Cara Aktivasi Kartu Simpati

Cara Aktivasi Kartu Simpati

Bagaimana cara aktivasi kartu simpati yang mudah dilakukan? Apakah kamu memiliki dan atau menggunakan kartu Simpati dari Telkomsel sebagai nomor utama? Atau mungkin kamu baru saja membeli kartu perdana Simpati baru dan belum mengerti betul bagaimana langkah aktivasi kartu yang paling mudah memakai metode apa.

Tak hanya pengguna Simpati baru saja yang diharuskan untuk mengaktifkan kartu (aktivasi), melainkan pengguna simpati lama juga diharuskan untuk mengaktivasi ulang kartu perdana yang dipakainya.

Hal ini terkait dengan peraturan pemerintah yang sekarang ini telah memberlakukan untuk aktivasi kartu terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

Apa itu aktivasi kartu?

Aktivasi kartu adalah sebuah proses pendaftaran data diri pelanggan lama atau baru kepada pemerintah untuk dapat menggunakan layanan telepon, SMS, dan internet oleh penyedia operator seluler.

Proses ini harus dilakukan oleh setiap orang yang tengah membeli kartu perdana baru dan juga yang sudah memiliki nomor lama semuanya diharuskan untuk melakukan aktivasi.

Dengan aktivasi, maka membuat pengguna dapat langsung menikmati semua layanan dari penyedia operator jaringan.

Dalam proses aktivasi kartu, pemerintah juga membatasi bahwa satu orang hanya diperbolehkan memiliki 3 (tiga) nomor operator seluler. Lebih dari itu maka harus melakukan proses UNREG agar dapat melakukan aktivasi kartu perdana baru.

Bagaimana cara registrasi kartu simpati?

Untuk dapat menikmati semua layanan Simpati dari Telkomsel, kita harus mendaftarkan terlebih dahulu kartu simpati yang telah kita miliki.

Terkait:  Cara Registrasi Ulang Kartu Simpati ke 4444

Nah, cara registrasi kartu Simpati ini terbilang sangat mudah dilakukan dimana saja. Ada dua metode yang akan diulas yaitu via SMS dan mengunjungi situs web resmi telkomsel.

Cara Aktivasi Kartu Simpati

Cara Aktivasi Kartu Simpati
Aktivasi Kartu Simpati

Seperti yang sudah kita tau bahwa sebelum memakai kartu perdana Simpati, kita diharuskan untuk melakukan proses aktivasi kartu. Berikut ini terdapat beberapa metode untuk aktivasi kartu Simpati bagi pengguna baru dan lama.

Pengguna Lama Simpati

Bagi pengguna lama kartu Simpati, harus registrasi ulang untuk aktivasi kartu agar dapat tetap digunakan secara berlanjut. Caranya sangat mudah, hanya melalui SMS dan tanpa dikenai biaya sepeserpun seperti tahapan berikut.

  • Buka menu Pesan.
  • Isikan nomor pengirim: 4444
  • Isikan kotak pesan: ULANG#NIK#Nomor KK#
  • Kirim

Sebagai contoh:

Isi Pesan: ULANG#3404075103910008#3322172908083329#
Kirim Ke: 4444

Perlu diingat bagi kamu pengguna ponsel dual SIM, ketika melakukan pengiriman pesan tersebut kamu harus pastikan posisi kartu Simpati kamu berada di SIM berapa.

Pengguna Baru Simpati

Nah bagi kamu pengguna baru yang (mungkin) baru saja membeli kartu perdana Simpati, bisa melakukan beberapa metode dibawah ini untuk aktivasi kartumu.

