Cara Menonaktifkan Enkripsi End to End WhatsApp

Bagi pengguna aplikasi WhatsApp, enkripsi end to end bukan suatu yang asing. Mungkin sebagian dari kamu juga bertanya-tanya mengapa WA ada tulisan terenkripsi secara end-to-end hingga cara menonaktifkan enkripsi end to end WhatsApp? Untuk tahu jawabannya, silakan simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Menonaktifkan Enkripsi End to End WhatsApp

Cara Menonaktifkan Enkripsi End to End WhatsApp
Cara Menonaktifkan Enkripsi End to End WhatsApp

Enkripsi end-to-end pad apalikasi WhatsApp memastikan bahwa hanya kamu dan orang yang diajak berkomunikasi saja yang bisa membaca atau mendengar apa yang kalian kirim. Jadi, tidak ada orang ketiga atau siapapun di antara kalian yang bisa mengetahui apa yang dibicarakan, bahkan WhatsApp sekalipun.

Beberapa dari kamu mungkin banyak yang penasaran mengenai fitur enkripsi end to end di WhatsApp hingga ingin tahu bagaimana cara menonaktifkan enkripsi end to end dalam aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di dunia ini.

Apa Itu Enkripsi End to End?

Sebelum lebih lanjut membahas cara menghilangkan enkripsi end to end di WhatsApp, sebenarnya enkripsi end to end itu apa?

Seperti yang telah disinggung di atas, enkripsi end to end adalah fitur keamanan otomatis yang ada pada aplikasi WhatsApp. Fungsi utama dari fitur tersebut adalah menjaga kerahasiaan pesan yang kamu kirim atau terima itu aman dan hanya diketahui oleh kamu dan penerima atau pengirim pesan.

Intinya, enkripsi end to end WhatsApp memiliki peran dalam menjaga keamanan semua pesan dari intaian pihak ketiga. Jadi, pesan tersebut hanya bisa dilihat oleh penerima dan pengirim pesan itu sendiri. Tidak ada perangkat pihak lain yang dapat mengetahui isi pesan terkirim atau yang diterima.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, saat terenkripsi secara end-to-end, semua pesan, panggilan, foto, video, dokumen, pesan suara, dan pembaruan status kamu akan terlindungi dari kemungkinan jatuh ke pihak yang salah.

Cara Kerja Enkripsi End to End pada WhatsApp

Adapun cara kerja enkripsi end-to-end WhatsApp adalah chat yang dikirim dan diterima akan aman dan tidak ada yang mengetahui selain kamu dan penerima atau pengirim. Hal tersebut dikarenakan pesan kamu telah diamankan dengan kunci menggunakan enkripsi secara end-to-end. Oleh sebab itu, hanya kamu dan penerima pesan sebagai pemegang kunci tersebut yang dapat membuka dan membacanya. Semuanya diatur secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu mengaktifkan sendiri setelan tertentu untuk menjaga keamanan pesan.

Sama seperti WhatsApp personal, cara kerja enkripsi end to end pada WA bisnis pun adalah untuk mengamankan pesan. Saat kamu mengirim pesan ke akun WA bisnis, pesan tersebut juga dipastikan aman ke nomor tujuan.

Meskipun fitur ini diklaim sangat aman dalam menjaga kerahasiaan, tapi masih rawan dalam kebocoran data. Kendati demikian, banyak pengguna WhatsApp yang tetap mendukung fitur enkripsi end to end tersebut. 

Inilah Cara Menonaktifkan Enkripsi End to End WhatsApp, Adakah?

Enkripsi end to end adalah fitur keamanan yang tersedia secara otomatis dan sifatnya permanen, maka akan selalu aktif sepanjang pengguna menggunakan WhatsApp. Hal tersebut pun berlaku ketika kamu sedang chatting ataupun saat WhatsApp sedang offline.

Lalu, apakah bisa menonaktifkan enkripsi end to end di WhatsApp? Jawabannya adalah tidak ada. Kamu tidak bisa menonaktifkannya sendiri karena fitur tersebut akan secara otomatis aktif dan tidak bisa dimatikan oleh pengguna. Jadi, jika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp, maka mau tidak mau harus bisa menyesuaikan dengan kebijakan privacy WhatsApp.

Terkait:  Cara Menarik Pesan di WhatsApp

Sebenarnya jika kamu menonaktifkan fitur tersebut maka privasi bisa terancam. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab pun bisa dengan mudah mengakses chat pribadimu.

