Cara Pinjam Uang di Bank

Cara Pinjam Uang di Bank
Cara Pinjam Uang di Bank

Terdapat berjuta alasan kenapa seseorang akhirnya memustukan berhutang dibank, salah satunya mungkin untuk modal usaha, biaya renovasi rumah, serta keperluan yang sedang membutuhkan urgensi yang tinggi. Nah mau tau bagaimana cara pinjam uang di Bank? Simak dibawah ini ya!

Mungkin memang sebagian orang beranggapan bahwa berhutang di bank itu rumit dan memiliki nilai bunga yang cukup tinggi. Padahal di realitanya proses tersebut telah dirancang seperti itu untuk menjamin kelancaran pinjaman dan urusan kamu serta pada akhirnya berhutang melalui bank jauh lebih terjamin aman dan legalitasnya terjamin dibanding berhutang di aplikasi pinjol.

Nah sebelum kita memasuki pembahasan utama yaitu mengenai cara pinjam uang di Bank, alangkah baiknya jika kamu perlu untuk mengetahui beberapa syarat dan ketentuan sebelum mengajukan pinjaman bank. Berikut adalah syarat-syaratnya:

Syarat Mengajukan Pinjaman di Bank

Terdapat banyak variasi pada setiap bank, akan tetapi beberapa syarat di bawah ini adalah syarat yang dasarnya harus dipenuhi bagi calon peminjam, yaitu:

  • Pertama, siapkan fotokopi buku identitas resmi seperti KTP, Kartu Keluarga, buku nikah apabila kamu sudah menikah.
  • Kemudian siapkan pula slip gaji, beberapa bank ada yang meminta bukti berupa slip gaji kamu akan tetapi ada yang tidak. Jadi untuk ini tidak semua bank meminta slip gaji ya.
  • Fotokopi bukti pembayaran pajak berupa nomor NPWP atau dokumen yang lainnya yang sejenis.
  • Siapkan fotokopi buku tabungan atas nama calon peminjam.
  • Dokumen penjamin, nah secara umum dokumen penjamin atau benda yang digadaikan merupakan hal umum jika ingin meminjam uang dibank. Benda ini bisa berupa benda tidak bergerak seperti rumah, properti, tanah dll ataupun benda bergerak seperti kendaraan sepeda mtor, mobil dll.
  • Untuk lebih jelasnya kamu perlu menghubungi Call Center bank yang ingin kamu pinjam sebelum kamu membawa dokumen tersebut ke bank pilihan kamu. Dengan demikian kamu dapat dipastikan memahami cara berhutang di bank tersebut, karena syarat yang sudah dijelaskan adalah syarat umum.
Terkait:  Pinjaman Online BRI Tanpa Jaminan

Cara Pinjam Uang di Bank

Cara Pinjam Uang di Bank
Cara Pinjam Uang di Bank

Setelah mengetahui penjelasan diatas, kini saatnya masuk ke pembahasan utama yaitu mengenai cara pinjam uang di Bank. Pada garis besarnya jika kamu ingin meminjam uang di bank kenali dulu kebutuhanmu dan kondisimu supaya tidak keberatan di proses selanjutnya dan nama kamu masih tetap aman. Berikut adalah tips suoaya berhasil meminjam uang di Bank.

Tips Berhasil Meminjam Uang di Bank

Bank juga berhak menolak pengajuan pinjaman nasabah apabila syarat dan ketentuang tidak terpenuhi, terlebih jika bank tersebut dibawah naungan perusahaan yang besar. Pada tiap bank juga memiliki pertimbangan khusus untuk memberikan persetujuan kepada calon peminjam, misalnya dichek jejak record keuangannya atau jenis pekerjaan yang dilakukan pada sata itu.

Nah untuk itu perhatikan beberapa tips agar kamu berhasil mendapatkan persetujuan pinjaman dari bank:

Tidak Memiliki Cicilan Dalam Jumlah Besar

Ohya apabila kamu sedang memliki tanggungan cicilan yang cukup besar jangan berharap mendapatkan pinjaman dari bank ya, pasalnya bank akan selalu melakukan perhitungan cermat mengenai kondisi keuangan kamu dan memastikan risiko pemberian pinjaman masih dalam ambang normal.

