Cara Monetize YouTube

Sejak diluncurkan pada tahun 2005 silam, YouTube sudah menjadi aplikasi streaming video terbaik dan terkemuka di dunia. Orang-orang bahkan ingin tahu cara monetize YouTube untuk bisa tetap mengekspresikan diri melalui karya-karya menarik sambil meraup cuan yang banyak.

YouTube adalah aplikasi streaming video yang mana pemakaiannya sudah dijangkau secara luas. Selain itu, banyak orang sekarang sudah beralih menjadi YouTuber untuk mengunggah berbagai macam konten seru agar dapat memancing jumlah pengikut dan like.

Kami beritahu bahwa YouTube bukan sekadar digunakan untuk mencari dan mengunggah berbagai macam konten yang menarik, lho. Kamu bisa bekerja menjadi seorang YouTuber atau content creator dengan mengunggah konten-konten seru sesuai dengan tren saat ini.

Kamu juga harus tahu cara monetize YouTube agar akunmu dapat dimanfaatkan untuk memperoleh uang tunai hingga jutaan rupiah. Walaupun terlihat sulit, namun sebenarnya kamu perlu memahami dan mengetahui hal-hal penting dari artikel ini supaya bisa melakukannya dengan mudah.

Cara Monetize YouTube
Cara Monetize YouTube

Apa itu Monetasi YouTube?

Monetasi YouTube merupakan proses menghasilkan uang melalui beberapa video YouTube yang diunggah dengan mengaktifkan fitur-fitur iklan dalam video. Namun, kamu tidak bisa menyisipkan iklan ke dalam semua video lantaran hanya ditujukan untuk konten terpopuler saja.

Tujuannya agar dapat menjangkau lebih banyak audiens maupun subscriber demi memperoleh popularitas lebih tinggi. Maka dari itu, pihak YouTube juga bakal menyimpan iklan pada video yang punya jumlah viewers (penonton) yang banyak dengan akun tertentu bila sering mengunggahnya.

Akun dengan jumlah penonton fantastis dan jam tayang lebih tinggi mampu menguntungkan untuk bisnis ini, lho. Mereka tidak akan segan membagikan hasil monetasi keuntungan yang diperoleh dari iklan kepada kreator terpopuler di YouTube.

Terkait:  Cara Mengganti Header Youtube

Ketentuan dan Syarat Monetisasi YouTube

Jika kamu ingin tahu cara monetize YouTube, maka bisa mengetahui ketentuan dan syaratnya terlebih dulu. YouTube bakal menerima permintaan monetisasi dari akun-akun yang berpotensi mempunyai jumlah viewers fantastis. Akun yang sudah dimonetasi biasanya disebut dengan YouTube Partner. Jika ingin tahu lebih lanjut, simak poin-poin penting di bawah ini:

  • Mengikuti semua aturan maupun kebijakan dari monetasi YouTube. Kebijakannya variatif seperti pembatasan konten yang tidak mengandung unsur kekerasan, pornografi hingga memastikan bahwa konten yang diunggah tidak melanggar hak cipta.
  • Berdomisili di negara atau wilayah tempat program YouTube Partner tersedia, sedangkan Indonesia sudah termasuk ke dalam kategori wilayah tersebut.
  • Mempunyai lebih dari 4,000 jam tayang dalam kurun setahun terakhir. Artinya, jumlah jam tayang kontenmu harus sudah mencapai 4,000 jam.
  • Terhubung dengan akun AdSense.
  • Mempunyai lebih dari 1,000 subscribers.

Cara Mengaktifkan AdSense YouTube

Walaupun kamu sudah memenuhi ketentuan dan syarat monetasi YouTube, namun bukan jaminan kamu bisa menjadi bagian dari YouTube Partner. Kamu harus mengaktifkan Google AdSense terlebih dulu seperti panduan di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi YouTube melalui smartphone kamu.
  • Klik Akun YouTube di samping kanan atas.
  • Pilih menu Creator Studio.
  • Klik Channel di samping kri menu Creator Studio.
  • Pilih menu Status and Features.
  • Klik Enable pada bagian Monetization.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai Google AdSense telah diaktifkan.

Cara Monetize YouTube

Barangkali kamu masih belum tahu cara monetize YouTube, maka kami bisa memberitahukan semuanya melalui artikel ini. Kini, YouTube telah digunakan sebagai salah satu ladang cuan oleh para content creator di seluruh dunia. Kamu bisa meraup pundi-pundi rupiah untuk menambah income dengan nominal menggiurkan, lho.

