Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA

Aplikasi WhatsApp atau sering disebut dengan WA memiliki fitur centang biru yang berfungsi untuk mengetahui bahwa pesan yang kita kirim telah dibaca oleh penerima. Namun, ternyata fitur centang dapat tersebut bisa dinonaktifkan sehingga meskipun pesannya sudah dibaca tetap tidak berubah menjadi warna biru. Nah, untuk tahu bagaimana cara menonaktifkan centang biru di WA, yuk simak informasi berikut.

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA

Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA
Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA

Seperti yang kita ketahui bahwa WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting terbanyak digunakan di Indonesia, bahkah di dunia. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan WA sebagai salah satu cara berkomunikasi jarak jauh dengan keluarga, kerabat, sahabat, relasi, dan lainnya.

Ada berbagai fitur menarik yang bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp dalam memudahkan komunikasi dengan orang lain, salah satunya fitur centang. Terdapat 3 jenis centang pada aplikasi WA, yakni centang satu, centang dua abu, dan centang dua biru.

Ketiga centang ini memiliki arti yang berbeda-beda dimana centang satu menunjukkan bahwa pesan yang kamu kirim tidak atau belum terkirim ke penerima pesan. Sementara itu, centang dua abu berarti pesan yang kamu kirimkan telah diterima oleh penerima pesan hanya saja belum dibaca dan centang biru menunjukkan bahwa pesan telah terkirim dan dibaca.

Fitur centang dua biru di WA bisa dinonaktifkan oleh penerima pesan. Jadi, meskipun kamu sudah membaca pesannya, warna centang dua abu tidak akan berubah jadi biru. Hal tersebut dilakukan mungkin karena beberapa alasan tertentu. Menonaktifkan centang biru sangat mudah dilakukan lewat menu Setting (Pengaturan) WhatsApp.

Terkait:  2 Cara Agar Chat WhatsApp Tidak Centang Biru Meski Sudah Dibaca

Namun, ketika menonaktifkan fitur centang biru WhatsApp maka kamu juga tidak bisa mengetahui apakah pesan yang kamu kirim telah dibaca apa tidak karena warna centang abu tidak berubah menjadi biru.

Inilah 5 Alasan Menonaktifkan Fitur Centang Biru di WA

Pengguna WA yang mematikan fitur centang biru memang memperoleh pro dan kontra. Mereka dianggap kurang beretika ketika mematikan centang biru. Sebenarnya mengaktifkan atau menonaktifkan fitur centang biru tidak selalu menjadi patokan bahwa seseorang beretika atau tidak karena mungkin saja memiliki alasan tersendiri. Sebab, penggunaan fitur centang biru WA merupakan keperluan privasi pengguna.

Mereka memiliki alasan tersendiri sehingga memilih untuk menonaktifkan fitur tersebut. Kalau kamu termasuk tim yang mengaktifkan atau menonaktifkan centang biru?

Sebelum lebih lanjut membahas cara menonaktifkan centang biru di WA, berikut beberapa alasan kenapa orang mematikan centang biru di WA, antara lain:

Privasi

Keperluan privasi menjadi salah satu alasan banyak orang memilih untuk tidak mengaktifkan fitur centang biru di aplikasi WhatsApp. Pasalnya, setiap orang memiliki batasan privasi masing-masing bahkan ada yang tidak menampilkan nama pengguna hingga menonaktifkan fitur terakhir dilihat.

Semua hal itu sangatlah wajar khususnya dalam hal bersosial media sehingga tidak perlu dianggap negatif atau bagaimana.

Sangat sibuk

Alasan lainnya adalah karena sangat sibuk sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk segera membalas pesan. Oleh karena itu, memilih menonaktifkan centang biru merupakan pilihan yang cukup tepat.

Mereka yang memiliki tidak banyak waktu memang memilih untuk mengutamakan skala prioritas. Bukannya bermaksud untuk mengabaikan pesan, mungkin saja mereka hanya mengutamakan pesan penting untuk langsung dibalas. Sedangkan pesan yang tidak terlalu mendesak akan dibalas saat sudah tidak sibuk.

Terkait:  Cara Buat Stiker WA di iPhone dan Android, Cepat dan Mudah

Memanfaatkan fitur yang ada

Sedangkan alasan satu ini sangatlah masuk akal karena disediakan fitur menonaktifkan centang biru maka sah-sah saja jika ingin digunakan.

