Cara Refund Shopee

Siapa sih yang tidak pernah membeli sesuatu di aplikasi berlogo orange ini. Namun, terkadang produk yang dibeli tersebut tidak sesuai deskripsi hingga tidak layak digunakan seperti rusak atau pecah sehingga ingin tahu bagaimana cara refund Shopee.

Tidak sedikit pengguna yang kecewa karena produk yang dikirim penjual ternyata tidak sesuai dengan deskripsi, seperti warna yang salah atau ukuran yang tidak sesuai. Bahkan, beberapa customer mendapatkan produk reject atau rusak sehingga tidak dapat digunakan. Sebagai seorang pembeli tentunya kamu berharap bisa meminta retur barang atau refund apabila mengalami hal demikian.

Read More

Itulah mengapa cara refund atau retur produk di Shopee menjadi informasi yang penting diketahui terutama untuk kamu yang sering melakukan transaksi jual beli di sana. Shopee sendiri memiliki kebijakan khusus apabila customer ingin meminta refund atau pengembalian dana.

Lantas, apa saja persyaratan dan bagaimana cara refund Shopee? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Refund Shopee
Cara Refund Shopee

Cara Refund Shopee

Shopee adalah salah satu raksasa e-commerce yang beroperasi di Indonesia. Popularitas Shopee yang terus meningkat dari waktu ke waktu di Indonesia mungkin karena beberapa hal. Sebut saja karena pilihan produk yang murah-murah, banyak voucher gratis ongkir dan cashback, hingga iklan yang cukup masif dilakukan di mana-mana.

Selain itu, tersedia berbagai pilihan produk di Shopee, mulai dari fashion terkini, kebutuhan sehari-hari, perangkat elektronik, home living, pulsa, Shopee Food, dan banyak lagi lainnya. Namun, beberapa produk yang dikirimkan penjual atau seller Shopee tidak sesuai dengan deskripsinya.

Jika kamu merasa produk yang diterima itu tidak layak dengan uang yang harus kamu bayarkan, maka kamu bisa mengajukan pengembalian barang dan dana di Shopee.

Terkait:  Cara Mengisi Username di Shopee

Syarat dan Kebijakan Refund/ Retur Barang di Shopee

Dikutip dari laman resmi Shopee.co.id, berikut beberapa kebijakan yang ditetapkan shopee untuk pengguna yang ingin mengajukan permohonan pengembalian dana dan barang di Shopee, antara lain:

Apabila ingin meminta pengembalian dana dan barang, pembeli harus tunduk dengan syarat dan ketentuan dalam kebijakan Shopee atas Pengembalian Dana dan Barang serta Syarat Layanan.

Pembeli di Shopee bisa mengajukan pengembalian dana dan barang sebelum masa garansi Shopee berakhir. Hal tersebut telah tercantum pada Syarat Layanan.

Adapun yang dimaksud dengan Garansi Shopee adalah layanan yang disediakan Shopee bertujuan untuk membantu pengguna dalam mengatasi konflik yang mungkin terjadi selama melakukan transaksi.

Pengguna Shopee dapat melakukan komunikasi secara pribadi untuk menyelesaikan perbedaan hingga meminta bantuan pihak berwenang setempat agar bisa menyelesaikan konflik yang terjadi, baik sebelum, selama, atau setelah penggunaan Garansi Shopee.

Adapun syarat pembeli bisa mengajukan permintaan retur barang dan refund adalah yang mengalami kondisi berikut:

  • Pembeli belum menerima barang.
  • Barang yang dikirimkan seller tersebut cacat dan/atau rusak ketika diterima.
  • Penjual mengirim barang yang tidak sesuai dengan kriteria atau spesifikasi yang telah disepakati (contohnya, ukuran, warna, dan sebagainya).
  • Pembeli mengirimkan barang yang secara material tidak sesuai dengan deskripsi yang dicantumkan dalam daftar Barang.
  • Atau lewat kesepakatan dengan penjual, kemudian penjual mengirimkan konfirmasi terkait kesepakatan tersebut kepada pihak Shopee.

Permohonan untuk mengajukan retur barang dan refund harus dikirimkan pembeli via situs Shopee. Nantinya, pihak Shopee akan meninjau setiap permohonan yang diajukan oleh pembeli dan menentukan apakah menyetujui atau menolak permohonan tersebut berdasarkan kebijakan yang berlaku.

Apabila pembeli telah melakukan tindakan hukum kepada penjual, pembeli bisa langsung mengirimkan pemberitahuan formal dari pihak berwajib ke Shopee agar bisa tetap menahan uang atas transaksi pembelian hingga keputusan resminya ditetapkan.