1. Aktivasi Kartu Simpati Lewat SMS

Cara meregistrasi atau aktivasinya hampir sama dengan pelanggan lama Simpati, hanya saja formatnya beda. Langkahnya:

  • Buka menu Pesan.
  • Isikan nomor pengirim: 4444
  • Isikan kotak pesan: NIK#Nomor KK#
  • Kirim

Sebagai contoh:

Isi Pesan: 3404075103910008#3322172908083329#
Kirim Ke: 4444

2. Aktivasi Kartu Simpati Lewat 188

Pelangan baru Simpati juga bisa melakukan aktivasi melalui call center telkomsel yang siap membantu pelanggan kapanpun. Caranya:

  • Buka menu Telepon/Panggilan
  • Ketikkan nomor 188 
  • Panggil dengan menekan tombol gambar telepon warna hijau.
  • Ikuti arahan yang diberikan. Sampaikan kalau kamu ingin registrasi kartu simpati.
Terkait:  Cara Unreg Kartu Telkomsel

3. Aktivasi Kartu Simpati Lewat *444#

Hampir sama dengan cara kedua, kamu hanya perlu menekan kode dial *444# dan langkahnya seperti berikut ini.

  • Buka menu Telepon/Panggilan
  • Ketikkan nomor *444#
  • Panggil dengan menekan tombol gambar telepon warna hijau.
  • Pilih “Cek Status Registrasi”
  • Masukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP dan atau Kartu Keluarga.
  • Selang beberapa menit kita akan langsung dapat notifikasi SMS.

4. Aktivasi Kartu Simpati Lewat MyTelkomsel dan graPARI Virtual

Masih ada cara lain untuk aktivasi kartu simpati lur, yakni dengan mengakses GraPari virtual Telkomsel melalui aplikasi pesan instan, yakni Line di akun @Telkomsel, Telegram di akun @Telkomsel_official_bot dan Facebook Messenger di akun @Telkomsel.

Atau, bagi yang sudah atau belum punya aplikasi MyTelkomsel bisa download dan install untuk dapat melakukan registrasi menggunakan aplikasi tersebut. Caranya:

  • Download dan install aplikasi MyTelkomsel.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Login.
  • Pilih menu Akun Saya.
  • Pilih menu Registrasi Prabayar.

Cek Status Aktivasi Kartu Simpati

Untuk dapat mengetahui nomor Simpati yang sudah teregistrasi, kita hanya perlu menghubungi 4444 via SMS. Jadi caranya hampir sama dengan pendaftaran ulang melalui SMS, kirim SMS ke 4444 dengan format NIK#Nomor KK#.

Nah, jika nomor Simpati kamu sudah teregistrasi akan ada pemberitahuan SMS balasan bahwa nomor kamu sudah sukses registrasi. Dan jika belum, maka akan ada balasan SMS berisi “Terima kasih nomor Anda telah BERHASIL diregistrasi”.

Kenapa Kita Harus Registrasi?

Aktivasi kartu SIM dari semua operator seluler harus dan wajib dilakukan guna mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Peraturan terkait adalah Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Terkait:  Cara Daftar Pulsa Darurat Telkomsel yang Mudah💖

Dalam hal ini, pengguna kartu perdana semua jaringan operator harus menyerahkan data diri agar tidak ada yang menyalahgunakan nomornya. Sebagaimana dimaksud adalah berkaitan dengan berbagai macam alasan.

Dengan registrasi kartu prabayar, secara tidak langsung kita akan dapat mencegah terorisme, menganggulangi hoaks (berita palsu), dan lainnya. Tapi, jika dirasa kamu pernah mendapatkan Terror / Gangguan dari nomor tidak dikenal, kamu bisa membaca Cara Blokir Nomor Telkomsel, agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Tak hanya itu saja, dengan melakukan Registrasi Kartu, ini bisa mempermudah kamu dalam Membeli Paket Internet, Paket Telpon, ataupun Memperpanjang Masa Aktif Simpati.

Mungkin hanya itu saja ulasan kami mengenai cara mudah untuk aktivasi kartu Simpati dengan beberapa metode yang lengkap.

Jika terdapat keganjalan atau mungkin metode yang sudah tidak bisa dipakai, tolong beritahu kami melalui form komentar dibawah agar kami bisa segera memperbaiki atau mengupdatenya.

Terakhir, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman ya! Agar mereka juga dapat mendaftarkan kartu Simpati miliknya. 😉

Similar Posts