Cara Refund Tiket Citilink

Cara Refund Tiket Citilink
Cara Refund Tiket Citilink

Kamu sudah pesan tiket pesawat Citilink tapi ingin dibatalkan karena ada kendala tertentu dan ingin tahu bagaimana cara refund tiket Citilink?

Bepergian jarak jauh menggunakan pesawat adalah salah satu cara terbaik karena tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai di tujuan. Salah satu maskapai penerbangan yang bisa dipilih adalah dari Citilink. Namun, seringkali sudah terlanjur membeli tiket tapi ada hal penting yang tidak bisa ditinggalkan sehingga tidak bisa terbang sesuai jadwal penerbangan.

Dalam menangani masalah refund atau reschedule tiket yang diajukan konsumen, pihak Citilink memiliki solusi dan mekanisme sendiri terkait aturan tersebut. Untuk mengetahui ulasan lebih lanjut mengenai cara refund tiket Citilink lewat website maupun platform Traveloka, atau lainnya, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Refund Tiket Citilink

Cara Refund Tiket Citilink
Cara Refund Tiket Citilink

Citilink merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah yang tergabung dalam Garuda Indonesia Group. PT Citilink Indonesia didirikan pada tahun 2001 sebagai Unit Bisnis Strategis yang berfungsi sebagai salah satu pilihan maskapai penerbangan bertarif rendah di Indonesia.

Bagi pelanggan yang ingin refund atau reschedule harus memahami bahwa tidak semua jenis tiket dapat diubah, khususnya tiket promosi. Oleh karena itu, kamu harus memastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang ditetapkan pihak Citilink sebelum melakukan reservasi supaya tidak terjadi kesalahan.

Syarat dan Ketentuan Refund Voucher Citilink

Para pelanggan sangat disarankan untuk membaca dengan teliti semua syarat dan ketentuan refund Citilink karena akan berdampak kepada status tiket. Dikutip dari laman resmi Citilink, berikut beberapa syarat dan ketentuan untuk melakukan refund, yaitu:

  1. Voucher hanya memiliki masa berlaku selama 1 tahun sejak tanggal penerbitan dan tidak dapat diperpanjang. Misalkan voucher diterbitkan pada 1 Des 2021, maka masa expired voucher adalah 1 Des 2022.
  2. Voucher Citilink tidak bisa ditukar menjadi uang dan masa kadaluarsa (expired) sesuai dengan tanggal masa berlaku.
  3. Apabila voucher tidak digunakan hingga tanggal kadaluarsa, maka voucher tersebut sudah tidak bisa digunakan dan tidak berlaku lagi pada penerbangan Citilink.
  4. Redeem voucher dapat dilakukan melalui situs resmi Citilink atau aplikasi, yaitu www.citilink.co.id dan mobile app Citilink.
  5. Apabila calon penumpang Citilink membeli tiket via travel agent dan tidak mendapatkan kode OTP melalui email, maka voucher bisa di-redeem di ticketing office dan call center Citilink 0804-1-080808. Jangan lupa untuk menyertakan juga salinan KTP, SIM, atau tanda pengenal lainnya atas penumpang pada tiket yang ingin dilakukan pengembalian dana (refund), lalu memberitahukan kode booking ketika refund.
  6. Ketentuan perihal redeem sebagaimana yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan tersebut pun berlaku untuk voucher yang didapatkan atas pembelian melalui travel agent.
  7. Voucher Citilink dapat digunakan untuk penumpang lain atau dipindahtangankan dengan orang yang bukan melakukan reservasi.
  8. Voucher yang ingin dipindahtangankan tersebut bisa dilakukan melalui ticketing office atau call center Citilink 0804-1-080808. Selain itu, untuk melakukan proses ini diwajibkan untuk melampirkan salinan KTP pemilik voucher, surat kuasa bermaterai 10 ribu, dan penerima kuasa, lalu memberitahukan kode booking ketika melakukan refund.
  9. Apabila nominal voucher lebih sedikit dari harga tiket yang akan dibeli, maka calon penumpang hanya membayar selisih dari jumlah nilai voucher dengan tiket.
  10. Apabila nominal voucher lebih besar dari harga tiket yang akan dibeli, maka saldo voucher calon penumpang akan secara otomatis berkurang. Sisa saldo tersebut bisa digunakan untuk membeli tiket berikutnya sebelum masa berlaku voucher expired.
  11. Nominal voucher yang nilainya sama besar dengan tiket tidak termasuk dalam biaya untuk perubahan nama, biaya administrasi dengan kartu kredit, dan donasi.
  12. Nominal serta nomor voucher akan dikirimkan kepada penumpang lewat email yang tercantum saat pengajuan.
  13. Pengajuan refund berlaku untuk seluruh penumpang yang terdapat dalam 1 kode booking. Jika pengajuan refund tidak diperuntukkan untuk semua penumpang dalam 1 kode booking tersebut, maka bisa menghubungi call center Citilink di nomor 0804-1-080808.
  14. Tidak dapat membatalkan pengajuan refund.
  15. Apabila kamu mengalami kendala dalam mengajukan refund tiket Citilink, langsung saja hubungi nomor call center Citilink 0804-1-080808, lewat live chat di website, atau melalui social media Citilink.
Terkait:  Cara Perpanjang Paspor Online

