Cara Pasang Paving

Cara Pasang Paving
Cara Pasang Paving

Apakah kamu belum tahu cara pasang paving block dengan benar dan mudah? Kini, siapa saja bisa memasangnya sendiri tanpa menghubungi tukang profesional untuk melakukannya, lho. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar seseorang demi sekadar pasang paving block.

Paving tersebut bahkan mampu dipasang dengan cepat, sedangkan kamu mampu menghemat budget untuk kebutuhan lainnya. Jangan sampai menghamburkan uang untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya bisa kamu lakukan, termasuk memasang paving block.

Kami beritahu bahwa pemasangan paving block sangat cepat dan mudah, lho. Maka dari itu, cek cara pasang paving block melalui artikel ini agar kamu dapat membuktikannya sendiri. Pemula sekalipun bahkan mampu melakukannya, asalkan rajin dan tekun untuk menyelesaikannya dalam sekejap.

Jika kamu memperhatikan segalanya secara detail, paving block pasti bisa dipasang dengan mudah. Tak hanya itu, barangnya dapat dibeli dan ditemukan di toko-toko bangunan terdekat yang harganya relatif terjangkau.

Cara Pasang Paving
Cara Pasang Paving

Cara Pasang Paving

Cara pasang paving block sebenarnya praktis dan tidak, lho. Seseorang terkadang malah melakukannya dan mengandalkan tukang bangunan untuk memasangnya di rumah. Padahal, kamu bisa memasang paving block sendiri tanpa mengeluarkan uang guna membayar tukang.

Kami akan beritahu cara pasang paving block dengan baik dan benar, sehingga kamu dapat terbiasa untuk memasang benda ini di area rumah tertentu. Kamu akan tahu jawabannya melalui pembahasan artikel ini yang sudah dirangkum dengan jelas dan ringkas.

Terkait:  Cara Pasang Twibbon di PicsArt

Langkah 1: Cek Kondisi Tanah

Cara pasang paving block pertama yang wajib kamu lakukan adalah memeriksa kondisi tanah terlebih dulu. Kamu harus memastikan kondisi tanah benar-benar rata, tidak berlubang dan padat. Jika permukaan tanah tidak rata, maka bisa membuat paving block amblas dengan cepat.

Lubang-lubang pada tanah juga bisa kamu isi dengan menggunakan stamper kuda atau mesin roller. Gunanya agar paving block dapat dipasang secara cepat dan mudah, sedangkan ketahanannya lebih awet dan lama.

Langkah 2: Bersihkan Lahan

Cara pasang paving block selanjutnya adalah membersihkan lahan dan pekarangan rumah dari reumputan, dedaunan sampai sampah yang berserakan. Selain itu, paving block yang terpasang pada tanah kotor justru membuatnya tidak akan menempel dengan sempurna.

Tak bisa dimungkiri paving block juga rentan mengalami pergeseran akibat kurang merekat secara efektif. Kamu perlu memanfaatkan langkah ini dengan menyapu lahan atau pekarangan rumah untuk membuatnya lebih asri dan nyaman dipandang.

Langkah 3: Padatkan Lingkungan Kerja

Tahap ini bisa dibilang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, pemadatan lingkungan kerja tersebut akan mempengaruhi tingkat kepadatan paving block yang sudah dipasang.

Walaupun mesin beton pada paving block punya kualitas unggul, pemasangannya akan sia-sia jika tidak adanya proses pemadatan dan pengerasan lahan dasar.

Proses ini membuatmu harus memperhatikan aspek besarnya beban yang bakal ditanggung oleh paving block. Sebab, keberadaannya akan dipijak oleh manusia sampai kendaraan dengan bobot yang sangat berat.

Langkah 4: Pilih Paving Block

Cara pasang paving block selanjutnya adalah memilih salah satu jenis barangnya yang akan kamu gunakan. Jangan sekadar memikirkan desain atau hasil akhir pengerjaannya, namun kamu harus mempertimbangkan fungsi dan keutamaan dari setiap jenis paving block yang akan dipakai.

Terkait:  Cara Pasang WiFi IndiHome

Apabila paving block yang digunakan semakin tebal, maka ketahanannya bisa dipastikan lebih kuat dan tahan lama. Oleh karena itu, pilih paving block berukuran lebih tebal guna memaksimalkan performanya sesudah dipasang.