Jadi, kesimpulannya adalah tidak ada cara untuk menonaktifkan fitur enkripsi end to end di WhatsApp. Meskipun kamu menggunakan WhatsApp mod, di sana pun tidak menyediakan fitur tersebut. Selain itu, jika kamu ingin menghilangkannya juga tidak ada manfaat yang akan didapatkan. Jadi, untuk apa harus menghilangkan enkripsi end to end di WhatsApp.

Cara Backup Chat di WhatsApp dengan Enkripsi

Apabila kamu mencari cara menonaktifkan enkripsi end to end WhatsApp maka itu tidak ada, namun ada cara backup chat di WhatsApp dengan enkripsi.

Sebelumnya, backup chat WhatsApp yang dicadangkan di Google Drive ataupun iCloud belum didukung fitur enkripsi. Pasalnya, hal tersebut dapat menimbulkan potensi disusupi oleh oknum tidak bertanggung jawab yang bisa saja menyebarluaskan isi pesan pribadi milikmu.

Pihak WhatsApp mengklaim bahwa adanya enkripsi end to end ini bisa membuat penyedia layanan pencadangan baik Google atau Apple tidak dapat melihat isi pesan yang dicadangkan.

Nah, kini fitur backup chat WA telah dibekali dengan enkripsi. Adapun langkah-langkah mencadangkan chat WA dengan enkripsi adalah sebagai berikut: 

  • Langkah pertama, buka menu Pengaturan/ Setting.
  • Selanjutnya, buka chat lalu klik chat backup atau cadangkan chat dan klik end-to-end encrypted Backup.
  • Klik Continue atau Lanjutkan.
  • Ikuti instruksi selanjutnya untuk membuat password atau kata sandi.
  • Pastikan bahwa kamu ingat password-nya karena jika lupa maka chat tidak dapat dipulihkan atau restore.
  • Setelah itu, pilih Selesai.
  • Tunggu beberapa saat hingga WhatsApp selesai menyiapkan backup dengan enkripsi end to end.
Terkait:  Cara Menghapus Kontak di Whatsapp

Sebagai antisipasi, agar berjalan dengan lancar sebaiknya koneksi internet kamu stabil saat melakukan proses tersebut. Sebab, proses backup biasanya memakan waktu lumayan lama terutama jika file yang kamu cadangkan cukup besar.

Cara Menonaktifkan Backup WhatsApp dengan Enkripsi 

Kamu bisa kembali menonaktifkan fitur backup WhatsApp dengan enkripsi yang sebelumnya telah diaktifkan.

Sebenarnya backup chat WA dengan enkripsi memiliki banyak kelebihan khususnya dari segi keamanan. Namun, beberapa pengguna merasa tidak perlu atau tidak ingin ribet karena harus mengingat password enkripsi apabila tidak mau gagal melakukan pemulihan chat.

Oleh karena itu, mereka memilih untuk menonaktifkan fitur backup atau pemulihan dengan enkripsi. Berikut langkah-langkah cara menonaktfikan back-up dengan end-to-end encryption, antara lain:

  • Pertama, buka menu Setting/ Pengaturan.
  • Selanjutnya, klik chat lalu klik chat backup atau cadangkan chat dan klik end-to-end encrypted Backup.
  • Kemudian, pilih opsi turn off/matikan.
  • Masukkan password.
  • Setelah itu, konfirmasi bahwa kamu ingin menonaktifkan cadangkan dengan enkripsi dengan klik menu turn off/matikan.

Kelebihan dan Kekurangan Enkripsi End to End

Fitur enkripsi end to end pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya seperti yang telah dijelaskan adalah menjaga keamanan privasi serta tidak ada yang dapat mengubah pesan.

Sementara kekurangannya adalah meskipun kamu menyembunyikan isi chat, server tetap dapat mengetahui kapan pesan dikirimkan.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, fitur ini menjadi salah satu cara terbaik agar data rahasia yang kita kirim tetap aman dari sentuhan oknum penyusup. Hal ini juga membuat layanan komunikasi lainnya mengadopsi fitur serupa.

Nah, demikian informasi mengenai adakah cara menonaktifkan enkripsi end to end WhatsApp lengkap dengan cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur backup chat dengan enkripsi.

Rate this post

Related posts