Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional yang digunakan semua orang di dunia. Siapa saja pasti akan menggunakannya dalam dunia pendidikan sampai pekerjaan. Maka dari itu, kamu harus tahu cara mudah belajar Bahasa Inggris supaya bisa berkomunikasi dengan lancar.

Penggunaannya mencakup berbagai macam aspek seperti akademis, bisnis, budaya dan lainnya. Selain itu, seseorang yang bisa dua bahasa atau lebih dianggap mempunyai konsentrasi tinggi sekaligus istimewa dibandingkan orang yang hanya menguasai satu bahasa saja.

Read More

Belajar Bahasa Inggris sebenarnya tidak sulit seperti yang dibayangkan, lho. Kamu hanya perlu memahami beberapa poin penting seperti tenses (bentuk waktu), vocabularies (kosakata), grammar (tata bahasa) sampai pronounciation (pelafalan).

Semuanya punya andil besar saat seseorang sedang berusaha menerapkan cara mudah belajar Bahasa Inggris yang baik dan benar. Jika kamu bisa memahami dan mengusai semua poin tersebut, tingkat kemahiran Bahasa Inggris kamu pasti lebih bagus bahkan setara dengan orang asing.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Daftar Tenses dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris mempunyai struktur kalimat yang menyesuaikan dengan bentuk waktu alias tenses nya masing-masing. Oleh sebab itu, sebelum kamu ketahui cara mudah belajar Bahasa Inggris alangkah baiknya menyimak jenis-jenis bentuk waktunya terlebih dulu di bawah ini:

  • Present Tense (Bentuk Waktu Sekarang)
    • Simple Present Tense.
    • Present Continuous Tense.
    • Present Perfect Tense.
    • Simple Present Perfect Continuous Tense.
  • Past Tense (Bentuk Waktu Dulu)
    • Simple Past Tense.
    • Past Continuous Tense.
    • Past Future Tense.
    • Simple Past Perfect Continuous Tense.
  • Future Tense (Bentuk Waktu Mendatang/Masa Depan)
    • Simple Future Tense.
    • Future Continuous Tense.
    • Future Perfect Tense.
    • Simple Future Perfect Continuous Tense.
  • Past Future Tense (Bentuk Waktu Dulu dan Masa Depan)
    • Simple Past Future Tense.
    • Past Future Continuous Tense.
    • Past Future Perfect Tense.
    • Simple Past Future Perfect Continuous Tense.
Terkait:  Cara Jago Bahasa Inggris

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Cara mudah belajar Bahasa Inggris sebenarnya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, asalkan kamu mempunyai keinginan untuk mendalami dan menguasai bahasa internasional ini.

Selain itu, Bahasa Inggris mempunyai berbagai macam aksen, namun jenis-jenis paling populer hanya British Accent (Akses Orang Inggris/Britania Raya) serta American Accent (Aksen Orang Amerika).

Bahasa Inggris bukan sesuatu yang menakutkan dan sulit. Pasalnya, siapapun bisa mempelajari dan menguasainya selama kamu sungguh-sungguh dan menerapkan metode belajar yang tepat.

Langkah 1: Mendengar Lagu Bahasa Inggris

Orang Indonesia biasanya sering mendengarkan berbagai macam judul lagu berbahasa Inggris setiap hari. Oleh sebab itu, kebiasaan ini membuat sebagian besar dari mereka terbiasa bernyanyi sambil memperdalam skill Bahasa Inggris masing-masing.

Kamu bisa mengunduh judul-judul lagu berbahasa Inggris melalui internet, serta didengarkan setiap hari. Selain itu, catat liriknya supaya kamu bisa mengetahui arti lagu favorit sambil menerjemahkan setiap kata agar dapat menambah jumlah kosa kata baru.

Langkah 2: Membaca Teks Bahasa Inggris

Teks Bahasa Inggris bisa ditemukan secara luas. Kamu bisa menemukannya melalui buku, koran, website, media sosial, email sampai kemasan makanan, lho. Membaca merupakan salah satu cara mudah belajar Bahasa Inggris agar kamu dapat mengetahui setiap ejaan dari kata yang dibaca.

Kamu bisa membaca artikel sampai percakapan dalam Bahasa Inggris supaya skill kamu bisa semakin meningkat. Kebiasaan ini bahkan membantumu untuk mengingat dan mengulang setiap kata maupun kalimat agar dapat dikuasai dengan mudah.

Langkah 3: Menonton TV dan Film Bahasa Inggris

Jika kamu sedang tidak punya kesibukan, maka bisa melakukan cara mudah belajar Bahasa Inggris selanjutnya dengan menonton film atau acara TV dalam Bahasa Inggris. Keterampilan percakapanmu akan dilatih saat sedang menyaksikan tayangan dengan berbahasa asing.