Langkah 5: Lapisi dengan Tanah Urug

Tahap ini bisa disebut dengan leveling. Kamu harus menyiapkan tanah urug sebagai lapisan awal proses memasang paving block. Jika permukaan tanah yang sudah rata tidak cukup untuk dipasang paving block, sebaiknya gunakan tanah urung untuk memaksimalkan lapisannya.

Tanah urug atau tanah merah alias abu batu merupakan pilihan tepat bila permukaan tanah utama yang bakal dipasang paving block tidak bagus. Selain itu, pemakaiannya selalu memberikan hasil bagus dan atur sampai lapisannya benar-benar rata dan padat.

Langkah 6: Gunakan Kanstin Beton

Cara pasang paving block selanjutnya adalah menggunakan kanstin beton yang dipasang sesuai dengan kebutuhanmu. Kanstin beton adalah kepingan beton yang dipasang di sisi-sisi paving block, sedangkan fungsinya sebagai komponen untuk mengunci paving block yang akan dipasang sampai tidak mudah rusak.

Kanstin beton bahkan mampu mempertahankan kekuatan dan kepadatan paving block yang telah kamu pasang. Tak hanya itu, paving block yang telah terpasang tidak akan bergeser bahkan hancur meski ditimbun oleh bobot yang berat.

Langkah 7: Mulai Pemasangan dengan Hati-hati

Cara pasang paving block yang tidak kalah penting diperhatikan adalah memasangnya dengan hati-hati dan tekun. Kamu bisa melakukannya dengan cara memasangnya maju ke depan. Injak paving block selama dipasang pada permukaan tanah supaya bisa menempel dengan rata dan memadat.

Jika terdapat sudut atau sisi kosong yang tersisa, maka bisa menggunakan paving block cutter dan pasang lagi sampai semuanya tertutup dengan sempurna. Jangan sisakan celah sedikitpun demi mencegah rongga udara masuk yang mengakibatkan permukaan paving block rentan hancur.

Terkait:  Cara Vacum AC

Langkah 8: Isi Joint Filler

Cara pasang paving block yang harus kamu lakukan berikutnya adalah melakukan pengisian pada joint filler. Jika semuanya sudah terpasang dengan benar dan rata, kamu harus langsung mengisi celah antara paving block memakai abu batu.

Gunanya supaya bisa membuatnya tampak lebih rapi dan rata, serta meminimalisir risiko terjadinya keretakan bahkan kerusakan. Masalah tersebut biasanya terjadi akibat adanya celah atau rongga pada sela-sela atau sisi-sisi paving block. Padatkan struktur paving block dengan baby roller maupun stamper kuda sampai lapisannya rata.

Langkah 9: Periksa Paving Block

Jika proses pemasangan paving block sudah dilakukan, pastikan setiap bagiannya benar-benar terpasang dengan benar dan rapi. Kamu bisa memeriksa setiap celahnya untuk memastikan tidak ada rongga sama sekali yang berisiko membuat paving block nya rusak.

Apabila rongga pada sela-sela paving block dibiarkan tidak ditutup, maka bisa membuat apa saja dan siapa saja yang menginjaknya rentan mengalami lecet. Selain itu, paving block akan hancur dan kamu harus mengulang proses pemasangannya lagi dari awal.

Langkah 10: Bersihkan Permukaan Paving Block

Jika cara pasang paving block di atas sudah dilakukan secara menyeluruh, kamu harus membersihkan seluruh permukaannya dengan benar dan merata. Bersihkan dengan menggunakan peralatan kebersihan sesudah proses pemasangannya selesai.

Apabila kamu menggunakan lahan yang telah dipasang paving block, pastikan permukaannya berbahan dasar abu batu. Karakteristiknya tidak terlalu licin, tapi jika bervolume rentan menimbulkan selip terhadap ban mobil dan bisa dibilang kurang membahayakan.

Demikian pembahasan tentang cara pasang paving block dengan benar dan mudah. Jangan lupa bagikan artikel ini agar siapa saja dapat memasang paving block tanpa mengandalkan tukang profesional, sehingga kamu dapat hemat budget juga. Semoga bermanfaat!

Related posts