Cara Pivot Table Excel

Cara pivot table excel dengan mudah untuk melakukan sebuah analisis data dalam jumlah yang banya. Mau tau caranya? Simak artikel ini sampai habis ya! Namun sebelum itu kira-kira apa sih itu pivot table?

Pengertian Pivot Table

Pivot table adalah fitur Micrsoft Exel yang paling powerful untuk pengguna yang mengambil informasi dengan cepat dari sebuah kumpulan data yang jumlahnya banyak. Selain itu pivot table juga bisa digunakan untuk menganalisis data mengelompokkan dan meringkas data sehingga hal ini dapat mengehamat waktu secara signifikan.

Apa Fungsi Pivot Table Pada Exel?

Salah satu fitur yang ada di Microsoft Exel berupa table interaktif yang cepat untuk menganalisa, membandingkan serta dapat mengkombinasikan jumlah data baik jumlah yang dikit maupun banyak. Selain itu dapat juga untuk mengeksploitasi data yang disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk tabel-tabel.

Di dalam pivot table kita dapat memilih suatu bariks data maupun kolom yang hendak dijadikan referensi dalam melihat jumlah total suatu data. Untuk itu fungsi pivot table bertujuan supaya dalam sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data dan diharapkan pivot table dapat mempercepat menganalisis suatu data untuk mengambil kesimpulan dan keputusan.

Apa Saja Kegunaan Pada Pivot Table di Exel?

Nah sebelum mengetahui bagaimana cara pivot tabel di exel, alangkah baiknya jika kamu mengetahui tentang kegunaan dan manfaat tabel piot sebagai berikut:

  • Pertama, yaitu dapat mengelompokkan data yang berdasarkan kategori sesuai yang diinginkan.
  • Kedua, dapat membuat rangkuman data pada berbagai perhitungan, seperti SUM, AVERAGE, dan lain sebagainya.
  • Ketiga, dapat menyaring data yang ingin ditampilkan.
Terkait:  Cara Hitung pph 21

Dimanakah Tombol Perintah Pivot Table di Microsoft Exel ??

Untuk menemukan tombol pivot table pada Microsoft Exel terletak di ribbon Insert tepatnya di grup perintah Tables selain itu juga ada rekomendasi untuk memilih tabel pivot yaitu terdapat perintah Recommended Pivot Tables. Adapun cara untuk membuat pivot table dengan mudah ada dibawah ini.

Cara Pivot Table Excel

Cara Pivot Table Excel
Cara Pivot Table Excel

Cara Membuat Pivot Tabel di Exel

Untuk dapat membuat tabel pivot kamu hanya perlu menyorot satu sel yang termuat pada tabel atau range yang akan digunakan sebagai pivot table sehingga Microsoft Esel dapat melakukan analisis secara otomatis terhadap sel yang disorot untuk menentukan tabel yang memuat sel tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu bisa memilih range data yang akan dibuat di Pivot Table.
  • Kemudian kamu dapat membuka menu Insert yang ada diatas, lalu pilih Pivot Table. Nah pada menu ini akan terdapat dua pilihan, yaitu Pivot Table dan Pivot Chart. Kamu bisa pilih Pivot Table yang kemudian akan muncul window box Povot Table.
  • Sehingga terbuka jendela dengan tanpilan Create PivotTable.
  • Lalu pada menu ini terdapat opsi Choose the daya that you want to analyzem nah kamu bisa memilih Select Table Range yang kemudian akan dipilih secara otomatis oleh Microsoft Exel range yang sesuai atau kamu dapat memilih secara manual dengan drag langsung atau memasukkan alamat range secara manual pada kolom ini.
  • Ada lagi opsi Opsional yang juga dapat memilih range diluar sheet dengan memilih Use an external data source (penggunaan tingkat lanjut).
  • Setelah itu kamu bisa pilih tempat yang digunakan untuk menempatkan laporan Pivot Table, pilih kertas kerja yang baru dan klik New Worksheet lalu klik OK untuk melanjutkan.
  • Nah pada menu ini terdapat opsi Choose where you want the PivotTable report to be placed, yang nanti digunakan untuk menentukan lokasi Pivot Table yang dibuat. Terdapat 2 opsi yaitu New Worksheet dan Exsiting Worksheet. Pada menu New Workheet akan membuat sheet baru untuk Pivot Table sedangkan Existing Worksheet dapat menempatkan Pivot Table pada sheet yang aktif, kamu juga bisa menggunakan cara cepat engan memasukkan alamat sel kosong untuk penempatan Pivot Table misalkan E1.
  • Kemudian Klik Ok
  • Untuk dapat menganalisis mencari jumlah kamu bisa melakukan centang pada Pivot Table Fields.
  • Pada Tabel Pivot yang dibentuk berdasarkan urutan akamu centang yaitu melalui data teks diolah dalam Baris Bertingkat atau data numerik diolah dengan Menambah Kolom.
  • Untuk mencari jumlah pesanan tiap produk bisa dengan mencentang (produk)#1 kemudian (jumlah)#2.
Terkait:  Cara Ukur Berat Badan Ideal