Terkait:  Cara Gadaikan BPKB di Pegadaian

Kamu juga bakal tahu kata atau kalimat apa saja yang diucapkan oleh tokok-tokoh film tersebut. Kebiasaan ini membuatmu mampu menyambungkan berbagai macam kata dengan bahasa tubuh relevan untuk memperdalam pengetahuan Bahasa Inggris kamu.

Langkah 4: Mencatat Kosakata Baru

Cara mudah belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah mencatat kosakata baru yang dibaca atau didengar setiap hari. Jangan gengsi membawa catatan kecil supaya kamu bisa mengetahui kata atau kalimat yang baru kamu tahu.

Kamu bisa mencatat kosakata tersebut beserta artinya agar dapat diingat dan dilafalkan dengan mudah. Ulangi membacanya sesudah 24 jam, seminggu bahkan sebulan. Cobalah menggunakan kosakata ke dalam kalimat sehingga dapat digunakan dalam kehidupan nyata bersama orang-orang di sekitarmu.

Langkah 5: Menulis dalam Bahasa Inggris

Cara mudah belajar Bahasa Inggris berikutnya adalah menulis berbagai macam kata atau kalimat setiap hari. Kamu bisa menulis kata atau kalimat Bahasa Inggris apa saja yang tersimpan dalam memori otakmu ke dalam sebuah tulisan.

Gunanya agar kamu dapat mengetahui setiap ejaannya dan mampu diucapkan dengan benar. Selain itu, setiap kosakata yang sudah ditulis tersebut bisa diubah menjadi sebuah kalimat, lho. Tak menutup kemungkinan lambat laun kamu mampu menyusun kalimat Bahasa Inggris berdasarkan tenses nya masing-masing.

Langkah 6: Melatih Bahasa Inggris

Jika kamu merasa skill membaca dan menulis sudah bagus, maka cara mudah belajar Bahasa Inggris selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melatih diri sendiri untuk berbicara setiap hari. Apabila masih malu dan belum percaya diri, sebaiknya latihan berbicara Bahasa Inggris dengan diri sendiri.

Kamu bisa mencoba melakukannya di depan cermin setiap hari. Walaupun tampak sepele, namun lambat laun skill Bahasa Inggris kamu pasti berkembang dan rasa percaya diri semakin meningkat untuk berbicara dengan orang lain.

Terkait:  Cara Tanam Cabe

Langkah 7: Menjalin Relasi dengan Orang Asing

Cara mudah belajar Bahasa Inggris berikutnya adalah menjalin relasi dengan orang bule atau seseorang yang jago berbahasa Inggris. Hubungan ini diciptakan supaya kamu bisa membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris saat berinteraksi bersama mereka.

Jika kamu merasa ada kesalahan saat mengucapkan kata atau kalimat berbahasa Inggris, maka bisa meminta bantuan mereka untuk mengoreksi atau memperbaiki kesalahan tersebut sehingga kamu dapat tahu pengucapan kosakata yang sebenarnya.

Langkah 8: Menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Smartphone kamu bukan hanya digunakan untuk komunikasi atau berselancar di dunia maya setiap hari. Kamu bisa mengunduh salah satu aplikasi belajar Bahasa Inggris sehingga dapat menyerap ilmu baru di mana saja dan kapan saja.

Di Indonesia, sebagian besar orang yang sedang berjuang menguasai Bahasa Inggris akan selalu menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut sebagai sarana pembelajaran yang praktis, salah satunya adalah Duolingo. Kamu bukan sekadar mempelajari Bahasa Inggris, tapi juga beberapa bahasa asing lainnya seperti Jerman, Belanda, Perancis, Spanyol, Korea, dll.

Langkah 9: Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Cara mudah belajar Bahasa Inggris terakhir adalah mengikuti kursus yang dibimbing oleh para tenaga profesional. Kursus ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan tutor juga bersedia datang langsung ke rumahmu jika memang diperlukan, lho.

Meski begitu, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar seorang coach yang mengajarimu Bahasa Inggris dari nol. Tutor tersebut akan selalu menyesuaikan jadwal belajar dengan agenda harianmu, sehingga kamu dapat belajar Bahasa Inggris lebih terarah dalam jangka panjang.

Demikian informasi tentang cara mudah belajar Bahasa Inggris bagi pemula supaya fasih. Jangan lupa bagikan artikel ini agar siapapun dapat berbahasa Inggris dengan cepat dan mudah, khususnya dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat!

Related posts