Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

Tuesday, January 28th, 2020 - Aktivasi, Telkomsel
Bagikan Ke:

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan beberapa metode yang mudah dan cepat. Biasanya, dalam membeli kartu perdana baru pengguna langsung diharuskan mendaftar dan registrasi guna aktivasi kartu.

Aktivasi kartu juga tak diberlakukan pada Telkomsel saja, melainkan provider operator jaringan lain pun mengharuskan penggunanya melakukan aktivasi dengan registrasi data diri agar tidak disalahgunakan.

Dalam hal ini, Telkomsel tentu saja sangat berperan penting didalamnya karena menyangkut data pengguna di seluruh nusantara. Serta dapat membantu peran pemerintah dalam mengurangi berita hoax yang cepat menyebar. Untuk itulah mengapa kita perlu untuk melakukan aktivasi kartu Telkomsel.

Pengertian Aktivasi Kartu

Aktivasi kartu yakni merupakan sebuah proses pendaftaran data diri pelanggan lama dan baru kepada pemerintah untuk dapat menggunakan layanan telepon, SMS, dan internet oleh penyedia operator seluler.

Proses ini sangat wajib dilakukan bagi setiap orang yang tengah membeli kartu perdana baru dan juga yang sudah memiliki nomor lama. Dengan aktivasi, maka membuat pengguna dapat langsung menikmati semua layanan dari penyedia operator jaringan.

Dalam proses aktivasi kartu, pemerintah juga membatasi bahwa satu orang hanya diperbolehkan memiliki 3 (tiga) nomor operator seluler. Lebih dari itu maka harus melakukan proses UNREG agar dapat melakukan aktivasi kartu perdana baru.

Sekilas Tentang Telkomsel

Terkait:  Cara Aktivasi Mandiri Online

Sebagaimana yang kita tau, Telkomsel telah menjadi pelopor operator jaringan seluler terbesar di Indonesia. Dimana setelah itu mulai bermunculan operator jaringan lain seperti Indosat, XL, Smartfren, dan lainnya.

Telkomsel sendiri terus berinovasi dengan menghadirkan banyak fasilitas dan layanan baru bagi para penggunanya. Produk dari Telkomsel diantaranya yakni simPATI, Kartu As, Kartu Halo, simPATI Loop, Kartu Loop, by.U, dan IndiHome. Selain produk tersebut, produk Telkomsel juga dibagi menjadi dua bagian yakni prabayar dan pascabayar.

Apa itu Prabayar dan Pascabayar Telkomsel?

Jenis dari kartu Telkomsel masih juga dibedakan dalam dua kategori, yakni kartu jenis prabayar dan pascabayar. Apa sih perbedaannya? Perbedaannya yaitu terletak pada sistem pembayaran yang dipakai kedua jenis kartu tersebut.

Dalam kartu prabayar, kamu diharuskan membayar di awal terlebih dulu sebelum dapat menggunakan semua layanan Telkomsel.

Sedangkan untuk kartu pascabayar, kamu diperbolehkan menggunakan semua layanan Telkomsel terlebih dahulu setelah itu baru membayarkan tagihannya.

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

Aktivasi Kartu Telkomsel

Untuk dapat menggunakan semua layanan dari Telkomsel, sebagai catatan khusus bagi pengguna prabayar diharuskan melakukan aktivasi kartu Telkomsel terlebih dahulu. Metodenya ada banyak, tinggal nanti bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Berikut metode mudahnya:

Pengguna Lama Telkomsel

Bagi pengguna lama kartu Telkomsel, diwajibkan registrasi ulang untuk aktivasi kartu agar dapat tetap digunakan secara berlanjut. Caranya sangat mudah, hanya melalui SMS dan tanpa dikenai biaya sepeserpun seperti tahapan berikut.

