Cara Menonaktifkan Immobilizer

Mungkin saja ada kondisi dimana ketika menghidupkan mesin dari mesin, kamu perlu menonaktifkan immobilizer. Selain itu, kejadian immobilizer tiba-tiba tidak mau menyala juga mungkin ditemukan pada mobil keluaran terbaru meskikun telah menggunakan kunci asli. Tentu untuk mengatasinya perlu diketahui bagaimana cara menonaktifkan immobilizer.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai apa itu Immobilizer, fungsi, dan cara menonaktifkan immobilizer, berikut ulasannya.

Cara Menonaktifkan Immobilizer

Cara Menonaktifkan Immobilizer
Cara Menonaktifkan Immobilizer

Perlu diketahui bahwa ketika immobilizer dinonaktifkan maka bisa membuat kendaraan kamu akan sangat mudah diakses oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Itulah mengapa penting sekali bahwa kendaraan harus dilengkapi perangkat alarm anti maling yang berkualitas baik.

Namun, menonaktifkan immobilizer terkadang menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan ketika mengalami suatu masalah pada mobil. Sebab, tidak ada pilihan dan cara lainnya, seperti kunci kontak diprogram langsung pada instrumen.

Sekilas Tentang Apa Itu Immobilizer

Immobilizer merupakan mekanisme anti maling yang berfungsi untuk mencegah mesin hidup saat kunci kontak asli tidak sesuai meski mempunyai pola yang sama. Sistem tersebut bekerja dengan cara memanfaatkan gelombang radio sebagai pengenal kunci pada mobil. 

Dengan begitu, hanya bisa menggunakan satu kontak untuk menghidupkan mesin meskipun  lubang ignition key bisa dimasukkan berbagai kunci. 

Pasalnya, kemungkinan mobil dicuri apabila mesin tidak dapat dihidupkan itu sangat kecil meskipun bisa saja dengan memecahkan kaca jendela. Umumnya, mobil keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur immobilizer key.

Inilah Ciri Immobilizer Rusak dan Penyebabnya

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa mobil dengan sistem immobilizer tidak bisa dinyalakan dengan kunci cadangan. Dikarekanan hanya bisa menggunakan satu kunci saja untuk bisa menghidupkannya.

Terkait:  Cara Menonaktifkan ShopeePay

Jika kunci tersebut hilang atau rusak, maka solusinya adalah membeli kunci baru ke dealer di mana kamu membelinya atau mengggunakan jasa duplikasi kunci immobilizer berkualitas dan terpercaya. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan karena mobil hanya bisa hidup dengan kunci yang di dalamnya terdapat chip yang telah disesuaikan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui saat kunci immobilizer rusak dan apa saja penyebabnya? Berikut informasi selengkapnya:

Mengalami benturan keras

Tidak semua kunci immobilizer yang mengalami benturan keras dapat mngakibatkan kerusakan. Akan tetapi, hal itu bisa saja terjadi sehingga menyebabkan chip di dalamnya rusak dan kamu perlu untuk mengganti dengan yang baru.

Daya baterai habis

Mengalami kerusakan pada kunci immobilizer merupakan suatu hal yang jarang terjadi. Pasalnya, pemilik mobil dengan sistem immobilizer akan lebih berhati-hati dan menjaganya dengan baik. Kendati demikian, salah satu hal yang mungkin saja terjadi adalah daya baterainya habis. Untuk mengatasinya, kamu harus segera mengganti baterai tersebut.

Kerusakan pada case

Ciri lainnya adalah bagian case mengalami kerusakan karena mungkin sering disimpan pada bagian saku belakang. Selain karena tidak menyimpannya dengan baik, bagian case rusak juga bisa dikarenakan oleh faktor usia.

Kerusakan rolling code

Fungsi dari rolling code adalah sebagai pemancar gelombang radio ke bagian tuner mobil. Sebenarnya, rolling code mempunyai daya tahan mencapai 5 tahun. Apabila di bagian ini terjadi kerusakan, maka tidak ada bedanya dengan kerusakan chip di immobilizer. Solusi akan hal tersebut adalah dengan mengganti ke dealer mobil.

Immobilizer berfungsi untuk meningkatkan faaktor keamanan pada setiap kendaraan. Namun, kamu perlu menyadari bahwa perangkat ini pun tidak luput dari kerusakan atau hilang. Untuk itu, para pemilik mobil hars menjaga immobilizer dengan baik agar bisa selalu berfungsi.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara Menonaktifkan Immobilizer Tak Mau Menyala

Di balik kecanggihan teknologi immobilizer, tidak menutup kemungkinan adanya sebuah masalah, contohnya seperti kondisi mobil berimmobilizer yang tidak mau dihidupkan meski menggunakan kunci asli.

