Cara Registrasi Indosat Ooredoo

Para pengguna operator seluler diwajibkan untuk registrasi kartu menggunakan nomor kependudukan sejak Februari 2018 lalu. Proses registrasi tersebut berlaku untuk semua layanan operator seluler di Indonesia termasuk Indosat Ooredoo. Untuk itu, tidak heran rasanya jika banyak yang mencari tahu cara registrasi Indosat Ooredoo karena sifatnya yang wajib.

Cara registrasi kartu Indosat Ooredoo untuk nomor lama dan baru bisa dilakukan secara offline lewat SMS atau online melalui situs web Indosat. Selain kedua cara tersebut, kamu juga bisa mencoba cara lainnya yang akan diulas lebih lanjut pada artikel berikut.

Read More

Cara Registrasi Indosat Ooredoo

Cara Registrasi Indosat Ooredoo
Cara Registrasi Indosat Ooredoo

Registrasi kartu merupakan langkah awal yang diperlukan agar sim card perdana atau baru dapat digunakan sebagaimana mestinya. Apabila belum dilakukan registrasi, maka kartu Indosat tersebut tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi atau mengakses berbagai fitur menarik yang disediakan Indosat.

Registrasi kartu seluler untuk para pengguna adalah hal yang diwajibkan oleh pemerintah. Hal tersebut berguna untuk mencegah dan mengurangi tindak kejahatan digital atau penipuan. 

Selain itu, registrasi kartu juga bermanfaat untuk mendapatkan kemudahan dalam berbagai layanan yang disediakan oleh operator seluler, seperti transaksi online atau non-tunai. Data pengguna bisa digunakan untuk kebutuhan keuangan inklusif, penyaluran bantuan pemerintah, penyaluran dana, dan lain sebagainya.

Agar dapat melakukan registrasi sim card dengan benar, kamu harus ikuti petunjuk yang diberikan oleh operator seluler. Nah, untuk tahu bagaimana cara registrasi kartu Indosat Ooredoo lengkap dengan apa saja syarat yang harus disiapkan, berikut informasi selengkapnya.

Terkait:  Cara Unpair Indosat

Syarat Registrasi Kartu Indosat Ooredoo

Untuk WNI (Warga Negara Indonesia), berikut syarat yang harus disiapkan:

  • KTP-Elektronik.
  • Kartu Keluarga (KK).

Sementara syarat registrasi untuk pengguna Indosat WNA (Warga Negara Asing) adalah sebagai berikut:

  • Paspor.
  • KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap).
  • KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara).

Pada registrasi kartu Indosat Ooredoo melalui SMS atau offline, kamu memerlukan 16 digit nomor NIK baik untuk pengguna lama ataupun baru. Bagi pengguna yang tidak atau belum memiliki KTP, maka bisa registrasi dengan NIK yang terdapat dalam Kartu Keluarga (KK).

Cara Registrasi Indosat Lewat SMS

Untuk registrasi lewat SMS ini tersedia dalam dua cara, yaitu pengguna baru dan pengguna lama.

Pengguna baru

Untuk pengguna baru yang pertama kali akan menggunakan sim card tersebut atau yang biasa disebut kartu perdana, maka bisa ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka menu pesan atau message di handphone.
  • Ketik NIK#nomor KK
  • kirim ke 4444.
  • Apabila proses registrasi berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi balasan dari 4444.

Pengguna lama

Nah, bagi pengguna lama Indosat yang belum sempat registrasi kartu maka perlu untuk lakukan registrasi ulang. Cara registrasi ulang kartu Indosat untuk pengguna lama lewat SMS adalah sebagai berikut.

  • Buka menu pesan atau message
  • Kemudian, ketik format berikut:
  • ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#
  • Lalu, kirim ke 4444.
  • Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan balasan dari 4444 bahwa proses registrasi telah sukses.

Pastikan bahwa NIK KTP atau KK yang kamu masukkan telah sesuai dan tidak ada kesalahan sehingga nomor Indosat berhasil didaftarkan.

