Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Kamu sedang mencari informasi mengenai cara menonaktifkan COD di Shopee? Caranya mudah sekali. Simak lebih lanjut ulasannya pada artikel berikut.

Seperti yang kita ketahui COD (Cash On Delivery) adalah bentuk pembayaran yang umumnya digunakan untuk belanja di toko online baik di Shopee atau platform manapun. Metode pembayaran COD menjadi salah satu solusi bagi pembeli yang tidak memiliki rekening bank atau dompet digital.

Namun, metode pembayaran COD ini juga tidak luput dari kekurangan. Pasalnya, tidak sedikit juga konsumen yang kurang bijak dan kurang mengetahui bagaimana belanja online yang benar. Hal tersebut membuat banyak penjual di Shopee yang menonaktifkan sistem COD untuk toko mereka.

Cara Menonaktifkan COD di Shopee
Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Kelebihan Metode Pembayaran COD Shopee bagi Penjual

Metode pembayaran COD Shopee bekerjasama dengan jasa pengiriman J&T Express dan JNE. Penjual yang menyertakan sistem pembayaran COD karena mempertimbangkan beberapa keuntungan yang akan didapat, diantaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan penjualan

Menyertakan COD sebagai salah satu metode pembayaran di toko digital kamu akan menarik banyak pembeli yang datang. Sebab, banyak konsumen yang belanja di Shopee belum memiliki rekening bank atau dompet digital. 

Selain itu, metode pembayaran tersebut juga banyak digunakan oleh pembeli yang masih pemula dalam belanja online khususnya di Shopee. Umunya, mereka merasa tidak yakin dengan barang yang dijual apakah sesuai dengan gambar dan deskripsi atau tidak.

Itulah mengapa, metode pembayaran COD bisa menarik minat pembeli yang belum berpengalaman atau masih pemula. Selain itu, pembeli yang tidak memiliki rekening atau saldo ShopeePay menggunakan COD sebagai alternatif pembayaran.

Terkait:  Cara Mengisi ShopeePay Lewat ATM BCA

Pencairan dana yang mudah

Kelebihan lainnya dari sistem COD di Shopee adalah ketika pembeli telah menerima dan membayar produk ke kurir, proses pencairan dananya tidak sulit dan sama seperti metode lainnya.

Dana tersebut akan secara otomatis masuk ke saldo penjual setelah pembeli melakukan konfirmasi dengan menekan menu pesanan sudah diterima. Maksimal dana tersebut akan masuk selama 1 hari ke penjual.

Performa toko online semakin meningkat

Kelebihan lain dari menyertakan sistem COD adalah bisa membuat performa toko online kamu meningkat. Ketika ada pembeli yang membeli barang di toko milikmu menggunakan sistem COD dan merasa puas dengan kualitasnya, maka mereka akan memberikan review yang baik dan kembali datang untuk membeli.

Apabila kepercayaan konsumen terhadap produk atau toko online kamu telah terbangun, maka mereka akan kembali membeli menggunakan metode pembayaran selain COD. Sebab, biaya penangan COD lebih besar dibandingkan dengan metode pembayaran lain bahkan ada yang tidak dikenai biaya tambahan.

Selain itu, pengikut toko online kamu juga akan bertambah karena banyaknya customer yang percaya dengan produk yang dijual di sana.

Ongkir untuk pembelian paket menjadi tanggungan Shopee

Jika ada pengembalian pesanan melalui sistem pembayaran COD, maka ongkirnya akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak Shopee. Akan tetapi, hal tersebut berdasarkan ada alasan yang diberikan pembeli mengapa memilih untuk membatalkan pesanan.

Apabila alasan mengembalikan pesanan karena rusak atau cacat, pihak Shopee tidak dapat menanggung ongkir pengembalian.

Kekurangan Metode Pembayaran COD Shopee bagi Penjual

Tentunya sistem COD Shopee tidak hanya memiliki kelebihan tapi juga beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

Pembeli yang seenaknya

Kasus mengenai pembeli yang menggunakan sistem COD tidak mau bayar hingga marah-marah kepada kurir masih terjadi hingga sekarang. Hal tersebut mungkin karena mereka masih pemula atau memang memiliki karakter yang demikian.