Pengembang aplikasi WhatsApp membuat fitur ini tentunya telah memperhitungkan kebutuhan manusia dalam berinteraksi sosial. Mereka yang menggunakan aplikasi WA tetap bisa mengatur komunikasi dengan orang lain tanpa mengganggu aktivitas lain yang lebih prioritas.

Banyaknya ragam karakter manusia membuat fitur menonaktifkan centang biru sangatlah cocok bagi yang ingin memiliki privasi lebih. Tidak berbeda jauh dengan fitur yang ada di media sosial lainnya, kamu memiliki hak penuh untuk menggunakannya sesuai kebutuhan masing-masing.

Lebih baik menonaktifkan daripada dibaca tapi tidak dibalas

Alasan tersebut tampaknya kerap digunakan orang-orang yang sedang dalam tahap penjajakan atau hubungan percintaan yang rumit. Meskipun tidak menutup kemungkinan banyak orang lain yang menggunakan alasan tersebut untuk masalah yang lainnya.

Mereka beranggapan bahwa pesan yang hanya dibaca (centang biru) tapi tidak dibalas itu rasanya menyakitkan. Maka dari itu, daripada menyakiti hati orang lebih baik fitur tersebut dinonaktifkan sehingga pengirim pesan tidak mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Ada juga yang memilih menutup fitur tersebut karena ingin lebih menghargai pengguna lainnya. Mereka mengatur WA menjadi lebih privasi sehingga secara tidak langsung membuat pengguna lain mengerti akan privasi masing-masing. Memiliki sikap saling menghormati dan menghargai pengguna WA atau media sosial lainnya merupakan suatu keharusan. Sebab, setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menjaga privasinya.

Baik mengaktifkan atau menonaktifkan centang biru itu hak masing-masing pengguna selama pesan mendesak yang dikirim segera dibalas. 

6 Langkah Cara Menonaktifkan Centang Biru di WA

Sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa kamu telah menggunakan WA versi terbaru atau paling update agar berhasil. Buka saja Google Play Store dan lakukan update aplikasi jika masih menggunakan versi lama. 

Terkait:  Cara Cek Berita Hoax WhatsApp (2 Metode), 100% Valid!

Untuk langkah-langkah menonaktifkan centang biru WA adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp di Android
  • Lalu, pilih ikon tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas layar
  • Kemudian, pilih menu Settings (Pengaturan)
  • Scroll ke bawah dan pilih menu Account (Akun)
  • Selanjutnya, pilih menu Privacy/ Privasi dan klik menu Laporan Dibaca
  • Setelah itu, kamu checklist pada opsi Laporan Dibaca.

Untuk pengaturan di hp iOS pun caranya sama seperti di Android. Namun, kamu juga jangan lupa untuk mengupdate aplikasi WA terbaru di AppStore.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, maka fitur centang biru akan secara otomatis nonaktif. Akan tetapi, fitur tersebut tetap hidup pada pesan grup atau pesan suara.

Cara Menonaktifkan Last Seen di WhatsApp

Selain centang biru, umumnya orang-orang juga turut menonaktifkan fitur Last Seen atau terakhir dilihat di WA. Alasannya mungkin beragam, salah satunya karena privasi dan tidak ingin orang lain melihatnya sedang online terus.

Berikut langkah-langkah mematikan fitur last seen di WA untuk hp Android maupun iOS, antara lain:

  • Langsung saja buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  • Kemudian, pilih ikon tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas layar dan pilih menu Settings.
  • Scroll ke bawah, pilih menu Account dan klik menu Privacy.
  • Pada fitur Last Seen serta Read Receipts, kamu ubah fitur Last Seen dari Everyone ke Nobody
  • Sedangkan pada fitur Read Receipt, kamu klik saja menu toggle switch sehingga berubah menjadi off.

Apabila kamu ingin kembali mengaktifkan fitur centang biru ataupun last seen, bisa ikuti kembali langkah-langkah untuk mengembalikan ke settingan awal.

Bagaimana, cara menonaktifkan centang biru di WA Android ataupun iOS sangat mudah, bukan?

Similar Posts