu mempunyai tanggung jawab selama mengurus binatang peliharaan dengan memberi makan dan minum setiap hari. Jangan memberi makanan terlalu banyak, guna mencegah sisanya tidak terbuang dengan percuma.

Terkait:  Cara Merawat Kaktus

Jika kamu memberikan pakan berlebihan, hewan tersebut akan muntah dan lingkungan kandangnya menjadi kotor. Berikan makanan secara teratur dan tidak terlalu sering maupun sebaliknya, periksa kandungan gizinya yang mana hewan sama seperti manusia karena butuh asupan nutrisi yang sehat.

Langkah 5: Menyediakan Tempat Khusus Diluar Kandang

Binatang peliharaan pasti akan bosan jika berdiam diri di dalam kandang setiap hari. Kamu bisa memberikan waktu selama 15-30 menit supaya mereka bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar, khususnya di luar kandang. Kamu perlu menyediakan tempat khusus selama mereka bermain di luar kandang, guna beristirahat dengan nyaman.

Kamu bisa memberikan alas empuk supaya anjing, kucing atau binatang peliharaan lainnya bisa tidur di luar kandang. Dengan demikian, mereka tidak akan merusak fasilitas apapun di luar kandangnya.

Langkah 6: Memandikan Secara Rutin

Bintang sama dengan manusia yang satu sama lain harus membersihkan tubuhnya setiap hari, sehingga tidak dapat terkena bakteri dan kuman penyebab penyakit. Kamu bisa memandikan hewan peliharaan setiap hari agar tubuhnya terbebas dari kuman dan tidak dapat jatuh sakit.

Jika kamu selalu melakukannya, hewan tersebut akan selalu aktif dan tidak mudah lemas. Selain itu, periksa kebersihan kandang dan peralatan yang selalu digunakan binatangnya untuk mencegah timbulnya kuman berbahaya bagi dirinya sendiri.

Langkah 7: Melatih Hewan Setiap Hari

Beberapa binatang peliharaan memang harus dilatih supaya bisa mematuhi peraturan yang berada di rumah. Hewan seperti anjing dan kucing merupakan golongan yang hampir sering dilatih sebagian besar pemilik binatang peliharaan, lho.

Apabila kamu memelihara seekor anjing, maka kamu bisa melakukannya agar dia semakin dekat dan sayang padamu. Kondisi ini justru berbanding terbalik dengan kucing, di mana hewan lucu tersebut agak sulit dilatih. Jika kamu terbiasa melakukannya, maka kucing lucu di rumah bisa lebih pintar dan sayang padamu.

Terkait:  Cara Merawat Kura Kura

Langkah 8: Membawa ke Dokter Hewan Secara Berkala

Cara merawat hewan peliharaan selanjutnya adalah membawa binatang kesayangan ke dokter hewan secara berkala. Walaupun kamu sudah merawatnya dengan ekstra, tidak menutup kemungkinan ada sesuatu yang sulit ditangani. Masalah itu hanya bisa diselesaikan oleh dokter hewan yang ahli dan berpengalaman.

Tenaga medis tersebut biasanya akan memeriksa bagian tubuh tertentu, guna mengidentifikasi masalah kesehatan yang sedang diderita hewannya. Kamu bisa membawa binatang peliharaan ke dokter hewan paling tidak 1-2 bulan sekali.

Langkah 9: Memberi Kasih Sayang

Cara merawat hewan peliharaan yang tidak kalah penting adalah memberi kasih sayang setiap hari. Binatang tersebut akan tampak lebih aktif dan bahagia jika kamu memberikan bentuk cinta dan kasih sayang, lho.

Jika kamu memelihara seekor kucing, kamu harus membelai tubuhnya dengan pelan supaya mereka bisa lebih dekat denganmu secara intens. Apabila kamu memberinya makan, kucing pasti akan mengibaskan ekornya sebagai wujud terima kasih dan ia tidak segan mendekatimu untuk berinteraksi setiap hari.

Langkah 10: Mengajak Bermain

Cara merawat hewan peliharaan yang terakhir adalah mengajaknya bermain secara rutin. Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan atau sekadar berkeliling komplek rumah untuk meningkatkan keakraban antara binatang dengan pemiliknya.

Kamu perlu mengenalkan lingkungan sekitar, sehingga hewan peliharaan dapat pergi jauh dan pulang ke rumah dengan selamat. Selain itu, kamu perlu berinteraksi dengan mengajaknya berbicara dan kontak fisik lebih intens, seperti membelai tubuh dan memegang kepalanya untuk meningkatkan rasa cinta dan sayangnya padamu sebagai pemiliknya.

Demikian informasi tentang cara merawat hewan peliharaan yang wajib kamu tahu. Pastikan kamu menyesuaikan setiap langkah di atas dengan binatang yang sedang dirawat, sehingga ia dapat tumbuh kembang dengan sempurna. Semoga bermanfaat!

Related posts