Terkait:  Cara Berjualan Di Shopee

Para pembeli yang bersikap seenaknya ini biasanya karena dipicu oleh  beberapa hal, seperti ukuran tidak sesuai, bahan jelek, atau produk yang tidak sesuai ekspektasi mereka. Karena itu, mereka tidak mau membayar pesanan yang sudah diantar kurir.

Memiliki risiko pembatalan produk yang lebih besar

Kekurangan lain dari sistem ini adalah adanya risiko pembatalan produk yang dilakukan oleh pembeli. Ini akan membuat tenaga dan usaha penjual menjadi terbuang sia-sia terutama jika ongkir pengembalian barang dibebankan kepada penjual. Tidak hanya rugi waktu dan tenaga, tapi kemungkinan juga materi.

Berpotensi tinggi terjadi kerusakan barang

Ketika pembeli membatalkan pesanannya, maka risiko produk kamu mengalami kerusakan menjadi lebih besar. Mungkin karena penjual yang ingin mengembalikan pesanan tersebut  melakukan packing yang tidak sesuai. Selain itu, penjual juga tidak tahu dengan pesanan yang dikembalikan apakah masih dalam kondisi utuh dan tidak rusak.

Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Kendati metode pembayaran di tempat atau COD menjadi salah satu favorit pembeli, tapi beberapa orang memilih untuk tidak menggunakannya karena alasan tertentu.

Tidak hanya pembeli, penjual di Shopee pun banyak yang memilih untuk menonaktifkan fitur pembayaran satu ini. Bagi penjual yang ingin menonaktifkan fitur tersebut, caranya sangat mudah.

Jadi, apabila ada beberapa pesanan dengan metode COD dibatalkan secara terus menerus di tempat pembeli sehingga menyebabkan penjual rugi maka tutup saja fiturnya. Hal ini agar pembeli yang membeli di toko online Shopee kamu tidak bisa menggunakannya.

5 Langkah Cara Menonaktifkan COD di Shopee

Lalu, bagaimana cara menonaktifkan COD di Shopee? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama adalah membuka aplikasi Shopee seperti biasa
  • Selanjutnya, kamu pilih menu Saya
  • Setelah itu, pilih Toko Saya yang berada di bagian pojok kiri atas
  • Pada halaman Toko, kamu pilih opsi Jasa Kirim Saya
Terkait:  Cara Menonaktifkan Jenius

Dari semua daftar pilihan jasa kirim yang ingin digunakan, silakan memasukkan jasa pengiriman J&T Express. Apabila pengiriman menggunakan  J&T Express tidak kamu aktifkan maka abaikan saja cara ini karena sistem COD di tokomu secara otomatis  tidak akan ditampilkan.

Setelah itu, pada opsi Aktifkan COD, kamu ubah menjadi non-aktif dengan cara menggeser ke kiri karena jika digeser ke kanan berarti menonaktifkan.

Setelah sistem COD dinonaktifkan, maka pembeli tidak bisa memilih metode pembayaran tersebut saat checkout di toko kamu. Sistem COD di Shopee atau e commerce lainnya memang memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah dapat menarik minat pembeli lebih banyak. Akan tetapi, hal tersebut juga memiliki kekurangan.

FAQ

Berikut beberapa hal yang juga sering ditanyakan banyak orang terkait menonaktifkan COD di Shopee, antara lain:

Kenapa COD dinonaktifkan?

Bagi pembeli yang sedang tidak bisa menggunakan metode pembayaran COD karena sedang dinonaktifkan sementara oleh Shopee, biasanya karena melakukan pembatalan pesanan 2 kali dalam 60 hari.

Kamu tidak perlu khawatir karena sistem COD akan diaktifkan kembali secara otomatis setelah 60 hari terhitung sejak hari pertama penonaktifan.

Bisakah menolak paket COD Shopee?

Apakah pesanan COD di Shopee bisa dibatalkan? Tentu saja bisa. Namun, kamu harus memiliki alasan yang tepat mengapa menolak paket tersebut.

Bolehkah menolak paket COD?

Kamu diperbolehkan untuk tidak menerima pesanan paket COD yang telah diantar kurir dengan alasan tepat dan jelas, seperti barang rusak dsb. Namun, menolak membayar paket COD bukan hal yang dibenarkan karena itu adalah sebuah kewajiban pembeli.

Demikian informasi cara menonaktifkan COD di Shopee bagi penjual. Semoga bermanfaat!

Related posts