Cara Pasang Gas

Cara Pasang Gas

Bagaimana cara pasang gas yang aman dan benar? Gas sudah menjadi salah satu kebutuhan umum yang tidak bisa dipisahkan, lho. Apabila kamu tidak mempunyai tabung gas elpiji di rumah, maka bisa kesulitan memasak apapun setiap hari.

Beberapa orang bahkan masih belum bisa memasang gas karena takut menimbulkan kebocoran yang berujung timbulnya ledakan. Jika kamu memasang tabung gas tidak benar, masalah serius seperti meledak bisa saja terjadi dan tentu saja merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Tak bisa dimungkiri cara pasang gas yang terbilang sulit membuat banyak orang melakukannya dengan asal-asalan, lho. Selain itu, beberapa orang bahkan menggunakan perlengkapan yang tidak sesuai dengan standar. Kondisi tersebut menjadi faktor-faktor umum yang memicu masalah ledakan gas elpiji di Indonesia.

Padahal, cara memasang gas sebenarnya mudah asalkan kamu tahu prosedurnya dan selalu waspada. Jangan sampai kamu melakukannya sembarangan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang-orang sekitar.

Cara Pasang Gas
Cara Pasang Gas

Tips Penting Sebelum Memasang Gas

Jika ingin memastikan proses pemasangan tabung gas elpiji berjalan aman dan lancar, maka bisa memperhatikan tips-tips sebelum memasang gas di bawah ini:

  • Membeli tabung gas di toko resmi.
  • Memeriksa kondisi segel plastik pada tabung gas ketika membeli.
  • Memastikan rubber seal atau pelindung karet terpasang dan kondisinya aman.
  • Menggunakan regulator SNI (wajib).
  • Mengatur posisi selang supaya bisa terhindar dari kobaran api.
  • Menyimpan tabung gas di tempat yang aman dan teduh.
Terkait:  Cara Pasang Regulator Oksigen

Cara Pasang Regulator Gas

Regulator merupakan bagian penting yang menentukan keberhasilanmu saat pasang gas elpiji di rumah. Maka dari itu, simak cara pasang regulator gas dengan benar sebagai berikut:

  • Menyambungkan Ujung Selang dengan Pipa Gas
    Cara memasang regulator gas pertama adalah menyambungkan ujung selang dengan pipa gas terlebih dulu. Kamu cukup memasukkan salah satu ujung selang ke dalam pipa gas di bagian belakang kompor agar dapat mengalir dengan sempurna.
  • Memasang Cincin Penjepit
    Langkah selanjutnya adalah memasang cincin penjepit ke ujung pipa gas yang sudah dihubungkan pada selang. Cincin penjepit tersebut merupakan pengaman selang yang harus ada dan biasanya terbuat dari bahan logam dan bisa dikencangkan dengan obeng.
  • Memastikan Selang Gas Terpasang dengan Benar
    Pastikan ujung selang sudah terhubung dengan kencang pada pipa gas di bagian belakang kompor. Pastikan juga sudah dikuatkan oleh cincin penjepit yang kuat sehingga tidak dapat lepas.
  • Memasang Ujung Selang Lainnya ke Regulator
    Cara memasang regulator gas selanjutnya adalah pasangkan ujung selang lainnya ke regulator dengan benar. Tak beda dengan langkah kedua tadi, hubungkan pada regulator ini perlu dikencangkan dengan menggunakan cincin penjepit supaya bisa lebih aman.
  • Memeriksa Kembali Semuanya dengan Aman
    Cara memasang regulator gas terakhir adalah memeriksa semuanya lagi dan pastikan tidak ada kesalahan selama proses pemasangan sebelumnya. Pastikan juga sambungan selang pada regulator telah terpadang dengan baik dan kencang oleh cincin penjepit.

Cara Pasang Gas

Barangkali kamu masih belum tahu cara pasang gas yang aman dan benar, maka kami bisa memberitahu setiap prosedurnya sehingga pemasangannya dapat berjalan lancar dan mudah. Jangan pernah takut melakukannya, asalkan kamu mengikuti standar pasang tabung gas elpiji yang ada.

Terkait:  Cara Pasang WiFi IndiHome

Tak bisa dimungkiri sebagian besar orang harus mengalami kejadian nahas di mana masalah ledakan kerap terjadi akibat pemasangan gas yang salah. Maka dari itu, simak artikel ini agar kamu dapat memasang tabung gas elpiji di rumah dengan hati-hati.