  • Buka menu Pesan.
  • Isikan nomor pengirim: 4444
  • Isikan kotak pesan: ULANG#NIK#Nomor KK#
  • Kirim

Sebagai contoh:

Isi Pesan: ULANG#3404075103910008#3322172908083329#
Kirim Ke: 4444

Perlu diingat bagi kamu pengguna ponsel dual SIM, ketika melakukan pengiriman pesan tersebut kamu harus pastikan posisi kartu Simpati kamu berada di SIM berapa.

Terkait:  Cara Aktivasi Kartu Indosat

Pengguna Baru Telkomsel

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

Sementara bagi pengguna baru yang (mungkin) baru saja membeli kartu perdana Telkomsel entah itu simPATI, simPATI Loop, atau KartuAs, bisa melakukan beberapa metode dibawah ini untuk aktivasi kartumu.

1. Aktivasi Kartu Telkomsel dengan SMS

Cara meregistrasi atau aktivasinya hampir sama dengan pelanggan lama Simpati, hanya saja formatnya beda. Langkahnya:

  • Buka menu Pesan.
  • Isikan nomor pengirim: 4444
  • Isikan kotak pesan: NIK#Nomor KK#
  • Kirim

Sebagai contoh:

Isi Pesan: 3404075103910008#3322172908083329#
Kirim Ke: 4444

2. Aktivasi Kartu Telkomsel dengan Dial 188

Pelangan baru Simpati juga bisa melakukan aktivasi melalui call center telkomsel yang siap membantu pelanggan kapanpun. Caranya:

  • Buka menu Telepon/Panggilan
  • Ketikkan nomor 188 
  • Panggil dengan menekan tombol gambar telepon warna hijau.
  • Ikuti arahan yang diberikan. Sampaikan kalau kamu ingin registrasi kartu simpati.

3. Aktivasi Kartu Telkomsel Melalui *444#

Hampir sama dengan cara kedua, kamu hanya perlu menekan kode dial *444# dan langkahnya seperti berikut ini.

  • Buka menu Telepon/Panggilan
  • Ketikkan nomor *444#
  • Panggil dengan menekan tombol gambar telepon warna hijau.
  • Pilih “Cek Status Registrasi”
  • Masukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP dan atau Kartu Keluarga.
  • Selang beberapa menit kita akan langsung dapat notifikasi SMS.

4. Aktivasi Kartu Telkomsel Pakai MyTelkomsel dan graPARI Virtual

Masih ada cara lain untuk aktivasi kartu Telkomsel lur, yaitu dengan mengakses GraPari virtual Telkomsel melalui aplikasi pesan instan, yakni Line di akun @Telkomsel, Telegram di akun @Telkomsel_official_bot dan Facebook Messenger di akun @Telkomsel.

Atau, bagi yang sudah atau belum punya aplikasi MyTelkomsel bisa download dan install untuk dapat melakukan registrasi menggunakan aplikasi tersebut. Caranya:

  • Download dan install aplikasi MyTelkomsel.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Login.
  • Pilih menu Akun Saya.
  • Pilih menu Registrasi Prabayar.

Cara Mengecek Apakah Kartu Sudah Terdaftar atau Belum

Untuk bisa tau perihal nomor Telkomsel sudah teregistrasi atau belum, kita hanya perlu menghubungi 4444 via SMS. Jadi caranya hampir sama dengan pendaftaran ulang melalui SMS, kirim SMS ke 4444 dengan format NIK#Nomor KK#.

Terkait:  Cara Aktivasi LinkAja (TCASH)

Nah, jika nomor Simpati kamu sudah teregistrasi akan ada pemberitahuan SMS balasan bahwa nomor kamu sudah sukses registrasi. Apabila belum, maka bakalan ada balasan SMS berisi “Terima kasih nomor Anda telah BERHASIL diregistrasi”.

Oke mungkin cukup itu saja perihal cara aktivasi kartu Telkomsel dengan berbagai metode mudahnya. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman kamu diluar sana ya. Agar mereka yang belum mengerti bisa mempraktekkan cara mudahnya.

Apa Pendapatmu?
Latest posts by PNS Cantik (see all)
Bagikan Ke:
Cara Aktivasi Kartu Telkomsel | PNS Cantik | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...