Cara Pasang ACP Seven

Cara Pasang ACP Seven
Cara Pasang ACP Seven

ACP merupakan bahan material pelapis dinding yang terbuat dari bahan polyethylene (PE) dan dilapisi aluminium pada kedua sisinya sehingga menjadi panel. Beberapa orang belum tahu cara pasang ACP Seven untuk melapisi permukaan dinding supaya tahan lama dan bisa terhindar dari kerusakan.

ACP adalah material bangunan yang terbuat dari gabungan plat aluminium serta bahan composite. ACP berwujud panel yang terdiri dari bahan non-aluminium seperti bahan polyethylene, yakni merupakan kombinasi antara dua lembaran aluminium.

Read More

Panel ACP memang agak kaku, kuat namun mempunyai berat yang cukup ringan. ACP tersusun dari 3 lapisan yakni dua lapisan aluminium yang menjepit bagian inti berbentuk panel, serta inticore ACP yang dibuat dari bahan PE atau PVDF.

ACP hampir sering dimanfaatkan sebagai penutup permukaan dindin bangunan. Panel ini selalu digunakan untuk gedung atau rumah dengan bentuknya yang minimalis. Materialnya seperti triplek bisa juga dipakai dengan gabungan pemakaian kaca serta panel logam lainnya untuk tampilan arsitektur lebih indah.

Cara Pasang ACP Seven
Cara Pasang ACP Seven

Cara Pasang ACP Seven

Barangkali kamu masih belum tahu cara pasang ACP Seven, maka bisa mengetahui jawabannya melalui artikel ini. ACP Seven mempunyai peran penting dalam membuat tampilan artikektur lebih bagus dan indah, sedangkan bobotnya lebih ringan meski berbahan dasar aluminium.

ACP bisa dipasang dengan cepat dan mudah untuk menjaga ketahanan dinding bangunan tertentu. Pemakaian ACP bisa mencegah dinding gedung atau rumah terhindar dari kerusakan, sehingga tampilannya dapat tampak rapi dengan sempurna.

Langkah 1: Melakukan Persiapan Kerja

Cara pasang ACP Seven pertama adalah melakukan persiapan kerja. Kamu harus menyiapkan semua secara teknis dan non teknis terhadap pekerjaan tersebut. Pekerjaan non teknis terdiri dari persiapan administrasi seperti survei lokasi, gambar desain, rab, MC-0 dan lainnya.

Terkait:  Cara Gestun Kartu Kredit

Gunanya supaya data tersebut bisa memudahkanmu dalam menyiapkan budget dan material lainnya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pekerjaanmu juga bakal dilakukan dengan mudah dan tidak dapat menghambat kegiatan lain yang sedang berlangsung.

Sementara itu, persiapan teknis terdiri dari mob demob alat, material serta pekerja, sedangkan kamu perlu menyiapkan alat bantu dalam menunjang pekerjaan seperti steger atau scaffolding. Kamu harus melakukan persiapannya dengan benar dan teliti, khususnya dalam menyediakan material ACP.

Kamu tidak boleh salah memilih dan menentukan material yang akan digunakan, apalagi kode warnanya. Jika kamu teledor maka bisa membuang budget dan waktu, sedangkan harga ACP terbilang mahal di toko-toko bangunan tertentu.

Langkah 2: Mengerjakan Rangka ACP

Kamu harus memperhatikan struktur yang dibutuhkan dalam memenuhi pekerjaan rangka ACP sesuai dengan kondisi lokasi pekerjaan maupun spek yang sudah ditentukan. Bagian ini tidak bisa diatur sembarangan, sedangkan kamu perlu menyiapkan berbagai macam hal sederhana untuk modul rangka ACP sebagai berikut:

  • Hollow Aluminium/Hollow Besi Galvanis
    Penggunaannya tergantung kebutuhan atau spek yang sudah ditentukan. Hollow Galvanis cenderung digunakan banyak orang karena harganya lebih murah dan cara pasangnya juga mudah dan cepat, lho. Kamu bisa memasangnya dengan cara las atau menggunakan skrup bajaringan.

    Hollow Galvanis cenderung kuat dan tahan saat dipasang pada dinding gedung atau rumah. Hollow ini bisa digunakan dengan ukuran 2×4 dan 4×4, ukuran 4×4 biasanya dipakai di tiang penyangga supaya lebih kuat dan ukuran 4×4 bisa digunakan pada ambangan.

