Cara Menonaktifkan LinkAja Syariah

Cara Menonaktifkan LinkAja Syariah
Cara Menonaktifkan LinkAja Syariah

Kamu pengguna LinkAja yang ingin mengubah kembali akun syariah menjadi biasa? Cara menonaktifkan LinkAja Syariah sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dompet digital di Indonesia semakin meningkat karena tingginya minat masyarakat. Banyak masyarakat yang memilih bertransaksi dengan dompet digital khususnya saat belanja online. 

Memang kini banyak masyarakat yang cenderung lebih suka cashless dibandingkan harus membawa dompet berisi banyak uang saat berbelanja. Bergesernya tren belanja offline menjadi online juga membuat sebagian orang memilih menggunakan metode pembayaran lewat e wallet. Mungkin karena banyak kemudahan dan fitur menarik yang ditawarkan.

Tidak heran jika banyak aplikasi e wallet yang berlomba-lomba untuk menyediakan layanan dan fitur terbaik bagi pada penggunanya. Meskipun ada banyak pilihan e wallet yang ada di Indonesia, masyarakat harus dapat memilih layanan e wallet terbaik guna memudahkan berbagai aktivitas bertransaksi.

Nah, salah satu e wallet atau dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia adalah LinkAja. Awalnya, nama layanan dompet digital ini adalah T-Cash dimana merupakan produk buatan perusahaan plat merah milik BUMN. Oleh karena itu, kredibilitas LinkAja tampaknya tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, LinkAja juga selalu melakukan inovasi agar tetap menjadi salah satu platform dompet digital unggulan, salah satunya adalah menyediakan fitur Syariah. LinkAja Syariah merupakan produk yang mengadopsi prinsip-prinsip syariah Agama Islam.

Pengguna LinkAja bisa mengubah akun biasa menjadi Syariah, pun sebaliknya menutup LinkAja Syariah dan kembali ke akun biasa. Untuk tahu informasi lebih lanjut mengenai perbedaan LinkAja biasa dengan Syariah hingga cara menonaktifkan LinkAja Syariah, yuk simak lebih lanjut informasi berikut.

Cara Menonaktifkan LinkAja Syariah
Cara Menonaktifkan LinkAja Syariah

Apa Itu LinkAja

LinkAja merupakan sebuah platform dompet digital yang berfungsi sebagai alat pembayaran transaksi secara online. Aplikasi LinkAja menyediakan berbagai fitur unggulan serta promo menarik yang terus dikembangkan.

Terkait:  Cara Unreg Salah Satu Paket Internet Indosat: 3 Metode!

Aplikasi LinkAja juga terbilang user-friendly dimana menunya tertulis dengan jelas sehingga membuat pengguna pemula tidak merasa kebingungan. Untuk mendapatkan aplikasi LinkAja, langsung saja buka Play Store atau App Store untuk diunduh pada smartphone kamu.

Ada dua tipe layanan pengguna yang disediakan LinkAja, yakni  Basic Service dengan maksimal saldo 2 juta dan Full Service untuk saldo mencapai 10 juta. Selain itu, pengguna juga dapat mengubah akun reguler menjadi tipe LinkAja Syariah. Namun, ketika ingin mengubah menjadi akun biasa, pengguna juga dapat dengan mudah melakukan cara menonaktifkan LinkAja Syariah.

Semua menu yang terdapat di aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh pelanggan. Beberapa fitur menarik pada aplikasi LinkAja adalah bisa digunakan untuk transfer dan menerima uang, membayar tagihan listrik, membeli pulsa atau paket internet.

Pelanggan juga bisa membayar tiket transportasi melalui LinkAja, seperti kereta api. Kamu bisa memesan ataupun membayar tiket kereta dengan aplikasi ini daripada harus mengantri langsung atau datang 3 jam sebelum keberangkatan. Akan tetapi, kebijakan beli tiket kini sudah tidak diberlakukan lagi oleh pihak kereta. 

Selain itu, ada banyak kelebihan lain yang akan kamu peroleh jika menggunakan aplikasi dompet digital ini. Contohnya seperti berbagai promo menarik dan diskon ketika bertransaksi online. Untuk informasi promo dan diskon hingga 50% dapat kamu cek langsung di website resmi LinkAja.

Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan, aplikasi LinkAja juga tidak luput dari sejumlah kekurangan. Pasalnya, tidak semua toko atau e commerce bekerjasama atau menyediakan metode pembayaran dengan LinkAja. Oleh karena itu, kamu hanya bisa menggunakan LinkAja untuk bertransaksi di beberapa toko, e commerce, atau merchant saja. Saldo pada LinkAja juga bisa kamu tarik tunai seperti mengambil uang lewat ATM.