Bahkan di beberapa bank juga menetapkan syarat bukti dokumen yang menyatakan bahwa kamu bebas dari pinjaman di tepat lain, untuk itu maka pastikan terlebih dahulu bahwa kamu tidak memiliki tanggungan atau kredit saat megajukan pinjaman.

Menjaga Skor Kredit

Jadi skor kredit adalah nilai yang diberikan berdasarkan riwayat peminjam yang pernah dipakai. Nah skor ini biasanya juga diambil dari riwayat kredit kamu di bank yang bersangkutan.

Jika kamu ingin mendapat persetujuan dalam waktu singkat maka kamu harus sudah menjadi nasabah suatu bank dalam jangka panjang dan telah menyelesaikan pembayaran tidap bulannya secara teratur. Istilahnya tuh seperti jaga nama baik, biar suatu saat jika kamu butuh maka kan cepat disetujui oleh pihak bank.

Terkait:  Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Ribet

Cari Program Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Karena tiap bank pasti memiliki berbagai program pemberian pinjaman kepada calon peminjamnnya, apalagi jika kamu pernah menjadi seorang kreditur di sebuah bank dan mendapat skor kredit yang baik maka ada kemungkinan kamu akan mendapatkan penawaran pinjaman langsung dari bank meskipun tidak mencarinya. Kira-kira apa aja si program pinjaman di bank itu? Simak dibawah ini ya!

Mengenal Jenis Pinjaman Bank

Pinjaman Beragunan

Jenis pinjaman ini adalah pinjaman yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dengan syarat bahwa debibur memberikan agunan atau jaminan. Biasanya barang yang di jadiakan sebagai jaminan mulai dari BPKB (buku pemilik kendaran bermotor) hingga aset seperti produk investasi maupun surat dan oblogasi.

Jika kamu ingin mengambil pinjaman ini maka jumlah pinjaman tergantung kepada agunan yang diberikan. Biasanya kisaran dari 70-80persen nilai jual agunan. Contohnya, jika kamu hendak menggadaikan sertifikat rumah senilai 600 juta maka kamu akan mendapatkan pinjaman maksimal 450 juta dan bunga yang ditetapan mulai dari 9 hingga 13 persen per tahun dengan maksimal tenor hingga 30 tahun. Selain bunga, calon peminjam juga akan dikenakan biaya appraisal untuk menilai harga agunan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Nah jika kamu tidak ingin menjaminkan harta benda kamu, maka kamu bisa menggunakan cara ini yaitu Kredit tanpa agunan alias KTA. KTA bank ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pinjaman online seperti Akulaku, Dan Me, Kreditplus, Kredit Pintar dll.

Dibandingkan dengan pinjaman bergaunan, KTA ini memiliki bunga yang lebih besar yaitu kisaran 11-24 persen per tahun dan proses pencairan dana KTA ini bisa lebih cepat karena tidak ada proses penaksiran aset terlebih dahulu bahkan ada yang bisa menjanjika proses pengajuan pinjaman ini hanya dalam satu hari saja.

Terkait:  Pinjaman Online Jangka Waktu 12 Bulan

Sekedar tips aja, jika kamu membutuhkan dana yang tidak besar maka kamu sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis pinjaman yang KTA saja karena persyaratannya sangat mudah dipenuhi dan cepat disetujui.

Sedangkan jika kamu membutuhkan dana besar ratusan hingga miliyaran rupiah, maka kamu sangat idanjurkan unruk memilih jenis pinjaman beragunan karena lebih aman.

Perhatikan Hal Dibawah Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman

Berhutang uang di bank memang menjadi bala bantuan secara cepat, akan tetapi jika tidka berhati aka bisa menjadi jebakan batman yang berakibat buruk pada finansial kamu. Untuk itu perhatikan dibawah ini:

Pahami Reputasi Bank

Cermati jejak record bank dan pilih fitur-fitur yang cocok dengan keuangan pribadi agar kesehatan pembayaran tidak terganggu dan coba cari informasi si internet pembanding dan hubungi CS bank nya secara langsung untuk mendapatkan penjelasan lebih detail.

Perhatikan Biaya Tambahan Lainnya

Perhatikan juga biaya tembahan lainnya seperti asuransi, pinjaman, biaya keterlambatan, biaya pelunasan dipercepat dan biaya provisi karena biaya tambahan ini juga luayan besar dan menganggu jika tidak diperhatikan dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai cara pinjam uang di bank, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, jangan lupa share, like, dan comment ya!

 

Related posts