FAQ Refund Tiket Citilink

Terkait nominal refund tiket, berikut adalah ketentuannya:

  • Penumpang yang melakukan refund (pengembalian) sebelum keberangkatan di atas 72 jam akan mendapat refund paling sedikit 75 persen dari jumlah tarif dasar.
  • Penumpang yang melakukan refund (pengembalian) sebelum keberangkatan di bawah 72 jam sampai 48 jam akan mendapat refund paling sedikit 50 persen dari jumlah tarif dasar.
  • Penumpang yang melakukan refund (pengembalian) sebelum keberangkatan di bawah 48 jam sampai 24 jam akan mendapat refund paling sedikit 40 persen dari jumlah tarif dasar.
  • Penumpang yang melakukan refund (pengembalian) sebelum keberangkatan di bawah 24 jam sampai 12 jam akan mendapat refund paling sedikit 30 persen dari jumlah tarif dasar.
  • Penumpang yang melakukan refund (pengembalian) sebelum keberangkatan di bawah 12 jam sampai 4 jam akan mendapat refund paling sedikit 20 persen dari jumlah tarif dasar.
  • Sementara itu, penumpang yang melakukan refund (pengembalian) sebelum keberangkatan di bawah 4 jam akan mendapat refund paling sedikit 10 persen dari jumlah tarif dasar dan/atau disesuaikan dengan kebijakan/ aturan dari badan usaha angkutan udara niaga berjadwal.

Cara Refund dan Reschedule Tiket Citilink 

Cara refund tiket Citilink atau reschedule bisa dilakukan dengan menghubungi Call center Citilink, yakni 0804-1-080808 atau kunjungi website resmi Citilink untuk informasi lebih detailnya.

Pelanggan hanya dapat melakukan reschedule dengan menghubungi call center paling lambat 4 jam sebelum jadwal penerbangan yang telah dikonfirmasi, atau pada menu di website masih tertera “Manage My Booking”. Namun dengan catatan bahwa calon penumpang hanya dapat melakukan reschedule dalam 1 x 24 jam terakhir.

Cara Refund Tiket Citilink di Traveloka

Cara refund tiket di Traveloka ini tidak hanya berlaku untuk maskapai penenrbangan Cilink melainkan semuanya apabila kamu memesan melalui Traveloka. Adapun cara refund tiket pesawat Citilink di Traveloka adalah sebagai berikut:

  • Pada menu Pesanan, buka opsi e-tiket penerbangan yang ingin di-refund, Lalu klik Refund dan klik Ajukan Refund.
  • Selanjutnya, pilih maskapai penerbangan yang ingin di-refund atau klik Citilink.
  • Kemudian, pilih opsi penumpang dan alasan mengapa melakukan refund.
  • Lengkapi detail refund dan dokumen dengan mengisi detail transfer dan upload dokumen pendukung apabila diperlukan.
  • Pada halaman tersebut, kamu juga akan mengetahui berapa estimasi refund yang diajukan.
  • Cek kembali detail refund dan kelengkapan data apakah sudah sesuai atau belum. Jika semuanya telah sesuai, klik Ajukan Refund.
  • Kamu bisa mengamati proses status refund pada menu Refund Saya yang ada di menu Akun Saya atau lewat menu e-tiket Traveloka milikmu.
Terkait:  Biaya ke Malaysia

Nah, demikian informasi mengenai cara refund tiket Citilink baik menghubungi call center atau lewat travel agent seperti Traveloka lengkap dengan syarat serta ketentuan yang berlaku. Semoga bermanfaat!

Related posts