Cara Nego di Tokopedia

Tokopedia sudah menjadi salah satu aplikasi belanja online terbaik dan terpercaya di Indonesia, sedangkan jumlah penggunanya cukup banyak hingga saat ini. Akan tetapi, banyak pelanggannya masih belum tahu cara nego di Tokopedia untuk mendapatkan harga barang lebih murah.

Kamu sebenarnya tidak perlu bersusah payah supaya bisa membeli produk incaran dengan harga terjangkau di Tokopedia. Seller biasanya akan menyediakan layanan tawar menawar untuk mencapai kesepakatan harga bersama, lho.

Read More

Secara umum bahwa setiap pelanggan mempunyai kesempatan untuk bernegosiasi dengan penjual supaya bisa mendapatkan harga barang lebih terjangkau di Tokopedia. Kamu hanya perlu pahami tata cara nego di Tokopedia dengan benar untuk mencapai target yang diinginkan.

Pihak Tokopedia biasanya hanya mengizinkan seller dan buyer melakukan tawar menawar untuk item tertentu saja, lho. Oleh karena itu, tidak semua barang bisa ditawar dan perhatikan harganya dulu sebelum dibeli atau diminta diskon kepada penjual.

Cara Nego di Tokopedia
Cara Nego di Tokopedia

Apakah Tokopedia Sediakan Layanan Nego?

Tokopedia menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan nego harga antara pembeli dengan penjual sesudah Bukalapak dan Shopee. Namun, tahukah kamu? Beberapa pelanggan justru masih belum tahu soal itu, lho.

Tokopedia memang tidak menghadirkan fitur atau tombol khusus negosiasi di aplikasi atau website mereka. Pasalnya, setiap pembeli hanya bisa melakukannya dengan menghubungi seller langsung melalui pesan pribadi atau chat. Kamu boleh melakukannya asalkan sudah mendapatkan barang yang akan dibeli.

Kami beritahu bahwa negosiasi harga di Tokopedia tidak boleh dilakukan sembarangan, lho. Jangan pernah melakukannya melalui menu Diskusi Produk. Sebab, kamu bakal mematikan pangsa pasar penjual, sedangkan permintaan nego harga yang kamu ajukan langsung ditolak saat itu juga.

Terkait:  Cara Retur Barang di Tokopedia

Jika negosiasi disetujui satu sama lain, maka harga yang sudah disepakati bisa langsung ditampilkan pada display barang. Kemudian, kamu akan langsung mengakhiri transaksi dan membayar produk tersebut di Tokopedia.

Fitur yang Membuat Harga Barang Lebih Murah di Tokopedia

Tokopedia mempunyai berbagai macam fitur menarik supaya bisa membuat harga barang yang akan dibeli lebih terjangkau, lho. Simak rincian fitur-fitur tersebut sebagai berikut:

  • Filter
    Pembeli bisa memilih lokasi penjual terdekat sehingga ongkos kirim dapat lebih murah. Kamu juga mampu mengatur limit harga minimal sampai maksimal berdasarkan budget.

    Selain itu, fitur ini juga bisa membantumu memilih toko yang menawarkan beberapa layanan seperti cashback sampai gratis ongkir. Kamu bisa mendapatkannya dengan belanja min.Rp.50 ribu.

  • Sort (Urutkan)
    Fitur ini digunakan untuk mengurutkan barang dari harga termurah sampai termahal. Kamu bisa mendapatkan produk incaran sesuai dengan budget.

    Selain itu, kamu juga mampu pakai fitur sort untuk mencari barang dengan review terbanyak. Gunanya supaya bisa mendapat informasi lebih detail sebelum membeli produk tersebut.

  • TokoMember
    Fitur ini merupakan program loyalitas Tokopedia supaya kamu bisa mendapatkan beberapa keutamaan yang ditawarkan para official store Tokopedia. Manfaatnya terdiri dari gratis ongkir, voucher cashback dan lainnya.

    Kamu bisa memanfaatkannya untuk daftar member secara gratis. Kamu perlu kumpulkan stempel dari beberapa toko resmi yang terlibat.

  • Homepage Banner
    Jika kamu ingin belanja online lebih efisien, manfaatkan fitur Homepage Banner secara berkala di bagian paling atas melalui aplikasi atau website Tokopedia.

    Fitur ini memberimu kemudahan dalam melacak informasi tentang berbagai macam penawaran terkini yang disediakan oleh Tokopedia.

  • Tokopedia Play
    Kamu bisa menikmati pengalaman belanja online langsung alias live shopping dengan menggunakan fitur Tokopedia Play.

    Layanan ini bukan sekadar menyediakan beragam konten kreatif, informatif dan interaktif, kamu juga mampu mengikuti beragam kuis untuk memperoleh berbagai macam diskon dan keuntungan lainnya.

Tips Aman Belanja di Tokopedia

Jika kamu akan belanja online di Tokopedia, sebaiknya simak tips-tips berbelanja aman dan nyaman di Tokopedia sebagai berikut:

  • Pertama, cari penjual online yang terbaik dan terpercaya.
  • Kedua, pastikan kualitas barang asli atau sesuai dengan harga yang ditawarkan.
  • Ketiga, cermati harga produk dengan membandingkannya bersama barang serupa dari toko lain.
  • Cek kredibilitas toko dengan melihat ulasan dari para pembeli lainnya.
  • Pastikan pesananmu sesuai dengan keinginanmu.

Cara Nego di Tokopedia

Jika kamu ingin tahu cara nego di Tokopedia, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel kami ini. Kami sudah menyiapkan panduan lengkapnya sehingga kamu dapat menawarkan harga barang yang diinginkan.

Pihak Tokopedia memang tidak menyediakan menu nego di aplikasi atau website, tapi kamu bisa tetap mengajukan tawaran kepada seller bersangkutan. Kamu harus menggunakan fitur chat untuk melakukannya, sehingga interaksi kedua belah pihak dapat berjalan intens demi mencapai kesepakatan bersama.

Langkah 1: Mencari Barang

Cara nego di Tokopedia yang pertama adalah mencari barangnya terlebih dulu. Apabila kamu tidak tahu langkah-langkahnya, maka bisa membuka aplikasi Tokopedia atau akses website nya via www.tokopedia.com.

Kamu akan diarahkan ke halaman utama, kemudian ketik nama barang yang akan dibeli ke dalam kolom pencarian tersedia. Selain itu, kamu bisa menggunakan menu kategori untuk mempercepat proses pembelian produknya sehingga dapat menghemat kuota internet juga.

Langkah 2: Memilih Barang

Apabila kamu sudah mencari dan menemukan barangnya melalui hasil pencarian, silakan pilih sesuai dengan merk sampai harga yang dicantumkan. Kamu bisa membaca informasi produk berisi deskripsi atau keterangan cara pemakaian, tanggal kadaluarsa sampai berat produknya.

Baca juga ulasan pembelian dari setiap konsumen sebelumnya, di mana semakin banyak dan tinggi ratingnya maka bisa dipastikan barangnya memang wajib dibeli. Apabila sudah yakin dengan barang tersebut, pilih menu Beli.

Langkah 3: Mengisi Formulir Pesanan

Jika kamu sudah menekan tombol Beli, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pesanan sesuai dengan data yang dibutuhkan. Kamu bisa melampirkan beberapa informasi penting seperti jumlah produk, alamat tujuan pengiriman, asuransi (optional), agen logistik, catatan untuk penjual (optional) dan tekan tombol Beli Produk Ini.

Langkah 4: Melakukan Negosiasi

Kamu bisa menghubungi pihak seller terlebih dulu melalui chat tentang jumlah harga yang bakal dibayar. Kamu perlu bernegosiasi langsung tentang jumlah harga yang akan disepakati, biasanya diskonnya tidak pernah lebih dari 20%.

Jika hasil negosiasi berhasil, maka bisa memilih metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan seperti COD, Saldo Tokopedia, Transfer Bank, Kartu Kredit sampai Indomaret. Jika metode pembayaran sudah ditentukan, klik Checkout.

Langkah 5: Melakukan Pembayaran

Apabila negosiasi sudah berhasil, segera lakukan pembayaran sesuai dengan pilihan sebelumnya. Jika metode pembayarannya COD, maka kamu bisa menunggu sampai barang diantar ke rumah dan dibayar di alamat rumahmu. Apabila melalui minimarket, segera datangi Alfamart/Indomaret dan ikuti petunjuk selanjutnya, sedangkan kamu bakal dikenakan biaya admin kurang dari Rp.5 ribu.

Langkah 6: Mengecek Status Pesanan

Cara nego di Tokopedia terakhir adalah mengecek status pesanan kamu. Caranya, pilih menu Profil Saya dan klik Pembelian. Kemudian, klik Inbox pada halaman utama dan pilih menu Status Pemesanan. Jika kamu ingin tahu keberadaan paket pesananmu, klik Lacak melalui menu tersebut.

Demikian pembahasan seputar cara nego di Tokopedia untuk belanja online lebih hemat. Jangan lupa bagikan artikel ini agar pelanggan lain dapat membeli barang berkualitas dengan harga murah di Tokopedia. Semoga bermanfaat!

Rate this post

Related posts