Cara Menonaktifkan Alodokter

Cara Menonaktifkan Alodokter
Cara Menonaktifkan Alodokter

Informasi mengenai bagaimana cara menonaktifkan Alodokter banyak dicari oleh pengguna, apakah termasuk juga kamu?

Mendapatkan solusi kesehatan yang praktis dan terpercaya tanpa harus datang ke rumah sakit atau klinik saat ini bukan hal yang sulit. Salah satu platform kesehatan berbasis digital yang banyak digunakan masyarakat adalah Alodokter.  Meski demikian, beberapa pengguna ingin berhenti dari layanan tersebut dan cari tahu bagaimana cara menghapus akun Alodokter.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Alodokter, fitur, cara daftar, hingga cara menonaktifkan akun Alodokter, yuk simak informasi berikut ini.

Cara Menonaktifkan Alodokter
Cara Menonaktifkan Alodokter

Sekilas Tentang Alodokter

Alodokter merupakan platform kesehatan berbasis digital di Indonesia yang menghubungkan antara dokter dengan pasien. Pengguna Alodokter bisa mengajukan berbagai pertanyaan kepada dokter. Namun, ada beberapa pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh dokter secara intens.

Alodokter didukung oleh tim dokter serta IT profesional sehingga dapat menyajikan layanan kesehatan terpercaya secara digital kepada masyarakat Indonesia. Aplikasi Alodokter memiliki beragam fitur menarik, salah satunya adalah Chat Bersama Dokter. Pasien bisa menanyakan langsung kepada dokter melalui fitur tersebut dan mendapatkan jawaban akurat terkait keluhannya.

Pada fitur tersebut, pasien seperti berada pada sebuah rumah sakit digital dengan banyak dokter pilihan dari umum hingga spesialis. Kamu dapat menentukan untuk konsultasi dengan dokter yang mana dan waktu konsultasi sehingga tidak perlu antri layaknya di rumah sakit atau klinik.

Alasan Menonaktifkan Akun Alodokter

Memiliki akun pada aplikasi Alodokter akan memudahkan kamu untuk bisa berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis. Semua dokter di sini sudah terverifikasi sehingga tidak perlu dipertanyakan kredibilitasnya.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Telegram Sementara dan Permanen, Lengkap

Seperti yang kita tahu bahwa konsultasi dengan dokter itu bukan hal yang murah terutama harus pergi ke rumah sakit atau klinik, membuat janji bertemu, hingga mengantri.

Nah, Kamu bisa konsultasi intens dengan berbagai dokter spesialis secara aman, mudah, cepat, langsung, dan bisa dilakukan kapan saja dengan mengakses aplikasi Alodokter.

Akan tetapi, semua kemudahan yang ditawarkan pun tidak luput dari kekurangan hingga beberapa kritik dari pengguna. Itulah yang menyebabkan banyak konsumen ingin berhenti menggunakan layanan Alodokter.

Berikut beberapa alasan mengapa pengguna ingin berhenti menggunakan layanan Alodokter, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lebih menyukai konsultasi dengan dokter secara offline

Meskipun konsultasi online terbilang lebih cepat dan praktis daripada harus pergi ke rumah sakit, beberapa orang merasa jika akan lebih nyaman berkonsultasi dengan dokter secara offline dibanding online. Mungkin saja mereka merasa penjelasan dokter secara offline lebih mudah dipahami.

Sama-sama bisa bertanya ketika ada yang belum dimengerti, tapi konsultasi secara offline akan lebih nyaman bagi sebagian orang.

2. Sudah bosan

Alasan lain ingin berhenti menggunakan aplikasi Alodokter mungkin karena sudah merasa bosan dan ingin ganti ke platform kesehatan lain.

3. Kurang puas

Karena merasa kurang puas dengan layanan atau pengalaman saat menggunakan aplikasi kesehatan telemedia ini. Mungkin karena loading aplikasi yang lama, eror, tidak bisa login, atau percakapan yang kurang fast response.

4. Ingin berhenti menggunakan aplikasi

Alasan satu ini mungkin sering digunakan oleh para pengguna yang ingin menonaktifkan akun Alodokter. Kamu bisa melaporkan kepada pihak Alodokter agar akun kamu segera dihapus dari server sehingga data diri tetap aman.

Selain itu, banyak pengguna Alodokter yang merasa bahwa aplikasi tersebut adalah penipuan karena uang di rekening mereka berkurang sendiri.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Talkback Vivo dengan Tombol, Simpel!

Jadi, perlu kamu ketahui bahwa aplikasi Alodokter menerapkan sistem Autodebet dimana banyak pengguna yang belum mengetahuinya.