Cara Menggunakan Drag Fields Area

Adanya fitur Drag Fields Area dapat digunakan untuk membuat Pivot Table yang lebih leluasa dibandingkan menggunakan teknik centang seperti diatas. Nah fitur ini dapat menentukan urutan baris tabel dan kolom tabel dengan melakukan drag. Berikut penjelasannya untuk Drag Fields Area Filters, Columns, Rows, dan Values pada Pivot Table.

Filters Area

Pada filters area digunakan untuk menampilkan Pivot Table data tertentu sehingga kamu dapat melakukan filter lebih dari satu item dengan mencentang Select Multiple Items.

Cloumns Area

Pada Columns Area digunakan untuk menambah atau mengurangi dan mengurutkan kolom pada Pivot Table.

Rows Area

Nah pada Rows Area digunakan untuk menambah atau mengurangi dan mengurutkan baris pada Pivot Table.

Values Area

Values Area digunakan untuk melakukan eksekusi tertentu terhadap kategori data, misalnya seperti COUNT (data teks) dan SUM/TOTAL (data numerik).

Bagaimana Merefresh Pivot Table?

Pada range yang dijadikan Pivot Table mengalami perubahan data maka Pivot Table harus dilakukan Refersh pada Pivot Table yang dibuat sebelmumnya, karena Pivot Table tidak bisa melakukan perubahan data secara otomatis. Berikut adalah langkah untuk merefresh Pivot Table:

  • Pertama kamu bisa memilih salah satu tabel pivot.
  • Kemudian kamu bisa klik Analyze kemudian pilh Refresh.
  • Atau untuk langkah cepatnya kamu bisa menggunakan Shortcut Keyboard dengan Alt+F5
  • Selesai.

Cara Menghapus Pivot Table

Ohya kamu juga dapat mengapus pivot table loh, caranya juga mudah hanya dengan menyorot tabel yang telah dibuat lalu tekan aja Delete. Sudah, mudah bukan?

Akan tetapi jik akamu mendapatkan pesan “Tidak dapat mengubah bagian lapora PivotTable ini” caranya adalah dengan tekan Ctrl+A pastikan bahwa keseluruhan PivotTable dipilih kemudian kembali Delete.

  • Jika kamu menggunakan perangkat yang tidak memiliki keyboard maka kamu bisa menggunakan cara seperti yang ada dibawah ini:
  • Pertama, pilih sel mana saja yang ada di dalam PivotTable untuk memperlihatkan Alah PivotTable pada pita.
  • Kemudian kamu bisa klik Analisis Lalu Pilih, dan setelah itu pilih keseluruhan PivoTable.
  • Terkahir lakukan Delete.
Terkait:  Cara Hutang Pulsa Telkomsel

Sekedar tips aja ya, apabila PivotTable berada pada lembar terpisah yang tidak mempunyai data lain yang ingin kamu simpan, maka kamu bisa hapus saja lembar itu dengan menghapus PivotTable.

Demikianlah informasi mengenai cara pivot table excel dengan mudah dan lengkap, smeoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Jangan lupa share, like, dan comment ya. Ohya kamu juga dapat mampir di artikel sebelumnya yaitu membahas tentang Cara Pinjam Uang di Shopee

Rate this post

Related posts