Cara Menonaktifkan Jenius

Cara Menonaktifkan Jenius

Salah satu layanan mobile perbankan yang cukup dikenal banyak pengguna untuk memudahkan berbagai kebutuhan pembayaran secara digital adalah Jenius. Selain cara daftar Jenius, cara menonaktifkan Jenius pun menjadi informasi yang ingin diketahui.

Sebab, tidak sedikit pengguna yang ingin berhenti dari layanan perbankan digital satu ini. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan Jenius? Simak informasi selengkapnya berikut.

Cara Menonaktifkan Jenius

Cara Menonaktifkan Jenius
Cara Menonaktifkan Jenius

Di era yang serba digital, penggunaan layanan perbankan digital memang sangat diperlukan bagi banyak orang. Hal tersebut juga dikarenakan banyaknya layanan digital yang terkenal, mulai dari game online, netflix, dan banyak lainnya yang menyertakan kartu debit sebagai metode pembayaran membuat Jenius banyak peminatnya.

Jenius juga menyediakan layanan fitur kartu fisik dan digital untuk mendukung semua jenis transaksi baik online maupun offline. Meski demikian, banyak pengguna memilih untuk berhenti menggunakan Jenius.

Pasalnya, layanan perbankan dengan konsep digital tidak hanya Jenius saja. Ada banyak layanan perbankan digital sejenis yang lumayan terkenal, seperti TWRP by UOB, Digibank, PermataMe, dan sebagainya sehingga cukup wajar jika beberapa pengguna ingin menonaktifkan rekening Jenius apabila ditemukan ketidaknyamanan di sana.

Alasan Menutup Rekening Jenius

Nah, sebelum lebih lanjut mengulas mengenai cara menutup rekening Jenius, berikut beberapa alasan mengapa banyak orang ingin melakukan penutupan akun Jenius, antara lain:

Aplikasi yang berat

Alasan pertama adalah aplikasinya lumayan berat membuat loading menjadi lama dan tidak efisien.  Bahkan, aplikasi sering sulit dibuka, error, hingga gagal login. Padahal password dan pin yang dimasukkan sudah benar.

Interface-nya cenderung berlebihan bukannya memanjakan pengguna, tapi justru bikin bingung dan aplikasi menjadi berat.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Paket Indosat

Biaya Feesible

Alasan lain yang membuat pengguna meninggalkan Jenius adalah biaya feesible sebesar Rp10 ribu per bulan. Biaya tersebut tergolong paling tinggi di antara bank sejenis dengan fitur yang kurang lebih tidak jauh berbeda.

Respon Customer Service kurang cepat

Menurut beberapa review pengguna Jenius, Customer Service Jenius kalah responsive dibandingkan beberapa bank lain. Ketika dihubungi lewat media sosial seperti Twitter, CS akan meminta pelanggan menghubungi langsung lewat sambungan telepon atau layanan live chat.

Nah permasalahannya, fitur live chat Jenius lumayan lambat dan harus menunggu antrian dan tidak jarang pula keluar dari antrian karena terputus.

Ada biaya apabila gagal melakukan autodebet

Layanan ini juga menjadi salah satu alasan utama banyak pengguna Jenius yang memilih untuk berhenti. Pengguna akan dikenai biaya sebesar Rp5.000 setiap kali gagal melakukan auto debet.

Untuk masalah pembayaran berbagai tagihan online ke dalam ataupun luar negeri, Jenius memang salah satu virtual credit card terbaik. Namun, apabila tidak berhati-hati dan asal autodebet melebihi jumlah saldo yang ada, maka kamu bisa dikenai denda.

Sementara itu, untuk yang ingin menonaktifkan atau menutup rekening Jenius, tidak bisa dilakukan lewat aplikasi langsung. 

Sebenarnya cara menonaktifkan akun Jenius tidaklah sulit. Akan tetapi, fitur ini tidak dapat kamu temui di aplikasinya. Karena dalam aplikasi memang tidak disediakan fitur untuk nasabah bisa menonaktifkan atau menutup akun Jenius. Untuk melakukan penutupan akun, nasabah Jenius harus menginfokan langsung kepada Customer Service.

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan penutupan rekening jenius adalah sebagai berikut.

Cara Tutup Rekening Jenius BTPN

Rekening Jenius bisa dinonaktifkan melalui Customer Service secara online atau datang ke kantor Bank BTPN. Apabila kamu memilih untuk melakukan penutupan rekening Jenius lewat Customer Service, berikut langkah-langkahnya:

Terkait:  Cara Memblokir Iklan di HP Samsung Semua Tipe, Ampuh!