Terkait:  Cara Mematikan HP Oppo

Perbedaan LinkAja dan LinkAja Syariah

Bagi pengguna akunLInkAja biasa tentu bertanya-tanya, sebenarnya apa perbedaan antara akun reguler dengan Syariah. Dengan mengetahui perbedaannya, kamu akan lebih yakin dalam memilih layanan yang mana.

Berikut beberapa daftar perbedaan antara akun reguler dengan syariah, antara lain:

Metode transaksi: Pada layanan LinkAja Syariah menggunakan prinsip syariah, sedangkan versi biasa menyesuaikan dengan metode transaksi yang saat ini sedang tren.

Penyimpanan dana: Untuk LinkAja biasa di bank konvensional, sedangkan Syariah disimpan pada bank syariah.

Mekanisme diskon: Diskon akun biasa datang dari merchant atau LinkAja sendiri, sedangkan diskon akun Syariah harus berasal dari merchant.

Target pengguna: Untuk akun reguler menargetkan semua jenis nasabah atau multikultur, sedangkan LinkAja syariah menargetkan nasabah beragama Islam.

Meskipun layanan LinkAja Syariah dihadirkan khusus untuk menyasar pengguna muslim, tentunya untuk non-muslim yang tertarik dengan sistem pelayanannya tetap bisa menggunakannya.

Cara Pindah ke LinkAja Syariah

Apabila kamu ingin berpindah dari akun biasa ke LinkAja Syariah, caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Pertama, buka aplikasi LinkAja
  • Kemudian, pilih menu Akun
  • Lalu, klik LinkAja Syariah dan pilih Aktifkan
  • Pada layar akan ditampilkan informasi syarat dan ketentuan, centang tanda tersebut yang menunjukkan bahwa kamu menyetujui ketentuan layanan pada LinkAja Syariah 
  • Setelah itu, klik Aktifkan
  • Masukan PIN akun LinkAja milikmu
  • Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa layanan berhasil diaktifkan
  • Artinya, akun kamu telah berhasil pindah menjadi LinkAja Syariah.

Salah satu perubahan setelah kamu berpindah akun LinkAja Syariah menjadi biasa adalah warna menu yang awalnya merah berubah menjadi hijau.

Di samping itu, ada perbedaan pada menu Tiket yang berubah menjadi Pajak Syariah. Adapun untuk tampilan atau menu lainnya masih sama seperti akun biasa.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Paket Unlimited 3

Lantas, bisakan akun LinkAja Syariah diubah menjadi akun biasa seperti sebelumnya? Tentu saja bisa. 

Cara Menonaktifkan LinkAja Syariah

Menonaktifkan akun LinkAja Syariah menjadi reguler, caranya sangat mudah. Silakan kamu ikuti langkah-langkah berikut untuk informasi lebih jelasnya.

  • Pertama, buka aplikasi LinkAja di handphone
  • Selanjutnya, pilih menu Akun yang terletak di bagian pojok kanan bawah
  • Pilihlah menu LinkAja Syariah dan klik Aktifkan
  • Setelah itu, kamu pilih Semua agar fitur yang ada ditampilkan secara lengkap
  • Berikutnya, pilih opsi Syariah supaya dapat masuk dalam pengaturan akun
  • Klik opsi cara melakukan penutupan akun LinkAja Syariah
  • Setelah membaca dan menyimak penjelasan tersebut, lalu kamu klik pada kata di sini (warna merah)
  • Lalu, pilihlah alasan mengapa ingin menutup akun dan pilih menu Non-aktifkan layanan
  • Masukkan PIN akun LinkAja milikmu, dan proses penonaktifan atau penutupan akun pun akan langsung diproses.

FAQ

Apakah bisa pindah LinkAja Syariah ke LinkAja biasa?

Tentu saja bisa. Seperti yang telah kami jelaskan di atas lengkap dengan langkah-langkahnya.

Apakah 1 nomor hp bisa memiliki 2 jenis akun LinkAja yang berbeda? 

Tidak bisa. Satu nomor handphone hanya dapat didaftarkan pada satu akun.

Apakah LinkAja Syariah bisa transfer ke rekening bank?

Bisa tapi harus sudah upgrade menjadi full service. Untuk cara atau biaya tarik saldo ke bank tidak ada bedanya dengan akun LinkAja biasa. Apabila ke rekening bank HIMBARA gratis, tapi ke rekening non HIMBARA dikenai biaya admin sebesar Rp6.500 termasuk BSI (Bank Syariah Indonesia).

Related posts