Cara Pasang Wifi

Cara Pasang WiFi
Cara Pasang WiFi

Era digital semakin berkembang sekarang, di mana sebagian besar masyarakat dituntut untuk lebih aktif dan cepat dalam mengakses informasi setiap hari. Tak bisa dimungkiri banyak orang mengalami masalah saat browsing, sehingga cara pasang wifi dapat menjadi solusi untuk mengatasinya.

Wifi sudah menjadi sesuatu yang dibutuhkan banyak orang. Bagaimana tidak, kamu hanya duduk manis di rumah tanpa perlu bolak balik ke counter terdekat untuk membeli paket internet jika kuota data sudah benar-benar habis.

Read More

Kini, siapa saja hampir tidak bisa lepas dari penggunaan internet setiap hari. Kamu bisa mengakses atau tukar informasi melalui dunia maya asalkan punya jaringan yang bagus. Apabila kuota data selalu bermasalah, sebaiknya ketahui cara pasang wifi di rumah sehingga dapat menghemat budget.

Wifi sendiri sudah mempunyai berbagai macam tipe, salah satunya Mifi yang bersifat fleksibel. Kamu bisa membawanya kapan saja dan dimana saja supaya bisa browsing dengan cepat tanpa hambatan sama sekali.

Cara Pasang WiFi
Cara Pasang WiFi

Biaya Pasang Wifi Tanpa Kabel Telepon

Apabila kamu akan memasang wifi tanpa menggunakan kabel telepon di rumah, sebaiknya ketahui budget yang harus dikeluarkan. Semuanya tergantung metode yang digunakan untuk mendapatkan akses internet. Simak rincian biayanya sebagai berikut:

  • Telkomsel MiFi: Rp.570,000.
  • XL Go Izi: Rp.480,000 untuk kuota 20 GB dan modem.
  • Indosat Ooredoo: Rp.899,000 per tahun.
  • Smartfren MiFi: Rp.340,000 untuk kuota 2 GB dan modem.
Terkait:  Cara Pasang Tempered Glass

Kami beritahu bahwa harga di atas mungkin akan berbeda sesuai dengan wilayahmu masing-masing, sedangkan pihak operator bisa saja mengubah harga suatu waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tips Pasang WiFi di Rumah

Apabila kamu ingin memasang wifi di rumah, sebaiknya ketahui hal-hal berikut yang perlu dipertimbangkan dengan benar dan matang, di antaranya:

  • Biaya Bulanan
    Budget merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan ketika kamu akan memasang wifi di rumah. Apabila kamu sudah mematok budget tidak lebih dari Rp.300 ribu, maka bisa mencari paket wifi yang harganya sama atau lebih murah.
  • Kecepatan Download dan Upload
    Kamu perlu memperhatikan kecepatan download dan upload dari wifi yang digunakan, pastikan sesuai dengan budget nya. Apabila kamu menghabiskan uang sebesar Rp.300 ribu, biasanya sudah mendapatkan kecepatan internet sampai 20 Mbps yang terbilang kencang.
  • Cakupan Wilayah Layanan
    Layanan internet yang bakal digunakan harus sesuai dengan domisilimu saat ini. Jangan sampai kamu membayar wifi namun hanya bisa dijangkau di wilayah pilihan saja. Sebab, beberapa provider cuma berlaku untuk kawasan Jabodetabek saja atau pulau-pulau tertentu.
  • Fitur Tambahan
    Jika kamu sudah membayar wifi sesuai dengan budget yang telah dikeluarkan, maka bisa meminta fitur tambahan untuk menikmati layanan internet lebih kencang dan stabil. Gunanya agar dapat browsing tanpa batas, sedangkan semua media sosial bisa diakses setiap hari.

Cara Pasang Wifi

Jika kamu ingin tahu cara pasang wifi yang benar dan mudah, kami akan memberitahumu supaya bisa melakukannya di rumah. Kini, siapa saja tidak perlu khawatir bila koneksi internet tidak lancar atau bermasalah karena kondisi tersebut bisa ditangani dengan menggunakan wifi.

Layanannya tidak hanya sekadar disimpan di satu tempat saja, lho. Pasalnya, kamu juga bisa membawanya di mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Harganya juga variatif agar kamu dapat memenuhi kebutuhan akan penggunaan internet setiap hari.