Alasan menghapus akun Alodokter bagi setiap orang mungkin berbeda-beda. Contohnya seperti tidak sengaja ataupun sengaja download aplikasi kemudian melakukan pendaftaran dan buat akun Alodokter.

Mereka menganggap konsultasi lewat aplikasi Alodokter itu gratis tanpa ada biaya. Padahal ada tarif konsultasi yang bervariasi, mulai dari Rp25 ribu hingga ratusan ribu per bulan.

Setelah pengguna berhasil membuat akun, akan ada Customer Service Alodokter yang menghubungimu. Mereka akan meminta informasi data diri termasuk nomor rekening bank. Umumnya, pada bulan berikutnya akan muncul notifikasi pendebetan otomatis dari Alodokter atau Autodebet.

Apabila ini juga merupakan alasan kamu ingin menghapus akun Alodokter atau ada alasan lain, maka tidak perlu panik, coba ikuti beberapa tips menonaktifkan Alodokter berikut.

Cara Menonaktifkan Alodokter

Setelah diperhatikan secara detail, pada aplikasi Alodokter tidak ditemukan menu untuk menghapus akun. Hal tersebut juga telah dijelaskan oleh pengembang aplikasi bahwa tidak disediakan fitur penghapusan akun.

Lantas, bagaimana caranya menghapus akun di aplikasi Alodokter? Tenang saja! Kamu bisa ikuti langkah-langkah cara menonaktifkan akun Alodokter di bawah ini.

Menghapus Data Aplikasi Alodokter

Cara pertama adalah menghapus data aplikasi Alodokter di handphone kamu sehingga tidak lagi mendapatkan notifikasi dari  layanan kesehatan tersebut. 

Meskipun metode satu ini disebut dengan menghapus data dari aplikasi tapi dapat digunakan untuk menghapus akun milikmu. Setelah kamu melakukan metode ini, maka semua notifikasi dari Alodokter akan secara otomatis dihentikan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, buka menu Pengaturan (Setting) di handphone.
  • Selanjutnya, pilih opsi Aplikasi Yang Terinstall dan klik Alodokter.
  • Pilih Hapus Instalasi untuk menghapus dan berhenti dari layanan Alodokter.
  • Selesai!.
Terkait:  Cara Menonaktifkan SPinjam

Apabila proses penghapusan atau uninstal aplikasi Alodokter berhasil, maka semua notifikasi akan berhenti dan secara otomatis akan logout akun.

Namun, jika Autodebet Alodokter masih berlanjut maka sebaiknya kamu lakukan cara yang kedua.

Cara Menonaktifkan Alodokter Melalui Email

Cara menghapus akun Alodokter ini bisa dilakukan melalui email, yaitu menghubungi customer service pengembang Alodokter langsung. Caranya adalah dengan mengirimkan email ke email developer Alodokter, [email protected]. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka email yang digunakan untuk mendaftarkan akun Alodokter.
  • Selanjutnya, buatlah email permohonan dengan menggunakan subject Request to delete my account.
  • Lalu, masukkan data diri akun Alodokter milikmu yang ingin dihapus. Data diri yang kamu masukkan pastikan lengkap, contohnya adalah sebagai berikut:
  1. menuliskan nama lengkap yang terdaftar dalam aplikasi Alodokter
  2. nomor polis
  3. email serta nomor telepon yang terdaftar
  4. alasan menonaktifkan:
  • Adapun nomor polis bisa melampirkan polis yang pernah dikirimkan oleh Alodokter ketika mendaftar mitra. Coba kamu cek email yang dahulu digunakan ketika daftar anggota. Di sana akan ada lampiran file pdf nomor polis kamu.
  • Kemudian lampirkan file polis tersebut supaya pihak Alodokter melihat rincian datanya.
  • Setelah email terisi, kamu kirim ke alamat email [email protected] dan klik Kirim.
  • Selanjutnya pihak Alodokter akan merespon pengajuan hapus akun dengan menghubungi via email atau telepon untuk konfirmasi.
  • Proses penonaktifan akun agar berhenti autodebet ini biasanya maksimal hingga 14 hari jam kerja.

Setelah proses penonaktifan berhasil, semua riwayat chat, pembayaran autodebet, dan semua langganan ke Alodokter kamu akan dihentikan dan dihapus permanen. 

Demikian 2 cara menonaktifkan Alodokter yang bisa dilakukan. Apabila kamu merasa belum yakin apakah Alodokter penipuan atau tidak, maka bisa melihat bagaimana kebijakan privacy mereka dalam mengolah dan menggunakan data para pelanggan. Semoga membantu!

Related posts