Langkah 1: Membuka Segel Plastik

Cara pasang gas pertama adalah membuka segel plastik terlebih dulu. Kamu harus melepaskan plastik yang menutupi tabung gas. Selain itu, pastikan tabung gas yang baru saja dibeli mempunyai segel plastik masih dan bagus untuk menjaga isi dan kualitasnya, sehingga tidak dapat menimbulkan masalah saat dipasang.

Jika kamu sampai mendapatkan tabung gas dengan segel plastik rusak atau terbuka, sebaiknya tukar gasnya ke pihak toko atau agen penjual tabung gas tempat kamu membelinya.

Langkah 2: Memasang Rubber Seal

Cara pasang gas selanjutnya adalah memasang rubber seal atau pelindung karet di dalam tabung gas. Secara umum pelindung karet tersebut berbentuk menyerupai cincin dan warnanya agak kemerahan dengan ukuran lebih kecil. Apabila rubber seal tidak ada, pemasangan tabung gas elpiji tidak akan berjalan lancar.

Jika kamu tidak mempunyai rubber seal, maka bisa memintanya kepada pihak agen penjualan gas atau toko yang menjadi tempat pembelianmu sebelumnya supaya mereka bisa mengganti barangnya dengan tabung gas elpiji baru.

Langkah 3: Menempatkan Regulator dengan Benar

Kamu harus menempatkan regulator tepat di atas lubang gas dan pastikan pula posisinya tegak lurus supaya bisa mencegah timbulnya kebocoran. Penempatan regulator tersebut juga mampu meminimalisir masalah yang tidak diinginkan, apalagi ledakan karena sudah dipasang dan ditempatkan dengan baik.

Gunakan regulator berstandar SNI sehingga dapat memastikan keamanan dan kekuatannya, supaya regulatornya tidak bisa lepas apalagi goyang saat kamu sedang memasak.

Terkait:  Cara Pasang WiFi di Rumah

Langkah 4: Mengunci Regulator

Cara pasang gas selanjutnya adalah mengunci regulator sesudah sambungannya terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran. Kamu harus kunci regulatornya melalui tuas berwarna hitam, caranya dengan memutar 180 derajat ke arah kanan.

Periksa kembali tugasnya dan pastikan dikunci dengan kencang dan rapat agar tidak dapat menimbulkan suara asing yang membahayakan. Apabila kamu sudah memasangnya dengan benar, tapi merasa agak goyang maka bisa membuka dan pasangkan sekali lagi secara hati-hati.

Langkah 5: Memastikan Semua Prosedur Sudah Tepat

Apabila sambungan selang dan regulator telah terpasang dengan baik pada tabung gas, pastikan tidak ada kebocoran gas dengan memeriksa suara mendesis maupun aroma gas itu sendiri. Pastikan kamu sudah mengenal ciri-ciri bau gas yang sangat menyengat dan tajam.

Jika kamu sampai mendengar suara tersebut, apalagi muncul aroma menyengat sebaiknya lepaskan regulatornya dan tunggu beberapa saat sampai bau gas nya benar-benar hilang. Pastikan kamu sudah mematikan pemantik api pada kompor sebelum tabung gasnya dipasang demi mencegah timbulnya suara atau percikan api dari tabung elpiji.

Langkah 6: Memastikan Tak Ada Suara Berdesis

Cara pasang gas terakhir adalah memastikan tidak ada suara berdesis dari tabung gas, pastikan tidak ada kebocoran baik dari suara atau aromanya dari tabungnya. Apabila kamu benar-benar sudah yakin dengan prosedur pemasangan gas sebelumnya, cobalah hidupkan kompor untuk mengecek aliran gasnya.

Gunakan kompor gas dengan benar dan hati-hati agar percikan minyak atau api tidak terkena selang yang menimbulkan lelehan dan berujung ledakan, pastikan penempatan kompor maupun tabung gas diletakkan di tempat aman.

Demikian tutorial cara pasang gas dengan aman dan mudah yang wajib kamu tahu. Jangan lupa bagikan artikel ini supaya siapa saja bisa memasang tabung gas elpiji untuk memasak lebih hati-hati dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Similar Posts