Terkait:  Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot (7 Langkah) Mudah

Cara Pasang Wifi di Rumah

Secara umum cara pasang wifi di rumah terbilang mudah dan praktis, lho. Simak panduan lengkapnya sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa berkas yang dibutuhkan seperti KTP/SIM/Paspor asli dan salinannya.
  • Kunjungi kantor pelayanan provider internet terdekat atau akses website resminya via browser.
  • Cari paket internet yang ingin digunakan, isi formulir registrasi.
  • Kemudian, serahkan fotokopi KTP dan aslinya.
  • Kamu bakal diminta membayar tagihan internet perdana serta biaya administrasi dan biaya pasang (jika ada), segera lunaskan anggarannya terlebih dulu.
  • Petugas bakal memberitahu jadwal kedatangan teknisi ke rumahmu untuk melakukan pemasangan wifi di rumah.
  • Terakhir, teknisi dan provider internet bersangkutan bakal datang sesuai dengan jadwal guna memasang wifi di rumah kamu.

Cara Pasang Wifi dengan MiFi

Langkah pertama supaya kamu bisa tahu cara pasang wifi di rumah adalah menggunakan modem wifi atau mifi. Kini, banyak sekali modem wifi yang dibanderol dengan harga murah dan bahkan telah mendukung jaringan 4G.

Beberapa produknya bahkan menawarkan fitur-fitur menarik untuk menghubungkan gadget lebih banyak dalam waktu yang sama. Selain itu, pemakaiannya tidak memintamu melakukan registrasi terlebih dulu saat ingin memasang mifi di rumah untuk akses internet setiap hari.

Kamu cukup membeli mifi dan SIM card yang telah terisi kuota internet, kemudian masukkan SIM card ke dalam slot yang tersedia. Kamu hanya perlu menghidupkannya dan jaringan internet bisa langsung dipakai, sedangkan penggunaan mifi ini cocok untuk siapa saja yang ingin pakai wifi secara instan.

Cara Pasang Wifi dengan Router USB

Router USB juga menawarkan berbagai macam layanan serupa seperti mifi, lho. Kamu harus memakai perangkat tambahan berupa modem USB yang berguna sebagai penyedia sumber internetnya. Jika dibandingkan dengan mifi biasa, router USB biasanya memberi kecepatan internet lebih baik.

Terkait:  Cara Mengetahui Pengguna WiFi Indihome di HP

Tak bisa dimungkiri budget yang harus dikeluarkan untuk membeli router USB memang cukup mahal kalau dibandingkan dengan mifi, tapi tidak semahal wifi hotspot melalui provider penyedia layanan internet, lho.

Cara Pasang Wifi dengan Hotspot di HP

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting untuk mendapatkan akses internet kencang dan stabil adalah memasang wifi menggunakan hotspot melalui smartphone kamu. Simak cara pasang wifi dengan hotspot di smartphone sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui smartphone kamu.
  • Pilih menu Portable Hotspot.
  • Geser toggle ke samping untuk mengaktifkan hotspot dari HP kamu.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai hotspot HP kamu mendeteksi beberapa perangkat yang terhubung.

Apabila kamu ingin melakukannya dengan cepat dan mudah, geser notification bar dari atas ke bawah layar. Kamu akan melihat berbagai macam menu pintasan sesuai dengan keinginanmu. Jika kamu ingin mengaktifkan hotspot, maka bisa tekan Hotspot dan tunggu beberapa saat sampai koneksi internet akan tersambung secara otomatis.

Cara Pasang Wifi dengan Tower Internet

Apakah rumahmu tidak bisa menjangkau jaringan internet apapun? Jika benar, sebaiknya pasangkan tower internet, contohnya adalah CitraNet yang disediakan oleh Internet Service Provider. Namun, kamu hanya bisa melakukannya selama hunianmu dekat dengan tower internet alias tower triangle.

Tower ini adalah menara yang dipakai untuk memasang antena alias alat pemancar apapun untuk memperoleh gelombang telekomunikasi seperti jaringan internet. Namun, kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk menggunakannya agar dapat terhubung dengan dunia maya setiap hari.

Demikian tutorial cara pasang wifi di rumah yang benar dan praktis. Jangan lupa bagikan artikel ini agar siapa saja dapat menikmati akses internet lebih kencang dengan memanfaatkan jenis-jenis wifi yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Related posts