Terkait:  Cara Pengembalian Barang di Shopee

Dengan kebijakan sendiri yang mutlak, pihak Shopee akan memutuskan apakah perlu untuk terus menahan dana transaksi pembelian tersebut.

Sebelum melakukan cara pengembalian barang dan dana, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan oleh Shopee terkait kebijakan tersebut. Berikut beberapa syarat dan ketentuan lainnya yang harus kamu ketahui terkait cara mengembalikan barang di Shopee dan refund, antara lain:

  • Proses pengajuan pengembalian dana dan barang wajib mendapatkan persetujuan dari penjual. Selain itu, penjual dapat menolak retur barang yang diajukan pembeli apabila alasannya tidak kuat, contohnya seperti berubah pikiran.
  • Penjual dan pembeli memiliki kesepakatan bersama apabila terjadi kesalahan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan pesanan, maka bisa meminta pengembalian barang dan dana.
  • Durasi pengembalian barang tidak melebihi batas waktu masa garansi yang diberikan Shopee.
  • Pembeli wajib menunjukkan bukti kesalahan pesanan saat produk diterima.
  • Pembeli belum menyelesaikan transaksi pembelian pesanan dan klik menu pesanan diterima.
  • Refund akan disetujui oleh pihak Shopee apabila penjual telah merima retus barang yang dikembalikan pembeli.
  • Pengembalian dana berupa saldo ShopeePay yang disesuaikan dengan metode pembayaran yang pembeli lakukan.

Inilah 5 Langkah Cara Refund Shopee

Berikut langkah-langkah cara refund di Shopee adalah sebagai berikut:

Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Shopee yang ada di smartphone milikmu. Kemudian, pilih menu Saya untuk melihat profil riwayat transaksi pembelian serta proses pengiriman pesanan oleh kurir.

Klik Menu ‘Dikirim’

Langkah berikutnya adalah klik menu Dikirim yang terletak pada halaman profil.

Pilih Menu ‘Ajukan Pengembalian’

Setelah itu, pilih menu Rincian Pesanan dan klik menu Ajukan Pengembalian pada opsi produk yang akan dikembalikan.

Lalu, kamu pilih salah satu alasan mengapa ingin mengajukan pengembalian barang agar memperoleh persetujuan pengembalian. Berikut beberapa alasan pengembalian barang/ dana yang bisa kamu pilih, antara lain:

  • Pesanan tidak diterima.
  • Produk pesanan yang diterima tidak lengkap, contohnya seperti bagian produk ada yang kurang atau hilang.
  • Menerima produk yang salah, seperti warna atau ukuran tidak sesuai dan produknya berbeda.
  • Produk yang diterima mengalami kerusakan fisik, seperti ada goresan, pecah, retak, atau produknya penyok.
  • Mendapatkan produk yang rusak, contohnya seperti produk tidak dapat berfungsi sebagaimana seharusnya atau sesuai deskripsi.
  • Produk yang diterima tidak asli/ palsu.
Terkait:  Cara Mengisi Saldo ShopeePay Lewat Alfamart

Mengirimkan Bukti dan Deskripsi Barang yang Ingin Dikembalikan

Setelah memilih alasan untuk pengajuan pengembalian barang dan dana, kamu kirimkan bukti serta deskripsi barang tersebut. Kemudian, pilih solusi seperti yang disediakan dengan klik menu Pilih Solusi dan pilih Kirim.

Pengembalian Barang

Hasil dari pengajuan pengembalian yang kamu lakukan akan diberitahukan lewat email dan notifikasi pada aplikasi Shopee. Apabila permohonan tersebut telah disetujui, kamu akan diminta untuk melakukan pengembalian barang kepada penjual sesuai dengan prosedur pengiriman yang ada di aplikasi asal negeri tirai bambu ini.

Lantas, apakah pesanan yang sudah selesai atau yang telah di-klik pesanan diterima bisa dilakukan pengajuan retur barang atau refund? Menurut informasi pada laman bantuan Shopee, permintaan retur barang hanya bisa dilakukan apabila pengguna belum klik ‘Pesanan Diterima’ pada tab ‘Rincian Pesanan’.

Hal tersebut dikarenakan Garansi Shopee yang diberikan untuk pesanan kamu akan dihentikan dan dana akan langsung beralih ke penjual apabila pembeli telah mengklik Pesanan Diterima.

Untuk itu, penting sekali memastikan apakah pesanan yang diterima telah sesuai, lengkap, kondisinya baik, dan tidak ada kerusakan sebelum mengklik “Pesanan Diterima“.

Nah, itulah 5 langkah cara refund Shopee atau cara mengembalikan barang di Shopee. Semoga membantu!.

Related posts