1. Menyiapkan nomor rekening dan KTP

Sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa kamu memiliki cukup pulsa untuk menghubungi CS Jenius lewat sambungan telepon. Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan data diri lengkap, mulai dari nomor rekening Jenius dan KTP.

2. Telepon Customer Service

Selanjutnya, kamu hubungi Customer Service Jenius ke nomor 1500365. Apabila sudah terhubung, sampaikan ke CS bahwa kamu ingin melakukan penutupan rekening. Lalu, pihak CS Jenius akan memverifikasi dengan meminta nomor rekening serta data diri sesuai KTP, nama ibu kandung, dan jumlah saldo terakhir.

Jika verifikasi data dan akun Jenius telah selesai, rekening tersebut akan dilakukan proses penutupan kurang dari 1×24 jam kerja.

Lalu, bagaimana jika rekening Jenius tersebut belum berhasil dinonaktifkan setelah 1×24 jam kerja? Silakan kamu hubungi Customer Service Jenius kembali untuk menanyakan hal tersebut.

Cara Blokir Aplikasi Jenius secara Permanen

Pengguna Jenius yang sudah tidak ingin menggunakan aplikasi ini lagi bisa mencoba cara blokir secara permanen. Namun, cara satu ini mungkin akan cocok untuk kamu yang sudah tidak memiliki saldo di sana.

Cara memblokir aplikasi Jenius juga tidaklah sulit dan langkah-langkahnya hampir mirip dengan yang tadi.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Jenius di smartphone
  • Selanjutnya, pilih menu card center
  • Lalu, pilih opsi kartu debit yang ingin diblokir akunnya.
  • Pada bagian atas kanan, klik saja blokir kartu.
  • Setelah itu, klik kembali dan pilih blokir permanen.

Kini, akun Jenius tersebut telah berhasil diblokir secara permanen. Mudah, bukan?

Cara Melakukan Blokir Akun Jenius Sementara

Sementara itu, kamu juga bisa memblokir akun Jenius untuk sementara alih-alih memilih permanen. Mungkin saja kamu ingin menggunakannya kembali. Adapun langkah-langkah memblokir akun jenius sementara juga cukup mudah, antara lain:

  • Pertama, kamu akses aplikasi Jenius di smartphone.
  • Selanjutnya, pilih menu card center.
  • Kemudian, pilih menu tiga titik yang terletak di sebelah kartu yang ingin kamu blokir atau nonaktifkan untuk sementara.
  • Lalu, pilih menu blokir kartu, dan klik opsi blokir sementara.
Terkait:  Cara Blokir Kartu Telkomsel: Pakai 6 Tips Mudah Ini!

Kini, proses untuk blokir akun Jenius secara sementara telah berhasil dilakukan.

Cara Mengaktifkan Kartu Debit Jenius Baru 

Selain menonaktifkan akun Jenius, diantara kalian apakah ada yang ingin mengaktifkan kartu debit Jenius yang baru? Jika iya, bisa ikuti caranya di bawah ini.

Untuk yang ingin mendaftarkan akun baru lagi setelah menutup akun Jenius yang lama karena satu dan lain hal, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah mengklik menu card center.
  • Kemudian, pilih kartu debit
  • Cek kartu debit milikmu menggunakan aplikasi Jenius.
  • Setelah itu, pilih opsi aktifkan untuk mengaktifkan kartu debit tersebut.
  • Selanjutnya, masukkan tiga digit dari kode CVV yang terletak di belakang kartu.
  • Lalu, masukkan kode PIN baru.
  • Kemudian, pilihlah opsi aktifkan.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait cara menonaktifkan Jenius, antara lain:

Apakah dikenakan biaya penutupan rekening?

Tidak ada. Pelanggan tidak dibebani biaya sama sekali untuk penutupan rekening.

Apakah saldo sebaiknya dikosongkan sebelum melakukan cara menutup rekening Jenius?

Iya, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa sebaiknya rekening milikmu sudah kosong sebelum menutup aku. Pastikan bahwa tidak ada saldo yang mengendap di rekening.

Apakah bisa menutup rekening secara langsung di kantornya?

Bisa dengan persyaratan yang kurang lebih sama. Namun, kamu bisa lakukan penutupan rekening secara online apabila tidak memiliki banyak waktu ke kantor Jenius BTPN.

Nah, itulah beberapa cara menonaktifkan Jenius apabila sudah tidak digunakan lagi. Tidak sulit, bukan?

Similar Posts