Meskipun situasi tersebut jarang terjadi, namun kamu tidak perlu panik. Kemungkinan karena adanya gangguan dari pemancar radio yang berada di sekitar kita tersebut bisa membuat pendeteksian kode kunci immobilizer kendaraan oleh sensor menjadi terganggu. Hal ini umumnya menimpa pada mobil yang menggunakan keyless smart key.

Sebab, jarak antara kunci dengan sensor cukup jauh dibandingkan kunci ditempatkan pada soket kontak sehingga gangguan gelombang radio dari luar dapat mempengaruhinya.

Kamu dapat mencoba untuk menempelkan kunci mobil ke bagian bawah dasbor karena biasanya sensor penerima gelombang immobilizer digunakan sebagai salah satu cara menonaktifkan kunci immobilizer.

Akan tetapi, apabila masih tidak bisa maka kamu bisa mencoba meletakkan kunci pada beberapa titik yang berada di dalam mobil. Dikarenakan kode penerima sinyal untuk beberapa jenis mobil terletak di dalam bagasi.

Setelah menonaktfkan immobilizer, kamu harus segera memperbaikinya dan lakukan registrasi agar keamanan mobil tetap terjaga.

Cara Registrasi Kunci Immobilizer

Saat immobilizer hilang atau mengalami kerusakan, maka kamu harus membeli atau menukar dan melakukan registrasi. Adapun cara registrasi kunci immobilizer adalah sebagai berikut:

Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk registrasi immobilizer adalah kunci kontak yang telah diregister (master key), kunci kontak baru (sub key), dan intelegent taster II (IT II) atau GTs.

Proses pembersihan data awal

Setelah itu melakukan proses pembersihan data awal dengan langkah berikut:

  • Sambungkan IT II ke DLC 3 atau GTs.
  • Kemudian, puntar kunci ke status ON dan nyalakan IT II.
  • Lalu, menentukan jenis dan tahun kendaraan berdasarkan tipe kendaraan yang ingin dibenahi.
  • Selanjutnya, menentukan bodi/ immobilizer/ DTCm dan simpan data.
  • Lalu, baca data, clear data, dan tentukan utility.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Kuota Indosat

Registrasi

Pada bagian IT II akan ada registrasu kunci kontak dengan langkah-langkah berikut:

  • Mengerjakan registrasi dengan kunci kontak ON.
  • Lalu, lepaskan master key dari silinder key (dengan periode ketikan ditetapkan pada IT II).
  • Kemudian saran Sub Key atau kunci kontak baru yang ingin diregistrasi, lalu putar langsung ke posisi ON.
  • Setelah itu, menentukan Next pada IT II atau kunci kontak baru pada proses register.
  • Tunggu hingga proses registrasi selesai.
  • Apabila sudah selesai maka akan muncul registrasi sukses.
  • Selanjutnya, kamu Off kan kembali kunci kontak.
  • Terakhir, lakukan start engin atau hidupkan mesin. 

Berapa Harga Kunci Immobilizer

Membuat duplikasi kunci immobilizer bisa dilakukan oleh locksmith (jasa pengrajin kunci) tanpa perlu datang ke dealer resmi. Namun, pastikan bahwa penyedia jasa duplikasi kunci immobilizer tersebut telah tersertifikasi dan memiliki rekam jejak yang baik sehingga keamanannya terjamin.

Sebab, ketika proses menduplikasi kunci immobilizer, locksmith membutuhkan data kendaraan tersebut, seperti STNK dan BPKB untuk keamanan contohnya seperti menghindari kendaraan curian.

Sementara itu, kisaran harga immobilizer bervariasi tergantung dengan jenis atau tipe kendaraan. Untuk mobil produksi Jepang, seperti Avanza, Mobilio, Brio dan sebagainya mulai dari Rp1 jutaan. Sedangkan untuk harga jasa duplikasi kunci immobilizer mobil mewah, seperti Lamborghini, Maserati, dan lainnya berkisar di atas Rp 10 jutaan.

Akan tetapi, untuk lebih amannya, sebaiknya kamu pergi ke dealer di mana dahulu membeli mobil apabila immobilizer mengalami kerusakan atau hilang.

Demikian informasi cara menonaktifkan immobilizer apabila mpbil tidak mau menyala. Apakah kamu sudah mencobanya?

Related posts