Cara Registrasi Kartu Indosat Via Website

Selain lewat SMS, pelanggan Indosat Ooredoo juga bisa melakukan registrasi lewat situs web. Untuk melakukan registrasi lewat web, pastikan bahwa perangkat yang digunakan sudah terkoneksi dengan internet. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka handphone yang telah tersambung internet, lalu akses browser dan masukkan alamat https://myim3.indosatooredoo.com/registration.
  • Kemudian, masukkan nomor Indosat yang ingin di-registrasi.
  • Lalu, masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS ke nomor telepon tersebut.
  • Langkah selanjutnya, masukkan 16 digit nomor NIK dan KK dengan benar.
  • Klik kotak yang berada di sebelah ‘I am not a robot‘, lalu ketuk periksa.
Terkait:  Cara Dapat Kuota Gratis Indosat

Cara registrasi satu ini bisa dilakukan untuk kartu Indosat Ooredoo baru atau registrasi ulang kartu lama.

Cara Registrasi Indosat Ooredoo di Gerai terdekat

Apabila semua cara registrasi kartu Indosat di atas sudah dicoba tapi masih gagal, maka kamu bisa coba cara yang ini.

Datang ke gerai Indosat terdekat menjadi solusi terbaik untuk yang kesulitan atau malas melakukan registrasi kartu.

Sama halnya dengan registrasi lewat SMS atau situs web, kamu tetap harus menggunakan NIK KTP dan KK. Untuk itu, pastikan bahwa kamu membawa NIK dan KK saat akan datang ke gerai Indosat Ooredoo terdekat. Pihak Indosat akan membantu kamu hingga proses registrasi sukses.

Penyebab Registrasi Indosat Ooredoo Gagal

Kamu sudah mencoba ketiga cara di atas tapi masih saja gagal? Kegagalan dalam registrasi kartu seluler bisa karena beberapa hal, salah satunya salah memasukkan nomor NIK atau KK.

Mungkin dari 16 digit nomor yang harus dimasukkan itu ada yang salah, kurang, atau malah kelebihan karakter. Oleh karena itu, sangat penting untuk cek kembali format registrasi kartu yang telah diketik sebelum dikirim ke 4444.

Pasalnya, apabila data yang dimasukkan tidak sesuai dengan database dalam Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Ditjen Dukcapil, maka pendaftaran kartu kamu akan gagal.

Selain itu, mungkin saja KK atau nomor induk kependudukan yang kamu gunakan sudah dipakai melebihi batas maksimal sehingga tidak bisa lagi untuk mendaftar kartu baru. Pasalnya, setiap nomor NIK atau KK hanya boleh digunakan untuk registrasi maksimal 3 kartu seluler.

Cara satu-satunya yang bisa dilakukan saat kamu mengalami hal ini adalah menonaktifkan salah satu kartu seluler tersebut agar bisa melakukan registrasi kartu baru.

Terkait:  Cara Perpanjang Masa Aktif Indosat

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah setiap operator seluler memiliki prosedur registrasi yang berbeda-beda.

Cara Unreg Kartu Indosat 

Nah, untuk yang ingin mengaktifkan salah satu nomor Indosat tapi sudah mencapai batas maksimal NIK untuk registrasi kartu, maka kamu harus unreg dahulu salah satu dari nomor yang tidak terpakai. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pesan atau SMS di hp.
  • Lalu, ketik format UNPAIR#Nomor HP
  • Kirim ke 4444.
  • Setelah itu, akan muncul notifikasi bahwa kartu tersebut telah berhasil dinonaktifkan.

Cara Cek Registrasi Indosat

Jika ingin mengetahui apakah registrasi kartu Indosat yang kamu lakukan sudah sukses apa belum, bisa diketahui melalui SMS atau situs web.

Cara cek registrasi Indosat lewat SMS, gunakan format INFO#NIK lalu kirim ke 4444.  Sementara melalui situs web, langsung saja kunjungi alamat https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index, kemudian masukkan NIK serta nomor KK.

Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo

Cara mengetahui nomor Indosat bisa melalui kode USSD *123*30#. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu panggilan atau call di handphone.
  • Lalu, ketik format *123*30# dan tekan call, Ok, atau yes.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi yang berisi nomor Indosat kamu pada layar.

Selain kode USSD *123*30#, kamu juga bisa menggunakan format *888#. Caranya sama dengan yang tadi, yaitu:

  • Buka menu panggilan atau call di handphone.
  • Ketik format *888# dan tekan call, Ok, atau yes.
  • Lalu, tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi pada layar mengenai nomor Indosat kamu.

Itulah 3 cara registrasi Indosat Ooredoo untuk pengguna baru atau lama secara offline dan online.

Related posts