  • Braket Siku
    Bagian ini berguna untuk memperkuat dudukan rangka Hollow, sedangkan bagiannya bisa dipotong per 10 atau 20 cm sesuai dengan kebutuhan, lho. Pemasangannya bisa pakai dynabolt atau skrup pasang besar dengan fiser sehingga dapat menempel pada dinding dengan sempurna.

    Jika ingin menempel pada rangka, maka kamu bisa menggunakan skrup atau di las. Perakitannya harus benar-benar akurat dan teliti berdasarkan modul ACP sesuai dengan spesifikasi dan gambar teknis yang tersedia untuk mendapatkan hasil memuaskan.

    Contohnya, gambar ukuran modul  ACP 120 x 120 cm maka perakitan rangkanya bisa pakai ukuran 118 x 118 cm maupun sesuai dengan ukuran aslinya. Kondisi ini tergantung pada metode pemasangannya. Kamu harus menggunakan  ukuran 118 x 118 cm karena size standarnya adalah 122 x 244 cm.

    Jika dikurangi dengan bendingan pada kupingan 2 cm per tepinya sekitar 118 cm. Posisi rangka seperti ini sesudah ACP terpasang bakal menyisakan jarak antar modul (nat) sebesar 1 cm, sedangkan pemasangan skrup nya pada ACP & rangka.

Langkah 3: Melakukan Pekerjaan ACP

Kamu harus melakukan pengukuran modul yang sudah ditentukan. Secara umum modul akan sesuai dengan rangka yang baru saja dibuat. Alat-alat yang digunakan untuk fabrikasi ACP terdiri dari jenis-jenis berbeda seperti hard router kecil, router cnc dan hard router besar.

Kamu bisa langsung melakukan pemotongan atau pembuatan profil untuk dibandingkan dengan ukuran. Jika pakai hard router kecil, ukurannya ditambah 4,5 cm berdasarkan routernya. Contohnya, bila membuat bendingan  2 cm maka bisa hasilkan ukuran untuk profil menjadi sebesar 6,5 cm.

Jika modul ACP sudah dibending, kamu harus menekuk bendingan tersebut supaya bisa ditambahkan braket aluminium, braketnya harus digunakan spigot atau stiffener. Profil spigot berbentuk siku aluminium dan stiffener profilnya menyerupai angka 2.

Braket ini berguna untuk mengunci ACP di dalam rangka dengan menggunakan skrup. Beberapa braket bisa dipasang berdasarkan ukuran modul ACP.

Selain itu, standarnya bagi modul kotak berukuran 118 x 118 cm bisa pakai braket di setiap sisinya, yakni atas dan bawah dan total satu modul yang memakai 8 braket. Modul tersebut kemudian dipasang pada rangka yang sudah dibuat.

Pemasangannya hanya perlu menggunakan skrup melalui braket ke rangka, kami anjurkan saat proses pemasangan modul ACP memakai benang supaya bisa lurus dari ujung ke ujung. Selain itu, pastikan level setiap permukaan ACP tetap sama rata. Pemasangan ACP sebaiknya harus searah panah, sehingga dapat memberikan hasil estetika yang bagus.

Langkah 4: Menyelesaikan Tahap Akhir/Finishing

Cara pasang ACP Seven terakhir adalah memilih tukang berpengalaman dalam menyilen. Kamu harus menyiapkan beberapa material dan peralatan seperti lakban kertas, sealent dan backup atau kertas busa spons. Apabila semuanya sudah disiapkan, simak cara kerjanya sebagai berikut:

  • Sobek sedikit pelindung ACP yang berada di bagian sisi nat.
  • Ganjal permukaan dasar nat antara ACP dengan backup.
  • Pasang lakban kertas di setiap sisi nat untuk digunakan sebagai marking.
  • Kemudian, kucurkan sealent melalui celah permukaan nat yang sudah diganjal backup tadi.
  • Tarik dan ratakan sealent dengan menggunakan tarikan backup, pastikan hanya satu tarikan untuk mendapatkan hasil yang bagus.
  • Jika permukaan sealent sudah rata, maka lakban kertasnya bisa dicopot.
  • Apabila sudah yakin dengan semuanya, segera buka proteksi ACP nya. Pastikan sesudah bagian tersebut dilepas tidak memegang permukaannya ACP. Hal ini dikarenakan ceceran sealent atau bekas tangan akan meninggalkan bekas dan membuatnya tampak kotor.

Demikian informasi lengkap tentang cara pasang ACP Seven yang wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Related posts