Terkait:  Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Semuanya akan terwujud bila kamu tahu cara memonetisasi YouTube yang hampir sama dengan aplikasi lainnya, salah satunya adalah Tiktok. Tak bisa dimungkiri banyak orang lebih memilih YouTube untuk monetasi dibandingkan platform mana pun.

Langkah 1: Membership Channel

Cara monetize YouTube yang pertama adalah dengan menggunakan Membership Channel. Kamu biasanya bakal mendapatkan bayaran melalui akun seseorang yang sudah terdaftar sebagai member akunmu.

Sistemnya adalah member kamu akan memberi bayaran per bulan untuk menikmati semua konten berkualitas yang ditawarkan olehmu. Namun, persyaratannya adalah kamu harus berumur lebih dari 18 tahun dan punya lebih dari 30,000 subscriber. Simak cara monetize YouTube dengan Membership Channel sebagai berikut:

  • Login ke dalam akun YouTube kamu terlebih kamu.
  • Pilih menu Membership.
  • Klik Start.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai selesai.

Langkah 2: Merchandise

Fitur ini memungkinkan akun yang menonton kontenmu bisa melihat merchandise melalui laman video. Namun, persyaratannya adalah kamu harus sudah berumur 18 tahun dan punya lebih dari 10,000 subscriber. Simak cara monetize YouTube dengan fitur Merchandise Shelf sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke YouTube Studio Beta terlebih dulu.
  • Pilih menu Monetisasi di samping kiri.
  • Jika persyaratan sudah dipenuhi, klik Merchandise.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai selesai.

Langkah 3: Google AdSense atau Iklan

Cara monetize YouTube selanjutnya dengan menggunakan Google AdSense atau iklan. Kamu bisa mengatur berbagai macam iklan yang bakal ditayangkan pada kontenmu dan letaknya ketika sedang tayang. Fitur ini bakal tersedia bila pendaftaran akun Google AdSense yang telah tercantum sudah disetujui oleh YouTube.

Namun, kamu harus berumur lebih dari 18 tahun dan paling tidak punya wali yang usianya cukup. Cara memasang iklannya juga tidak boleh sembarangan, di mana kamu wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan yang dibuat pihak pengiklan.

Terkait:  Cara Download Video Youtube Di iPhone

Langkah 4: YouTube Premium

Cara monetize YouTube selanjutnya adalah menggunakan layanan YouTube Premium. Kamu hanya perlu mengalihkan akunmu ke versi premium saja. Gunanya supaya kamu bisa memperoleh bayaran dari siapa saja yang menonton videomu.

Meski begitu, YouTube Premium masih belum tersedia di Indonesia, lho. Tak sedikit orang masih harus bersabar untuk bisa menggunakannya sehingga dapat memanfaatkannya demi meraup cuan tambahan melalui akun premium dari akunmu saat ini.

Langkah 5: Super Chat

Kamu sekarang bisa melakukan live streaming dan ditonton olej banyak orang secara luas. Penonton bisa mengirimkan pesat ketika siaran langsung bahkan pesannya bisa diketahui orang lain, lho.

Cara monetize YouTube ini disebut dengan Super Chat dan saat kamu menggunakan layanan ini, kamu akan langsung mendapatkan bayaran secara otomatis.

Cara Mengambil Uang dari YouTube

Apabila kamu sudah tahu cara monetize YouTube di atas, maka bisa mengetahui cara mengambil uang dari YouTube yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Kamu juga perlu memverifikasi akun Google AdSense untuk melakukannya, lho. Simak panduan lengkapnya sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke dalam akun AdSense berdasarkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan.
  • Pilih menu Setelan.
  • Klik Informasi Akun di samping kiri.
  • Pilih menu Verifikasi Alamat.
  • Terakhir, masukkan PIN yang sudah dikirimkan sebelumnya.

Jika AdSense sudah terverifikasi, maka kamu bisa memasukkan semua data rekening untuk pengiriman hasil income dari kontenmu. Uangnya akan dikirim antara tanggal 21 sampai 25 setiap bulannya.

Demikian tutorial cara monetize YouTube untuk mendapatkan uang jutaan rupiah dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts