Cara Nego Harga

Cara Nego Harga
Cara Nego Harga

Dalam kegiatan jual beli biasanya seseorang tidak akan selamanya membayar harga barang sesuai dengan keinginan penjual. Maka dari itu, kamu harus tahu cara nego harga dengan baik dan benar supaya bisa mendapatkan harga lebih murah.

Negosiasi membuka kesempatan untuk kamu sehingga dapat menerima produk berkualitas dengan nilai terjangkau. Tak bisa dimungkiri bahwa sistem tawar menawar sudah menjadi sesuatu yang dilakukan siapa saja saat belanja, khususnya saat datang langsung ke toko tersebut.

Cara nego harga sendiri tidak selamanya menghabiskan waktu, lho. Kamu hanya perlu menentukan nilai yang sesuai dengan kualitas barang tersebut. Jangan sampai kamu memaksa bahkan menekan penjual untuk memberikan harga terlalu murah, sehingga tidak dapat merugikan usahanya.

Apabila kamu tidak bisa bernegosiasi dengan baik dan benar, kami akan memberitahu setiap langkahnya sehingga kamu dapat membawa pulang barang yang diinginkan tanpa menghabiskan budget ekstra berdasarkan keinginan penjual.

Cara Nego Harga
Cara Nego Harga

Cara Nego Harga

Barangkali kamu masih mencari cara nego harga dengan baik dan benar, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Kami sudah merangkum informasi lengkapnya agar kamu dapat bernegosiasi bersama pedagang saat belanja.

Gunanya supaya kamu bisa mencapai kesepakatan untuk mendapatkan harga barang yang kompetitif. Walaupun terkesan sulit, tapi lambat laun kamu pasti mampu melakukannya asalkan tidak memaksa bahkan ‘ngotot’ ingin mendapatkan harga produk terlalu murah dari konsumen.

Terkait:  Cara Nego Gaji

Langkah 1: Ketahui Hal Dasar Sebelum Bernegosiasi

Jika kamu ingin mendapatkan harga lebih terjangkau, sebaiknya mengetahui hal-hal dasar sebelum bernegosiasi terlebih dulu. Apabila kamu tahu biaya pokok sebuah barang dan layanan, maka bisa membuatmu untuk menjelaskan soal alasan produknya bisa dijual lebih murah lagi.

Tak menutup kemungkinan pedagang bersedia menjualnya lebih terjangkau. Selain itu, ketahui alasan seller menjual barang tersebut padamu. Jika kamu ingin beli barang bekas namun kualitasnya masih bagus, kamu akan tetap mendapatkan harga murah.

Langkah 2: Biarkan Pedagang Sebutkan Harganya Dulu

Jangan pernah menawar harga barang terlebih dulu tanpa mengetahui harga sebenarnya. Kamu harus membiarkan penjual menyebutkan nilai produknya, sehingga dapat melawannya dengan menyebut harga lebih terjangkau.

Kamu juga harus tahu berapa harga barang tersebut di pasaran, guna mencegah kerugian bagi penjualnya. Langkah ini berguna sebagai modal dasar dalam bernegosiasi serta berpeluang untuk memperoleh harga lebih murah, sedangkan pedagang dan pembeli tidak akan mengalami kerugian satu sama lain.

Langkah 3: Jangan Memasang Harga Terlalu Murah

Seseorang terkadang tidak ingin mengeluarkan budget terlalu banyak untuk membeli barang yang diinginkan, apalagi kalau produknya sangat bagus. Tak bisa dimungkiri sebagian besar konsumen justru ‘kejam’ kepada pedagang dengan memasang penawaran harga terlalu murah.

Contohnya, pedagang menjual barang A seharga Rp.150.000 dan kamu menawarnya menjadi Rp.50.000. Jangankan diterima, tawaranmu pasti tidak akan ditanggapi. Maka dari itu, kamu harus memasang harga cukup dekat dengan harga barang aslinya.

Langkah 4: Kenali Batasan saat Menawar

Negosiasi merupakan sebuah diskusi yang berguna untuk mencapai kesepakatan bersama, serta tidak merugikan satu sama lain. Kamu perlu mengetahui harga pasar, harga pokok sebuah barang serta margin keuntungan yang bakal diterima oleh pedagang.

Terkait:  Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor dengan Ekstensi Chrome

Jangan sampai negosiasi yang kamu lakukan membuat para pedagang tidak bisa memperoleh keuntungan optimal. Selain itu, mereka bisa saja mengalami kerugian cukup besar akibat pasrah terhadap tawaran harga yang sangat murah dari pembelinya.

Langkah 5: Diam dan Tidak Bicara

Seseorang yang sudah berpengalaman saat belanja biasanya tidak akan berbicara banyak saat melakukan penawaran harga dengan pedagang. Pasalnya, penjual akan langsung menilai bila kamu tidak puas dan enggan membeli barang tersebut.

Pedagang akan memecahkan kesunyian dengan memberi harga lebih murah. Kamu cukup mendengar dan menyimak penjual berbicara sampai dia menunjukkan rasa tidak nyaman atas respon yang kamu berikan. Selain itu, tunjukkan ekspresi ragu untuk membayar harga produk yang mereka inginkan.

Langkah 6: Kendalikan Emosimu

Walaupun kamu sudah berusaha melakukan penawaran sesuai dengan harga yang diinginkan, sebaiknya kendalikan emosimu bila tidak mencapai hasil yang diinginkan. Jangan sampai kamu marah dan meluapkan amarahmu kepada pedagang akibat menolak permintaanmu.

Kondisi ini justru mengakibatkan penjual tidak akan lagi menanggapi permintaanmu saat membeli barang dagangannya, lho. Kamu harus tetap tenang dan ambil kesimpulan bahwa harga pasarannya memang sesuai dengan penawaran penjualnya.

Langkah 7: Minta Barang atau Layanan Tambahan

Cara nego harga selanjutnya adalah menggunakan strategi untuk meminta barang atau layanan tambahan kepada pedagang. Kamu mungkin bakal memperoleh aksesoris tambahan ketika melakukan pembelian produk tertentu.

Contohnya, sebagian besar provider tidak enggan memberi layanan tambahan untuk semua pelanggannya. Maka dari itu, kamu bisa mendapatkannya asalkan bersedia menggunakan produk seluler dari SIM card tersebut dalam jangka panjang untuk tetap menikmati layanan yang disediakan.

Langkah 8: Berikan Tawaran Lain

Apabila cara nego harga tidak berjalan dengan lancar, maka kamu bisa melakukan tawaran harga lain sehingga dapat mencapai kesepakatan bersama. Kamu mungkin dianggap egois akibat menawar harga terlalu murah kepada pedagang.

Terkait:  Cara Foto Produk Makanan

Penjual mana pun tentu saja tidak ingin menelan kerugian akibat menerima tawaran harga sesuai dengan keinginan semua konsumennya. Maka dari itu, berikan tawaran harga lainnya yang relatif sama seperti harga aslinya, contohnya harga aslinya Rp.200.000 dan ditawar menjadi Rp.170.000 atau Rp.180.000.

Langkah 9: Fokus pada Nilai Barang

Cara nego harga selanjutnya adalah tetap fokus terhadap nilai barangnya. Jangan pernah bersikeras untuk mendapatkan harga murah, namun tidak memperhatikan kualitas atau nilai produk yang akan dibeli.

Kamu pasti tahu kalau sebagian besar barang branded akan selalu dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan produk lainnya, apalagi KW. Oleh sebab itu, pertimbangkan hal tersebut dan pastikan kamu tidak teralihkan terhadap nilai barangnya untuk memperoleh harga yang kompetitif.

Langkah 10: Jangan Takut Ditolak

Jangan khawatir penawaranmu akan ditolak oleh penjual atau pembeli. Negosiasi akan berjalan lancar selama kamu mengetahui beberapa batasan yang tidak merugikan satu sama lain. Kamu harus tetap percaya diri dengan harga barang yang lebih murah di pasaran.

Apabila penawaranmu ditolak, jangan berkecil hati. Secara umum penolakan adalah suatu hal lumrah yang sering terjadi dalam aktivitas jual beli. Jangan terlalu kaku bahkan menuruti keinginan pedagang, sedangkan kamu bisa mencoba langkah lain untuk mendapatkan harga barang lebih murah.

Langkah 11: Pergi Menjauh

Cara nego harga terakhir yang hampir sering dilakukan sebagian besar konsumen adalah selalu pergi menjauh dari pedagang. Kondisi ini biasanya terjadi saat kamu tidak puas dengan penawaran harga yang diberikan pedagang.

Tak bisa dimungkiri beberapa penjual enggan kehilangan calon pembeli, sedangkan mereka mau tidak mau menurunkan harga produk jualannya. Jangan heran kamu akan tertarik dan kembali lagi kepada pedagang yang sama sesudah mereka memangkas harganya sesuai dengan keinginanmu.

Demikian informasi tentang cara nego harga dengan benar yang wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Related posts